Akun Shopee Dibekukan, Dana Hasil Penjualan Tertahan

Selamat siang Redaksi Media Konsumen,

Terima kasih sebelumnya untuk mengizinkan saya menuliskan artikel terkait pengalaman saya di Shopee. Saya sudah cukup lama memiliki akun Shopee sebagai pembeli, dan selama ini tidak ada pelanggaran dan pemakaian yang lancar-lancar saja.

Kemarin, tanggal 20 Maret 2021, saya berniat untuk menjual barang preloved saya. Saya sudah berkomunikasi dengan calon pembeli dan setuju untuk transaksi melalui Shopee. Kemarin siang, saat saya membuka aplikasi, HP saya error dan akhirnya saya login menggunakan HP lain.

Setelah mencoba memperbaiki HP saya, akhirnya saya bisa login kembali di HP saya. Lalu saya melanjutkan transaksi, dan pengiriman barang dilakukan sekitar jam 4 sore sesuai order.

Malamnya saya lihat notifikasi Hp bahwa status pengiriman sudah komplit. Kemudian saya buka akun Shopee, tapi sudah tidak bisa login.

Tidak Bisa Login Akun

Adapun saya baru mendaftarkan akun seller kemarin. Alasannya karena akan melakukan penjualan hanya untuk barang preloved saya. Selama ini saya hanya memakai akun untuk membeli saja.

Awalnya saya berharap dengan bertransaksi melalui Shopee maka lebih aman, ini malah sekarang akun saya tidak dapat diakses dan dana penjualan barang saya tertahan. Saya tidak melanggar ketentuan apapun dari Shopee. Hanya di siang hari sempat login di 2 handphone, dan setelah itu saya melakukan penjualan barang preloved.

Saya sudah menghubungi dan meng-email customer care Shopee. Namun masih belum ada follow up yang jelas tentang status akun dan dana saya. Selayaknya Shopee tidak bisa menahan dana yang merupakan hak saya atas transaksi yang sudah dilakukan. Kepada manajemen Shopee,mohon bantuannya untuk memulihkan akun Shopee saya, agar saya dapat kembali mengakses akun saya dan dana saya.

Terima kasih.

Raja Gurning
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:42    Rata-Rata: 2.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

10 komentar untuk “Akun Shopee Dibekukan, Dana Hasil Penjualan Tertahan

  • 22 Maret 2021 - (12:24 WIB)
    Permalink

    harga barang yang dijual berapa? pembayaran menggunakan metode apa dan apakah menggunakan voucher/kode promo dari shopee?

    • 22 Maret 2021 - (13:39 WIB)
      Permalink

      Selamat siang saudara Soni chan. Terima kasih atas komen saudara.

      Untuk nilai transaksinya cukup besar bagi saya. Saya menjual barang preloved saya,yang dimana pengalaman rekan-rekan saya yang menjual barang preloved, seharusnya aman – aman saja bertansaksi di marketplace. Namun kali ini akun saya malah dibekukan akunnya sehingga dana penjualannya ditahan oleh shopee.

      Dan metode pembayaran saya tidak begitu memperhatikan,karena saya cukup sibuk memastikan barang untuk dikirim dan kurir yang akan mengirimkan barang tersebut.

      Seharusnya saya screenshot ya,maklum pengalaman pertama kali sebagai penjual.

      Terima kasih Saudara Sonny sudah jadi pembelajaran bagi saya untuk memastikan transaksi jika saya sebagai seller

  • 22 Maret 2021 - (13:53 WIB)
    Permalink

    Kebetulan saya juga pernah mengalami hal yang sama, cuma ini karena keteledoran saya melakukan chat dengan penjual menggunakan kata/kalimat yang dilarang. Saya waktu itu chat OTP dan langsung akun saya ditahan shopee. Setelah itu saya langsung chat cs shopee via akun shopee saya yang satunya. Akhirnya saja jelaskan kronologis dan akhirnya di bantu cs follow up. Saya perlu waktu – +3 hari dan akun shopee kembali normal dan dana penjual dan shopee pay juga utuh. Jadi ditunggu aja kak proses nya.

    • 22 Maret 2021 - (16:18 WIB)
      Permalink

      Selamat sore Saudara Ahmad,

      Terima kasih atas sharing pengalamannya. Senang mendengar ada yang memberikan pengalaman baik dan berkomentar baik seperti ini.

      Semoga hal yang sama juga bisa terjadi pada saya,akun dan dana terkait akun shopee saya bisa normal kembali

  • 22 Maret 2021 - (14:40 WIB)
    Permalink

    Kesalahanmu ada 3 kalo diliat
    1.Login 1 akun di hp yg berbeda di waktu yg berdekatan hingga bikin sistem anti fraud shoppe bertindak
    2.durasi penyelesaian pesanan terlalu cepat ga ada 1 hari hingga bikin kecurigaan gestun
    3.ini yg paling penting kalo pembeli menggunakan metode bayar shoppepaylater atau CC ya otomatis akan makin dicurigai kalo ini transaksi gestun

    Dan akan diselediki ama shopee biasanya 3 hari dengan pihak penjual disuruh foto stok barang dan saat barang di kemas
    Kalo ga bisa nunjukin bukti itu ya waktu penyelesaian akan lebih lama dan paling apes saldo ketahan terus

    • 22 Maret 2021 - (16:12 WIB)
      Permalink

      Selamat sore saudara Dasiri.

      1.Seperti yang saya sampaikan HP saya sempat rusak,dan akhirnya bisa diperbaiki sehingga saya kembali memakai HP saya untuk transaksi. Apakah ini kesalahan saya?

      2. Saya belum menyelesaikan pesanan. Saya cuma terima notif bahwa barang diterima,dan saya baru mau buka akun saya dimalam hari sudah tidak bisa. Apakah ini kesalahan saya?

      3. Seperti balasan saya kepada rekan Soni chan di atas saya tidak sempat tahu pembayaran menggunakan apa. Apakah ini kesalahan saya?

      Kembali juga saya sampaikan, saya menjual barang pribadi saya yang merupakan preloved, jadi tidak ada stock lainnya seperti akun penjual lainnya ya.

      Saya beranggapan marketplace merupakan sarana bertransaksi yang aman terutama bagi penjual maupun pembeli,apalagi di situasi covid begini. Saya jadi cukup kecewa dengan pengalaman pertama sebagai pengguna akun seller yang tidak baik ini.

      Tadi siang dari pihak shopee sudah menelepon dan disampaikan akan difollow up secepatnya.

      Semoga akun saya dapat kembali diakses bersamaan dengan dana yang merupakan penjualan barang saya

      • 22 Maret 2021 - (16:31 WIB)
        Permalink

        Melihat dari pembelaanmu sepertinya ada yg janggal si tapi ya udahlah bukan urusan saya juga 😅😅😅

        Semoga cepet selesai masalahnya dan uang bisa ditarik dan digunakan lagi

  • 22 Maret 2021 - (16:44 WIB)
    Permalink

    Sudah dapat email dari shopee.

    Terima kasih atas follow up nya tim shopee.

    Salam,

    Raja

  • 23 Maret 2021 - (02:19 WIB)
    Permalink

    ajukan banding bisa di buka koh akunya,harusnya 2 akun 1 akun buat beli 1lagi buat jual,akun beli^2 jangan buat jual gan terdeteksi nuyul tuh jadinya,

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee Dibekukan, Dana Hasil Penjualan Tertahan

oleh Raja dibaca dalam: 1 menit
10