Algoritma Aplikasi DANA yang Terkesan Menghantam-Kromo Akun Pengguna yang Tidak Bersalah

 

Saya adalah salah seorang pengguna DANA Premium yang sudah lebih dari 2 tahun menggunakan DANA. Sebelum masalah ini terjadi, yakni akun DANA saya yang dimandulkan/tak bisa ikut promo apapun di DANA, saya adalah salah seorang pengguna yang memfavoritkan Aplikasi DANA untuk transaksi saya sehari-hari, baik untuk transaksi di Bukalapak, pembelian reksadana, dan juga pembelian di toko offline.

Sebelumnya saya telah menulis Surat Pembaca yang berisi tentang keluhan saya mengenai akun Dana saya yang mendadak di-mandulkan untuk mengikuti promo di Aplikasi DANA (nomor ID laporan: 5966153):

Sampai surat ini saya tulis, yakni 28 Februari 2021 akun DANA saya tetap tidak bisa mengikuti promo apapun. Padahal saya tidak pernah merasa melakukan kesalahan apapun yang melanggar aturan DANA seperti yang telah saya uraikan panjang lebar di Surat Pembaca yang sebelumnya. Juga dari pihak DANA tidak dapat menunjukkan pelanggaran apa yang telah saya lakukan.

Sungguh kecewa, karena saya sudah 2 tahun lebih mempunyai akun DANA dan sebelumnya saya tidak mempunyai keluhan apapun terhadap Pihak DANA Saya sangat berhati-hati menjaga akun DANA saya agar tidak melanggar aturan pihak DANA. Namun malahan tiba-tiba tanpa ada angin ataupun hujan akun saya mendadak dimandulkan.

Dari Pihak DANA pun sama sekali tidak ada yang menghubungi saya baik melalui email ataupun telepon untuk merespons masalah ini. Sungguh mengerikan sekali sistem algoritma DANA saat ini yang terkesan hantam-kromo/kalap dalam memandulkan suatu akun yang tidak melakukan pelanggaran apapun.

Saya akui masalah yang saya hadapi masih tergolong sangat ringan dan ada ratusan mungkin ribuan Pengguna DANA yang nasibnya jauh lebih parah dari saya yakni akun mereka mendadak dibekukan (mayoritas dari mereka yang dibekukan dalam keadaan menyimpan saldo banyak) berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Kemudian setelah dimasukkan Surat Pembaca barulah sebagian besar akun mereka dibukakan karena mereka memang tidak melakukan pelanggaran apapun. Temasuk tidak memanfaatkan celah Bug DANA yang konon dari rumor yang beredar luas di kalangan pengguna Aplikasi DANA merugikan pihak DANA dalam jumlah besar dan mengakibatkan dalam beberapa bulan ini sistem algoritma DANA menjadi sangat paranoid, galak, horor, angker dan memunculkan keluhan-keluhan dalam jumlah massif di media sosial maupun Surat Pembaca.

Kalau memang rumor tersebut benar, maka sangat disayangkan sekali, karena gara-gara Bug yang tentu saja adalah kelemahan di sisi IT pihak DANA sendiri, yang kemudian dimanfaatkan oleh segelintir pihak yang tidak bertanggung jawab, sehingga akhirnya mengakibatkan banyak akun DANA yang dimandulkan bahkan dibekukan oleh DANA tanpa sebab apapun.

Christianto Hardono
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai DANA:
[Total:4    Rata-Rata: 3.3/5]
Tanggapan DANA terhadap Keluhan Bapak Christianto Hardono

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Bapak Christianto Hardono di Media Konsumen, “CS DANA “Copy-Paste”...
Baca Selengkapnya

Loading...

10 komentar untuk “Algoritma Aplikasi DANA yang Terkesan Menghantam-Kromo Akun Pengguna yang Tidak Bersalah

  • 2 Maret 2021 - (19:23 WIB)
    Permalink

    Kayanya benar gosip2 yang beredar bahwa Pihak Danawallet udah rugi banyak karena pemanfaatan Bug waktu itu, ga heran jadi membabi-buta kaya gini bot-nya. Salah ga salah dihantam, revisi urusan belakangan.

      • 3 Maret 2021 - (15:10 WIB)
        Permalink

        Tahun 2020 sekitar bulan2 akhir di FB banyak rumor yang beredar bahwa Top up saldo Dan* pakai salah satu Bank itu saldo di Banknya ga kepotong tapi di Ewallet-nya saldonya nambah. Karena konon banyak user2 nakal yang manfaatin makanya pihak ewallet ini rugi banyak. Semenjak itu algoritmanya disetting sadis, Bot-nya ngerazia akun secara massif. Kalo cuma akun2 nakal yang kena sih ga masalah, tapi ini akun2 yang ga tau apa2pun mendadak dibekuin saldonya dan ada juga yang dimandulin ga bisa ikut promo apa2 lagi.

        • 3 Maret 2021 - (19:09 WIB)
          Permalink

          Wuih seriusan ada bug kek gini? Selama ini yg komplain biasanya saldo rekening berkurang, tapi saldo DANA nya yg gak nambah.

        • 4 Maret 2021 - (11:12 WIB)
          Permalink

          ooow ternyata begitu…=)
          emang tim IT Dana kurang mumpuni sih, aplikasi banyak error, cuma menampilkan promo saja bisa error, parah deh.. efeknya ya gitu, bikin sistem & screeningnya jadi kacau.

  • 3 Maret 2021 - (14:15 WIB)
    Permalink

    Ngeri banget pake Dana, taruh uang sedikit2 aja biar kalo dibekuin mendadak kaga nyesek

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Algoritma Aplikasi DANA yang Terkesan Menghantam-Kromo Akun Pengguna y…

oleh CHRISTIANTO HARDONO dibaca dalam: 2 min
10