Klaim Garansi Apple Iphone Xs Max di Blibli.com Bermasalah

02 Mei 2019 : Saya membeli HP Apple iPhone Xs Max 256GB di Blibli.com bergaransi internasional 1 tahun (nomor pesanan 12028820193). Saya berani beli di Blibli.com karena dijanjikan purna jual yang baik, klaim garansi bisa melalui dan akan dibantu Blibli.com. Sehingga saya tidak perlu ke Singapore sendiri jika akan klaim garansi di kemudian hari. Karena jaminan inilah saya yakin kualitas barangnya bagus dan berharap tidak sampai klaim garansi.

 

02 April 2020 : HP tersebut rusak, layar separo redup separo terang, cepat panas, dan baterai ngedrop. Saya kirim ke Blibli.com untuk klaim garansi (nomor pengembalian RMA270352). Blibli.com beberapa kali mengkonfirmasi bahwa untuk proses klaim garansi membutuhkan waktu lama, syarat dan ketentuan berlaku. Saya menyetujui untuk melanjutkan prosesnya.

 

06 April 2020 : Blibli.com menginformasikan akan mengirimkan HP saya ke pihak merchant.

 

16 April 2020 : Blibli.com menginformasikan karena sedang PSBB, service center tutup dan baru bisa dikirim 27 April 2020. Lalu saya informasikan bahwa garansi berakhir tanggal 20 April 2020. Apakah ada kebijakan perpanjangan garansi karena Covid-19? (karena saya khawatir akan bermasalah dan berharap Blibli.com segera bertindak). Tapi tidak ada jawaban lebih lanjut dari Blibli.com.

Belakangan saya ketahui dari AASP, Apple masih melayani walau kondisi PSBB, iBox Menteng Central tetap buka, bahkan unit akan dijemput ke rumah agar customer tetap di rumah saat PSBB. Harusnya ini berlaku untuk semua Apple termasuk Singapore.

18 April 2020 : Saya jawab lagi email di atas, bahwa saya bersedia menunggu (karena kalau tidak dijawab saya khawatir HP saya malah dikembalikan).

 

24 April 2020 : Pak Daniel dari Blibli.com melalui whatsapp menawarkan service berbayar. Saya pikir oke lah kalau biayanya tidak mahal yang penting bisa cepat selesai. Namun untuk menginformasikan besarnya biaya service, lama sekali (24 April ~ 3 Juni) sebulan lebih. Sehingga saya sempat berpikiran bahwa tawaran ini tidak jadi, dan Blibli.com akan melanjutkan klaim garansi.

 

03 Juni 2020 : Blibli.com baru menginformasikan besaran biaya jika melalui service berbayar (sekitar 7 juta). (Padahal saya kira sudah tidak jadi, karena penawarannya sudah 40 hari yang lalu). Saya kaget karena biayanya besar sekali, sehingga langsung saya tolak, dan meminta Blibli.com melanjutkan klaim garansi saja. Walaupun lama tidak apa-apa dari pada bayar 7 juta.

 

04 Juni 2020 : Blibli.com menginformasikan bahwa saya harus membayar 7 juta jika servicenya akan dilanjutkan, karena garansi sudah tidak berlaku.

Padahal saya kirim ke Blibli.com sebulan sebelum masa garansinya habis. Tapi dengan alasan Covid-19, HP saya tertunda penanganannya hingga habis masa garansi. Namun setelah saya cek, ternyata walaupun kondisi Covid-19, semua masih bisa bekerja dengan baik, termasuk service center Apple, bahkan mereka memudahkan pelanggan dengan antar jemput barang. Oleh karena itulah mereka pun tidak memperpanjang masa garansi. (Silakan cek ke AASP).

Di masa PSBB memang banyak toko/kantor yang tutup, tapi bukan berarti orang-orangnya tidak bisa bekerja dan tetap produktif. Saya sendiri bekerja di rumah (WFH) lancar. Blibli.com juga pasti masih bisa jualan dan kirim-kirim barang.

12 Juni 2020 : HP saya akhirnya dikembalikan tanpa perbaikan karena memang tidak ada titik temu atas klaim garansi ini.

Mohon pihak Blibli.com menepati janjinya dan bertanggung jawab atas klaim garansi produk yang dijualnya ini. Karena yang saya tangkap dari kata “membantu” oleh perusahaan sebesar Blibli.com adalah membantu sepenuh hati dengan penuh tanggung jawab. Hal ini tentu sangat penting demi menjaga kepercayaan pelanggan kepada Blibli.com.

