Akun Seller Shopee Dibekukan, Dana Hasil Penjualan Tidak Bisa Dicairkan

Halo rekan-rekan,

Jadi seperti kebanyakan rekan-rekan di masa pandemi ini yang mencoba peruntungan dengan jualan online, saya pun sama. Saya memilih jualan wall decor dan cetak stiker dengan nama akun seller Shopee: handrade.id.

Baik langsung saja, karena akun Shopee saya masih baru, saya selalu menyuruh teman-teman saya untuk follow sehingga produk saya supaya banyak dilihat banyak orang. Nah pada awal bulan Desember, saya lupa bertepatan pada tanggal berapa, ada buyer saya yang memang saya arahkan untuk membeli melalui Shopee.

Namun dia tidak mempunyai akun Shopee, sehingga saya memutuskan untuk memakai akun Shopee teman saya dengan alamat si buyer. Nah setelah itu saya lakukanlah pembayaran melalui transfer bank dengan akun bank saya, karena dana dari buyer telah ditransfer ke rekening saya.

Jika memang ini menyalahi pedoman komunitas Shopee, baik saya akui saya salah. Setelah proses pembayaran selesai, tiba-tiba saya tidak bisa login dengan kode F02 dan respon seperti ini: “Gagal Login (F02): Akun sedang ditinjau karena alasan keamanan atau karena ada aktivitas yang melanggar Peraturan Komunitas Shopee”.

Tanpa pikir panjang saya langsung hubungi customer Shopee dan email ke help@support.shopee.do.id. Setelah menghabiskan banyak pulsa dapatlah balasan bahwa “saya terindikasi melakukan penjualan di luar Shopee” yang menurut saya ini salah. Bahkan saya yang justu push user untuk transaksi dengan Shopee. Seharusnya jika diamati ini bisa masuk kategori fake order.

Oke lanjut. Setelah itu saya hubungi CS berkali-kali mengenai saldo Shopee Pay saya yang tertinggal. Memang tidak seberapa sebab toko saya masih baru, mungkin nominalnya hanya sekitar Rp400.000, tapi itu tetaplah hak saya.

Yang saya keluhkan adalah jika memang saya terindikasi fraud/fake/bersalah dan berakibat akun saya dibekukan, saya terima. Namun kenapa dana hak saya sebagai seller tidak bisa dicairkan dengan alasan karena akun saya telah dibekukan? Ini semakin meyakinkan saya jika Shopee lemah dalam hal pengamanan, karena setelah saya browsing banyak sekali seller-seller yang akunnya dibekukan dengan dana di akun mereka yang terbilang banyak.

Apa jadinya jika akun seller dengan saldo berjuta-juta lalu tiba-tiba terindikasi akun fraud dan dibekukan, sementara dana tidak bisa dicairkan? Bukankah Shopee tidak lebih juga sebagai penipu. Saya menilai jika berjualan di Shopee sangatlah riskan.

Ratna Dewi Safitri
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Shopee:
[Total:30    Rata-Rata: 3.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Akun Seller Shopee Dibekukan, Dana Hasil Penjualan Tidak Bisa Dicairkan

  • 8 Desember 2020 - (19:45 WIB)
    Permalink

    Yang anda lakukan cukup FATAL. Kl buyer mau beli langsung ya sudah layani kok maksa2 suruh beli lwt marketplace, aneh. Yg harusnya anda lakukan cukup tawarkan kalau mau beli lewat marketplace ya monggo bisa. Kalau mau beli langsung ya oke layani. Itu transaksinya dianggap transaksi fraud. Ya wajar dibekukan.

    Jumlah follower apalagi cuma teman, tidak jamin toko jadi rame. Toko bisa rame kalau barang yg anda jual dicari dan dilihat orang. Supaya dilihat orang cara efektif ya dgn iklan. Atau produk anda lebih baik, lbh berkualitas dan lbh murah dr toko lain, nah itu dijamin rame.

