Denda AEON Credit Service Akibat Kesalahan Sistem Tetap Dibebankan kepada Pelanggan

Ibu saya pelanggan AEON Credit Service dengan nomor: 1019856399. Kami melakukan pembayaran tagihan pada tanggal 2 Oktober 2020 melalui aplikasi Shopee. Namun hingga keesokan harinya, pembayaran kami masih diproses oleh Shopee. Tanggal 3 Oktober 2020, saya menghubungi pihak Shopee supaya pembayaran diproses. Saya juga mengirim email ke customercare@aeon.co.id agar kami tidak dikenakan denda (karena keterlambatan pembayaran dari sistem Shopee), namun tidak ada tanggapan dari pihak AEON.

Hari ini, 5 Oktober 2020, ibu saya mendapat SMS yang menyatakan belum membayar dan akan terkena denda. Saya kemudian menelpon CS Shopee dan ditindaklanjuti dengan pengembalian dana. Jadi pembayaran saya untuk AEON tidak diproses oleh Shopee. Ketika saya akan membayar tagihan, muncul sejumlah kewajiban saya + denda. Padahal keterlambatan saya ini terjadi karena kesalahan sistem dari Shopee.

Saya akhirnya menghubungi pihak AEON, direspon oleh customer service atas nama Ibu Syifa. Ia sangat tidak sopan dan terkesan merendahkan saya dan ibu. Padahal kami hanya ingin meluruskan bahwa denda yang diberikan semestinya tidak dibebankan kepada kami, karena sebenarnya tagihan sudah dibayar tepat waktu. Pembayaran menjadi terlambat karena ada gangguan sistem pada pihak lain, yaitu pihak Shopee. Namun tanggapan Ibu Syifa sangat tidak profesional, ia tidak mengecek email saya terlebih dulu. Nada bicaranya tinggi dan sikapnya juga seolah-olah menganggap kami ingin lari dari kewajiban.

Akhirnya hari ini, saya membayar sejumlah kewajiban saya (yang seharusnya sudah terbayar sejak 2 Oktober 2020) dan denda yang sebenarnya bukan karena kesalahan saya.

Saya sangat kecewa dengan pihak AEON yang tidak melihat fakta, hanya mengambil tindakan berdasarkan sistem saja. Padahal sistem bisa saja salah. Saya juga kecewa dengan sikap customer service AEON yang memperlakukan konsumen dengan tidak sopan. Bukankah sikap yang kami lakukan, dengan menghubungi pihak AEON maupun Shopee, harusnya dapat dilihat sebagai itikad baik untuk menyelesaikan masalah ini?

Berikut saya lampirkan juga bukti transfer bank dan bukti transaksi dari Shopee.

Semoga di masa depan, AEON sebagai lembaga keuangan yang besar, bisa meningkatkan lagi kualitas sistem dan sumber daya manusianya.

Aisha Vidya
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai AEON Credit Service:
[Total:14    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan AEON Credit Service atas Surat Ibu Aisha Vidya

Yth. Redaksi MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan surat Ibu Aisha Vidya di MediaKonsumen.com tertanggal 5 Oktober 2020 dengan judul: “Denda AEON Credit...
Baca Selengkapnya

Loading...

10 komentar untuk “Denda AEON Credit Service Akibat Kesalahan Sistem Tetap Dibebankan kepada Pelanggan

  • 5 Oktober 2020 - (20:54 WIB)
    Permalink

    Waduh…maling – maling pada berpindah sasaran…tadinya maling – maling ini ” bermain ” di ALIKASI GRAB…pesan orderan makanan ratusan ribu…makanan udah di antar..di laporin ke grab bahwa makanan gak di antar..komplain ke grab ..alhasil..uangnya di ovo langsung dibalikin ( alamat yang dipake palsu dengan berpura – pura menunggu di suatu alamat )…
    Lagi rame sekarang…pesan makanan…tapi minta driver ojol bayarin / talangin dulu pembayaran pembelian online melalui indomaret / alfamart dengan catatannya..nanti akan di beri tips lebih. ..chating lancar tapi saat sampai di alamat sesuai aplikasiternyata alamat pemesan palsu…sekarang mulai berhati – hatilah..maling – maling sekarang ” main” nya di online sekarang….

  • 6 Oktober 2020 - (08:40 WIB)
    Permalink

    Tiap bulan saya dapat telepon dr CS AEON namun sayang nada dan penyampaian kurang sopan. Jatuh tempo cicilan masih 2minggu tp seperti sy sdh tidak bayar beberapa bulan…. nada bicara tinggi

  • 6 Oktober 2020 - (09:48 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya bayar tagihan lewat Shopee juga begitu. Kalau bayar mepet jangan pake Shopee prosesnya lama, status masih proses terus entah berhasil atau gagal. Ujung2nya kalau kena denda kita yang harus bayar.

  • 8 Oktober 2020 - (11:55 WIB)
    Permalink

    Sama banget kak aku bayar udah dari tanggal 2 lewat shopee dan tadi pagi masih di telponin ternyata blm ke detect katanya, pas cek cicilannya udah berbunga padahal bayarnya dah dari tgl 2, complain ke shopee juga lambat bgt penanganannya

  • 8 Oktober 2020 - (15:02 WIB)
    Permalink

    Dananya kan dibalikin ke shopeepay nya mbak. Lah bukannya wajar aeon tetep kenain denda. Kalo mau ngejar, yg shopee dong karna batalin proses bayar ke aeon sampe ga terima terus ga denda. Lucu ih mba nya ga kepengen di kenain denda.

 Apa Komentar Anda mengenai AEON Credit Service?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Denda AEON Credit Service Akibat Kesalahan Sistem Tetap Dibebankan kep…

oleh Aisha dibaca dalam: 1 min
10