Akulaku dan Merchantnya Bersekongkol?

Kronologi kejadian yang saya alami:

  1.  Saya melakukan pembelian di Akulaku merchant Immanuel Shop pada tanggal 25 Maret 2021.
  2. Pada tanggal 26 Maret pukul 23.48 Status barang kiriman berubah menjadi dalam pengiriman oleh JNE dengan nomor resi 2092722728281918. Karena saya curiga dengan waktu pengirimannya, saya coba cek tracking pengiriman JNE tsb. Ternyata nomor resi tidak valid. Tanggal 27 dan 29 saya coba chat seller menanyakan kenapa resi tidak valid, jawabannya sama “on process“.
  3. Tanggal 30 Maret 2021 status pengiriman dan resi pengiriman dihapus, diganti jadi “menunggu pick up kurir”.
  4. Saya pun telah menelpon CS Akulaku 3 kali pada tanggal 26 dan 29 Maret dan 1 April 2021. Anehnya prosedurnya beda semua, CS pertama meminta saya menunggu 5 hari kerja sejak tanggal pengiriman, CS kedua menyarankan saya menunggu 6 hari kerja sejak tanggal pengiriman, dan yang paling aneh CS ketiga yang saya telpon tanggal 1 April megatakan: “SOP Akulaku hanya bisa menghubungi merchant saja, itupun saya harus menunggu selama 14 hari kerja SEJAK SAYA “CHAT” KE MERCHANT”. Wow, SOP apaan itu? Kalau saya tidak chat ke merchant, berarti Akulaku gak bisa proses pembatalan pembelian?
  5. Akhirnya kesimpulan saya, yang awalnya hanya menduga ini ulah oknum merchant tipu-tipu di marketplace Akulaku, saat ini saya menduga Akulaku melakukan persekongkolan dengan merchant tipu-tipu di marketplace-nya.

Mohon tanggapan dan kejelasan dari pihak Akulaku. Bila tidak ada tanggapan mungkin DUGAAN SAYA BENAR.

Joko Susetyo
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku:
[Total:12    Rata-Rata: 1.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

19 komentar untuk “Akulaku dan Merchantnya Bersekongkol?

  • 2 April 2021 - (11:26 WIB)
    Permalink

    Jgn beli barang dr dalam aplikasi akulaku, banyak bodongnya.
    Mending beli di market place lain pembayaran akulaku, atau ganti kredivo aja sekalian yg bunganya lebih murah

  • 2 April 2021 - (11:31 WIB)
    Permalink

    Sama kak kalau ada info tolong ya saya sudah 3 minggu lebih disuruh menunggu dari pihak akulakunya barang tidak dikirim juga tolong bantu solusinya kak.

    • 2 April 2021 - (13:02 WIB)
      Permalink

      Telponin, Email terus Akulakunya, chat tokonya, soalnya SOP nya AKULAKU GAK JELAS, MENDING TUTUP AKUN AJA KALO EMANG UDAH SELESAI SEMUA

    • 2 April 2021 - (14:38 WIB)
      Permalink

      Bukannya dibiarin, itu merchant buatan akulaku jg, pasti sengkokol, banyak korbannya, sdh mirip mafia ini fintech.

      Dari susah dihub, proses waktu yg dilama2in, klo brg sampai suka ada yg bekas, tdk sesuai spek, cepat rusak, susah klaim garansi dan tdk ada aturan perlindungan konsumen yg jelas dan tegas bila ada merchant yg nakal, dan tagihan cicilan jln terus sesuai jadwal padahal masi dlm masa komplain.

    • 2 April 2021 - (19:33 WIB)
      Permalink

      Iya bagaimana ini pihak ojk kenapa biarkan ini berlarut-larut dan tidak membantu menghentikan pihak akulaku yang selalu mengulur-ulur waktu gak kita tidak dikembalikan.

    • 3 April 2021 - (02:55 WIB)
      Permalink

      +62 878-8822-5525 itu nomor immanuel shop. di WA aja orangnya.
      saya juga pernah punya pengalaman yg sama. barang nya kebetulan habis. jadi saya push aku laku lewat email/feedback,trus push di immanuel shopnya. jadi beres kasusnya.

      klo mau beli barang mending di merchant official aja, contoh s*m*sung official,klo merchant bukan official suka di maenin. meski agak lama tp brang sampai dengan selamat. dulu 5x pesan 5x pula invalid. teteapi gak pernah di hapus sama merchantnya… tp kasus immanuel shop lsg di hapus. balik nunggu pick up kurir.

      entah apa maksudnya, apa jgn jgn barang yg dijual habis kali ya. atau mereka droshiper. gak tau. karena banyak yg complain dengan immanuel shop mending di cancel.