HP saya ini harganya tidak murah, sekitar 17,8 juta. Dan saya percayakan ini kepada Blibli.com.

Fatah Hidayat
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:5    Rata-Rata: 3.4/5]
Tanggapan Blibli terhadap Surat Bapak Fatah Hidayat

Kepada Yth Bapak Fatah Hidayat, Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya dengan berbelanja di Blibli, dan kami sampaikan permohonan...
Baca Selengkapnya

Loading...

6 komentar untuk “Klaim Garansi Apple Iphone Xs Max di Blibli.com Bermasalah

  • 21 Juni 2020 - (08:55 WIB)
    Permalink

    beli gadget mahal, sebaiknya yang garansi resmi.
    garansi internasional itu sama aja BM, karena tidak bisa klaim garansi di Indonesia.

    semoga Blibli bisa membantu menyelesaikan masalah ini dengan baik dan adil untuk kedua belah pihak.

  • 21 Juni 2020 - (15:13 WIB)
    Permalink

    Untuk barang BM ya ada resikonya, susah atau mahal kalau servis, garansi jg susah.
    Kalau sy baca respons blibli sudah sangat membantu, baik2 dan sopan2 lg jawabannya… ya mau apa lg kalau kondisi nya terganggu bencana/alam, ini masuknya force majeur, tidak ada yg bisa disalahkan.

  • 22 Juni 2020 - (22:47 WIB)
    Permalink

    Apple itu Ada 2 jenis … resmi yang di jual di indonesia dengan di luar indonesia (semua negara)
    Nah Kalau anda beli yang non indonesia garansi akan sulit karena harus international… sebetulnya iPhone macam itu bisa dibilang illegal tapi boleh di beli…

    Saya Pemakai Apple dari jam hp sampai laptop semua Apple dan saya nda pernah beli dari Gerai tak resmi

    Cari gerai resmi reseller product Apple di indonesia misalnya erajaya, ibox, digimax dan lainnya itu hanya menjual products Apple resmi indonesia
    Ada kodenya kok … Kalau iPhone bukan indonesia ibox tak akan menerima service barang yang rusak…

    Dikarenakan indonesia belum Ada Apple Shop
    Jadi di pegang erajaya dan anak perusahaannya …

  • 29 Juni 2020 - (07:07 WIB)
    Permalink

    Terima kasih atas masukan teman-teman semua. Tentunya sangat bermanfaat untuk menjadi bahan pertimbangan bagi calon customer berikutnya.

    Saya menghargai usaha yg telah dilakukan Blibli.com, namun tentunya yang lebih penting bagi customer adalah hasil dari usaha tersebut. Karena customer juga tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi. Dan biasanya jika prosesnya baik, hasilnya pun akan baik pula.

    Namun saya setuju dengan Pak Martin Wibowo bahwa pada kondisi ini tidak ada yang bisa disalahkan. Anggaplah force majeur walaupun disaat PSBB sebenarnya kita masih bisa bekerja, namun dengan cara yang baru. Oleh karena itu saya menawarkan agar resiko ini dibagi 3 saja supaya adil, yaitu saya, seller dan Blibli.com. Masing-masing menanggung biaya 1/3 dari total biaya service. Semoga usulan ini bisa diterima dan adil untuk semua pihak. Saya pun terbuka jika ada usulan lain.

  • 1 Juli 2020 - (07:12 WIB)
    Permalink

    Hari ini pihak seller menghubungi saya dan menanyakan mengenai keluhan yang saya alami. Saya ceritakan semua dan meminta pertanggungjawaban dari pihak seller.

    Saya kaget karena ternyata pihak seller belum pernah dihubungi Blibli.com sebelumnya, apalagi dikirimi HP saya tersebut. Seller mengatakan bahwa tokonya buka dan masih bisa dihubungi saat PSBB.

    Berarti HP saya selama ini (02 April 2020 – 12 Juni 2020) hanya dibiarkan saja oleh Blibli.com dan tidak difollow up untuk pengurusan klaim garansinya?

    Jika memang demikian, mohon pihak Blibli.com bertanggung jawab mengganti 100% biaya service karena kelalaiannya, yang mengakibatkan hangusnya garansi HP saya.

 Apa Komentar Anda?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Klaim Garansi Apple Iphone Xs Max di Blibli.com Bermasalah

oleh Fatah Hidayat dibaca dalam: 2 min
6