CS Akulaku Tidak Ramah dan Tidak Ada Solusi

Tanggal 28 Februari 2021 saya melakukan pembelian TV di aplikasi Akulaku dengan sistem cicil. Jujur memang waktu itu saya tidak mencari tahu dulu review mengenai Akulaku bagaimana, karena saya juga sering melakukan pembelian di aplikasi lain dan lancar-lancar saja.

Setelah saya checkout, keesokan harinya rincian berubah menjadi “sudah dikirim”. Seneng dong cepet banget ternyata. Lalu saya chat ke penjual menanyakan perbedaan tipe TV. Penjual membalas dan memberi tahu bahwa saya tidak memilih pengiriman dengan packing kayu. Saya bilang “oiya ya? Saya lupa, bisa tidak saya transfer saja untuk biaya penambahan packing kayu?”, “Bisa kak” kata penjual. Lalu saya minta nomor rekening dan langsung saya transfer tanpa curiga.

Ini chat dengan olshop wktu sy mengirimkan bukti tf 100rb untuk penambahan packing kayu

Waktu saya mengirimkan bukti transfer tersebut ada tanda seru yang berarti gagal terkirim. Saya coba berkali-kali tetap gagal. Saya sudah mulai curiga, jangan-jangan saya ditipu, tapi keesokan harinya dibalas oleh penjual, saya tenang.

Saya terus cek berkala status pengiriman saya, karena di aplikasi tertera pesanan akan diterima otomatis setelah 14 hari, yang akan berakhir dan diterima otomatis hari ini 15 Maret 2021.

3-7 hari saya chat penjual, apakah barang saya sudah dikirim apa belum. Jawabannya masi proses antrian. 4 hari kemudian tetap tidak ada pengiriman. Saya chat lagi penjualnya berapa lama lagi antriannya, jawabannya “Sudah diproses, mohon bersabar ya kak”.

Saya sudah mulai curiga dan tidak tenang. Saya tunggu lagi 2 hari, tetap tidak ada pengiriman. Akhirnya saya memutuskan untun cancel saja, karena saya takut akan diterima otomatis, tagihan tetap ada padahal saya tidak menerima barangnya.

Sy chat ke penjual untuk cancel saja, dan anehnya penjual hanya menjawab “Iya kakak”. Berarti barang saya masih belum dikirim dong? Harusnya kalau sudah dikirim, kenapa bisa di-cancel?

Lalu saya telepon CS Akulaku dengan nomor 1500920, meminta bantuan untuk cancel pembelian dengan persetujuan penjual. Saya diminta bukti, saya bilang “Saya sudah ada buktinya, saya bisa kirim ke mana?”. Lalu CS Akulaku memandu untuk mengirimkan feedback. Namun saya tidak menemukan feedback tersebut, terus disarankan untuk meng-uninstall aplikasi terlebih dahulu.

Setelah di-uninstall malah gak bisa login ke akun saya. Tidak ada OTP yang masuk ke hp saya. Berulang-ulang dicoba tetap gak bisa. Anehnya waktu persamaan data, ada data saya yang tidak sama ketika saya sebutkan. Awalnya saya curiga dengan penjual, tapi setelah saya baca review, saya malah curiga dengan CS Akulaku sendiri, karena CS sempat menanyakan berapa 4 digit NIK yang saya masukan.

Saya tidak ada kecurigaan sama sekali karena saya berbicara dengan CS yang seharusnya melindungi customer! CS menanyakan alamat email saya, dan tidak berselang lama sekitar 10 menit ada notifikasi dari email yang mengkonfirmasi kebenaran nomor telepon yang saya gunakan. Padahal saya sedang tidak mengganti nomor di email.

Tadi siang saya menghubungi CS Akulaku lagi, dengan Mbak Eva, pada pukul 10.52. Info dari Mbak Eva, laporan saya beberapa hari lalu tidak ditanggapi karena saya tidak bisa mengirim bukti ke pihak Akulaku. Sedangkan saya tidak bisa mengirim bukti karena tidak bisa login ke akun saya sendiri.

Saya telepon berkali-kali ke CS, tapi jawabannya tidak ada yang memuaskan dan terkesan terburu-buru ingin segera tutup telepon! Saya hanya ingin dibantu membatalkan pesanan dan menutup akun jika memang akun saya gak bisa kembali. Saya tidak mau ada tagihan ke saya padahal saya tidak menerima barang tersebut!

Setelah saya baca review ternyata banyaaak banget orang yang mengalami hal yang sama. Saya berharap OJK segera menindaklanjuti aplikasi Akulaku dan ditutup saja karena menyusahkan orang lain. Mohon tanggapan dari pihak Akulaku.

Ayu Dwi Rakasiwi
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku:
[Total:26    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Ibu Ayu Dwi Rakasiwi

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen yang ditulis oleh Ibu Ayu Dwi Rakasiwi...
Baca Selengkapnya

Loading...

14 komentar untuk “CS Akulaku Tidak Ramah dan Tidak Ada Solusi

  • 15 Maret 2021 - (22:43 WIB)
    Permalink

    AKULAKU isinya gembong bajingan semua,pesan barang,hebat klu sampai tujuan,barang gak ada tagihan nongol,AKULAKU bukan tempat jualan,tp sarang maling semua…….hati hari klu belanja di AKULAKU

    • 16 Maret 2021 - (10:31 WIB)
      Permalink

      Ini kayaknya tergiur harga murah dari pada toko lain,normalnya harga barang di akulaku lebih mahal daripada aplikasi ecommerce yg lain.teliti sebelum membeli dengan cara melihat nilai rating si penjual,alhamdulillah selama ini saya membeli tv,hp dan barang2 lainnya di akulaku lancar,moga terselesaikan masalahnya amiin….