      semoga masalahnya terselesaikan

  • 2 April 2021 - (13:41 WIB)
    Permalink

    Saya juga baru mengalami beli hp..barang belum diterima td pagi ada oemberitahuan barang sudah diterima saya cek di jasa sen hong masih waiting space…g ngerti darimana datanya barang sudah diterima..sy sudah coba hubungi cs akulaku..dr mulai 10 hari setelah saya pesan.. diauruh menghubungi cs lg di tgl 31 lalu tgl 1…eh diperpanjang lg tgl 5..td malam saking kesal saya coba refund..eh pagi2 barang katanya sudah diterima…sy langsung tlp cs katanya pelaporan sudah diterima dan disuruh menunggu 5 hari kerja…tgl 10 april tgl jatuh tempo cicilan saya…kata cs cicilan hrs tetap dibayar…tp saya tidak akan mau membayar barang yg belum saya terima..kalo sebelum jatuh tempo barang saya dikirim tidak perlu tunggu jatuh tempo sy akan bayar..ada apa dengan sistem akulaku..kenapa banyak keluhan tentang barang belum diterima tp kita harus tetap bayar..🤔

    • 2 April 2021 - (14:29 WIB)
      Permalink

      Wah sepertinya banyak yang jadi korban bisa diadukan ke OJK tidak ya?
      Sepertinya juga bisa ke kepolisian tindak pidana penipuan, bisa tidak ya?

      • 5 April 2021 - (01:40 WIB)
        Permalink

        Saya juga ngalamin, sy kredit HP di STAR JAYA. Awal2 toko bisa dichat. Setelah dikirim tokonya gak respon. No resi tidak valid. Akhirnya saya ke toko offline yang menyediakan pembayaran akulaku. Dan bisa aja. Bahkan kerasa lebih baik daripada HCI. Tapi masalahnya… Status barang saya yang satu nya tidak jelas (yang beli di STAR JAYA di app akulaku). Malahan parahnya, pembayaran akulaku itu nyatu, gak terpisah sama pembayaran yang di toko offline. Jadi sy harus bayarin barang yg gak jelas statusnya itu juga. Ini gimana SOP akulaku kayak mafia gini…. Manaan nunggu 14 hari? Sengaja banget biar bayar cicilan pertamanya… Apaan coba.

    • 2 April 2021 - (15:21 WIB)
      Permalink

      Sama mbak Mely saya disuruh tunggu 14 hari lalu disuruh tunggu 3 hari telpon masuk. Tadi barusan telpon disuruh nunggu 14 hari lagi sampe telpon saya dimatikan pihak akulakunya. Jelas ini ada indikasi penipuan. Saya juga tanggal 11/04/2021 ini jatuh tempo pembayaran saya juga gak akan mau bayar.

    • 2 April 2021 - (15:29 WIB)
      Permalink

      Pak Admin @mediakonsumen, apakah ada kemungkinan OJK membaca keluhan kami di sini?

  • 3 April 2021 - (10:43 WIB)
    Permalink

    Sama gan saya juga baru telpon kmren langsung diputus sama cs nya karena gak bisa jwab lagi dengan apa yg saya tanyakan. Saya juga gak mau bayar tagihan yg barangnya belum datang tapi gimana saya juga takut jelek nama saya di ojk dan dendanya nanti kalau ada tambah saya juga gak mau bayar gimana solusinya ?. Apa ada yg mau kita rame-rame kekantor ojk untuk buat pengaduan yg sama masalahnya sudah banyak yg ketipu dan dirugikan sama aplikasi akulaku. Bagi yg minat sama-sama ke kantor ojk WA saya ke 082373244447 saya tunggu info kalian ya yg sama terkendala dengan akulaku.

  • 3 April 2021 - (16:40 WIB)
    Permalink

    Semoga masalahnya cepat selesai. Alhamdulillah ane udah tutup akun akulaku permanen dan tidak digunakan lagi. Dan surat Pernyataan dengan tanda tangan basah sudah ane kirim ke cs Akulaku.

  • 6 April 2021 - (21:50 WIB)
    Permalink

    Heran ya ini OJK kenapa seakan tutup kuping sama aplikasi ini. Udah banyak keluhan dimana-mana. Saya pernah bayar tagihan tapi gak masuk dan malah kena denda karena jatuh tempo. Telp ke cs jawabannya kayak robot. Cuma minta maaf.

  • 11 April 2021 - (03:06 WIB)
    Permalink

    Saya jg ngalamin…mirip kyk kasus ts. Beli tgl 7 april. Dikasih resi j&t jam tengah malem gt. Saya cek bsoknya record not found disitus j&t.udah nelpon cs akulaku dsurih nunggu 5-7 hari kerja. Katanya itu resi booking. Tp setau saya resi booking j&t 1×24 jam. Ato saya yg salah paham. Cicilan pertama jatuh tempo tgl 11 april dah saya bayar. Nyeseknya barang blm nyampe udah harus bayar cicilan pertama…klo ada yg ngalamin jg tolong kasih komentar solusinya.

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Akulaku dan Merchantnya Bersekongkol?

oleh joko dibaca dalam: 1 min
19