Pembayaran Deposit Tidak Terverifikasi, hingga Tidak Ada Kepastian Pasang karena ODP Penuh

Yth. PT. Telkom Indonesia.

Saya dan adik saya mengajukan pemasangan IndiHome melalui sales IndiHome di daerah kami, yakni Tangerang Selatan pada 02 Mei 2020. Pada saat pengajuan saya dijelaskan bahwa area tempat pemasangan yang saya ajukan termasuk dalam area coverage dan dapat dilakukan pemasangan. Area tempat saya mengajukan pemasangan adalah Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan. Sehingga saya yakin tidak ada masalah dalam hal pemasangan.

Setelah itu, di hari yang sama, adik saya dihubungi oleh call center 147 untuk verifikasi data dan juga kewajiban untuk membayar deposit. Masih dalam percakapan tersebut, adik saya juga diberikan penjelasan bahwa pemasangan memakan waktu 3 hari setelah pembayaran deposit dilakukan. Adapun Nomor Pengajuan kami: MYIR-10176679410001. Setelah validasi data diri, kami langsung membayarkan sejumlah uang sebagai deposit kepada MyIndihome.

Tanggal 3 Mei 2020, saya dan adik saya belum sama sekali mendapatkan bukti pembayaran dari pihak Telkom maupun IndiHome. Oleh karena itu, saya mencoba menghubungi sales kembali untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pembayaran yang sudah saya lakukan.

Tanggal 4 Mei 2020 yakni hari ketiga setelah pembayaran deposit, saya dan adik saya belum juga mendapatkan bukti pembayaran dari pihak Telkom maupun IndiHome. Berbekal tidak ada balasan dari sales, akhirnya saya mencoba menghubungi 147 perihal informasi pembayaran, dengan harapan pembayaran telah terverifikasi.

Benar saja, ternyata pihak Telkom mencatat dalam sistem bahwa pembayaran belum saya lakukan. Selanjutnya, pihak Telkom meminta nomor rekening saya untuk dapat dilakukan pengecekan lebih lanjut. Setelah dicek kembali pada bagian deposit, pihak Telkom menyatakan bahwa pembayaran sudah berhasil dan mungkin ada kesalahan dari sistem tersebut. Oleh karena itu, kami dijanjikan bahwa akan ada pihak Telkom bagian verifikasi deposit yang akan menelepon kami kurang dari 24 jam ke depan. Dalam percakapan tersebut juga, saya mendapatkan informasi bahwa proses pemasangan sendiri ternyata akan memakan waktu 7 hari setelah pembayaran deposit, berbeda dengan informasi yang saya dapatkan di awal.

Tanggal 5 Mei 2020, saya menunggu pihak Telkom maupun IndiHome memberikan informasi pembayaran. Namun sampai pukul 17.00 WIB, saya dan adik saya belum juga dihubungi oleh pihak Telkom. Oleh karena itu, saya menanyakan kembali 147 untuk menanyakan kelanjutan dari pembayaran yang telah saya lakukan. Jawaban kali ini cukup berbeda dibanding hari sebelumnya. Pihak Telkom meminta saya untuk mengirimkan bukti pembayaran ke email customercare@telkom.co.id.

Sejujurnya saya cukup kaget dengan kejadian ini, karena baru di percakapan ini saya diberikan informasi untuk mengirimkan bukti pembayaran deposit. Setelah itu, agar proses bisa ditindaklanjuti saya mengirimkan email kepada pihak telkom.

Tanggal 7 Mei 2020, saya mencoba meminta bantuan kembali kepada sales Tangerang Selatan, karena saya kira hanya tinggal menunggu status pemasangan. Namun sayangnya kali ini saya tidak juga mendapatkan informasi maupun balasan dari yang bersangkutan.

Tanggal 9 Mei 2020, yakni hari ketujuh setelah pembayaran deposit, saya dan adik saya masih menunggu pihak Telkom maupun IndiHome untuk memberikan informasi pembayaran dan juga pemasangan. Sayangnya, sampai saat saya membuat tulisan ini belum ada proses pemasangan indihome di rumah kami.

Tanggal 10 Mei 2020, adik saya meminta tolong kepada temannya yang bekerja di Telkom untuk dapat dibantu pengecekan dari status pemasangan indihome di rumah saya. Beliau mengusahakan akan follow-up ke tim dan sales terkait.

Tanggal 11 Mei 2020, saya dan adik akhirnya mendapat telepon dari teknisi pihak Telkom untuk bantuan pemasangan di hari tersebut. Namun setelah teknisi datang dan melakukan pengecekan, ternyata ODP/tiang penuh. Sampai saat ini, begitulah drama yang terjadi dan sampai sekarang masih belum ada kepastian kapan saya bisa menikmati internet dari Indihome. Menurut teknisi, hal ini bisa memakan 2 sampai 3 bulan kedepan.

Seperti yang tertera dalam artikel web resmi indihome, yakni https://www.indihome.co.id/pusat-bantuan/indipedia/detail/Cara+Baru+Pasang+IndiHome+dengan+Jaminan+Pembayaran. Deposit ini adalah sistem baru di tahun 2020, dengan harapan dapat meningkatkan pelayanan dan demi kenyamanan pelanggan. Saya sama sekali tidak bermasalah dengan hal ini, dengan harapan peningkatan terus dapat dilakukan dari pihak Telkom dan Indihome. Namun pasalnya saya sudah melakukan kewajiban saya sebagai konsumen, yakni membayarkan deposit tersebut agar dapat dibantu dalam pemasangan Indihome, namun belum ada kejelasan pemasangan Indihome di rumah kami.

Sejujurnya saya sedikit menyayangkan dengan kesulitan untuk mendapatkan kejelasan informasi dan menunggu kepastian pemasangan dari Indihome, sehingga saya membuat surat ini dengan harapan bisa dibantu dengan baik oleh tim Telkom maupun Indihome. Setahu saya Telkom adalah salah satu BUMN. Disaat pemerintah meminta masyarakat untuk bekerja dari rumah, mengapa Telkom tidak membantu menyukseskan anjuran pemerintah tersebut? Mohon bantuan dan solusinya segera untuk kendala ini.

Terima kasih.

Salam,

Kuncoro
Ciputat, Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pasang Baru IndiHome:
[Total:5    Rata-Rata: 3.8/5]
Tanggapan PT Telkom untuk Bapak Kuncoro

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Kuncoro pada tanggal 12 Mei...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Pasang Baru IndiHome?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Pembayaran Deposit Tidak Terverifikasi, hingga Tidak Ada Kepastian Pas…

oleh Kuncoro dibaca dalam: 3 min
0