Penipuan Penjual Kuota Indosat di Shopee

Kronologi:

1. Pada tanggal 25 Agustus 2020, di Shopee, saya memesan kartu perdana indosat yang berisi kuota internet. Deskripsinya adalah sbb:

  • nama seller: om_cell
  • judul barang di Shopee: Perdana Indosat 210GB 6bulan Ter-Murah
  • nomor pesanan: 2008250K6TUY2S

Deskripsi barang yang tertera di Shopee antara lain seperti ini:

LANGSUNG AKTIF

KUOTA INDOSAT 210 GB FULL 24 JAM🔥🔥🔥

TANPA PEMBAGIAN WAKTU🔥🔥🔥

 

LANGSUNG AKTIF

KUOTA INDOSAT 210 GB FULL 24 JAM🔥🔥🔥

TANPA PEMBAGIAN WAKTU🔥🔥🔥

 

Masa aktif 6bulan
Bulan pertama terdapat kuota 35 GB

Bulan kedua otomatis masuk lagi 35 GB

Bulan ketiga otomatis masuk lagi 35 GB

Bulan keempat otomatis masuk lagi 35GB
Dan seterusnya hingga bulan ke 6
GRATIS TELP DAN SMS KE SESAMA OPERATOR
👍 (unlimited)

 

….

Dan yang ada juga informasi seperti ini, sebagai CATATAN PENTING saya:

 Jika kartu bermasalah kami akan bantu dan akan bertanggungjawab jika kesalahan dari kami

 JIKA ADA MASALAH ATAU HAL YG INGIN DITANYAKAN MENGENAI DETAIL PRODUK SILAHKAN CHAT

Barang sampai tanggal 27 Agustus 2020. Kartu perdana dipasang, ternyata TIDAK LANGSUNG AKTIF (berbeda dengan deskripsi barang). Saya tunggu satu hari, blm aktif juga. Saya kontak ke sellernya. Diinfokan oleh seller, harus register dulu, baru akan diisi kuota. Setiap berbalas pesan, jeda waktu seller untuk merespon cukup lama. Alhasil, kuota bulan pertama baru masuk di keesokan harinya, tanggal 28 Agustus 2020. Saya klik Pesanan Diterima diShopee, dan beri bintang 5.

2. Karena awalnya saya pikir seller ini cukup dapat dipercaya (walaupun harus di chat dulu baru diisi kuotanya), saya pun membeli satu kartu lagi dari seller yg sama. Kali ini dengan kuota 50Gb. Nomor pesanan: NO. PESANAN. 200904SV1W0GF4. Deskripsi barang juga tidak berbeda dengan pesanan sebelumnya, hanya jumlah kuota saja.

Barang sampai tanggal 5 September 2020. Hal yang sama ternyata terjadi lagi. Kartu tidak langsung aktif, harus kontak sellernya dulu. Kali ini lebih lama lagi. Berbalas pesana dari tanggal 5 Pagi hari, kuota masuk tanggal 6 sore hari. Setelah kuota masuk, Saya klik Pesanan Diterima diShopee, dan beri bintang 5.

3. Masalah mulai timbul 1 bulan setelah pembelian kartu pertama. Kartu pertama yang saya beli, sudah 1 bulan selesai. Bulan ke-2 tidak ada masuk kuota (padahal di deskripsi barang Shopee, masuk otomatis seharusnya).

Saya chat seller, namun tidak ada respon sama sekali (kecuali auto-responnya). Padahal seller aktif. Berikut screenshot saya dan seller.

chat dengan seller penipu

4. Tanggal 29 September 2020, saya kontak callcentre pengaduan Shopee. Tak berapa lama, di respon oleh Shopee dengan isi sbb:

Kami memahami kendala Kakak terkait melakukan pembelian kartu perdana namun kuota dibulan ke dua tidak masuk. Dapat kami sarankan:

Saya balas email Shopee tsb, dengan menyatakan bahwa seller sudah dikontak namun tidak merespon. Saya juga telah melaporkan sesuai petunjuk point 2 (yang sampai dengan sekarang tidak ada tindaklanjut dari Shopee, dan seller saya lihat juga masih aktif berjualan di Shopee)

5. Tanggal 1 Oktober 2020, Shopee kembali membalas sbb:

Terkait dengann kendala yang Kakak alami mengenai kartu perdana yang tidak terisi kuota pada bulan ke dua. Kami sangat menyesal atas kendala yang dialami. Berikut informasi yang dapat kami sampaikan:

  • Nomor pesanan: 2008250K6TUY2S
  • Status pesanan: Selesai
  • Status dana: Telah dilepaskan ke penjual, karena tidak ada pengajuan pengembalian dana hingga masa garansi berakhir
  • Kami sarankan Kakak menghubungi pihak penjual untuk berdiskusi melalui fitur Chat di aplikasi Shopee

Untuk kedepannya harap memperhatikan masa garansi agar kejadian yang sama tidak terulang kembali ya.

