Kenapa Ganti Kartu Indosat Harus Ganti Paket jadi Pascabayar?

Dear Indosat,

Kartu Indosat saya chip-nya rusak karena sudah lama belum diganti, sehingga kartu saya tidak bisa mendeteksi/menerima sinyal. Itu sudah 3 hari sejak 10 September 2020. Saya sudah bertanya melalui CS di twitter dan CS telepon ke nomor 02130003000, dan kedua CS tersebut mengharuskan saya datang ke gerai Indosat terdekat untuk ganti kartu.

Setelah itu saya datang ke gerai Indosat di Mall Ambassador (Jakarta Selatan) ketemu dengan CS Mbak-mbak (gak tahu namanya). Saya sudah kasih tahu keluhan saya mengenai kartu yang tidak mendeteksi sinyal karena rusak tsb. Kemudian Mbak CS-nya suruh saya untuk ganti kartu dan ganti paket jadi pascabayar dan harus bayar Rp250 ribu untuk penggantian kartu dan paket pascabayar tersebut.

Waktu itu saya tidak mau untuk ganti ke pascabayar karena saya merasa keberatan harganya mahal dan di nomor saya juga masih ada paket internet yang baru aktif dan masih ada pulsa. Sehingga waktu itu saya tidak jadi untuk ganti kartu.

Di hari yang sama, saya telepon CS ke 02130003000 dan menanyakan perihal tersebut. Namun CS telepon bilang itu hanya penawaran gerai dan bisa untuk ditolak. CS telepon menyuruh saya untuk datang ke Gerai Indosat Pusat di jalan Medan Merdeka (Jakarta Pusat) untuk penggantian kartu.

Tanggal 13 September 2020 saya datang ke gerai pusat di Jalan Medan Merdeka dan ketemu dengan CS pria (saya tidak tahu namanya). Saya jelaskan masalah kartu saya dan CS tersebut juga bilang kalau mau ganti kartu harus ganti paket juga jadi paket pasca bayar. Saya sudah bilang kata CS telepon itu bisa tanpa ganti paket ke pascabayar, tapi CS pria tsb masih keukeuh itu tidak bisa.

Saya merasa tidak percaya akan hal tersebut, kenapa saya sebagai pemilik nomor yang sah dan pengguna Indosat menyuruh saya untuk ganti paket ke pascabayar? Itu seperti pemaksaan saja. Tolong jika ada orang dari kantor HO Indosat, mohon ditanggapi karena saya tidak mau ganti kartu saya berikut ganti paket juga.

Ini nomor Indosat saya yang tidak mendeteksi sinyal 0857180140** sekarang tidak bisa digunakan (dan ini nomor alternatif lain 0813124693**).

Agit Olivia Ariswan
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Indosat Ooredoo atas Surat Bapak Agit

Dengan Hormat, Terkait dengan keluhan yang disampaikan oleh Bapak Agit Olivia Ariswan, seperti yang dimuat di mediakonsumen.com tanggal 14 September...
Baca Selengkapnya

21 komentar untuk “Kenapa Ganti Kartu Indosat Harus Ganti Paket jadi Pascabayar?

    • 14 September 2020 - (12:23 WIB)
      Permalink

      Anda seharusnya jawab sesuai kapasitas anda jangan malah ditarik ke DM. Emang di sini DM ke mana?
      Oh ya jadi kalo indosat ganti kartu harus bayar 250K? Eh di XL cuma 10K.

      • 9 Februari 2021 - (13:46 WIB)
        Permalink

        Saya tanya bisa ka, kebetulan saya juga di suruh pindah ke pasca seusai nomor saya hilang, padahal saya sudah katakan dari awal minta pergantian kartu baru dengan nomor sama, mau gk mau saya pindah karna banyak nomor saya disana

    • 28 April 2021 - (05:59 WIB)
      Permalink

      .
      Dan terjadi lagi, saya baru saja mengganti sim card yang hilang sinyal sejak minggu lalu.

      kemarin Selasa, 27 April 2021, di Gerai Indosat MM Bekasi saya diharuskan mengganti layanan ke pasca bayar, dengan paket bulanan Rp 77.000, kuota 15gb. CS bilang itu diharuskan, walau hanya untuk menggnti sim card yang rusak

      Selain itu, pembayaran juga diharuskan plus deposit untuk bulan ke empat, Rp 55.000.

      pembayaran juga dilakukan di CS, tidak melalui kasir dan tidak ada kwitansi

      kenapa begini Indosat?

