Menunggu Satu Tahun Sejak Bulan Maret 2020, Sampai Saat Ini Belum Mendapatkan Refund Traveloka

Dear Traveloka,

Saya akhirnya memutuskan untuk membawa masalah refund saya (Case no 18902009) yang tidak kunjung selesai dengan pihak Traveloka ke Media Konsumen. Hal ini disebabkan karena saya telah menunggu selama satu tahun sejak pengajuan refund bulan Maret 2020 dan sampai saat ini (Maret 2021) belum mendapatkan refund tersebut.

Garis besar kronologi adalah sebagai berikut:

1. Pada 25 January 2020 saya membeli tiket Malindo Air Jakarta-Phuket-Jakarta untuk 4 orang untuk penerbangan 25 Juni 2020. Jakarta-Phuket dengan Flight OD540, booking code FOWTWO. Phuket-Jakarta dengan flight OD541, booking code MVRUSC

2. Ketika pandemic covid mulai menyebar saya langsung mengajukan refund melalui call center dan kemudian ditanggapi oleh pihak Traveloka melalui email tanggal 18 Maret. Namun pada saat itu pihak Traveloka masih menyarakan untuk menunggu 14 hari sebelum keberangkatan.

3. Selama bulan Maret tersebut saya mendapatkan beberapa email dari Traveloka yang menyatakan reschedule flight, yang semuanya tidak saya setujui karena situasi pandemic yang memang tidak memungkinan.

4. Pada tanggal 20 April saya mendapat email dari Traveloka yang menyatakan refund request saya telah diterima dan dana akan dikirim ke kartu kredit dalam waktu 7-14 hari sejak tanggal email tersebut dikirim.

5. Setelah itu dimulailah ketidakjelasan yang tak berujung, dimulai dengan perubahan kebijakan pengembalian refund menjadi 90 hari karena banyaknya kasus refund. Saat itu saya masih mengerti. Namun ketika 90 hari telah lewat dan belum ada realisasi pengembalian refund, saya mulai menghubungi Traveloka kembali. Saya menghubungi dengan berbagai cara karena tidak pernah ada jawaban yang memuaskan.

Ketika saya menghubungi call center, customer service hanya mencatat keluhan dengan janji akan segera ditangani karena sudah lewat 90 hari sehingga merupakan prioritas. Ketika saya menghubungi melalui email, saya hanya mendapatkan jawaban template yang sama sekali tidak relevan dengan masalah saya. Dan hal ini terjadi berulang-ulang dan terus menerus sejak April 2020 sampai saat ini Maret 2021, tanpa ada tanda-tanda akan ada penyelesaian.

Dan siang ini, sebelum saya memutuskan untuk menulis di Media Konsumen, saya telah mengirim email kembali ke Traveloka. Dan seperti biasa jawabannya hanya berupa template yang tidak menyelesaikan masalah saya. Saya benar-benar kecewa dengan pelayanan Traveloka, dan sudah habis akal bagaimana cara menyelesaikan refund saya ini.

Permintaan saya sangat simple: Tolong selesaikan dan kirimkan refund yang sudah saya tunggu selama satu tahun. Terima kasih.

Mariati
Jakarta Barat 11640

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:5    Rata-Rata: 1.2/5]
Tanggapan Traveloka untuk Ibu Mariati

Kepada Yth Ibu Mariati, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Ibu Mariati tujukan kepada Traveloka...
Baca Selengkapnya

Loading...

Satu komentar untuk “Menunggu Satu Tahun Sejak Bulan Maret 2020, Sampai Saat Ini Belum Mendapatkan Refund Traveloka

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Menunggu Satu Tahun Sejak Bulan Maret 2020, Sampai Saat Ini Belum Mend…

oleh Mariati dibaca dalam: 1 min
1