Tagihan Misterius Telkom IndiHome

Salam sehat buat semuanya,

Perkenalkan saya JULLY, pelanggan IndiHome (dulunya Speedy) sejak belasan tahun lalu dan saya cukup puas dengan kinerja internet yang ada di rumah. Sampai pada saatnya di bulan Desember 2019 saya harus imigrasi ke IndiHome, karena Speedy sudah tidak bisa berfungsi dengan baik dengan alasan ada penggantian kabel tembaga dan sekarang semuanya sudah beralih ke optik.

Proses pemasangan IndiHome Dual Play (Internet 20 Mbps beserta 90-an Channel TV) dengan harga promo yang didapatkan Rp360 ribu/bulan dan berjalan dengan lancar semuanya di Plasa Telkom Jalan Putri Hijau, Medan – Sumatera Utara.

Pada akhir bulan Januari atau awal Februari 2020, saya ditelepon oleh Teknisi Telkom yang mau ke rumah untuk mengganti kabel telepon lama saya dari yang tembaga ke Optik. Saya pun menyetujuinya, ternyata ada ditambahin 1 alat modem warna putih dari pihak Telkom. Saya gak tahu apapun soal itu dan tidak kepikiran mimpi buruk akan terjadi 3 bulan kemudian.

Pada tanggal 27 May 2020 (bukti terlampir) saya mendapatkan Whatsapp dari IndiHome kalau saya ada tagihan buat nomor IndiHome 111209005413 atas nama Sucipto Halim sebesar Rp34,500, bisa menghubungi Petugas Telkom wilayah Kota Medan. Seketika membaca pesan Whatsapp masuk,  saya langsung telepon ke Telkom 147, whatsapp ke nomor petugas Telkom. Sekaligus beberapa waktu kemudian berkunjung ke Plasa Telkom terdekat dengan lokasi saya sekarang ini, dan buat laporan. Namun tetap tidak ada tanggapan apapun selama 3 bulan ini. Hanya dijanjikan akan dibantu prosesnya.

Whatsapp beruntun masuk dari IndiHome ke no Whatsapp saya di tanggal 01 Juni 2020, 23 Juli 2020, 29 Juli 2020 mengingatkan saya untuk membayarkan abodemen Tagihan IndiHome saya itu.

24 Juli 2020 saya menghubungi Telkom 147 dan mendapatkan nomor laporan IN71858925.

Hari ini tanggal 08 Agustus 2020 dapat Whastapp lagi dari pihak IndiHome kalau saya menunggak bayar iuran bulan Juli 2020 and Agustus 2020 totalnya Rp148,720. Jika tidak dilunasi, maka pihak Telkom akan menyerahkan proses tagihan kepada Kuasa Hukum yang di tunjuk PT Telkom.

Tadi saya sudah membuat laporan ke Telkom 147 dan dibuatkan laporan IN72873660 dan dijanjikan akan dikabarin dalam 2×24 jam.

Pertanyaan saya:

  1. Jika kita menyetujui penggantian kabel telepon rumah ke Optik, maka otomatis nomor telepon rumah kita akan dikenakan biaya tambahan IndiHome abodemen sebesar Rp37.500 di luar biaya abodemen telepon rumah itu sendiri. Apakah ada hal seperti ini?
  2. Menurut pihak 147 itu nomor IndiHome tersebut katanya 1 paket/saling berkaitan dengan nomor telepon rumah  dan sekarang telepon rumah kena ISOLIR meskipun tiap bulan sudah membayarkan abodemen telepon rumah sebesar Rp38,500.
  3. Sebelum imigrasi ke IndiHome, saya selalu membayarkan iuran Speedy dan Biaya pemakaian telepon rumah secara terpisah alias tidak mempunyai keterkaitan satu sama lain. Hal ini juga berlaku untuk IndiHome saya (berlangganan sejak Desember 2019).
  4. Saya harus bekerja FULL TIME jadi waktu sangat terbatas. Tolong hargai dan sebisa mungkin di selesaikan tanpa harus melalui proses yang berbelit, bertatap muka dan memakan waktu berbulan bulan!

.

Saya harap mimpi buruk ini segera akan berakhir dengan adanya diterbitkannya surat ini di Media Konsumen. Terima Kasih banyak kepada pihak Media Konsumen semuanya.

Salam sehat buat kita semuanya dan semoga dalam lindungan-NYA.

Jully
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:171    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan PT Telkom Regional 1 atas Surat Jully

Yth Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat pembaca Jully pada tanggal 9 Agustus 2020 dengan judul...
Baca Selengkapnya

Loading...

