Penipuan dengan Modus Pesanan Dibatalkan Penjual, Lazada Kembalikan Uang Bukan ke Rekening Saya

Pada tanggal 21 April saya melakukan transaksi ke Lazada dengan produk Oppo Reno 3 seharga Rp4.199.500, dengan nomor pesanan: #398158054755353 dan nama penjual: Raiham.

Setelah melakukan transfer, saya mendapat telepon dari pihak yang mengaku dari Lazada, katanya untuk konfirmasi pesanan. Setelah satu jam kemudian saya menanyakan hal itu ke teman saya dan barulah saya sadar bahwa saya baru saja ditipu, dan status pesanan saya pun telah dibatalkan oleh penjual.

Sadar bahwa saya tertipu kemudian saya mengganti semua kata sandi saya, rekening utama saya dan seluruh data penting di akun Lazada, tidak lupa pula saya mengkonfirmasi ke CS Lazada, dan mengisi ulang formulir pengembalian dana.

Saya mendapat notifikasi bahwa pengembalian dana saya sedang diproses dalam waktu 2-5 hari. Saya pun setia menunggu.

Tanggal 23 April 2020 saya mendapat notifikasi bahwa dana saya telah berhasil dikembalikan. Namun setelah saya cek rekening saya tidak sepeser pun yang masuk ke rekening saya. Saya kemudian menghubungi CS LAZADA, tapi semua jenis pertanyaan tidak tersedia dan jawabannya pake autobot, nomor hp yang disediakan juga tidak bisa dihubungi.

Ya kecewa berat, perusahaan sebesar Lazada yang merupakan anak perusahaan Alibaba tidak memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggannya. Sampai hari saya pun saya belum menerima apa-apa dari Lazada. Bahkan saya minta nomor rekening yang ditransfer saja tidak dikasih, alasannya rahasia. Padahal saya mau buat laporan polisi.

Ini pelajaran buat teman-teman kalau mau belanja, hindari belanja online dengan nominal yang besar. Apalagi di Lazada. Lumbung para penipu online. Mana pelayanannya tidak jelas, seolah-olah semuanya cuma satu pihak saja.

Terima kasih Lazada, saya sangat sangat sangat sangat puas puas puas dengan layanan Anda.

Syaharuddin S.
Makassar, Sulawesi selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lazada Indonesia:
[Total:81    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

31 komentar untuk “Penipuan dengan Modus Pesanan Dibatalkan Penjual, Lazada Kembalikan Uang Bukan ke Rekening Saya

  • 5 Mei 2020 - (17:00 WIB)
    Permalink

    Lazada menggunakan autorobot dlm menghadle komplain atau pertanyaan, mungkin dengan harapan bisa lebih cepat respone nya, padahal konsumen kadang tidak bisa terwakili jawaban dengan outorobot tsb, saya pernah komplain dan memang ada daftar pertanyaan dan jawaban.. Merasa di cuekin klau kita komplain di lazada. Makanya udh saya uninstall app lazada.. Terlalu banyak step2 klau mau beli atau mau komplain.

    • 6 Mei 2020 - (20:01 WIB)
      Permalink

      an**** Lazada penipu.
      laporkan ke
      cybercrime
      ylki
      Ojk
      dan sua organisasi yg ada.mudah2an lazada bisa mereka tutup atai setidaknya ada tanggung jawab terhadap kita2 yg menjadi korban penipuan di lazada

  • 5 Mei 2020 - (23:27 WIB)
    Permalink

    Kalau ga salah reno 3 itu harganya 5.499.000 ya? Masih aja ada yg gampang dikibulin kaya mas nya ini.. haddeuh..

  • 5 Mei 2020 - (23:35 WIB)
    Permalink

    ~ Di Lazada sistemnya bobrok.
    ~ Di Lazada sarang perampok.
    ~ Di Lazada banyak kedok.
    ~ Di Lazada bikin Kapok.

    • 11 Mei 2020 - (12:47 WIB)
      Permalink

      Uang pembeli sebetulnya tetap di Kas Lazada,…
      Buat bayar Gaji & THR == CAO – CEO – COO Lazada.?!!
      Tidak mungkin Lazada yg sdh berpengalaman (sdh byk kasus),.. bisa terus menerus dgn cepat transfer ke penipu.

    • 13 Mei 2020 - (22:57 WIB)
      Permalink

      Dari tanggal 08 april saya memesan mesin cuci aqua, dan sudah Saya trnsfer uangnya sebesar 2250.000..tapi tiba2 dibatalkan oleh seller dan dana saya belum di kembalikan sampai dengan hari ini. Tolong bantu saya.

