Lazada Tidak Dapat Memproses Pembayaran Saya dengan Tuduhan Kecurangan

Saya Erickson Putrahar, salah satu seller Lazada dengan nama toko The Right Apparel dan dengan ID penjual ID67XE7H1V. Saya ingin membuat keluhan kepada Lazada.

Saya sangat kecewa sekali dengan Customer service dan pelayanan Lazada dalam menangani masalah saya. Lazada tidak membayarkan uang saya sudah 2 periode . Periode 22 Maret – 28 Maret dan 29 Maret – 04 April (Lihat Gambar).

Periode yang tidak dibayarkan
Ini periode yang tidak dibayarkan dan kemungkinan selanjutnya tetap tidak dibayarkan

Saya menghubungi Customer Service Lazada melalui seller center Lazada pada tanggal 1 April 2021 hari Kamis, dan jawabannya “Mohon maaf atas ketidaknyamanannya , saya akan buat laporan mengenai permasalahan Anda”. Maka laporan saya dibuat dengan nomor laporan 2040000038188960.

Setelah 1 minggu di tanggal 06 April saya mendapatkan email balasan mengenai laporan saya yang berisikan.

Email balasan pertama dapat dilihat tanggalnya.

Dijawab oleh Lazada bahwa dari hasil investigasi tim mereka bahwa saya melakukan pelanggaran ketentuan sehingga pembayaran saya tidak dapat di proses. Disini tidak disisipkan 1 pun aset bukti berupa foto atau rekaman lainnya mengenai kecurangan saya dan tidak dijelaskan ketentuan apa yang saya langgar. Dikatakan “Mohon untuk tidak melakukannya lagi” tapi tidak dijelaskan kesalahan saya apa. Selama ini saya berjualan di Lazada tidak pernah melakukan  kecurangan apapun yang bisa menyebabkan uang saya diambil oleh Lazada. Saya membalas email tersebut namun tidak ada balasan sama sekali.

Pada Growth Center  juga poin pelanggaran saya tidak ada, dan pelanggaran yang ada hanyalah kesalahaan kategori produk yang sudah dinonaktifkan Lazada dan saya tidak mengajukan banding dan juga tidak merubah apapun, dibiarkan nonaktif seperti dituliskan. Seharusnya ini tidak merugikan Lazada hingga uang saya puluhan juta tersebut perlu di ambil kan? bahkan dari ketentuan Lazada jika memang saya melakukan pelanggaran, saya akan mendapatkan poin pelanggaran, dan dapat dijelaskan di Growth Center pelanggarannya, dan pembatasan akun apa yang saya dapatkan.

Saya yakin seller Lazada juga tidak mau uangnya diambil oleh Lazada dan minta untuk tidak melakukannya lagi, namun dibiarkan berjualan dan uang tidak bisa kita dapatkan. Padahal jika saya melakukan pelanggaran yang JIKA memang parah maka saya mendapatkan poin pelanggaran bisa samapai 48 poin dan akun di nonaktifkan. Ketentuan yang aneh bukan?

Saya pun menghubungi kembali Cust service Lazada setelahnya menanyakan ketentuan apa yang saya langgar hingga uang saya tidak dapat diproses, dan bukti pelanggaran saya apa. Customer service tidak dapat menjawab pertanyaan saya, dikatakan “Kami tidak dapat akses mengenai kesalahan kakak”.  dan laporan saya dibuka kembali , saya diminta menunggu balasan email mengenai kesalahan saya.

Pada tanggal 09 April 2021 saya mendapatkan email dari Lazada dengan tulisan SAMA PERSIS dengan email sebelumnya. Tanggal dapat dilihat.

Disini saya kebingungan, jika memang selama ini saya berbuat salah merugikan Lazada, Lazada bisa memberikan bukti pelanggaran saya, pelanggaran apa yang saya lakukan hingga uang saya diambil Lazada (Ingat mereka bilang, uang saya tidak dapat diproses, bukan dapat diproses namun nanti, ini berarti uang saya diambil). Email sebelumnya saya tidak mendapatkan balasan hingga saat ini. dan saya membalas email kedua ini menanyakan hal yang sama , ketentuan apa yang saya langgar, bukti kecurangan saya. Saya pun menghubungi Cust service Lazada.

Cust Service Lazada mengatakan, “Apabila terjadi tindak kecurangan atau diluar kebijakan maka kami tidak bisa bantu kak” dan saya tanya tindakan apa yang melanggar kebijakan tersebut. dia hanya bilang “untuk hal tersebut kak erick bisa mengajukan banding melalui Seller Center” . Saya pun bertanya bagaimana mengajukan banding, Cust service bisa mengecek growth center saya , jadi saya tanya yang mana yang perlu saya banding.

Kemudian dijawab “Setelah saya cek, untuk permasalahaan pembayaran yang melanggar kebijakan tidak bisa dilakukan banding ya kak”  . Dan saya makin bingung. Saya tanya jadi kebijakan apa yang saya langgar. Dijawab ” Untuk pelanggaran penjualan silahkan bisa dibaca pada peraturan dan ketentuan berjualan di Lazada ya kak agar tidak melakukan pelanggaran lagi” .

