Pemotongan Pulsa Telkomsel dengan Alasan Penggunaan GPRS, Padahal Kuota Internet Masih Ada

Tanggal 14 Desember 2020 saya mengalami pemotongan pulsa di nomor Simpati saya 0812214071**. Pulsa awal saya sekitar Rp23 ribu, lalu terpotong menjadi Rp15.142. Saat itu saya masih memiliki kuota internet sebanyak 1 GB. Melihat ada yang aneh, saya segera melaporkan kendala saya ini ke CS Telkomsel di Twitter. Mereka mengatakan akan melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Selang beberapa hari karena tidak ada informasi dari mereka, saya menanyakan kembali kendala saya ini. Mereka lalu menjawab bahwa pemotongan sudah sesuai untuk pemakaian internet.Tentu saja saya terkejut membaca jawaban mereka. Sudah jelas saya masih memiliki kuota internet pada saat itu.

Saya pun lalu memberikan bukti screenshot aplikasi MyTelkomsel saya yang menunjukan bahwa saat itu saya masih memiliki kuota internet. Melihat screenshot tersebut, CS Telkomsel mengatakan akan melakukan pengecekan kembali dan akan menghubungi saya setelah mendapat informasi.

Selang beberapa hari tidak ada jawaban dari mereka, lagi-lagi saya yang harus menanyakan terlebih dahulu. Setelah saya menanyakan barulah mereka merespon dan mengatakan bahwa pemotongan pulsa sudah sesuai untuk pemakaian internet non 4G, sedangkan kuota internet yang saya miliki hanyalah untuk jaringan 4G.

Mereka menyarankan agar saya mengunci jaringan di 4G agar pulsa tidak terpotong. Jawaban ini jelas tidak memuaskan saya. Saya sudah mengunci jaringan di 4G untuk akses internet dan masih memiliki kuota internet, tapi kenapa pihak Telkomsel seolah mencari-cari alasan untuk ‘membenarkan’ pemotongan pulsa yang dialami pelanggannya?

Mungkin pulsa yang terpotong tersebut nilainya tidak seberapa bagi perusahaan sebesar Telkomsel, tapi bagi orang biasa seperti saya pulsa tersebut sangatlah berharga. Saya hanya berharap pulsa saya tersebut dikembalikan dan tidak memberi berbagai alasan untuk membenarkan pemotongan pulsa sepihak itu dengan alasan seperti sudah melakukan pengecekan dan pemotongan pulsa sudah sesuai.

Hingga saat ini belum ada itikad baik dari pihak Telkomsel untuk menghubungi saya, ataupun mengembalikan pulsa saya yang terpotong tersebut. Bahkan perkataan CS Telkomsel di twitter yang katanya akan menghubungi saya setelah melakukan pengecekan sama sekali tidak benar. Harus dari saya dulu yang berinisiatif menanyakan kembali, barulah mereka merespon. Beginikah standar layanan konsumen operator yang katanya nomor 1 di Indonesia?

Shiela Hartiningtyas
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “Pemotongan Pulsa Telkomsel dengan Alasan Penggunaan GPRS, Padahal Kuota Internet Masih Ada

  • 27 Desember 2020 - (12:49 WIB)
    Permalink

    Infonya kurang jelas. Apakah setelah pulsa terpotong anda beli kuota lagi? Karena bisa juga kuota yg ada saat itu mungkin khusus digunakan malam hari misalnya jam 00-06, atau khusus untuk akses media spt youtube dll.

    • 27 Desember 2020 - (22:14 WIB)
      Permalink

      @hery mulyanto : Kuota yg saya miliki berlaku 24 jam pak. Sebagai informasi, karena saya membutuhkan akses data saat itu, maka saya akhirnya memutuskan membeli paket data kembali, karena saya tidak mau mengambil resiko pulsa terpotong terus. Yang menjadi fokus dari saya adalah kenapa pihak @telkomsel mengatakan akan melakukan pengecekan, namun alasan yang diberikan selalu berbeda2? Awalnya saya malah dikatakan tidak memiliki paket data sehingga pulsa bisa terpotong.

  • 27 Desember 2020 - (23:27 WIB)
    Permalink

    Kalau kuota 4G only memang suka sedot pulsa utama. Karena telkomsel tidak seperti smartfren yang bisa VoLTE. Jadi ketika ada perpindahan jaringan entah karena itu cuaca atau jaringan 4G lagi down maka akan diambil kuota jaringan lain. Jika kuota jaringan lain tidak ada otomatis memotong pulsa utama.

    • 28 Desember 2020 - (07:15 WIB)
      Permalink

      @AneGoogle : Jaringan sudah saya kunci lho di 4G only. Berdasar pengalaman jika 4G sedang down biasanya langsung blank alias tidak ada sinyal. Itu yg saya alami selama ini, sehingga tidak pernah ada pengalaman pulsa terpotong.

