Refund Traveloka Terlalu Lama

Saya Indra,saya mempunyai 2 akun refund di Traveloka dengan id refund: 2707502 sejak 18 Maret 2020 dan id refund: 2751695 sejak 20 Maret 2020. Untuk id refund: 2707502 baru kemarin tanggal 12 Juli 2020 disetujui, tetapi untuk pencairan harus menunggu kira-kira 90 hari lagi.

Kalau begitu, konsumen harus menunggu 180 hari lebih? Karena Maret ke Juli sudah 90 hari lebih. Apa harus menunggu 1/2 tahun untuk mendapatkan hak saya? Sedangkan id refund: 2751695 sampai sekarang masih menunggu persetujuan.

Indra Putra
Kab. Badung, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:4    Rata-Rata: 2.8/5]
Tanggapan Traveloka untuk Bapak Indra

Kepada Yth., Bapak Indra Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Pertama-tama, perkenankan kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

Loading...

3 komentar untuk “Refund Traveloka Terlalu Lama

  • 15 Juli 2020 - (11:17 WIB)
    Permalink

    Coba dicek ke maskapai ybs, bagaimana mereka melakukan refund, apakah balik duit atau voucher atau bagaimana. Khususnya buat id yang sama sekali belum ada update lebih lanjut.
    Setelah tahu bagaimana peraturan mereka terkait refund, ada baiknya ngecek kode booking yang hendak di-refund ke mereka, apakah mereka bisa mengecek apa benar sedang ada request dari travel agent.
    Dari situ bisa lebih dapat kepastian, siapa yang lebih brengs*k, maskapai atau travel agent.
    Kemudian baru ambil langkah2 lebih lanjut.
    Maaf, menurut saya b*llsh*t bahwa nanya keputusan refund aja perlu berbulan-bulan, & kemudian minta lagi 3 bulan buat sekedar ngirim/transfer duit (malah ada yang lebih gila lagi, ngomong butuh 90 HARI KERJA). Setahu saya, yang ada angka 90 hari (kerja) itu cuma travel2 agent aja, maskapai tidak ada yang ngomong begitu. Umumnya maskapai minta waktu maksimal 1 bulan.

    Sekedar contoh soal: saya mengajukan refund uang ke 1 maskapai internasional, di mana saya tahu pasti bahwa sesuai ketentuan dari maskapai tersebut sendiri, saya berhak atas refund uang. Dari pengajuan sampe pelaksanaan TIDAK SAMPAI 1 MINGGU selesai (maskapai memberi tahu saya tanggal berapa mereka mengembalikan dana saya ke travel agent). Kemudian memang yang jadi permasalahan memang travel agent-nya, nunggu saya nulis surat dulu di sini, baru selesai urusan.

    Ada yang bilang: kalo elu sejak awal berhubungan dengan travel agent, jangan mau kalau disuruh berhubungan dengan maskapai langsung, desak terus travel agent untuk ngurus, bila perlu pake kata2 yang keras ataupun fisik.
    Nah, kalau menurut saya, daripada maki2 ke petugas CS travel agent yang notabene (1) tidak bisa & bahkan tidak boleh mengambil keputusan; serta (2) bisa jadi gajinya aja gak cukup buat nutup refund yang dipermasalahkan; apa salahnya kita kontak langsung ke maskapai. Kemungkinan besar bisa lebih cepat terima info/kabar ketimbang ngotot cuma mau nanya ke travel agent doang.
    Semua untung rugi juga demi kepentingan kita sendiri, kalau cuma sekedar ngotot demi “seharusnya” yah kita rugi sendiri.

  • 16 Juli 2020 - (13:25 WIB)
    Permalink

    Terimakasih Setelah menunggu cukup lama akhirnya refund saya terbayarkan lunas oleh Traveloka,saya harap kedepan Traveloka bisa menjaga kepercayaan konsumen dan semakin berkembang kedepan nya,sukses terus untuk Traveloka

    • 16 Juli 2020 - (22:20 WIB)
      Permalink

      Saya juga mengalami hal yang sama refund yang saya ajukan 13 april 2020 sampai sekarang belum ada perubahan status menjadi menyetujui. Padahal ini sudah lebih dari 90 hari. Say sebagai konsumen harus menunggu berapa lama lagi untuk mendapat hak saya ?

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Refund Traveloka Terlalu Lama

oleh Indra dibaca dalam: <1 min
3