Akun Di-hack, Uang 8 Juta Raib, Lapor CS Shopee Tidak Ada Kejelasan

Saya sebagai pembeli di aplikasi Shopee merasa sangat kecewa dengan sistem yang ada di Shopee. Saya mengalami kerugian sebesar 8 jt rupiah. Ceritanya saya melakukan pemesanan barang berupa handphone second tipe iPhone XS Max 64′ Gold dan saya sudah sepakat dengan penjual untuk harga tersebut. Penjual menjual barang dengan alasan perlu dana kepepet uang karena perekonomian sulit karena corona19 pandemic.

Saya langsung meminta penjual untuk melampirkan no whatsapp dan saya ingin mengecek barang langsung melalui whatsapp untuk cek kirim gambr dan video namun saya tidak tersadar penjual mengirim link yang isinya juga judulnya Shopee agar proses pengecekan bisa dicek di situ.

Oke barang dikirim, resi JNE pun di-input oleh penjual tapi saya curiga ketika resi itu dikirim dari kota bukan dimana saya melakukan proses cek out yaitu Surabaya. Dan barang malah dikirim dari Pare-pare. Saya langsung melaporkan kejadian ini di Shopee namun susah sekali menghubungi cs Shopee karena tidak ada via telpon langsung hanya menunggu antrean di forum chat agen.

Keesokan harinya saya mau cek Shopee di sore hari saya kaget tiba-tiba pesanan sudah diterima dan selesai dan saya langsung panik karena setahu saya ini saldo pasti akan diteruskan ke pihak penjual, dan ternyata benar.

Saya pada saat kejadian itu langsung call cs nya namun sangat susah dan bertele-tele dan jelas menyalahkan kita sebagai pembeli. Sistem ini kemungkinan sudah diretas oleh penipu yaitu si penjual. Alhasil barang di-trakcing pun masih jauh untuk mau sampai ke tempat saya karena harus transit 2 kali. Saya heran pesanan langsung selesai padahal barang belum sampai. Dan sistem di Shopee tidak bisa menangani ini membiarkan penipu untuk mudahnya beraksi di aplikasi ini uang sebesar 8 juta rupiah plus ongkir raib begitu saja

Dan sampai sekarang tidak ada tanggung jawab dari pihak Shopee yang seharusnya punya data si penipu karena verifikasi no rek dll itu admin Shopee punya. Kenapa tidak langsung dibekukan saja pada saat kita laporan yang lucunya cs Shopeee tidak ada satu pun yang bisa dihubungi langsung hanya lewat agen chat chat yang menunggu antrian 700 kadang 1000 hanya untuk mau chat dan laporan sama cs Shopee. Ini kemungkinan adanya kerjaan orang dalam yang sudah tahu sistem lemahnya Shopee

Sampai saat ini saya bingung mau melaporkan ini kemana lagi. Dan saya buat tulisan kekecewaan saya dengan aplikasi ini dengan raibnya uang saya begitu saja tanpa barang yang saya terima dan saya yakin itu lain barang yang sesuai karena di-tracking data base JNE itu isinya acc hp dan anehnya data pengirim tidak ada hanya nama no hp tidak ada.

KEJADIAN INI MENJADIKAN PEMBELAJARAN BERSAMA BAHWA aplikasi Shopee ini sangat lemah sistem keamanannya dan tidak menyediakan fitur cs call bilamana ada kejadian serupa harusnya tidak diteruskan ke penjual dana itu harus dikonfirmasi ulang dulu kepada pihak pembeli dengan mudahnya penjual menerima saldo hanya dengan klik pesanan diterima padahal bukan kemauan pembeli.

Kejadian ini sudah terjadi berulang dengan kejadian yang mirip sekali berarti pihak Shopee tidak merespon dengan benar kerugian dan laporan dari pembeli yang mengalami kerugian sangat besar.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan kejadian seperti ini tidak terulang. Dan untuk dana saya yang raib 8 juta ini Shopee bisa bertanggung jawab penuh. Karena sistemnya dia yang lemah dan tidak merespon dengan cepat kejadian ini.