  • 14 September 2020 - (12:31 WIB)
    Permalink

    bobrok emang cs nya.. programnya juga sama
    apalagi cs di bintaro xchange.. payah laporan ga ditanganin 2x..
    nomor lama udah gue buang… gpp pelayanan ampas ga mau gantirugi..
    pke yg pasti2 aja dah skrg mahal yg penting joss

    • 14 September 2020 - (12:50 WIB)
      Permalink

      Langsung UNPAIR aja buat apa susah2 .. msh bnyk yg bemutu .. pasca bayar pemaksaan itu bkn penawaran..

  • 14 September 2020 - (19:26 WIB)
    Permalink

    Hi all,

    Problem pergantian chip kartu sudah selesai dan sudah diganti ke chip kartu baru tanpa ganti paket ke pascabayat. tanggapan atas keluhan saya di media ini sungguh cepat ditanggapi oleh CS Indosat. Semoga bisa jadi pembelajaran kedepanya untuk CS Indosat.
    Thanks a lot for Media Konsumen dan CS Indosat gerai Indosat Mall Ambasador.

    Regards,
    Agit

    • 29 September 2020 - (15:58 WIB)
      Permalink

      Saya punya pengalaman yg sama persis….
      Hari ini sy ke gerai Indosat yg di mangga 2…
      Katanya harus untuk penggantian kartu baru harus beli paket seharga 280rb, kl gk, nomor sy gk bisa di ganti kartu….
      Apa kl ke gerai Mall Ambassador bisa langsung diatasi ya?
      nomor sy 0816-222-1xx

      • 27 Maret 2021 - (16:22 WIB)
        Permalink

        Kita voting aja,hapuskan pascabayar Indosat,migrasi prabayar tanpa syarat, bikin tagar biar trending #migrasiprabayarindosattanpasyarat.
        Hak konsumen yg diatur undang-undang dirampas Indosat.

  • 15 September 2020 - (09:51 WIB)
    Permalink

    SAYA KECEWA PAK…..SAYA CUMA GANTI KARTU PADAHAL NGA ADA SINYALL…..EHH MALAH NAWARIN KARTU PRABAYAR…..KALAU NGA BELI NGA BISA GANTI KARTU…….PIE COBA……..

    SAYA MAU GANTI KARTU BUKAN BELI KARTU PRABAYAR ????BISA PAHAM BAHASA ORANG NGA YA CS NYA…….

    JANGAN MAU PAKE PAKETAN PRABAYAR INDOSAT RUGI………BARU SEBULAN PAKETAN HABISSS……UDH HABIS DI ISI PAKET EXTRA KOUTA………UDH DI ISI PAKETAN EXTRA KOUTA……..2 JAM LANGSUNG HABISS……..RUGI BANGTT SUMPAHHH…..YANG UNTUNG PERUSAHAAN BANYAK BOSSS………….

    HADEHHH……YANG PUNYA IDE SIAPA SIEE…..KOK MARKETING G***** BNGTT YA……..BIKIN RUGI MASYARAKAT AJA……..

    UDH SEMUA MASYARAKAT JANGAN PAKE INDOSAT PRABAYAR RUGII …………..

    KALAU MAU NYARI UNTUNG JANGAN BEGTO LAH………KASIHAN MASYARAKAT LAIN NYA…………….

  • 31 Oktober 2020 - (13:18 WIB)
    Permalink

    Pagi ini saya mengalami pengalaman yang sama saat ingin mengganti kartu ponsel indosat di gerai jalan pemuda jakarta timur. Customer service meminta kami membeli paket internet seharga 180.000 jika ingin mengganti chip ke ukuran nano, jika tidak maka tidak dilayani. Setahu saya layanan tersebut gratis sebab saya pernah melakukan hal yang sama dengan no hape indosat yang lain sekitar 2 tahun lalu. Karena kami tidak percaya dengan customer service tersebut akhirnya kami meninggalkan gerai di jalan pemuda tersebut dan melakukan pemotongan chip sendiri di toko voucher pulsa. Saya kira pelayanan indosat sangat buruk dengan adanya praktek pemaksaan beli paket telpon/internet seperti itu. Mohon diperbaiki dan ditertibkan jika itu dilakukan secara ilegal oleh karyawan.

