CS Shopee Berbohong dan Menyesatkan Pengguna

Salam hangat,

Perkenalkan nama saya Yusa Dibrata, dan saya sangat kecewa dengan pelayanan Shopee, terutama CS yang tidak memberikan solusi namun berbohong dengan memberikan informasi yang dapat menyesatkan pengguna.

Saya adalah pengguna shopee dengan akun yang sudah terdaftar sejak 2(dua) tahun yang lalu, dan sudah melakukan verifikasi KTP, foto diri dengan KTP dan lainya. Kejadian ini terjadi pada tanggal 29-06-2020, dimana saya ingin memasukkan data produk baru pada toko shopee saya. Saya tidak berjualan hanya di shopee, namun pada ecommerce lain seperti tokopedia, bukalapak, dan lazada.

Pada saat saya memasukan data produk baru, tiba-tiba status menjadi sedang diperiksa, dan ini sangat aneh dikarenakan selama 2(dua) tahun saya berjualan tidak pernah seperti ini. Segeralah saya menghubungi pihak shopee untuk menanyakan hal tersebut, dan CS shopee seperti biasa meminta email aktif saya, dan pada esokan harinya barulah email tersebut dibalas.

Sayapun bertanya dengan membalas email ini untuk kejelasan tentag mengapa hal ini terjadi, dan inilah pertanyaan saya dan jawaban CS

Lalu saya pun kembali mengupload produk-produk baru saya dan hasilnya sama, yaitu sedang diperiksa, dikarenakan pada tanggal 29-06-2020 masih belum terselesaikan juga, dimana produk saya masih diperiksa. Maka saya kirimkan kembali email untuk menanyakan hal tersebut, dan inilah jawabannya yang sangat tidak masuk akal.

Saya pun kembali membalas email tersebut dengan pertanyaan yang sangat sederhana.

Dan sampai surat ini saya tuliskan pada tanggal 04-07-2020 belum dibalas oleh pihak shopee dan permasalahan produk saya pun masih belum ada perbaikan.

Ada baiknya pihak shopee jangan sembarangan memberikan informasi yang tidak sesuai, bilang memang shopee memiliki TOS baru mengenai hal ini, ada baiknya ditulis pada situs resmi anda mengenai TOS tersebut, memberikan notifikasi pada aplikasi dan situs, memberikan banner tentang perubahan TOS, seperti tokopedia yang mengubah sistem perhitungan gratis ongkir, pihak tokopedia berulang-ulang memberikan topup bagi penjual agar membaca dan memahami, bukan seperti anda yang memberikan informasi palsu dan tidak jelas karena saya sudah cek berulang ulang cek dan baca di TOS shopee maupun menu edukasi shopee, apa yang CS anda katakan itu tidak ada.

Dan saya sudah 2(dua) tahun berjualan tidak pernah seperti ini, lalu mengapa anda memberikan informasi yang sangat tidak akurat atas pelayanan anda? Saya pun memiliki banyak teman yang berjualan pada shopee tidak ada yang memasukan produk baru lalu statusnya menjadi sedang diperiksa, anda harus sadar, masukan dari pengguna itu untuk membangun anda, anda bukalah satu-satunya ecommerce loh, bisa bayangkan kalau penjual tidak ada yang mau berjualan di shopee apakah anda bisa hidup?

Penjual dan pembeli sama pentingnya!! Tanpa penjual anda tidak ada uang diputar, dan tanpa pembeli pun anda juga tidak ada uang tuk diputar.

Semoga yang mau berjualan di shopee berpikir berkali-kali, susahnya mendapatkan pelayanan dan jawaban serta solusi di shopee sangat tidak baik!!!

Yusa Dibrata
Pondok Gede, Bekasi 17411

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:38    Rata-Rata: 2.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

6 komentar untuk “CS Shopee Berbohong dan Menyesatkan Pengguna

  • 8 Juli 2020 - (18:07 WIB)
    Permalink

    Mamang sekarang shopee sedang memeriksa hampir semua barang yg diupload dan agak lama itupun sudah dijelaskan di seller center (sekitar bagian atas pengumuman). Saya pernah lebih dari 2 hari blum ditampilkan tapi nanti tampil sendiri kok. Mungkin karena sempat ada penjualan ilegal seperti rekening bank dll jadi perlu diperiksa.

  • 8 Juli 2020 - (22:57 WIB)
    Permalink

    Sebagai seller yang sudah 2 tahun lebih berjualan di Shopee, kita harus bisa memahami bahwa Platform marketplace dan e-commerce memang masih dalam tahap penyempurnaan pak. Banyak sekali alasan mengapa kebijakan, hukum dan ketentuan dalam marketplace itu diubah, paling utama adalah alasan keamanan kita sendiri sebagai seller.

    Meskipun sudah STAR SELLER dan terverifikasi, nyatanya banyak praktek menyimpang oleh seller-seller nakal di Shopee seperti penduplikasian produk, penjualan akun toko STAR SELLER ke orang lain, pesanan dan ulasan palsu dll. Moderasi produk mungkin dimaksudkan agar pihak Shopee lebih bisa menjamin iklan yang dipasang penjual, memenuhi kriteria dan ketentuan mereka.

    Dulu berjualan di Shopee sangat bebas sekali bahkan ada Software yang dirancang untuk menduplikasi iklan di Shopee. Praktek itu banyak merugikan seller, karena kebebasan upload produknya yang tanpa batas. Kebijakannya pasti di update terus sebagai pembelajaran bagi banyak pihak termasuk seller di dalamnya.

    Kalo referensi untuk kebijakan baru mungkin bisa dibaca di Legal Docs Shopee ini https://shopee.co.id/docs/3001
    Semoga bisa membantu..

  • 9 Juli 2020 - (01:18 WIB)
    Permalink

    Yupp memang skrg shopee memperketat aturan
    1. Brg yg sudah terjual diiklan tidak dapat dirubah rubah gambar nya sesuka hati
    2. Ada beberapa brg yg harus melewati tahap pemeriksaan.. Seperti brg brg dengan kata kata yg mencurigakan
    3. Tp kayaknya itu masih tahap penyesuaian.. Jadi. Bisa berubah ubah SOP nya sewaktu waktu

  • 9 Juli 2020 - (15:25 WIB)
    Permalink

    Baguslah kalau begitu setiap barang yang diupload ad pemeriksaan dulu dan itu sudah ada pemberitahuannya di shopee seller center, lagian banyak sekali spam para pelaku dropshiper upload produk hingga ribuan ,ini demi kebaikan pembeli dan penjual itu sendiri,serta menjaga popularitas / image dari shopee sendiri upload produk gak sembarangan, kalau ingin niat jualan lebih naik restok barang dari pada memasang ketentuan PO pada toko,,,kita bisa lihat e commerce bli bli atau zalora mereka benar” serius untuk menerima postingan produk yg d upload,,,

  • 19 Juli 2020 - (13:27 WIB)
    Permalink

    Pihak shopee telah menghubungi dan telah melakukan penyelesaian atas permasalahan yang telah terjadi. Perlu diingat, kritik adalah untuk membangun, dan pihak shopee secara bijak menerima kritik saya dengan baik. Sukses dan maju terus.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

CS Shopee Berbohong dan Menyesatkan Pengguna

oleh Yusa Dibrata dibaca dalam: 2 min
6