Penipuan Mengatasnamakan Shopee dengan Modus Reward Saldo ShopeePay

Kronologi kejadian, waktu adzan Isya, saya ditelepon oleh seorang penipu yang mengatasnamakan pihak Shopee, bahwa saya mendapatkan reward saldo ShopeePay sebesar Rp1 juta. Pelaku penipuan tsb bilang bahwa transaksi reward Anda bisa kami proses masuk ke akun ShopeePay harus mengisi saldo di akun saya sebesar Rp200 ribu.

Kemudian pelaku menyuruh saya cek SMS/pesan di hp saya, pesan tersebut berisi kode OTP, terus saya disuruh mengisi ShopeePay ke akun saya, tapi di kolom nominal m-banking BRI saya diganti pakai kode OTP penipu tersebut kirimkan ke saya, bukan nominal rupiah. Pelaku meminta berulang kali sebanyak 5x, dikarenakan uang tersebut belum masuk ke akun ShopeePay saya. Total saya kena tipu sebesar Rp2.000.000.

Saya coba cek lagi di aplikasi ShopeePay saya, saldo yang saya isi tadi tidak ada sepeser pun. Pelaku mengakumulasikan ShopeePay saya untuk membayar bobah. Saya sendiri tidak merasa membeli es tersebut, lokasi pembelian saja jauh luar Jawa, sedang saya di Jawa Tengah.

Username Shopee saya: Adtya030421. Mohon ditindaklanjuti, ini membuat masyarakat resah, dan akun saya saat ini dibekukan, gak tahu harus bagaimana lagi. Saya sudah menghubungi help@support.shopee.co.id, takutnya akun saya disalahgunakan. Saya ingin akun saya bisa digunakan kembali dan bisa membayar tagihan. Kalau bisa, Shopee mengusut pelakunya, nomor telpon pelaku: +1(604)901-1987.

Terima kasih.

Ryan Aditya
Brebes, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:6    Rata-Rata: 2.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

22 komentar untuk “Penipuan Mengatasnamakan Shopee dengan Modus Reward Saldo ShopeePay

  • 13 Februari 2021 - (12:14 WIB)
    Permalink

    bukannya di SMS OTP nya sudah ada tulisannya jangan berikan kode ke SIAPAPUN? ya harusnya termasuk penipu bang, harusnya jangan dikasi

    8
    2
  • 13 Februari 2021 - (12:57 WIB)
    Permalink

    +1 itu bukan nomer Indonesia, itu kalau nggak salah nomer Amerika atau Kanada. Kode OTP yg diterima anda itu bahasa apa?
    Kalau isi Shopeepay sebanyak 5x mestinya kan 200.000 x 5, berarti kerugian 1jt.
    Dana anda sudah dipastikan tidak akan kembali, karena kelalaian anda sendiri. Ikhlaskan saja, dan semoga anda dapat ganti yg lebih baik. Jadikan semua ini pelajaran dan pengalaman, pasti ada hikmah dibalik semua ini. Dan anda sudah tepat menulis keluhan disini, bisa jadi warning bagi pengguna shopee yg lain.

    11
    • 13 Februari 2021 - (14:18 WIB)
      Permalink

      Beberapa kali baca artikel semacam ini, jadi pengen tahu seberapa tinggi sih intelektualitas nya korban?

      Kalau emang rendah, anggap aja biaya sekolah alam. Sekolah memang mahal loh.

      8
      2
      • 13 Februari 2021 - (23:22 WIB)
        Permalink

        Saya juga barusan waktu pukul 7 sama tuh cuma kejadian awalnya saya beli Token listrik nah setelah itu biasa kan saya chat kirim no id dan nama lalu pihak seller menjawab suruh masukkan kode *21*…sekian….katanya nanti akan muncul di hape no tokennya,saya coba lalu muncul pemberitahuan bahwa saya mengaktifkan fitur pengalihan panggilan…seller terus menanyakan apakah bisa atau tidak…saya jawab tidak bisa….nah selagi saya chat…saya browsing tuh lalu muncul modus penipuan yang sama kaya saya alami,kebetulan yang kena artis tapi dia kena hack nya akun gopay….dari situ dia minta no telepon…tapi karena saya udah merasa ini penipuan saya batalin orderan lalu saya minta ke shoppe untuk blokir akun penjual… 1 jam kemudian ada yang telepon ngomong nya dari pihak shoppe dan sama tuh nomor awalnya +1….dia tau semua bahwa saya td beli Token,harganya tau terus minta pembatalan,tapi karena dari nada dan gaya bicaranya saya udah curiga lagian masa customer service nelepon nya ke WA….setelah itu dia ngasih petunjuk supaya balik lagi uangnya saya diarahin ke akun saya…nah pas saya buka akun saya di profil saya muncul tulisan bahwa dana sebesar…..akan dikembalikan mohon masukkan PIN shoppe anda….lalu stelah itu suruh klik simpan….saya ga mau dong saya bilang aja sudah tapi belum ada dana masuk….si orang ini terus maksa saya untuk coba lagi….lalu saya bilang ada keperluan dulu sebentar nanti telepon lagi…dari situ saya pakai hape dan akun lain menghubungi pihak shoppe untuk minta diusut…dari pihak shoppe sih bilang selama pin belum dikasih sih aman lalu pihak shoppe juga meminta untuk ganti password tapi berhubung saya khawatir klo menggunakan hape dan akun shoppe yang saya si penipu akan tahu klo saya mengganti password,jadi saya pilih untuk pemblokiran akun saja dulu sambil menunggu hasil investigasi dari pihak shoppe…. mudah-mudahan dari cerita saya bisa diambil hikmah agar bisa lebih berhati2x apalagi klo sudah sampai meminta hal2x yang sangat rahasia…. mudah-mudahan juga buat mas Ryan akan ada solusinya…

        5
        1
  • 13 Februari 2021 - (14:19 WIB)
    Permalink

    Enatah kenapa saya kalo ada yg nelfon bilang “saya dapet hadiah” tapi harus ini-itu dulu selalu saya tutup duluan….