  • 9 Februari 2021 - (13:52 WIB)
    Permalink

    Memang benar sekarang CS se enak jidat, saya minta pergantian kartu hilang dengan kartu baru dinomor yg sama malah disuruh pindah ke pascabayar, kalo saya tidak mau maka kartu saya tidak bisa di proses atau tidak dilayani, mau tidak mau saya bayar untuk pemindahan ke pasca sebesar 264ribu , dalam kontrak 3bulan, setelah 3bulan saya akan datang lagi untuk minta pemindahan kembali kartu saya ke awal yaitu prabayar karna memang awalnya prabayar, seharusnya sebelum 3bulan juga bisa, kan kita sudah bayar duluan Indosat tidak akan rugi

    • 12 Februari 2021 - (14:41 WIB)
      Permalink

      Saya juga mengalami hal yang sama,

      Hp ilang, minta ganti kartu malahan diharuskan ganti kartu pasca bayar, infonya bisa moving ke prabayar lagi,

      Ini saya bayar 220rb untuk paket 4 bulan
      Tadinya diminta yg 1tahun, setelah nego2 akhirnya dapat yg 4 bulan,
      Cs.Mall Metropolitan Bekasi
      Dan nomor juga baru aktif setelah 5-7hari.

      #kecewa

      Provider sebelah (Telk*m*s*l)
      Beda banget pelayanan nya

      • 26 Agustus 2021 - (21:02 WIB)
        Permalink

        Wah ternyata banyak kasus serupa. Saya juga minggu kemarin pergantian kartu baru karna HP ilang persyaratan melampirkan surat kehilangan dari kepolisian, KTP, KK asli dan satu lagi yg bikin geleng geleng kepala diwajibkan beralih ke prabayar minimal selama 6 bulan. Untuk pilihan nya ada 3 kategori. 77 rb/bln dg kuota 15 gb, 100 rb/bln dg kuota 30 gb dan 200 rb/bln dg kuota 60 gb/bln kalo tidak salah. Kalo nolak yaa mau ga mau ga bisa diproses untuk aktivasi kembali kartu nya. Akhirnya saya ambil salah satu karna kebutuhan kerja banyak data kerjaan di WA. Siap siap ganti provider cari yang aman aja

  • 26 Maret 2021 - (09:15 WIB)
    Permalink

    Wah saya sudah kena jebakan batman ini dari tahun 2019an kl ga salah. Saat itu saya juga ‘dipaksa’ pindah ke pascabayar. Karna nmr ini sdh dipakai lama akhirnya saya manut aja. Pd saat itu harganya masih 108ribu dengan isi kuota 30gb. Tapi borosnya melebihi yg prabayar. Saya mau pindah ke prabayar tapi harus menunggu 3bulan. Padahal saya tlp CS indosat katanya perpindahan ke pascabayar tidak diwajibkan. Sedangkan CS di gerai indosat langsung mengatakan itu wajib pindah.
    Tahun ini sptnya saya mau kembali ke prabayar. Apa perpindahan dr pasca ke prabayar harus ke gerai langsung?

  • 28 April 2021 - (05:51 WIB)
    Permalink

    Dan terjadi lagi, saya baru saja mengganti sim card yang hilang sinyal sejak minggu lalu.

    kemarin Selasa, 27 April 2021, saya diharuskan mengganti layanan ke pasca bayar, dengan paket bulanan Rp 77.000, kuota 15gb. itu diharuskan, walau hanya untuk menggnti sim card yang rusak

    Selain itu, pembayaran juga diharuskan plus deposit untuk bulan ke empat, Rp 55.000.

    pembayaran juga dilakukan di CS, tidak melalui kasir dan tidak ada kwitansi

    kenapa begini Indosat?

  • 30 Juni 2021 - (07:17 WIB)
    Permalink

    Hay guys.
    Saya juga mengalami. Dibulan maret 2021 yang lalu hp saya ilang. Saya mendatangi grapari indosat yg ada di galaxy bekasi untuk meminta nomor saya kembali, informasi yg disampaikan oleh mbak²(gak tau namanya) syarat untuk mengambil nomor yg hilang : 1. Surat keterangan kehilangan dari kepolisian 2. KTP 3. KK dan ke empat membayar uang administrasi sebesar 165 ribu. Lalu saya protes ke mbak²nya. Dulu saya pernah ganti kartu di tahun 2007 nga ada biaya admin² sebesar itu mbak, terus dia menjawab ini kebijakan baru pak, ada administrasi 165ribu. karena ada suatu hal saya langsung ok mbak kalau buat biaya administrasi.

