Kiriman Dibatalkan Sepihak oleh Blibli, Padahal Sudah Dikonfirmasi via WA

Saya order barang di marketplace Bilbli tanggal 29 Oktober 2020. Namun sampai tanggal 2 November 2020 barang belum juga dikirim, di-chat pun penjualnya gak respon. Terus pas tanggal 2 November 2020 saya komplain ke Blibli untuk cancel kiriman. Namun siangnya saya sudah terhubung ke penjual via WA, katanya akan dikirim barangnya tanggal 2 November 2020. Saya juga sudah balas WA dari CS Blibli a.n. Malik agar barang dikirim saja.

Tanggal 3 November 2020 saya cek di aplikasi Blibli malah dibatalkan transaksinya, dengan alasan produk kosong. Saya merasa ditipu dan waktu saya kebuang sia-sia, karena dengan kebohongan dari Blibli yang membatalkan orderan saya dengan alasan produk/stok habis. Padahal saya udah chat via WA dengan penjual, barang masih ada.

Saya sangat keberatan dengan pembatalan tersebut, yang dihargai dengan voucher senilai Rp12 ribu sebagai permintaan maaf pihak Blibli. Bukan masalah voucher 12 ribunya, tapi masalah waktu saya yang terbuang sia-sia, harus order lagi dan menunggu lagi untuk mendapatkan barang yang saya mau. Sementara dana saya pun dikembalikannya tidak langsung, butuh proses juga beberapa hari. Makin panjang lagi saya menunggu.

Rian Maltha Putra
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Blibli.com:
[Total:7    Rata-Rata: 1.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Kiriman Dibatalkan Sepihak oleh Blibli, Padahal Sudah Dikonfirmasi via WA

  • 6 November 2020 - (09:15 WIB)
    Permalink

    Tgl 2 anda chat dgn Blibli meminta pembatalan pesanan. Di tgl yang sama, siang hari, anda chat WA dgn seller katanya barang ready dan akan dikirimkan di tgl 2 itu. Kayanya seller tidak kunjung mengirimkan pesanan anda sehingga sistem Blibli akhirnya memutuskan untuk membatalkan pesanan tsb. Karena kalau nomor resi sudah keluar sepertinya Blibli tidak akan bisa membatalkan pesanan yang sudah berjalan. Seharusnya anda chat lagi dgn Blibli untuk membatalkan request pembatalan yang diajukan di pagi harinya dan menunggu hingga seller untuk mengirimkan pesanan anda.

  • 6 November 2020 - (11:31 WIB)
    Permalink

    kayanya konsumennya nih yang plinplan,, kenapa kalo emang mao batalin transaksi harus lewat blibli nya? kan bisa omingin baik² sama sellernya,, nah ini udah minta btalin transaksi ke blibli,, tapi masih tetap WA an sama seller,, yah berarti situ yang salah,, gimana sih

    • 6 November 2020 - (11:50 WIB)
      Permalink

      Ehh, ngomong jangan asal2an ya kalau ga tau masalahnya, bukannya plinplan. paginya saya tlp k cs blibli buat di batalin karena ga ada respon sama seller nya di chat, trus saya inisiatif chat di toko nya lapak sebelah (tokop****) di respon tu di lapak sebelah siang nya, sekalian di kasih nomor wa sama sellernya tgl 2 november 2020, info sellernya tokonya tutup dari tgl 28 oktober 2020, yg saya heran katanya tutup dari tgl 28 oktober kenapa dia masih ada ngirim di tanggal 29, yaudah malamnya tgl 2 novembersaya balas tu wa dari cs blibli, kirim aja barang nya, dan di jawab sama cs blibli mau di sampaikan ke seller untuk di kirim, tau2 nya esok hari d tgl 3 november malah di batalin

      • 7 November 2020 - (00:35 WIB)
        Permalink

        iya berarti yg salah pihak situ dong? kan situ tau sendiri tgl 28-2nov toko sellernya tutup,,knp gak chat dulu ke seller? lagian kan pasti kalo order kita tunggu 2-3 hari untuk diproses sama seller, kalo gak direspon otomatis pesanan kita batal..

        nah disini situ beli di blibli, lalu konfirmasi untuk pembatalan via email di tgl 2,, sdngkan situ masih wa an sama seller di tanggal 2 juga,, dan tiba² tgl 3 sudah dibatalkan otomatis,, pihak blibli cuma ingin membantu keluhan konsumen dikarenakan barangnya tidak dikirimkan,, makanya langsung dibatalkan,,

        dan ceritanya bakal berbeda lagi kalo seller sudah menge0luarkan resi,, lalu dibatalkan sepihak sama blibli,, baru dah situ bisa komplen..

        1
        1
        • 7 November 2020 - (07:25 WIB)
          Permalink

          Situ paham ga sih? Kalau ga paham ga udah ngomen, gw order tgl 29 okt udah gw chat dari apk blibli ke sellernya beberapa kali minta di kirim tapi ga di balas2, pas di tanggal 2 nov gw iseng nyari2 toko sellernya di tokop**** gw chat dari tokop**** tgl 2 nov baru di respon dan di kasih nomor wa jg sekalian, gw wa deh tu sellernya tgl 2nov katanya toko tutup dari tgl 28okt, gw tanyain kalau emang toko tutup dari tgl 28 okt kenapa dia masih ada ngirim orderan orang lain di tgl 29okt

          Dan di tgl 2nov tersebut seller juga udah ngeluarin resi, tiba2 esoknya tgl 3nov di batalin sama blibli, males debat sama orang yg ga tau masalahnya

          2
          1
          • 7 November 2020 - (09:47 WIB)
            Permalink

            Heboh banget sih beli barang puluhan ribu aja, kirain beli iPhone atau apa gitu. Emang gt kalo belanja online bro, butuh proses dan gak selalu lancar karena kadang ada aja kendalanya (bisa dari seller, ekspedisi atau marketplacenya) apalagi situasi covid kayak sekarang. Lain kali kalo pengen buru2 beli offline aja lansung. Atau pake aquarium botol bekas aja biar gak ribet pake tatakan set segala.

          • 7 November 2020 - (10:21 WIB)
            Permalink

            @Ryan Ol’s

            Ini kesalahan Penjual.

            Penjual merespon anda dengan sangat lambat, bisa jadi penjual juga merespon cs dengan sangat lambat pula.

            Tindakan cs membutuhkan respon kedua pihak (buyer dan seller), jika terjadi kendala, maka cs mengambil tindakan yang paling Aman.

            Membatalkan pesanan adalah tindakan cs yang sudah tepat, itu demi kebaikan anda, sedangkan lamanya refund itu sudah aturan standar dari Blibli.

            Anda hanya harus bersabar saja.

            Lain kali, sebelum anda membayar, pastikan terlebih dahulu bahwa respon penjual apakah bisa cepat atau tidak.

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli.com?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Kiriman Dibatalkan Sepihak oleh Blibli, Padahal Sudah Dikonfirmasi via…

oleh Ryan OL's dibaca dalam: 1 menit
12