Shopee Memotong Uang Jualan Seller

Bermula masuk pesanan dengan nomor 2005010BJMGJJ3 ke akun Shopee saya di AtoZet.babyshop. Pembeli memesan singlet 12 pcs yang harga satuannya adalah Rp13.500. Alangkah kagetnya saya, ketika uang yang masuk ke akun saya hanya Rp102.000. Padahal mestinya Rp13.500 x 12pcs = Rp162.000.

Di tengah bisnis yang lagi sepi, omset drop, dan pasokan barang yang lagi mampet, Shopee dengan seenaknya merampas uang jualan saya sebesar Rp60.000 dengan cara meng-upgrade berat produk hingga 8 kilogram! Padahal berat sebenarnya tidak sampai 1 kg, karena informasi berat produk sudah saya input di sistem Shopee. Kalau memang beratnya 8 kg, apakah seller yang tanggung?

Muhammad Aryadi Andika
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Shopee:
[Total:1    Rata-Rata: 3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

3 komentar untuk “Shopee Memotong Uang Jualan Seller

  • 7 Mei 2020 - (11:21 WIB)
    Permalink

    Halo admin mediakonsumen, DM dari saya dibaca dong, saya sudah komplain beberapa kali terkait hal ini tidak ditanggapi, anda memposisikan tempat konsumen utk komplain ke perusahan dan memfasikitasinya tapi anda sendiri tidak koperatif dalam melayani komplain dan pertanyan konsumennya

    • 17 Juni 2020 - (13:44 WIB)
      Permalink

      Ini mah karena ada kesalahan penjual di berat barat kemungkinan nya, karena di sana terlihat biaya pengiriman 80rb, pembeli menggunakan subsidi ongkir 20rb, jadi ada kekurangan ongkir 60rb sehingga memotong saldo penjualan, kalau merasa sudah sesuai berat nya dengan di resi, berarti ada kesalahan di jasa kirim menginput, silakan menghubungi live chat Shopee atau email Shopee untuk di analisa.

  • 10 Juli 2020 - (12:48 WIB)
    Permalink

    Ketika kita mengupload produk, sebagai penjual kita harus memasukkan berat produk sebagai perhitungan ongkos kirim. Berat produk yang kita input akan dikalikan jumlah produk yang dibeli oleh konsumen. Misal berat produk kita isi 400 gram, konsumen membeli 12pcs berarti berat produk 4.800gram. Jadi tidak ada “Shopee meng-upgrade berat produk jadi 8kg” kecuali Anda memasukkan sendiri.

    Ada 2 kemungkinan dalam kasus Anda, pertama Anda salah input berat yang menyebabkan pihak Ekpedisi (Dalam hal ini JNT) harus mengganti ongkos kirim dengan berat yang sesuai.

    Contoh :
    Berat paket Anda di sistem tertulis 1kg untuk 12pcs kaos (karena Anda mengisi berat 1pcs produk 100gram).
    Padahal berat asli 5kg (karena berat seharusnya 1pcs produk Anda 400gram).
    Pihak JNT akan merubah 1kg di label menjadi 5kg sesuai berat asli yang perbedaannya akan dipotong dari Saldo Penjual Anda

    Kasus ini sangat umum terjadi ke penjual baru yang belum tepat memasukkan berat produk. Ini juga terjadi pada toko kami ketika baru awal memasang iklan. mau tidak mau, kita yang menanggung perbedaan ongkos kirim, karena kesalahan ada di kita selaku penjual ketika Input Berat yang kita lakukan.

    Kemungkinan kedua, dalam kasus Anda, toko Anda mencoba memberikan metode promosi yang akan dipotong dari “Saldo Penjual” Anda. Bisa jadi Anda membuat voucher subsidi ongkir sampe 80.000 tanpa mengetahui bahwa subsidi ongkir itu nnti akan dipotong dari “Saldo Penjual” Anda. Bisa jadi Anda membuat Voucher Toko potongan sampai 80.000, atau metode promosi lainnya.

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Shopee Memotong Uang Jualan Seller

oleh Aryadi dibaca dalam: <1 min
3