    Dan anehnya pas beberapa hari yg lalu saya dapat telpon dari (021)30003000 meminta saya verifikasi data, saya tanya buat apa ya? Informasi dari penelpon katanya verifikasi kartu pascabayar. Saya langsung bilang, maaf ya mbak saya ngak pernah mengganti kartu saya dari prabayar ke pascabayar. Dan saya ceritakan peristiwa saya yg sudah saya tulis diatas ke penelpon 02130003000.

    Intinya : Kenapa tidak ada kejujuran dalam informasi perpindahan kartu, malah kesannya ambil kesempatan pada saat pelanggan setia sedang mengalami kesusahan.

    Dan paling bikin kesel, saya di anjurkan untuk datang ke grapari indosat untuk mutasi ke prabayar.
    Buat apa sistem yg ada, dan buat apa 185 yg direkam? Kalau tidak bisa menerima keluhan dari para pelanggan setia.

    SUNGGUH SISTEM YG SANGAT MENGECEWAKAN.

  • 23 Januari 2022 - (13:56 WIB)
    Permalink

    22 Jan 2022 Indosat masih belum berubah, ketika saya ingin mengganti kartu SIM card karna tidak terbaca di Hp, Saya mengunjungi Gerai Indosat di Pusat Bisnis daan mogot, dan diharuskan bayar Rp 152.000 dan dibilang sudah termasuk voucher internet dan mohon menunggu 1-2jam untuk pengaktifan kartu baru nya, sampai 2 hari kartu tidak bisa aktif lalu sy minta ank saya utk bantuk telfon ke CS PUSAT, ternyata kartu saya di daftarkan ke paket pascabayar dan jika mw balik ke prabayr harus kunjungi ke gerai indosat kembali. Saya tidak diinfo ketika digerai bahwa SIM saya akan diubah paketnya ke pascabayar, cuma diinfo ini voucher internet 1 bln (dalam bentuk SIM tanpa nomor) dan jika tdk mw paketan lg ya sudah gpp. Kenapa GERAI2 INDOSAT ini tidak mengikutin regulasi dari pusat ya? dan tidak memberikan INFO yang jelas kepada konsumen, kasihan konsumen yang sudah TUA/ Berumur yang tidak mengerti mau saja bayar 150/200/330 ribu agar nomor mereka kembali, TANPA TAU nomornya berubah dari prabayar menjadi pascabayar.

  • 1 Maret 2022 - (13:31 WIB)
    Permalink

    di bulan Maret 2022, persis sama kejadiannya pas nomer papa saya mati karna terlambat mengisi pulsa. Datang ke gerai Indosat yg di Tegal, disana langsung diarahkan untuk mengambil paket pasca bayar 400 ribu/6 bulan. Katanya kalo ingin nomernya hidup lagi harus bayar sejumlah itu. Saya kaget kenapa bisa semahal itu untuk menghidupkan nomer yang mati, alhasil karna papa saya butuh nomer tersebut, kami membayar sejumlah 400 ribu. Padahal papa saya termasuk pengguna kartu Indosat dari lama. Jujur Indosat pelayanan nyaa sangat mengecewakan

  • 19 Maret 2024 - (11:38 WIB)
    Permalink

    Kok bayak yg harus ganti ke pascabayar.
    Saya baru kemarin juga mau ganti SIM CARD karena rusak (tidak terbaca) tapi di suruh ke paket pascabayar yg 600.000/6bulan setelah itu baru bisa ke prabayar lagi.
    Apakah memang prosedur nya begitu?
    Dulu pernah hilang dengan hpnya buat ganti SIM CARD hanya bayar 25.000 sekarang kok harus ganti ke paket pascabayar ya.

 Apa Komentar Anda mengenai Indosat Ooredoo?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Kenapa Ganti Kartu Indosat Harus Ganti Paket jadi Pascabayar?

oleh Nathanael Agit dibaca dalam: 1 menit
21