  • 13 Februari 2021 - (15:19 WIB)
    Permalink

    Saya disini mengklarifikasi tentang kendala yg saya alami sedang di tindak lanjuti oleh pihak shopee. Terimakasih untuk pihak shopee tentang kerja cepat mengusut masalah yg saya alami.

    • 13 Februari 2021 - (16:33 WIB)
      Permalink

      Yth: kpd mediakonsumen saya sangat berterimakasih telah menerbitkan keluh kesah saya. Saya orang awam tentang permasalahan yg saya hadapi jadi saya membuat artikel ini, gak tahu harus gimana lgh dan saya juga berterimakasih kepada pihak shopee telah tindak lanjuti masalah yg saya hadapi. Pihak shopee telah membentuk tim investigasi untuk mengusut kasus ini.

      • 13 Februari 2021 - (17:30 WIB)
        Permalink

        ya paling cuma sebatas itu, jangan berharap uang kembali.
        karena jelas itu kesalahan anda dg memberikan kode OTP ke penipu
        anggap aja biaya belajar, dan semoga anda mendapat pelajaran dg tidak akan memberikan kode OTP kepada siapapun LAGI

      • 2 Maret 2021 - (22:04 WIB)
        Permalink

        Masnya ditawarin apa sm shopee??kok bisa berterima kasih???🤣…paling cm disuruh sabar dan tetap bayar..

  • 14 Februari 2021 - (07:32 WIB)
    Permalink

    kode otp ga untuk dikasih ke siapapun…. kalo ada yg maksa minta, sudah pasti penipuan.
    🙈 kok segitu mudahnya percaya…
    kalo pake +1 itu dia pasti pake nomor semacem sms online.

  • 14 Februari 2021 - (08:35 WIB)
    Permalink

    Apa pengguna shopee harus kena tipu dulu y baru pinter. Dr kmren kasusnya kena tipu mulu…

  • 14 Februari 2021 - (09:16 WIB)
    Permalink

    No whatsapp dari luar (dalam kasus ini +1 dari US) bisa dengan mudah didapatkan dan gratis. Sayangnya jadi celah untuk dimanfaatkan penipu. Netizen harus lebih hati-hati apabila diiming-imingi hadiah apalagi dihubungi melalui no whatsapp dan jangan memberikan info apapun.

    • 14 Februari 2021 - (18:59 WIB)
      Permalink

      Saya juga sering sekali dapat telfon dari nomor +1, karna mencurigakan telfon saya langsung matikan dan blokir.
      Tidak lama kemudian ada nomor dengan nomor Telkomsel yang memaki saya mungkin dia kesal karna tidak pernah saya tanggapi.

  • 14 Februari 2021 - (19:05 WIB)
    Permalink

    @TS emang ga curiga denger suara orang yang nelpon anda ? Saya pernah di modusin seperti ini, langsung saya jawab duit hadiahnya buat keluarga lo aja duit gw udah banyak.. Langsung baperan tuh si penipu kok kasar marah2 ga jeelass baperaan.. 😂😂 kayanya sih pakai apk vpn atau filter suara apa gitu ( mungkin )

    • 15 Februari 2021 - (18:35 WIB)
      Permalink

      Saya Ryan adtya di sini saya ingin mengklarifikasi tentang penipuan mengatasnamakan shopee, disini saya informasikan kendala yg saya alami sudah di hendel atau sudah di atasi oleh pihak shopee dng profesional, ini untuk pembelajaran bagi kita semua jangan mudah percaya kepada siapa pun kalo ada telpon mengatasnamakan e-commerce menang undian apa pun itu hadiah, rewand saldo maupun volcer, jangan mudah percaya Langsung hubungi cs 1500702 atau bisa chat live disitu respon cs cepat. Disini saya juga salah mudah percaya ke pelaku penipuan asal isi saldo shopee pay. Untuk teman teman yg kasus nya sama seperti saya tenang ajah dulu, coba masuk ke aplikasi e-commerce shopee pake akun yg lain pilih saya pojok bawah kanan pilih pusat bantuan pilih live chat ceritai kronologinya apa. Kalo lama balesnya coba kirim email atau telpon ajah ke 1500702 nelponya harus punya pulsa kalo gak ada gak bisa kak. Terimakasih untuk pihak shopee atas bantuan nya dan terimakasih juga kepda pihak media konsumen telah membantu saya. Salam sehat dan jaga jarak lakukan 3 m terima kasih!!

  • 15 Februari 2021 - (23:19 WIB)
    Permalink

    Ya intinya jgn mudah tergiur dgn undian berhadiah atau promosi yg ga maksud akal.

    Kode otp tidak boleh diberikan kepada siapapun termasuk karyawan shopee sendiri..

    Hati2 mas bro kedepannya n jgn lalai..

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Penipuan Mengatasnamakan Shopee dengan Modus Reward Saldo ShopeePay

oleh Ryan dibaca dalam: 1 min
22