      • 28 Desember 2020 - (11:44 WIB)
        Permalink

        Nah itu maksud saya. Ketika ada blank spot terus koneksi kembali itu yang menyebabkan adanya biaya tambahan. Akan lebih aman jika anda punya kuota semua jaringan selain kuota 4G only. Saya sudah sering alami di Telkomsel. Makanya kalau ada kuota 4G, pulsa selalu saya kosongkan.

        • 28 Desember 2020 - (13:20 WIB)
          Permalink

          Berdasar pengalaman, kl jaringan dikunci di 4g only ga akan memakan pulsa meski kuota yg dimiliki hny untuk 4g. Jika perpindahan jaringan terjadi maka ga akan ada sinyal sama sekali. Telkomsel memakai alasan ini untuk pemotongan pulsa kesannya ga logis menurut sy.

  • 28 Desember 2020 - (13:23 WIB)
    Permalink

    Harusnya penulis sertakan screenshot lock jaringan 4G only nya disini sebagai bukti otentik. Kalau tidak ada ya susah juga. Operator juga punya rekaman data masing-masing. Saya pernah di ooredoo kena potongan tapi di refund karena memang bukti yang disertakan kuat. Termasuk lock jaringan, sisa pulsa dan sisa kuota.

  • 28 Desember 2020 - (14:16 WIB)
    Permalink

    @AneGoogle : Terima kasih informasinya. Akan coba saya terapkan kedepannya. Saya tidak pernah mengalami pemotongan pulsa seperti ini sehinga sampai kemarin fine2 saja dengan kuota 4g only.
    @hary gimulya : Betul pak, yang saya alami juga seperti itu. Sengaja saya lock di 4g only karena tempat kerja saya hanya di satu lokasi saja. Jika sinyal memburuk pun, tidak sampai memotong kuota, hanya hilang jaringan.
    @Dimas : Saya tidak menyiapkan semua screenshot, karena saya rasa dengan screenshot sisa kuota my telkomsel yang menyertakan bukti sisa pulsa dan kuota saja cukup. Itupun tadinya pihak CS mengatakan bahwa saya tidak memiliki kuota sehingga pulsa terpotong untuk akses GPRS. Baru setelah saya memberikan bukti screenshot mereka meralat hasil pengecekan mereka.

  • 29 Desember 2020 - (11:17 WIB)
    Permalink

    memang begitu modus provider telekomunikasi mencuri pulsa konsumen. bahkan kondisi mobile data off pun, pulsa bisa tercuri dengan alasan pemakaian kuota internet.
    komplain via CS online tidak akan ada solusi, harus datang marah2 ke kantor CS fisik atau tulis surat pembaca seperti ini baru keluhan diperhatikan ?

    anyway, lebih baik langganan paket internet yang cover semua jaringan deh, atau pulsa dinolkan supaya tidak dicuri2 lagi.

    • 29 Desember 2020 - (16:58 WIB)
      Permalink

      @Djuwanda : Iya pak, saya tidak menyangka saja kalau Telkomsel pun ikut-ikutan melakukan modus pemotongan pulsa seperti operator-operator lain yang banyak dikeluhkan. Operator nomor 1 tidak menjamin layanan nomor 1. Malah lebih parah, meski sudah mengajukan pengaduan di Media Konsumen tetap tidak ada itikad baik dari pihak Telkomsel untuk menyelesaikan masalah. Terima kasih juga untuk sarannya pak, akan saya praktekkan untuk kedepannya. Kapok saya kalau begini caranya.

  • 13 Januari 2021 - (12:38 WIB)
    Permalink

    Bahkan untuk mengunci GPRS secara manual pun tidak bisa oleh pengguna. Seperti melalui sms ke 3636 ataupun ketik *363*212#, Untuk menghentikan GPRS yang menyedot pulsa tsb. Itu bisa diartikan, Ya sengaja mencuri pulsa pengguna, Di mana pengguna adalah tidak terlalu membutuhkan GPRS telkomsel yang tidak beres tsb, Di mana ada kuota data, Ehh tetap nyedot pulsa utama, Alasan gak ada kuota 3G, Karena cuma perlu untuk telpon & smsan saja, Sedangkan urusan internet, Ya udah bisa dihandle oleh wifi ataupun operator lain, Memang sinyal kurang hebat(Operator2 lain), Tetapi masa aktif kuota data, Ya bisa mengikuti masa aktif kartu. Bukan kek telkomsel, Hangus, Hangus. !.

    Itu tuch, Kalo 3636 & *363*212#, Tidak dibuka kembali layanan untuk bisa menonaktifkan GPRS, Telkomsel bisa diclassactionkan(?). Untuk yang memang tidak perlu layanan GPRS dari telkomsel tsb.

  • 11 Juli 2021 - (03:03 WIB)
    Permalink

    Kejadiannya sama, pulsa saya sering kepotong dgn alasan tarif gprs normal. Pdhl saya tidak mengkatifkan data seluler, dan cuma pake wifi di rumah. Udah komplain, jawabannya sama krn tarif data seluler aktif. Habis itu ga pernah ditanggapi lagi, makanya saya males isi pulsa byk2. Ngisi pulsa selalu seharga paket internet saja, langsung di 0 kan pulsanya.