Sabilal Muhtadin
Berau, Kaltim

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:2    Rata-Rata: 1/5]

5 komentar untuk “Akun Di-hack, Uang 8 Juta Raib, Lapor CS Shopee Tidak Ada Kejelasan

  • 8 Juni 2020 - (19:38 WIB)
    Permalink

    itu ente yg ketipu bukan salah shopee. kalo ketipu kayak gitu itu udah tanggung jawab nasabah, kan itu link pishingg, sasaran mereka adalah orang awam seperti anda,

  • 10 Juni 2020 - (09:18 WIB)
    Permalink

    kejadian ini sih masuknya kesalahan pembeli mau apapun alasannya, karna sblmnya sdh ada komunikasi dgn pihak penjual, dan dgn sadar mengklik link phising dr penjual, sudah ada syarat dan ketentuannya, ngasi data ke orang lain tanpa sepengetahuan shopee yah salah pembeli. Shopee paling hanya bisa memblokir akun penjual, klo uang kembali jangan harap.

    • 11 Juni 2020 - (00:39 WIB)
      Permalink

      pada tgl 04/06/2020 sy mengalami seperti agan alami sy beli 1 unit kulkas seharga 7.6jt penjual melakukan chat pribadi dgn saya dan mengirim link sbg bentuk konfirmasi pengecekan unit yg dibeli,namanya saya awam dan saya blm mengetahui modus ini ,tp mlh berujung penipuan,ada menghack akun sy,sy mencoba menghubungi cs shopee dan sangat bertele-tele pdhl sy urgent untuk melakukan pembekuan dana dan transaksi keluar,kata cs shopee dana saya aman dan sudh proses pengembalian direfund keakun sy,(pdhl sy tdk melakukan proses pengecancelan ini sdh jls ulah pelaku hack)hingga sy hrs menunggu 3×24 jam artinya 3 hari untuk pemulihan,dan akun shopee sy diblokir bukan dr sipihak hack melainkan dr pihak shopee sendiri,krn ada indikasi mencurigakaan(why)kenapa jd akun sy yg diblokir?kenapa akun sy tdk diblokir ketika seseorang memasukinya melalui link?ketika sdh pulih betapa kaget dana sy yg sdh direfund digunakan sipelaku berbelanja pulza dan dialokasi akun shopepay lain…ketika sy mengemail cs shopee untuk menindak lanjuti transaksi yg keluar karna sy mencurigai mereka penadah/sindikat jaringan penipu onlenshop..tapi shopee menutup mata akan hal itu.pertanyaan sya cukup simple kenapa shopee begitu mudah membiarkan penipu menebar umpan iklannya dishopee,dan sy jadi bertanya-tanya kenapa shopee melindungi akun sipenadah uang sy walaupun transaksi itu berhasil setidaknya data-data mereka komplotan sindikat phising berhasil sy cari sy jebloskan kepenjara,agar tdk meresahkan calon pembeli tp lagi-lagi shopeeee menghambat informasi yg ingin sy dapatkan,apakah ada oknum orang dlm shopee yg ikut bermain dlm kasus penipuan yg marak ini,??saran sy bos jika uang dan dana tidak bs kembali teruskan kepihak berwajib dan ojk krna…sama saja shopee melindungi pelaku kriminal yg inti mereka ogah ribet,ntinya sistem shopee mudah dijebol,sy sdh habis energi,waktu dan uang tdk 1pun pihak shopee membantu…maaf shopee sy tdk akan mundur.

      • 15 Juni 2020 - (16:50 WIB)
        Permalink

        Saya juga ada masalah boss dengan Shopee…
        Jadi, saya itu beli HP 4,089 juta. Tgl 28 Mei kemarin. Saya tahu batas pengiriman adalah tanggal 9 juni dan itu tertera di web shopee.
        Tanggal 30 Mei saya ajukan pembatalan karena seler tidak merespon chat syaa.
        Tp ditolak. Dan pmbatalan hanya bisa dilakukan 1 kali.
        Dan sampek sekarang barang status masih ”dikemas”.
        Padhal batas waktunya 9 juni, sy udah hubungi cs shopee, suruh tunggu hingga 11 juni. Tp nyatanya sampai sekarang tanggal 15 juni status barang masih dikemas. Deadline nya tgl 9 klo di web. Sy hubungi cs shopee molor tanggal 11…
        Ini duid 4,089 juta saya masih ketahan di Shopee…
        Saya penasaran gaji karyawan level bawah Shopee itu berapa ?
        Jadi trz gimana ini bro, apa harus sy laporin ke YLKI atau Polisi. Enaknya ramai² klo ngelaporin. Sya kesel soalnya. Sy butuh barangnya tp barang gk dikirim² trz uang jg gk balik²..

 Apa Komentar Anda?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Akun Di-hack, Uang 8 Juta Raib, Lapor CS Shopee Tidak Ada Kejelasan

oleh Sabilal dibaca dalam: 2 menit
5