Akun Kredivo Diretas untuk Pembelian Pulsa XL

Kejadian yang saya alami ini sebenarnya sudah pernah diposting juga dengan judul serupa, yaitu “Akun Kredivo Saya Diretas untuk Pembelian Pulsa XL, Laporan Diproses 90 Hari Kerja” oleh saudara Erik Oloan Panjaitan tahun 2019 lalu. Inti dari permasalahannya ialah sama, peretasan akun Kredivo dan menyebabkan kerugian materi sebesar Rp200.000 dengan pembelian pulsa XL ke Nomor 087724032828 yang saya sendiri tidak mengetahui siapa pemilik nomor tersebut.

Hal tersebut terjadi pada hari Minggu malam tanggal 2 Agustus 2020 pukul 21.25. Awalnya saya menerima informasi bahwa ada permintaan penggantian PIN Kredivo melalui SMS. Saat itu saya tidak mengecek SMS tersebut dan tidak lama kemudian kembali saya menerima informasi terkait kode OTP. Padahal dari awal tidak orang atau yang menghubungi saya terkait OTP ini.

Dan tidak beberapa lama kemudian muncul notifikasi terkait sukses pembelian pulsa sebesar Rp200.000 ke nomor XL di akun Kredivo saya dengan ID Transaksi 81053602. Saat itu saya terkejut dan langsung mengecek dan benar saja tagihan pembelian pulsa sudah berhasil dilakukan.

Setelah hal tersebut, saya berinisiatif untuk mengganti PIN dan Nomor Hp yang telah didaftarkan serta mengirimkan email ke Customer Service Kredivo terkait permasalahan ini dan melakukan pemblokiran akun sementara.

Keesokan harinya, Senin tanggal 3 Agustus saya mencoba untuk menelpon tim support Kredivo dan seperti biasa verifikasi data dilakukan. Setelah verifikasi saya menceritakan Kronologi kejadian. Dari situ saya mendapat jawaban dari Tim Support membuat saya kurang puas karena saya tetap diwajibkan membayar tagihan tersebut sementara laporan perlu diinvestigasi dan prosesnya membutuhkan waktu yang sangat lama: 90 hari kerja.

Terkait lamanya proses investigasi saya juga menanyakan mengenai tagihan transaksi yang dilakukan oleh oknum tersebut dengan masa tenor hanya 30 hari. Karena menurut saya otomatis tagihan tersebut sudah melebihi masa tenornya dan saya pasti akan ditagih oleh tim penagih. Namun lagi-lagi jawaban yang saya dapat tidak memuaskan dengan hanya dibuatkan laporan dan menunggu hasil investigasi tanpa ada solusi lain.

Saya cukup menyesalkan terkait kejadian tersebut karena saya sendiri merupakan customer yang tidak pernah memliki record buruk terkait tagihan Kredivo dan berharap masalah ini dapat diselesaikan tanpa merugikan pihak mana pun. Mohon solusi untuk teman-teman yang pernah mengalami hal serupa.

Terima kasih.

Muhaerul
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kredivo:
[Total:3    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Muhaerul

Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pengguna Kredivo. Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh Bapak Muhaerul pada...
Baca Selengkapnya

Loading...

6 komentar untuk “Akun Kredivo Diretas untuk Pembelian Pulsa XL

  • 4 Agustus 2020 - (21:46 WIB)
    Permalink

    Ralat untuk Nomor oknum tidak dikenal yang tertera di artikel 087724031828. Mohon untuk di tindak lanjuti!

    • 5 Agustus 2020 - (01:34 WIB)
      Permalink

      Awalnya saya menerima informasi bahwa ada permintaan penggantian PIN Kredivo melalui SMS. Saat itu saya tidak mengecek SMS tersebut dan tidak lama kemudian kembali saya menerima informasi terkait kode OTP. Padahal dari awal tidak orang atau yang menghubungi saya terkait OTP ini.

      Berarti password dan email untuk kredivo anda tertinggal atau digunakan oleh pihak lain. Kemungkinan besar dari cerita jika ada OTP masuk artinya Oknum ( pelaku ) melakuakan transaksi lalu mengganti nomor telepon kredivo menggunakan email ( lalu mengganti nomer yang dikirim OTP ) transaksi dilakukan tanpa sepengetahuan anda pada kredivo OTP selalu digunakan untuk bertransaksi pulsa.

  • 5 Agustus 2020 - (01:37 WIB)
    Permalink

    Jika tidak ada yang dapat mengakses akun kredivo anda tidak mungkin hal tersebut terjadi ( melalui media HP atau nomor telepon yang tedaftar pada kredivo anda ) atau mungkin kredensial ( password / username / email ) kredivo anda

  • 5 Agustus 2020 - (06:17 WIB)
    Permalink

    Berarti password dan email untuk kredivo anda tertinggal atau digunakan oleh pihak lain.

    >>>Tertinggal disini bukan berarti saya memberikan secara sengaja data akun email dan apalagi password yang tidak mungkin saya berikan ke pihak manapun.

    Benar, Terakit email saat itu ada notif perangkat tidak dikenal login ke akun email saya dan nomor yang didaftarkan di akun kredivo sebelumnya sudah diganti oleh oknum tersebut. Mengetahui ada transaksi ilegal saat itu juga saya langsung mengganti PIN dan nomor yang didaftarkan dengan nomor saya yang lain.

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Akun Kredivo Diretas untuk Pembelian Pulsa XL

oleh Muhaerul dibaca dalam: 1 min
6