  • 6 Mei 2020 - (01:35 WIB)
    Permalink

    Gimana caranya iya supaya lazada mau mengembalikan uang yg sudah saya bayar karna dari lazadanya sendiri yg membatalkan pesanan saya trs g ada respon pula aku belanja 1jt150000 ribu kenapa lazada g amanah

  • 6 Mei 2020 - (03:22 WIB)
    Permalink

    jika belanja online…di e commerce manapun jangan pernah chat /terima telpon diluar aplikasi..apapun alasaNnya.
    karna kadang kelalaian pelanggan yg disalahkan pihak lain.

    • 8 Mei 2020 - (09:46 WIB)
      Permalink

      Benar CS nya ada mas, Anda sudah pernah coba ???
      Saya pernah coba berkali2 dan ternyata untuk masuk dan berbicara dengan Petugas CS nya butuh waktu tidak sedikit untuk menunggu, diawal auto robotnya yang berbicara itupun saya hitung sampai 2 menit , stelah ada komfirmasi tekan 9 untuk berbicara dengan CS nya kita tunggu lagi sampai dia angkat telponnya , saya pernah biarkan selama 30 menit tidak ada yg angkat sampai pulsa habis

      saran saya bila mau telpn CS nya pastikan pulsanya di isi lebih banyak karena berbayar

  • 6 Mei 2020 - (03:45 WIB)
    Permalink

    Lazada mang gudang nya penipuan,pembeli g seharus nya di salahkan begitu saja,karena pada dasar nya pembeli percaya kalau transaksi di lazada aman,karena lazada merupakan wadah belanja on line yg sdh besar dan berpengalaman,tp mang aneh nya banyak sekali toko2 yg berindikasi penipuan,dan selalu tertampil di dashboard di urutan teratas,aneh nya kenapa akun2 seperti ini yg jelas2 terindikasi penipuan,bsa lolos ,?

  • 6 Mei 2020 - (03:58 WIB)
    Permalink

    Haduh tergiur harga murah, OPPO RENO 3 PRO 2020 setau sya harga baru 9jt, jadi customer kudu SMART di era digital ini. Liat dulu penilaian toko tsb dan umur toko nya, kira2 harga masuk akal atw tdk? Lagipula LAZADA kan ada system COD, knp tdk memilih ny?

    • 11 Mei 2020 - (17:02 WIB)
      Permalink

      Aku perhatikan memang Online Shop yg satu ini banyak seller nakalnya. Pernah order ampe 2 minggu proses terus. Saran untuk pembeli lain, apabila akan membeli produk dgn harga mahal (elektronik) perhatikan sellernya, baiknya pilih yang official seller. Aku setiap x belanja selalu dgn CC, jadi ketika cancel maka otomatis dana kembali ke limit.

  • 6 Mei 2020 - (04:21 WIB)
    Permalink

    Lazada memakai jasa expidisi tidak amanah. Pesanan Barang saya 2x hilang dg orderan barang yg sama. Menunggu hasil investigasi lapangan 6×24 jam belom lagin proses pengembalian dana. Custemer pada lari.

  • 6 Mei 2020 - (05:22 WIB)
    Permalink

    Berarti udah bisa blokir dan hapus aja aplikasi lazada. Karna nanti saat kembalikan uang nya pun engk rek
    . Dikembalikan dompet lazada.

  • 6 Mei 2020 - (08:25 WIB)
    Permalink

    Seller sudah bekerja sama dengan Lazada melakukan PENIPUAN & di iklankan di web halaman utama Lazada dengan sangat Gencar dan Masif.

    Kesimpulan saya,
    Seolah olah Sudah Banyak sekali uang yang dicuri/diambil seller,.. padahal uang aslinya masuk ke Kas Lazada (berapa keuntungan pencurian Lazada dalam sehari di seluruh indonesia).

    Karena Lazada tidak begitu bodoh untuk pengembalian dana ke rek yg tidak jelas.

    Penipuan yg amat sangat Canggih dan Tidak ada resiko Hukum. Karena sellernya sudah hilang dan yang bisa di gugat hanya seller yg melakukan penipuan.

    Minta no rekening/nama bank seller penipu hanya sia sia… karena aslinya uang masi di kas Lazada.

    Note:
    Kita hanya bisa suarakan ke seluruh media, supaya teman teman yang ingin belanja di Lazada tidak jadi korban lagi.

