BliBli.com Remehkan Hak Konsumen

Kepada Yth. Blibli.com, saya mengajukan keluhan atas dana tertahan hingga 10 hari kerja karena pembelian yang terkonfirmasi dibatalkan oleh penjual. Nomor pesanan: 12051683331, tanggal 6 Juli 2020 dibatalkan setelah diproses karena warna tidak tersedia. Keluhan saya antara lain:

  1. Transaksi menggunakan kartu kredit, pengembalian limit membutuhkan waktu hingga 10 hari kerja. Saya merasa dirugikan karena ada sejumlah dana tertahan akibat kelambatan proses pengembalian dana dari Blibli.com.
  2. Keluhan saya ajukan ke CS tapi justru dianggap kelalaian pembeli. Secara rinci percakapan melalui chat tertanggal 7 Juli 2020 yang ditanggapi oleh Stella sbb: “Kedepannya kalo mau order lagi Kak A*** bisa tanyakan stok dulu kak untuk dicek. Cek stok agar lebih pasti aja kok, khawatir stoknya terbatas.” Jawaban ini sangat meremehkan konsumen karena jelas ada keterangan di aplikasi bahwa “Stok Tersedia”.
  3. Keluhan selanjutnya disampaikan melalui chat tanggal 8 Juli 2020 karena permintaan agar dana segera dikembalikan belum terlaksana. Jawaban dari CS atas nama Adele atas keluhan tersebut jelas sekali meremehkan hak konsumen dengan pernyataan: “Adele bisa mengerti sekali kalau dana refund ini sudah A*** tunggu-tunggu untuk kebutuhan lainnya.” Menurut CS Blibli.com, dana refund adalah hal yang ditunggu-tunggu, padahal dana tersebut merupakan hak konsumen yang harus secepatnya dikembalikan.
Konsumen dianggap menunggu-nunggu dana refund padahal itu adalah hak yang harus segera dikembalikan

Dari pengalaman tersebut, dapat saya simpulkan bagaimana Blibli.com meremehkan hak konsumen dengan cara memberikan jawaban untuk menghindar dari masalah yaitu percepatan pengembalian uang konsumen. Beberapa poin yang saya sesalkan dari pihak Blibli.com:

  1. Menyesatkan konsumen; informasi “stok tersedia” ternyata belum tentu ada. Barang yang sudah dibayar bisa dibatalkan prosesnya.
  2. Menyalahkan konsumen; ketika proses pembelian dibatalkan sepihak, konsumen justru disalahkan dan diminta untuk menanyakan dulu ketersediaan barang sebelum membeli.
  3. Meremehkan konsumen; pengembalian dana yang tertahan karena lemahnya sistem Blibli.com dianggap sebagai sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh konsumen. Padahal itu adalah hak konsumen yang harus segera ditindaklanjuti.

Secara umum, dapat saya sampaikan agar nasabah berhati-hati untuk berbelanja di Blibli.com, informasi yang disampaikan tidak sesuai dan bila terjadi kendala, konsumen yang dirugikan. Atas keluhan saya tersebut, bersama ini saya ajukan kompensasi atas kerugian yang saya alami senilai harga barang yang saya beli dengan nomor pesanan 12051683331.

Salam,

Afgiansyah
jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Blibli.com:
[Total:6    Rata-Rata: 3.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

2 komentar untuk “BliBli.com Remehkan Hak Konsumen

    • 10 Juli 2020 - (15:44 WIB)
      Permalink

      Permasalahan Ini tidak ada follow up serius dari blibli.com.
      Saya hanya ditelpon, pesannya lebih ke penjelasan mengenai refund yg memakan waktu hingga 10 hari kerja.
      Soal bagaimana hak Saya sbg konsumen diremehkan tidak ada tanggapan sama sekali. Bahkan ketika Saya ajukan kompensasi senilai harga barang, pengajuannya sama sekali tidak ditampung dan langsung ditolak oleh petugas customer
      handling.
      Jika ada teman-teman yg merasa kecewa dgn layanan Blibli, mari kita tuangkan di sini supaya pelemahan hak konsumen ini menjadi perhatian serius.

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli.com?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

BliBli.com Remehkan Hak Konsumen

oleh Afgi dibaca dalam: 1 min
2