7 komentar untuk “Tagihan Misterius Telkom IndiHome

  • 9 Agustus 2020 - (22:10 WIB)
    Permalink

    Assalamualaikum Wr Wb
    Mungkin saya akan memberikan tanggapan yang berbeda dengan yang sebelumnya, disaat pandemi COVID-19 ini saya sangat terbantu sekali dengan indihome.
    Dari mulai pemasangan paket IndiHome Learning From Home untuk pelajar (Dual Play 10 Mbps) sangat dibantu, mulai dari pendaftaran (walaupun melalui sales) sampai datangnya teknisi yang usianya masih muda tetapi cekatan, profesional dan juga ramah, mereka memasang modem wifi dengan tanpa banyak bicara dan internet pun dapat kami nikmati sekeluarga dengan tidak begitu lama.
    Pernah suatu saat kondisi modem dalam keadaan los (ditandai dengan lampu indikator menyala merah) sehingga saya dan keluarga tidak bisa akses Internet, kemudian saya lapor ke 147 (kalau tidak salah pukul 22.00 WIB) laporan diterima dan dicatat oleh operator waktu itu dan besoknya kami kembali kedatangan teknisi yang membantu menyelesaikan masalah Internet kami (yang los itu).
    Pada kesempatan ini saya dan keluarga mengucapkan terima kasih kepada segenap karyawan indihome yang telah memberikan pelayanan yang begitu baik, mudah mudahan PT Telkom (khususnya indihome) senantiasa memberikan perhatian dan pelayanan yang terbaik, sehingga senantiasa dicintai masyarakat Indonesia … Demikian
    Tulisan ini saya buat apa adanya tanpa ada kepentingan apapun.
    Bravo untuk indihome kota Bandung

    Wassalam
    Konsumen indihome kota Bandung
    Rahmat, S. Pd
    Nomor Internet 131182115964

    1
    8
  • 10 Agustus 2020 - (12:29 WIB)
    Permalink

    Benar mas, Telkom ini menagih semaunya , saya disini pasang yg Indihome pascabayar, setelah bulan terakhir pemakaian kami tidak melanjutkan pembayaran di karenakan anak2 pada pulang kampung kemarin, otomatis wifinya tidak aktif dan tidak bisa digunakan sampai pembayaran dilakukan, saya juga sudah cek dan memang tidak bisa,dan setelah bulan selanjutnya tagihan itupun tetap berjalan dengan fasilitas internet dimatikan, dan setelah saya tanya cs nya kenapa bisa seperti itu apakah itu prosedurnya? Dia bilang iya memang pak begitu prosedurnya ini justru tidak adil, jika seandainya internetnya jalan maka oke sajalah untuk tagihan tetap jalan tetapi ini internetnya mati namun tagihannya tetap jalan dan tagihannya pun lumayan sekitar 300 ribuan, dan besok niatnya saya akan protes ke pihak Telkom.

    • 11 Agustus 2020 - (10:43 WIB)
      Permalink

      benar Pak, kami akhirnya cabut.
      sudah males euy.. mana tagihannya sdh gk lumayan lg. sayang” kita gk pakai di tagih alasan berjalan tp fasilitas tdk dpt di gunakan. sekarang malah d mnta balikin printilannya, lha knpa tdk petugas anda saja yg dtg ke rumah, masih di minta utk tawarkan tetangga lg

  • 11 Agustus 2020 - (01:50 WIB)
    Permalink

    2 hari yang lalu 2 personil teknisi Indihome kerumah saya untuk melakukan pemasangan baru untuk MYIR 10221973970001 setelah melakukan pengecekan teknisi tersebut menyatakan ODP saya terlalu jauh dan disarankan pasang ODP baru ,agar cepat dipasang ajak 10 tetangga rumah agar cepat dipasang ODP Baru.yang mau saya tanyakakan kepihak indihom adaalah?
    Apa betul syarat paSang ODP baru Untuk mengajak tetangga sebanyak 10 warga.

    • 11 Agustus 2020 - (06:51 WIB)
      Permalink

      Sm kasusnya sm saya,sebelah rumah sy bs pasang,punya sy ga bs kepasang dgn alasan titik odp kejauhan untuk penarikan kabel
      Padahal dgn pandemi covid skrg ini sy sangat bnr2 butuh buat anak sekolah online,malah indihome istilahnya milik bumn ga bs suport warga.

  • 11 Agustus 2020 - (07:02 WIB)
    Permalink

    nomor registrasi MYIR-10222958880001
    Hallo indihome gmn status pemasangan sy ya??
    Beralasan ODP jauh,padahal sebelah rmh saya terpasang,malah teknisi nyuruh konsumen ijin k RT untuk urus ijin pemasangan tiang baru.kok aneh ya padahal pemasangan tiang urusan dr pihak telkom kok jadi konsumen yg dsrh urus ijinnya.
    Konsumen/khususnya sy pribadi sedang membutuhkan instalasi internet dikarenakan anak sekolah berbasis online di pandemi covid19 skrg ini,tp dr pihak telkom yg statusnya bumn pny pemerintah aja tdk suport kayak gini.
    Kita ini pasang bukan gratis ya indihome,kita bayar dan alatpun sewa dan kita bayar ppn. Tolong jangan di persulit seperti ini.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Tagihan Misterius Telkom IndiHome

oleh Jully Tunggal dibaca dalam: 2 min
7