JDID Menjamin Proses Pengembalian Dana 7 Hari tapi Kenyataannya Kasus Saya Tidak Diproses

Saya membeli produk smartphone di JDID, dimana JDID menjamin pengembalian dana 7 hari dan penukaran produk 14 hari jika rusak.

Tanggal 07 Desember 2020 saya memesan produk smartphone. Tanggal 10 Desember 2020 pesanan sampai. Karena produk smartphone tidak bersegel (dus smartphone tidak bersegel hanya dibungkus plastik saja) di hari yang sama tanggal 10 Desember 2020 saya mengajukan purnajual pengembalian produk dengan pengembalian dana atau refund. Alasan pengajuan purnajual: produk tidak BNIB (dus smartphone tidak bersegel) dengan di cek IMEI garansi sudah berjalan sejak Juni 2020.

Tim aftersale JDID meminta foto IMEI dan foto kelengkapan isi produk. Dengan polosnya saya kirim semua foto yang diminta tim aftersale.

Tanggal 14 Desember 2020 pengajuan ditolak oleh tim aftersale JDID dengan alasan sesuai dan garansi akan terhitung tanggal 10 Desember 2020.

Saya kecewa karena produk tidak bersegel dan tim aftersale JDID menyatakan sesuai. Padahal tim aftersale tidak memegang produknya darimana dia tahu itu bersegel, foto yang saya kirim saja jelas tidak ada segel di dus smartphone. Tim aftersale tidak pernah memegang produk tapi bisa menjawab produk bersegel dan foto yg saya kirim sudah jelas tidak ada segel.

Karena kecewa dengan jawaban itu saya ajukan purna jual lagi tanggal 14 Desember 2020 dengan alasan produk tidak bersegel dan saya mau kembalikan produk dengan pengembalian dana. Dan langsung ditolak oleh tim aftersale JDID. Saya sudah berulangkali mengajukan purnajual dan langsung ditolak.

Dan saya juga sudah berulangkali menelepon cs JDID untuk tidak mempersulit proses retur/refund/pengembalian dana saya. Dan jawaban mereka tetap sama. Saya merasa dibodohi oleh tim aftersale JDID. Tim aftersale JDID tidak pernah memegang produk yang saya beli karena produk masih sama saya bukan diminta dikirim ke tim aftersale untuk dicek malah menjawab sesuai tanpa recheck produk.

Saya juga sudah mendatangi JDID Medan di warehouse Medan MTC dan bertemu dengan manager JDID area Medan a.n Robin. Saya membawa produk yang saya beli dan menunjukkan foto produk tidak bersegel dan meminta proses pengembalian dana saya tidak dipersulit. Tapi pak Robin tidak bisa menjawab saya dan menyarankan melalui aplikasi.

Di sini saya hanya meminta JDID untuk memproses pengembalian barang dan dana saya karena produk yang saya beli JDID memberi jaminan pengembalian dana 7 hari dan saya sudah lapor sejak hari pertama produk diterima.
Agar secepatnya diproses.

Mikha Raymond L Tobing
Deli Serdang, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Mikha

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh konsumen atas nama Mikha pada hari Sabtu, 26 Desember 2020 lalu di...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “JDID Menjamin Proses Pengembalian Dana 7 Hari tapi Kenyataannya Kasus Saya Tidak Diproses

  • 26 Desember 2020 - (21:05 WIB)
    Permalink

    JD memang sulit mengajukan retur. Saya dulu pernah beli produk apple udah segelan ulang, garansi udah jalan, pas ngajuin retur ditolak. JD pasti ori tapi ga resmi / bukan barang baru. BTW itu belinya jd.id langsung atau yg numpang jualan di jd?

  • 6 Agustus 2021 - (23:11 WIB)
    Permalink

    Saya tgl 2 agustus 2021 bru aja membeli produk apple macbook pro , barang masih tersegel dan aman tapi pas saya buka macbook tidak menyala dan hanya mengeluarkan bunyi kipas ,saya sudah komplen ke cs sdh telfon juga tapi dari pihak jdid nya sangat bertele-tele dalam menjawab.jujur aja kesel banget disini malah harga macbook nya 19jt uang lgsung keterima ke pihak jdid nya .pokoknya nyesel bgt belanja di jdid ,parah banget .Setelah baca” ternyata banyak jg yg udah mengalami kasus yg sma sprti ini. Padahal saya percaya karena dari komen nya bagus” smua , nyesel banget si uang segitu banyak banget dan dapet barang yang zonk lagi

  • 7 Agustus 2021 - (00:32 WIB)
    Permalink

    harusnya langsung retur aja mbak, laporan ke jd fotoin smua bafang jgn lupa videoin jg kondisi barang, biasanya langsung kroscek tokonya biar uang bs kelbali jgn di klik terima nanfi otomatis susahbuat kita retur, soalnya pengalaman perna beli kulkas ternyata rak dlm pecah dan sya minta ganti ato uang kembali alhamdulillah dlm 3hr uang kembali, 2 thn belanja di jd id aman” saja beli hp ada 5x laptop 2x smua aman kok, coba sering lapor pst cpt di respon

  • 5 Desember 2021 - (21:25 WIB)
    Permalink

    Banyak penjuala yang mengelyhkan masalah ini , karena memang pencairan jdid sangat lama . Ketentuannya 7 Hari Penjualan dicairkan namun saya pribadi selaku penjual di JDID belum menerima dana penjualan. Sudah terhitung 2 minggu lebih dana tidak kunjung cair , dan jdid sangat terbatas komunikasi bagi penjual , tidak ada nya call center untuk penjual .
    Email pun hanya suruh menunggu , tidak pernah menyelesiakan sebuah masalah .
    Sangat kecewa dengan JDD

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

JDID Menjamin Proses Pengembalian Dana 7 Hari tapi Kenyataannya Kasus …

oleh Pasto dibaca dalam: 1 menit
5