Jawaban tersebut mengindikasikan Shopee lepas tangan atas kasus saya. Karena garansi Shopee (yang hanya 1×24 setelah barang diterima) sudah habis. Padahal barang yang dijual mempunya masa aktif 6 bln.

6. Atas email Shopee seperti nomor 5 di atas, saya membalas sbb:

  1. Dari barang yang dijual sebetulnya sulit menerapkan kebijakan Shopee. Barang dijual untuk masa aktif 4 bulan. 1 hal seller sudah berbohong (tidak sesuai deskripsi), kuota terisi tidak otomatis. Buktinya bulan ke-2 kuota saya tidak terisi. Garansi Shopee hanya 1×24 jam setelah barang sampai di konsumen. +3 hari kalau mengajukan perpanjangan garansi. Sedangkan konsumen bisa tau ada masalah setelah 1 bulan (30 hari), belum bulan ke 3 dan 4. Jadi kalau bicara tentang:
  • Status pesanan: Selesai
  • Status dana: Telah dilepaskan ke penjual, karena tidak ada pengajuan pengembalian dana hingga masa garansi berakhir

          ya memang pada saat terima kuota bulan 1 sudah masuk, jadi kami konfirm PESANAN DITERIMA. 

 

  1. Apakah Shopee memperbolehkan seller mencurangi pelanggan dengan mengakali kebijakan Shopee di atas? Saya tau bahwa Shopee tidak salah dalam kasus saya. Namun memperbolehkan seller semacam ini berjualan sampai berbulan-bulan. Dan tetap berjualan walaupun ada kasus seperti ini. Mungkin “ketidakbersalahan” Shopee perlu ditanyakan.   

     

  1. Sesuai saran contact centre Shopee, Saya sudah menghubungi sellernya namun sama sekali tidak dibalas, walaupun sellernya online. Makanya saya kontak ke Shopee untuk minta bantu minimal me-mediasi, karena secara teknis seller nya jualan di Shopee, dan dia masih menjual barang-barang yang sama kepada konsumen-konsumen lain melalui Shopee juga. Pikiran saya adalah, untuk menjaga nama baik seharusnya Shopee mengatasi seller-seller bermasalah seperti ini.

 

          Mohon tanggapan dari Shopee, khususnya terkait pertanyaan saya nomor 2. 

 

7. Shopee kembali membalas sbb:

Terkait kendala Kakak mengenai pesanan yang diterima tidak sesuai. Dapat kami sampaikan: 

  • Kakak dapat melaporkan kejadian ini kepada Shopee melalui fitur Laporkan Pengguna dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Klik Profil Penjual
    2. Klik 3 titik di kanan atas
    3. Pilih Laporkan Pengguna
    4. Lalu Kakak dapat memilih alasan dan mengirimkan foto
  • Selanjutnya departemen terkait akan melakukan pengecekan atas laporan Kakak tersebut 
  • Mohon maaf atas ketidaknyamanannya ya Kak, Kami tidak bisa menindaklanjuti kendala Kakak dikarenakan dana telah dilepaskan ke Penjual dan masa garansi Shopee telah berakhir
  • Kami sarankan Kakak untuk menghubungi Penjual secara berkala ya Kak

Semoga kendala yang sama tidak terulang kembali Kak. 

Padahal saya sudah melakukan langkah tersebut dan tidak ada tindaklanjut dari Shopeenya dan sampai saat ini seller masih aktif berjualan. Artinya melaporkan dengan cara tersebut TIDAK BERGUNA.