  • 6 Mei 2020 - (09:47 WIB)
    Permalink

    Seller sudah bekerja sama dengan Lazada melakukan PENIPUAN & di iklankan di web halaman utama Lazada dengan sangat Gencar dan Masif.

    Kesimpulan saya,
    Seolah olah Sudah Banyak sekali uang yang dicuri/diambil seller,.. padahal uang aslinya masuk ke Kas Lazada (berapa keuntungan pencurian Lazada dalam sehari di seluruh indonesia).

    Karena Lazada tidak begitu bodoh untuk pengembalian dana ke rek yg tidak jelas.

    Penipuan yg amat sangat Canggih dan Tidak ada resiko Hukum. Karena sellernya sudah hilang dan yang bisa di gugat hanya seller yg melakukan penipuan.

    Minta no rekening/nama bank seller penipu hanya sia sia… karena aslinya uang masi di kas Lazada.

    Note:
    Kita hanya bisa suarakan ke seluruh media, supaya teman teman yang ingin belanja di Lazada tidak jadi korban lagi.

  • 6 Mei 2020 - (17:03 WIB)
    Permalink

    Saya malah gagal paham dengan modus yg dijabarin penulis, hanya konfirmasi saja atau diajak komunikasi sampai akhirnya disuruh klik ” pesanan diterima “,
    Tp kemudian pesanan dibatalkan oleh seller, dan uang kembali ke rekening yg bukan rekening pembeli,
    Saya pribadi merasa terbantu dengan adanya e-commerce macam lazada, bukalapak ato shopee,
    Ada memang seller yg menjual jauh dibawah harga pasaran, dan saya pernah coba beli lalu di chat dan dikonfirmasi seller untuk membatalkan pesanan dan transfer langsung dng banyak alasan,
    Akhirnya pesanan dibatalkan dan nggak ad yg hilang sepeserpun, malah saya pernah menggunakan kredit dari kredivo, pun dikembalikan tanpa kurang se sen pun.
    Jadi sampai saat ini saya masih percaya, e-commerce besar macam lazada, bukalapak, shopee, jd id, Tokopedia masih baik2 saja

    • 6 Mei 2020 - (18:52 WIB)
      Permalink

      Selama sy bertransaksi di MP macem TP, BL, Shopee, Lazada belum pernah ngalamin kendala.. Awal kendal kyknya karena anda ganti password, rekening dllnya. Mungkin anda disangka org lain makanya lazada gak kasih tahu kerekening mana ditransfer…

      • 8 Mei 2020 - (09:06 WIB)
        Permalink

        maaf saya mau menambahkan , pada saat melakukan pembayaran konsumen menggunakan rekening dari nama pemilik rekening dan akun yg sama , seharusnya pihak lazada berpatokan pada nomer rekening yg sama pada saat pengembalian
        Nah hal ini menjadi peluang oknum yang dengan sengaja mekakukan penipuan sehingga dana pengembaliannya masuk ke nomer rekeningnya

    • 8 Mei 2020 - (08:57 WIB)
      Permalink

      Begini pak , hal yg sama terjadi pada saya juga, bahwa uang pengembalian dari pesananan yang batal tidak di kirimkan kembali ke rekening semual pada saat melakukan pembayaran, hal ini menjadi peluang oknum lazada untuk memanfaatkan kelengahan konsumen , karea di system teryata bisa dengan nomer rekening yg berbeda semestinya biar aman pengembalian dana kepada nomer rekening semula.
      Semoga kejadian ini menjadi pelajaran kepada konsumen yang lain sehingga tidak banyak pelanggan lazada lagi yg dirugikan dengan system semacam ini

      Demikian terimakasih

  • 11 Mei 2020 - (09:51 WIB)
    Permalink

    Sistem lazada buruk,data kt tdk amn,bagaimna bisa uang kita bs kmbali,kalu atas nama rekening pengembalian dana sdh dirobah ats nma orang laen,…sprti yg sy alami,…nomer rekenig ats nm sya,bisa brobah ats nm orang laen,…lazada,bner” sukses menipu sya,…

    • 11 Mei 2020 - (13:19 WIB)
      Permalink

      Jelas sudah korban makin banyak , pengembalian dana di transfer bukan ke nomer rekening miliki konsumen , SEHARUSNYA PENGEMBALIAN DANA KE REKENINGNYA KONSUMEN!!!!!!

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 31 komentar sampai saat ini..

Penipuan dengan Modus Pesanan Dibatalkan Penjual, Lazada Kembalikan Ua…

oleh Syahar dibaca dalam: 1 min
31