Beli Barang di JDID Dapat Barang Palsu

Pada Tanggal 27 November 2020 saya membeli barang di JD ID lewat toko CNC Shop 198 yakni micro sd San Disk 128 gb. Barang tiba ke alamat saya tanggal 30 November 2020. Saya berharap barang yang saya terima berfungsi baik dan original. Namun ketika saya terima saya mendapatkan barang palsu. Hal ini terbukti ketika saya coba di hp saya micro sd langsung rusak dan tidak berfungsi.

Selain itu di kemasan tidak ada hologram dari distributor sama sekali. Karena saya merasa dirugikan saya mengajukan permintaan pengembalian ke JD ID dengan no 20226005. Akhirnya saya kirim kembali micro sd saya ke JD ID dengan harapan mendapat ganti micro sd baru yang tidak cacat, ori, dan berfungsi.

Namun pada tanggal 17 Desember 2020 saya mendapat notifikasi sepihak dari JD ID yang menyatakan produk tidak lolos pemeriksaan kualitas dan produk akan dikembalikan kepada saya. Dan pada tanggal 21 Desember 2021 saya menerima paket pengembalian produk dari toko penjual CNC Shop 198. Tetapi yang bikin saya kecewa bukan barang baru yang saya terima, namun barang yang sudah rusak tadi dikirim kembali ke alamat saya. Apalagi ongkos kirim pengembalian dibebankan kepada saya seutuhnya dan saya merasa sangat rugi.

Saya berkali-kali complain ke CS JD ID baik lewat telepon maupun lewat wa. Tapi jawaban selalu berbelit-belit dan berubah-ubah. Bahkan saya disuruh kirim via email foto dan video unboxing saat menerima paket pengembalian produk dan itu sudah saya lakukan. Namun sampai sekarang belum ada tanggapan dan tanggung jawab dari pihak JD ID.

Dan pada WA terakhir dengan cs JD ID (tanggal 21 Desember 2021) saya hanya diberi nomor pelaporan 02098773, di mana saya dijanjikan email konfirmasi 2×24 jam. Namun saya belum menerima email tanggapan dari JD ID sampai sekarang (1 Januari 2020). Saya merasa JD ID mempermainkan saya. Katanya JD ID Dijamin ori ternyata jual barang palsu. Dan belum ada tanggung jawab dari pihak JD ID sampai sekarang.

Kurniawan Prihandhoko
Blitar, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Total:37    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Kurniawan Prihandhoko

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh konsumen atas nama Kurniawan Prihandhoko pada hari Sabtu, 2 Januari 2021 lalu...
Baca Selengkapnya

Loading...

22 komentar untuk “Beli Barang di JDID Dapat Barang Palsu

  • 2 Januari 2021 - (09:30 WIB)
    Permalink

    Beli barang begituan kenapa tidak ke official store. Tagline JD.ID untuk garansi barang originalnya kan berlaku di-official storenya. Dan juga tidak disebutkan itu beli barang di harga berapa. Kalau harga sudah terpaut jauh dari harga resmi sih ya harus mulai curiga dengan keaslian produk tsb.

    7
    1
    • 2 Januari 2021 - (10:17 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas sarannya.namun pada iklan jd id baik di medsos maupun televisi tertulis barang dijamin ORI tidak peduli kita beli di official store atau bukan.tidak seperti marketplace lain yang belum berani mencantumkan tagline barang dijamin ORI. Jadi hati hati bagi konsumen awam menanggapi iklan dijamin ORI jd id

      6
      6
        • 3 Januari 2021 - (07:28 WIB)
          Permalink

          Kebanyakan yg komen pada sok pinter ngatain orang beli liat harga lah ini lah, si pembeli komplain ya wajar karna JD ID punya moto “dijamin ori”, ya kalau udah ada moto gitu mau berapa pun harganya ya JD ID menjamin keaslian barang yg di jual oleh sellernya. Iphone 12 aja kalau ada yg jual 12rb d JD ID ya pihak JD ID menjamin itu ori. Gak usah pake bac0t bilang masalah harga atau official store, yg di komplain oleh si konsumen ya tentang jaminan “dijamin ori”. Gak usah pake ngebadingin toko si hijau dll, mereka gak berani menjamin ke orian produk sellernya dan berbeda dengan JD ID yg menjamin, gak usah asal cuap” sok pinter, merasa lebih berotak dari orang lain. Sorry komen gua kasar, percuma santun dengan orang yg gak bisa santun.

          9
          3
      • 2 Januari 2021 - (11:56 WIB)
        Permalink

        Ya tagline marketing selalu ada syarat dan ketentuan. Dalam hal ini jaminan ori ada pada offical store/merchant mereka.

        Jangankan marketplace. Promo marketing provider telekomunikasi kelas BUMN saja masih sering ‘ngibul’ nya.

        • 2 Januari 2021 - (13:12 WIB)
          Permalink

          Btw berapa harga beli Sandisk micro SD 128 GB? Anda tidak sebut harga beli nya berapa.

          Saya cek di Sandisk official di e-commerce Shopee (karena saya bukan pengguna jdid) harga Sandisk 128 GB micro SD adalah Rp 309.000, setelah discount jadi Rp 237.000.

          Jika anda beli dibawah harga tersebut, misalnya harga 50-100 ribu, jangan menuntut barang ORI. Ingat, ada harga ada kualitas, jika anda beli dengan harga murah, maka kualitas pun sesuai harganya.

