Blibli Tidak Bertanggung Jawab dan Jawaban Customer Care Blibli Berbelit-belit

Awalnya saya berbelanja di Blibli karena tertarik dengan klaim dan award atas kepuasan konsumennya. Eh, yang saya alami jauh dari kata puas yang ada malah muak.

Tanggal 20 Desember 2020 saya melakukan transaksi di Blibli, Honda Vario 150 ESP CBS (vin 2020) dengan embel-embel akan dikirim dalam 10 hari (30 Desember 2020).

Tanggal 21 saya hubungi customer care Blibli dan dijawab oleh Ezha, untuk perihal data diri saya, KTP dan KK. Sampai dengan tanggal 29 Desember 2020 tidak ada satu kabar pun dari pihak Blibli dan status pesanan tetap sedang diproses. Tanggal 30 Desember dari pihak Blibli telepon mengatakan barang kosong. Ok saya maklumi karena berhubung libur natal dan tahun baru.

Saya tunggu sampai tanggal 5 gak ada telepon/kabar dari Blibli juga, dan saya terhubung ke Edgar yang mengatakan barang kosong dan saya diarahkan untuk menunggu. Tapi tanggal 7 saat saya cek ke platform Blibli. Alangkah terkejut dan emosi, yang saya lihat ada produk Honda Vario 150 ESP (vin 2021) tersedia. Harapan saya pihak Blibli akan telepon saya mungkin sebentar lagi, eh yang ada malah harapan kosong.

Sampai tanggal 11 malam saya menghubungi CS Blibli, diterima Edgar untuk komplain ini, dan minta pesanan saya dialihkan saja ke produk yang tersedia. Jawabannya adalah bisa dialihkan jika masih 1 toko, tapi gak tahu kenapa atau mungkin sengaja diputus secara tiba-tiba, karena secara tiba-tiba komunikasinya terputus.

Tanggal 12 saya hubungi kembali CS Blibli, tersambung ke Evelyn, Ezha dan yang terakhir Farah. Saya minta dialihkan atau pesanan saya dibatalkan saja. Jawaban yang saya dapat dari Farah benar-benar konyol dan memancing emosi. Bahwa saya bisa melakukan pesanan kembali jika telah terbatalkan sepenuhnya dan pesanan saya yang ini tidak bisa dibatalkan ataupun dialihkan.

Logika dari mana yang Blibli terapkan? Pesanan sedang diproses, barang kosong disuruh tunggu dan terakhir pesanan gak bisa dialihkan ataupun dibatalkan. Dengan kata lain jika 10 tahun lagi Blibli gak bisa sediakan barangnya dana saya tetap di Blibli tanpa bisa dikembalikan. Apakah seperti ini cara Blibli meraup keuntungan dari konsumen? Pihak Blibli yang tak bisa menyediakan barang, tapi konsumen tak boleh membatalkannya. Pesan saya harap berhati-hati jika ingin bertransaksi di Blibli.

Andika
Medan, sumatera utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Blibli.com:
[Total:6    Rata-Rata: 1.2/5]
Tanggapan Blibli untuk Bapak Andika

Pertama-tama kami ingin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Bapak Andika untuk pilihan berbelanja di Blibli. Kami juga memohon maaf atas...
Baca Selengkapnya

Loading...

5 komentar untuk “Blibli Tidak Bertanggung Jawab dan Jawaban Customer Care Blibli Berbelit-belit

    • 14 Januari 2021 - (20:57 WIB)
      Permalink

      Saya tahu blibli hanya platform, akan tetapi barang dalam kategori disediakan oleh blibli, nama sellernya gak ada dicantumkan. Coba jelaskan gimana menghubungi seller hantu yg gak dicantumkan oleh blibli? Dan karena kategori disediakan oleh blibli, harusnya blibli bertanggung jawab sepenuhny mengadakan barangny karena diketerangan masih ada stock 6. Tapi seolah2 menghindar dan lepas tangan.

  • 14 Januari 2021 - (21:22 WIB)
    Permalink

    Laporkan OJK dan tuntut lewat jalur hukum saja Pak. Kan secara tidak langsung mereka wanprestasi karena tidak sanggup memenuhi kewajiban mereka, namun juga menolak pembatalan.
    Tuntut sekalian ratusan juta rupiah biar mereka kapok.

    1
    1
    • 18 Januari 2021 - (11:25 WIB)
      Permalink

      saya akan melaporkan pihak blibli ke pihak yang berwajib karena kasus sy juga sama, kita negara hukum jadi kita kalau merasa dirugikan biar hukum yang berbicara.
      kita sebagai konsumen di rugikan kalau begini terus kasus nya. dan slalu tanggapan cs blibli harap menunggu harap menunggu tanpa ada kejelasan apakah barang dikirim atau tidak.
      konsumen disuru menunggu sampai kiamat

      sy juga baru pesan barang di blibli dari tgl 14 januari 2021, estimasi tiba tgl 18 januari
      sampai detik ini tidak ada status pengiriman

      malah si cs blibli bilang siap di proses hukum kalau pesanan sy tidak tiba tgl 18 januari wooow
      jadi semakin bersemangat untuk melaporkan kejadian belanja di blibli.com

  • 15 Januari 2021 - (06:22 WIB)
    Permalink

    jika memang produk tsb ada keterangan “DISEDIAKAN OLEH BLIBLI.COM” seharusnya produk tersebut memang dikirim langsung oleh pihak blibli.com dr gudang terdekat mereka yg terletak di dkt domisili anda.

    Entah knp memang solusi yg diberikan cs blibli.com selalu spt itu (membuat kita sbg pembeli menjadi jengkel krn kita tdk bs membatalkan order atau harus menunggu respons dr pihak penjual terlebih dahulu).

    Tapi anda tidak perlu khawatir krn menurut saya blibli.com adalah satu2nya marketplace yang sangat aman & melindungi konsumennya. Ini buktinya….. https://mediakonsumen.com/2020/12/29/surat-pembaca/terima-kasih-kepada-bpk-rifat-selaku-perwakilan-blibli-com-atas-cepatnya-proses-refund-saya

    Silahkan anda hubungi Bpk RIFAT (Crysis Mangement Team, mungkin dr divisi khusus yg menangani complain media) melalui CHAT WA di nomer 081910200900. Anda copas saja terlebih dahulu postingan anda di media konsumen ini. Saya sangat yakin bahwa permasalahan anda bs segera selesai dalam waktu yang singkat

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli.com?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Blibli Tidak Bertanggung Jawab dan Jawaban Customer Care Blibli Berbel…

oleh lui dibaca dalam: 1 min
5