  • 19 Agustus 2021 - (18:33 WIB)
    Permalink

    Ini gimana apakah ada solusi?

    Aku sama ngalamin seperti ini, sudah komplain cs Telkomsel di Twitter katanya itu kena internet gprs.
    Padahal data internet aku pakai XL. Pulsa Telkomsel bisa kurang sendiri

  • 11 Januari 2022 - (01:41 WIB)
    Permalink

    Baru aja kejadian. Gw isi pusa untuk memperpanjang masa aktif doang. Eh tiba tiba beberapa hari kemudian dapet sms anda sedang pakai internet bla bla bla. Pas di cek beneran pulsa kepotong. Busuk emang. Padahal itu simcard di sim2 yang ga pernah di switch buat internetan. Gw selalu internetan di sim1. Komplen di Twitter jawaban nya kek robot bertele tele. Dikasih bukti bukti juga ngeyel. Uasuuuu

    • 16 Januari 2022 - (11:02 WIB)
      Permalink

      Itu karena gprs kartu telkomsel anda aktif apa itu gprs, gprs adalah jaringan kartu supaya bisa internetan menggunakan jaringans (2g,3g,4g/Gprs)… Apakah fitur ini bisa dinon aktifkan .tentu bisa.. apa ada konsekuensi nya tentu ada ,kartu anda tdk akan bisa melakukan layanan internet maupun simbol 2g,3g,4g yg sering muncul dibar sinyal akan hilang, tpi kartu msh bisa dipakai buat telpon/sms…
      Kalo fitur gprs aktif maka pemotongan fulsa akan terus dilakukan walupun anda internet pake wifi sekalipun banyak org yg bingung disini kenapa fulsa bisa berkurang ya ini jawaban nya, sekali lagi karena jaringan itu tidak stabil kadang 3g h++ kadang 4g dan kondisi ini membuat fulsa teesedot otomatis* mungkin sdh disetting begitu entahlah*?… Jadi mengaktifkan gprs/supaya kartu anda bisa dipakai internet itu tidak gratis.. kalo tdk mau dipotong fulsa ya jg diaktifkan gprs/ dengan menghapus Apv manual atau memnghubungi costumer servis telkomsel buat minta bantuan untuk menonatifkan gprs anda dan kartu anda kembali kezaman Fitur Nokia 2100???

    • 1 Mei 2023 - (13:45 WIB)
      Permalink

      Tidak benar untuk pakai internet harus ada GPRS.
      Saya pakai HALO, pasca bayar sejak 25 tahun lalu.
      Terakhir tahun 2017 saya ganti kartu 4G, dan minta GPRS dinonaktifkan.
      Berhasil dapat notifikasi dan internet tetap jalan dgn kuota data abodemen Halo.

      Namun apr 2022, ada perubahan kebijakan paket dari Telkomsel sehingga abodemen paket data hilang.
      Kebetulan WiFi mati di rumah, sehingga 30 apr 2023 subuh sekitar pukul 04.00, saya dapat notifikasi biaya rp100.000 untuk GPRS, tanpa pemberitahuan bahwa GPRS aktif lagi. Masih tidur jam segitu.
      Sekitar pukul 08.00 dapat notifikasi pemakaian tambahan lagi sehingga sudah Rp 200.000. Padahal itu hanya untuk buka WA ada video sekitar 17 detik.

      Saya komplain, malah dibilang mungkin saya update paket HALO, sehingga GPRS aktif lagi.
      Saya minta bukti pengaktifan GPRS, ternyata tidak ada sampai sekarang.

      Dan sekali lagi saya minta GPRS dinonaktifkan via GraPARI. Lalu tes internet dengan kuota keluarga Telkomsel berhasil tanpa GPRS.

      Saya masih tunggu tanggungjawab Telkomsel, terkait pengaktifan GPRS tanpa permisi lalu kuras biaya pelanggan pasca bayar.

  • 24 Februari 2022 - (10:52 WIB)
    Permalink

    Saya dan istri saya jg mengalami hal yg sama, pulsa telkomsel saya sering habis sendiri. Padahal di cek di aplikasi Telkomsel tidak ada berlangganan apa2. Bahkan semua setting internet diarahkan ke SIM card provider lain yg sudah mati dan mobile data juga selalu dimatikan karena kita sudah pake wifi rumah untuk internetan. Anehnya tiap isi pulsa Rp. 20Rb hanya untuk telepon lokal CS habislah 7000, lalu sisanya beberapa hari kemudian hilang tak bersisa. Btw dimana bisa cek riwayat pemakaian pulsa kita ya?

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Pemotongan Pulsa Telkomsel dengan Alasan Penggunaan GPRS, Padahal Kuot…

oleh Shiela Hartiningtyas dibaca dalam: 1 menit
19