    10
    1
    • 9 Desember 2020 - (08:39 WIB)
      Permalink

      Bener nie… Soalnya bny yang memanfaatkan pesanan2 fiktif tuk dpt cashback yg bisa merugikan marketplace tsb…

  • 9 Desember 2020 - (08:52 WIB)
    Permalink

    Klo menurut anda itu salah atau fraud oke saya terima, tp kenapa dana tidak bisa cair sbg hak seller

  • 9 Desember 2020 - (09:02 WIB)
    Permalink

    Dana tidak bisa dicairkan: agar ada efek jera. Karena mmng cukup bnyk seller yang “memanfaatkan” fitur gratis ongkir Shopee dgn melakukan transaksi fiktif. Sebenarnya fitur yg diberikan shopee mmng untk memperbanyak pengguna di Shopee, bukan unttk mmprbanyak saldo seller (dgn transaksi fiktif)

  • 9 Desember 2020 - (09:06 WIB)
    Permalink

    Baik kak rosalin terimakasih tanggapannya, tp fyi aja…transkasaksi terakhir saya yg membuat akun saya dibekukan itu transaksi yg tdk memanfaatkan fitur gratis ongkir, jd disni ongkirnya bayar dg nominal yg ga sbrapa…karna sperti anda tau fitur gratis ongkir untuk toko baru itu transaksinya harus 120.000,

  • 9 Desember 2020 - (13:15 WIB)
    Permalink

    Baik saudara firman,,tp sepertinya anda yg tdk baca artikel saya diatas..saya sdh mengakui jika saya salah..yg saya sesalkan hak saya sbg seller….dan alhamdulillah SHOPEE brtanggung jawab sesudah aduan saya di suara komsumen ini😊😊😊Cs langsung tanggap menghubungi dan akun saya telah pulih kembali

  • 10 Desember 2020 - (00:04 WIB)
    Permalink

    Kemungkinan anda melakukan kesalahan cukup fatal yang mengarah ke transaksi fiktif. E-commerce apapun itu sudah punya algoritma khusus untuk deteksi fraud. Mengenai saldo tertahan coba saja hubungi cs via telp agar lebih jelas prosedur nya. Karena setahu saya akun bisa dibekukan tapi dana tetap harus dikembalikan dengan potongan admin/penalti.

  • 10 Desember 2020 - (15:00 WIB)
    Permalink

    Mari kita breakdown kalimat dia:
    1. “Yang saya keluhkan adalah jika memang saya terindikasi fraud/fake/bersalah dan berakibat akun saya dibekukan, saya terima. ”
    = Ya itu sudah tau kalo salah berarti siap menerima sanksi.

    2. “Namun kenapa dana hak saya sebagai seller tidak bisa dicairkan dengan alasan karena akun saya telah dibekukan?”
    = Ikut platform orang tuh ya sadar kalo cuman numpang, ga ada namanya tiba2 punya hak tanpa bisa menyebutkan syarat dan ketentuan yg sudah dibikin platform itu sendiri. Enak aja lau main fraud dan mengakui, trus minta barang bukti dibalikin wkwkwk.

    3. “Ini semakin meyakinkan saya jika Shopee lemah dalam hal pengamanan, karena setelah saya browsing banyak sekali seller-seller yang akunnya dibekukan dengan dana di akun mereka yang terbilang banyak.”
    = Yoi justru marketplace selalu nambahin proteksi buat orang2 yg mau fraud kek anda. Baik sadar ato tak mengerti sistem peduli amat, mereka ga bakal ngurusin sekumpulan orang kecil. Mending mencari pasar masyarakat yg maen jujur aja hehe. Kalo kena kek gini kan jadi jera mantab, jadi next time antara lepas dari sini ato menjadi pribadi yg lebi baik.

    Sekian.

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Akun Seller Shopee Dibekukan, Dana Hasil Penjualan Tidak Bisa Dicairka…

oleh Ratna disaft dibaca dalam: 1 menit
11