8. Bisa ditebak kan dengan kartu ke-2 yang saya beli. Ya, bulan ke-2 juga tidak terisi kuotanya. Seller sudah jelas penipu, yang mudah-mudahan segera diberi hidayah, kecuali memang lebih memilih untung besar dan uang haram. Tapi yang saya sesalkan adalah sikap Shopee yang lepas tangan. Dan juga respon tim supportnya yang memberikan “tanggapan template” saja. Tidak berusaha menyelesaikan masalah.

Oke, garansi Shopee sudah lewat, lalu bagaimana dengan barang yang punya waktu pakai di atas masa garansi Shopee? Apakah Shopee memperbolehkan seller mencurangi pelanggan dengan mengakali garansi/kebijakan Shopee? Saya tau bahwa Shopee tidak salah dalam kasus saya. Namun memperbolehkan seller semacam ini berjualan sampai berbulan-bulan. Dan tetap berjualan walaupun ada kasus seperti ini. Mungkin “ketidakbersalahan” Shopee perlu ditanyakan.

Pesan saya untuk calon pembeli kuota indosat om_cell, atau seller-seller lain. Hindari seller seperti ini.

Yoga Sam
Depok

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:3    Rata-Rata: 3.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

7 komentar untuk “Penipuan Penjual Kuota Indosat di Shopee

    • 14 Oktober 2020 - (17:31 WIB)
      Permalink

      Terima kasih shopee sudah dihubungi dah diselesaikan masalahnya.
      Good Job.

  • 13 Oktober 2020 - (10:54 WIB)
    Permalink

    Saya selalu menghindari seller yang lebay menuliskan deskripsi
    Biasanya tukang tipu atau penjual barang bermasalah

  • 13 Oktober 2020 - (11:12 WIB)
    Permalink

    Mau bagaimana lagi, dalam konteks jual beli online, Shopee hanya marketplace tempat memfasilitasi penjual dan pembeli yang bertransaksi di platform mereka. Jadi mereka membatasi wewenang dan tanggung jawab Shopee hanya sebatas sistem mereka saja. Ini juga menjadi salah satu kelemahan sistem jual beli online dengan barang yang seharusnya kualitasnya diawasi dalam jangka panjang.

    Kalo ketemu seller seperti ini salah satu caranya adalah dengan fitur “Laporkan Produk” dan “Laporkan Pengguna” yang ada di Shopee. Tetapi seperti yang penulis bilang, terkadang juga tidak ada hasilnya dan tidak ditindaklanjuti.

  • 13 Oktober 2020 - (19:28 WIB)
    Permalink

    Biasakan beli simcard berisi kuota, beli di counter resmi. Yang saya beli di tempat resmi saja masih bisa bermasalah, (seperti yang saya alami di salah satu operator) apalagi di tempat Seller seperti begini. Ketahuan penipu banget. Yang membuat system pengisian otomatis perbulan itu Operator, bukan Seller seperti ini.
    Saya pernah beli simcard berkuota setahun, pengisian kuota setiap bulan otomatis, baru bulan ke-9 baru bermasalah, kuota ada tapi tidak bisa digunakan. Karena saya beli di tempat resmi, syukurlah masalah bisa diselesaikan, dengan kompensasi nilai kerugian malah menguntungkan.
    Jadi ingat, yang membuat system pengisian otomatis tiap bulan adalah operator, bukan Seller. Kalau ada Promo puluhan Giga dengan pengisian kuota otomatis perbulan, cek operator nya, adakah program seperti itu.

  • 13 Oktober 2020 - (23:33 WIB)
    Permalink

    Yaaah masih banyak lagi korban Shopee deh,,, kadang dibuat pusing sama Shopee teh kalau ada kendala kena tipu kena masalah lain mesti gini tunggu 1x24jam waktu sudah lebih 3 hari jadi dianggap selesai ah… Pusing deh, Shopee terkenal besar tp sekarang terkenal banyak yg dirugikan… Aduuuh gustiiii… Moga sudahlah jangan ada lagi yg dirugikan oleh shopee

  • 14 Oktober 2020 - (17:33 WIB)
    Permalink

    Saat ini pihak shopee telah menghubungi saya dan telah diselesaikan masalahnya.
    Terima kasih shopee.
    Mudah-mudahan dapat menjadi pelajaran bagi saya dan konsumen yang lain.

 Apa Komentar Anda?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Penipuan Penjual Kuota Indosat di Shopee

oleh Yoga dibaca dalam: 4 min
7