      2
      1
    • 16 Maret 2021 - (09:33 WIB)
      Permalink

      Lain kali rajin baca media konsumen
      Entah sudah berapa ratus yg kena tipu
      Untuk selanjutnya tinggal nunggu tagihan
      Saja dari DC

  • 16 Maret 2021 - (10:11 WIB)
    Permalink

    Pengalaman bgt, dan goblok nya aku malah bayar aja, karena saking di permalukan di tempat kerja, padahal ga pernah pesen apa2 ..mana ngegas lagi orangnya, memang harus di laporkan

  • 16 Maret 2021 - (13:11 WIB)
    Permalink

    Hampir sama persis dengan apa yg saya alami sewaktu beli PS 3 saat ada diskon besar2an pada waktu natal dan tahun baru beberapa tahun yg lalu. Yg saya alami, barang sdh dinyatakan siap dikirim bahkan nmr resinya sdh muncul dr sehari setelah transaksi pembelian tp hingga beberapa hari blm dikirim2kan jg, lalu saya coba utk mengecek nmr resi tsb tp ternyata hasilnya tdk ditemukan, akhirnya saya coba menanyakan ke penjual lewat chat dan jawaban dr si penjual pun sama yaitu msh dalam antrian (msh dlm antrian mengisi game2nya), saya mencoba utk memaklumi dan bersabar menunggu, hingga akhirnya kekhawatiran saya muncul dikarenakan cicilan pertama sdh mulai dihitung tp barangnya blm jg dikirimkan. Akhirnya saya chat lg sipenjual dan saya desak terus agar segera dikirimkan sampai akhirnya barangnya dikirimkan, saya cek nmr resinya ternyata berbeda dr yg pertama muncul. Untungnya barangnya benar2 dikirimkan dan sampai dirmh saya walaupun dgn isi game yg tdk sesuai dgn deskripsi penjualan yg menyatakan isinya full game. Kira2 hampir 2 minggu lah dr awal transaksi hingga barangnya itu sampai dirmh saya.

  • 16 Maret 2021 - (15:55 WIB)
    Permalink

    Disini saya cuma mau bilang Akulaku lg rentan keamanan privasi data customernya. Saya aja kebobolan akun di tgl 28 desember2020,.itu klo ngga salah ada jg customer kebobolan di tgl yg sama. Saya mohon kepada semua pihak untuk menelusuri kasus ini, apakah ini rekayasa sosial atau peretasan ? Terima kasih

  • 16 Maret 2021 - (19:18 WIB)
    Permalink

    OJK oohhhh OJK… Kemana dirimu?… Sdh byk korban mslh sprti ini, dan pinjol2 legal pun sdh byk yg menyalah aturan ojk.. menagih dgn tekanan , ancaman dll. Smoga OJK dpt menyelesaikan mslah ini.

    • 16 Maret 2021 - (19:53 WIB)
      Permalink

      Pernah ngalamin tp gak separah itu sih.Barangnya datang jga sih stelah 8 hari.Di Akulaku itu menurut pengalaman saya,gak ad kolom review dari para pembeli jd yg mau kredit buta sama sekali ttang informasi tokonya dan keluhan dri para pelanggannya.Tolong Akulaku cepat benahi semuanya klau tidak alamat di tinggalkan pelanggannya.

  • 16 Maret 2021 - (20:40 WIB)
    Permalink

    kalau saya mah lebih baik bersabar sedikit dengan mengumpulkan uang dr pada harus memaksakan beli barang lewat kredit di mana pun,klu beli cash jauh lebih murah dan tidak pusing memikirkan cicilan yg jatuh tempo.

  • 19 Maret 2021 - (03:12 WIB)
    Permalink

    waduh gua ngalamin hal yg sama juga, baru banget gua beli dari tanggal 1 Maret dan sampai sekarang barang nggak datang, sudah hubungi pihak Akulaku nya tapi ribet nya astaghfirullah.. mana tagihan udah muncul, apa kita datengin aja ya kantor nya. ini kan kita sebagai kostumer harusnya di utamakan ya, nah seller” yang gak bener itu ya harus di bereskan, ini kenapa malah kostumer yg diabaikan. saya pengguna dari 2017 sih, memang sejak dri itu saya gak gunakan sampai kemarin 2021 saya gunakan kembali, saya pikir masih bagus seperti dulu, kacau saya kejebak. andai bisa lihat keluhan dimedia konsumen ini lebih dulu sebelum gua beli barang di Akulaku mungkin gak bakal terjadi.

  • 6 April 2021 - (11:16 WIB)
    Permalink

    Sama Sampai Saat ini Tidak Ada Solusi,, Saya Memesan LAPTOP Tapi Yang Mau Dikirim Diluar Ekspektasi Saya,, Karena Beda Type Dan Barangnya Tidak Layak,, Saya Coba Telpon Customercare Akulaku Sampai Habis Pulsa 50ribu,, Tapi Tidak Ada SOLUSI,,

    Dan Parahnya Lagi Saya Tidak Bisa Mengcancel Barang Yang Saya Pesan,,Dan Tagihan Tetap Harus Dibayar

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

CS Akulaku Tidak Ramah dan Tidak Ada Solusi

oleh ad dibaca dalam: 2 min
14