Transaksi Gagal di JD.ID Tetap Muncul di Tagihan Kartu Kredit

Saya melakukan transaksi di JD.ID dengan nomor pesanan: 1028811463, menggunakan promo DBS 75.000 dari JD ID pada 11 Agustus 2020. Setelah saya input OTP, ternyata kuota habis dan muncul notifikasi “kesalahan sistem”, yang artinya pembayaran gagal, transaksi tidak terjadi. Transaksi tersebut senilai Rp9.775.000 setelah dipotong promo.

Anehnya, biasanya untuk kasus tersebut tidak memotong limit, apalagi sampai posted dan ditagih oleh JD.ID. Sedangkan kali ini muncul notifikasi oleh bank bahwa transaksi tersebut berhasil. Beberapa hari kemudian transaksi tersebut posted di aplikasi Digibank DBS, dan ditagihkan ke saya. Atas hal ini saya membuat komplain ke JD.ID.

Menurut pihak bank, bahwa atas transaksi yang sudah diinput OTP maka tidak mungkin dibuat sanggahan, dan pengembalian harus dari pihak merchant. Ini benar, dan bahwa pihak JD.ID lah yang salah karena melakukan settlement atas transaksi yang tidak terjadi.

Hingga tagihan saya sekarang sudah tercetak, belum ada dana pengembalian yang diterima di kartu kredit. JD.ID setiap dihubungi hanya jawaban template, dan pada email terakhir mengatakan sudah memproses refund, meminta saya menunggu 14 HARI KERJA (batas 3 September), dan saya sudah menunggu tanpa hasil.

Melalui surat pembaca ini saya berharap agar uang saya sebesar Rp9.775.000,- dikembalikan oleh JD.ID dan saya minta bukti pengembaliannya yang sah, bukan hanya bukti pengembalian abal-abal tanpa kode approval, bukan hanya janji-janji kosong dan jawaban template dari JDID. Saya berharap praktek bisnis dengan menagih transaksi yang tidak terjadi ke kartu kredit, jangan dibiasakan dan memakan korban lagi.

Terima kasih.

Peter Alimin
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Total:2    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Peter Alimin

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh konsumen atas nama Peter Alimin pada hari Jumat, 4 September 2020 lalu...
Baca Selengkapnya

Loading...

Satu komentar untuk “Transaksi Gagal di JD.ID Tetap Muncul di Tagihan Kartu Kredit

  • 13 September 2020 - (16:46 WIB)
    Permalink

    Hati-hati bertransaksi dengan kartu kredit DBS ini! masih belum ada pengembalian dana hingga saat ini.

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Transaksi Gagal di JD.ID Tetap Muncul di Tagihan Kartu Kredit

oleh peter alimin dibaca dalam: 1 min
1