          Tampaknya tagline jdid perlu perlu diganti, “menjual barang ori dengan kualitas sesuai harga”.

          10
          • 2 Januari 2021 - (13:15 WIB)
            Permalink

            Sy membeli seharga 120 RB ditambah ongkir sekitar 11 RB an

          • 2 Januari 2021 - (19:20 WIB)
            Permalink

            Beli di merchant 120rb + ongkir. Sedangkan di jd official 196.500 free ongkir. Sandisk ultra yg putih lebih murah darpada yg merah.

            1
            1
      • 2 Januari 2021 - (23:37 WIB)
        Permalink

        Ya betul, tag line JD ID adalah barang dijamin ori, bukan “barang dijamin ori kalau dari official store”.
        Intinya jdid memberikan jaminan seluruh store di platform dia menjual barang ori terlepas dsri store apa dan harganya berapa.
        Terima kasih sudah berbagi ini, saya jadi mikir dua kali mau paki jdid

    • 2 Januari 2021 - (16:44 WIB)
      Permalink

      Kalau Tagline itu hanya untuk Official Store dari Distributor, seharusnya tidak dipakai. Karena Marketplace lain juga ada.

    • 2 Januari 2021 - (18:00 WIB)
      Permalink

      Marketplce manapun tidak boleh jual barang palsu, seharusnya cs jdid mendapat laporan seperti ini itu langsung ambil keputusan, tarik kembali dana pembeli yang sudah masuk ke penjual dan dikembalikan ke pembeli kemudian tutup lapak penjual. Gak perlu unboxing2an karena sudah jelas dari harga jual yang terlalu murah itu udah indikasi barang palsu. Kesimpulan Jdid parah menyelesaikan masalah gini aja ndak bisa

  • 2 Januari 2021 - (15:17 WIB)
    Permalink

    Masukan sob, kalau buat barang ginian mending langsung ke official storenya. Masih untung rusak diawal, kalau udah dipake dan banyak file penting lebih berabe.
    Masih untung lho ya ini (tipikal +62 bgt)

    • 2 Januari 2021 - (20:10 WIB)
      Permalink

      Ini buat pengalaman aja…sy jg dulu awal2 belanja online sering ketipu..namun dr pengalaman itu,skrg sy sdh pintar…sdh tau mn toko abal2, mn toko official store…gitu aj bro..jadilah pembeli yg pintar,sesdh kejadian ini,e-commerce cm perantara aj antara pembeli dan penjual..

  • 2 Januari 2021 - (19:32 WIB)
    Permalink

    Nih bro klo mau beli memori murah, saya udah bertahun2 langganan,
    Dari pake 32 GB sampe upgrade 128 GB
    Udah 3 hape..
    Beli V-GeN Micro SD 128 Gb Turbo | Memory Card | Vgen
    https://tokopedia.link/OBWx0RqBIcb di toko SLN Store Rp205.000 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!

  • 2 Januari 2021 - (19:41 WIB)
    Permalink

    128gb 120ribu rupiah? Bjir dari harga aja udah beda jauh sama official store, kalo mau beli original pastikan di official store jangan percaya iklan bahwa semua barang original, dari harga beda jauh murah terus bukan di official store ya terima nasib dah, lu pernah liat korban yg beli harddisk palsu? Yg pas dibuka isinya flashdisk sama pemberat itu lebih sedih di banding lu yg keluar uang 120ribu

    • 2 Januari 2021 - (23:10 WIB)
      Permalink

      Beli memori tuh di official store jangan di toko Abal Abal apalagi kalo harganya dibawah pasaran
      Ya harus siap dapet barang rusak
      Kalo beli memori di toko Abal Abal ntar takutnya data penting hilang ditengah jalan
      Mau noh kaya kasus Gisel

  • 2 Januari 2021 - (20:30 WIB)
    Permalink

    Kemana TS yah? Udah ada beberapa komen gak dijawab lagi. Malu sendirikah? Mudah2an saja bisa berbesar hati atas komen2 yang ada.

  • 2 Januari 2021 - (20:49 WIB)
    Permalink

    udah 6x beli memori sandisk,,,
    dan gw juga sering beli di JD.ID…
    Dan menurut gw JD.ID sama Bli2 hampir sama,,lebih ke official store,,dan gratis ongkir…. memory 128 Gb harga cuma Rp.197.000 dan menurut gw itu paling murah,,,dari Online shop lain…
    ada harga ada kualitas….
    baiknya sebelum beli,bandingkan dengan harga di online shop lain,,baik itu di official store maupun di toko biasa….

  • 14 Maret 2021 - (02:42 WIB)
    Permalink

    saya jg sempat hampir ketipu tagline dijamin ori 🙄, tp utungnya saya tela’ah dulu sebelum membeli dg store MP lain yg official , dan akhirnya saya tau yg dimaksud jdid dijamin ori itu jualannya sendiri kan ad tuh menu tampilanya pilih jdid /global /all , kita kalo beli online harus jeli terutama org2 yg lahir sbelom 90an jan sok2an asal beli onlen kalo belom tau harga official/store aslinya. gaptek boleh tp jgn nekat kalo gblk.cmiiw bpk2. 😁

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Beli Barang di JDID Dapat Barang Palsu

oleh Kurniawan dibaca dalam: 1 menit
22