Saya tidak pernah diarahkan ketentuan apa yang saya langgar dan ketika saya baca ketentuan di seller center hanya dibilang ada pembatasan akun yaitu penerimaan jumlah pesanan per hari atau sampai penutupan akun. maka saya tanya lagi mohon arahkan saya ketentuannya dan ketentuan apa yang jika dilanggar uang saya ditahan. dan dibalas “Mohon maaf ka Erick untuk hal tersebut kami tidak bisa bantu”

Mohon maaf, sesimpel itu mereka tidak bisa lakukan, jika memang mau seller berjualan sesuai kebijakan, maka harus ada yang bisa kita baca kan. tapi cust service sendiri tidak bisa bantu . bahkan di bagian peraturan tidak dituliskan hal tersebut.

Saya Sangat kecewa dengan pelayanan Lazada yang menuduh saya melakukan kecurangan, Jika saya melakukan tindakan yang diluar konsen saya bahwa itu melanggar ketentuan, saya berhak tau tindakan apa dan ketentuan apa yang saya langgar, dan jangan main ambil uang seller seperti ini.

Saya meminta balasan dari Lazada mengenai hal ini secepatnya, karena ini berkaitan dengan uang.

Berikut lampiran gambar chat cust service terakhir.

 

Erickson Putrahar
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lazada Indonesia:
[Total:42    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan Lazada atas Surat Pembaca Bapak Erickson Putrahar

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen tertanggal 10 April 2021, mengenai “Lazada Tidak Dapat Memproses Pembayaran Saya...
Baca Selengkapnya

13 komentar untuk “Lazada Tidak Dapat Memproses Pembayaran Saya dengan Tuduhan Kecurangan

  • 10 April 2021 - (20:46 WIB)
    Permalink

    Aturan paling *******, ga lazada, marketplce lain jg sama, dibilang melanggar tapi ga dikasitau pelanggarannya apa, kita ditangkap aparat berwenang aja dikasitau salahnya apa.

    • 11 April 2021 - (12:00 WIB)
      Permalink

      klo mp lain, bukan bela ya, tidak pernah tahan dana. paling cashback buyer yg dibatalin klo pakai cashback. lah dana mah hak penjual harusnya toh brg dikirim seller dan benar di terima buyer kan. lain cerita klo buyer cod tdk mau bayar saat kurir antar pesanan. tp itu pun harusnya kembali brg dulu ke seller asal

  • 11 April 2021 - (12:45 WIB)
    Permalink

    Wah ini kok bahaya banget, investigasi di email bilang pelanggaran doang, ga ad bukti, uang langsung di tahan.

  • 12 April 2021 - (00:41 WIB)
    Permalink

    Percuma cs lazada emang gitu gak bisa ngapa²in, kalo bisa datengin aja kantornya gebrak mejanya maki² mereka disitu sepuas lo, udh gitu doank caranya jangan berharap dapet solusi dari cs, gw juga pernah punya masalah dilazada jawabannya bertele tele gak jelas gak ada solusi. Padahal 2 hari sebelumnya saya juga pernah ketemu masalah yg sama dibukalapak hubungi cs beberapa menit selesai. Habis kejadian itu gw kasih bintang 1 di PlayStore terus hapus aplikasinya.

    2
    1
  • 12 April 2021 - (13:13 WIB)
    Permalink

    Hal sama yg menimpa sya, hanya saja sya 7 juta yg tdk bisa d caikan dgn alasan yg tdk jelas..Gan kita kordinir org2 yg sma kumpulkan dlm 1 grup gimn?..

  • 12 April 2021 - (19:51 WIB)
    Permalink

    Ini seller penjelasannya udah detail dan menuruti aturan, Lazada sebenarnya tinggal memberikan keterangan kecurangan aja tapi berbelit².

  • 13 April 2021 - (10:25 WIB)
    Permalink

    Lazada itu marketplace yg paling ga mau saya pakai buat berjualan… dari dulu.
    Btw..
    TS sebenernya berjualan apa dgn nilai yg cukup tinggi itu ?
    Apa barang illegal ?

    Andai barang tersebut bukan termasuk barang illegal… datangi aja kantornya langsung kalo bisa krn nilainya cukup besar.

    Kalo barang illegal… ya… bye-bye

  • 13 April 2021 - (11:32 WIB)
    Permalink

    Halo kak Vuska,
    sebagai informasi juga untuk yang lain Jika mempertanyakan nilai yang tinggi juga.
    Saya berjualan blazer dan seragam dan juga Gamis dengan per pcs nya di harga 250 – 300 bisa di cek di MP lain untuk barang jualan saya. per hari di Lazada saya bisa dapat 10 order, per order bisa 1 pcs sampai 2 pcs. di Periode ke dua penahanan uang saya itu melonjak karena saya mengikuti campaign Birthday Sale Lazada.

    Sudah ada tanggapan dari Lazada melalui telepon, dan sedang investigasi ulang mengenai kecurangan yang dimaksud. Kecurangannya adalah voucher abuse, namun Lazada tidak tau dari sisi seller atau customer (Jadi main tahan uang seller saja). Voucher yang di abuse adalah Voucher Lazada, bukan voucher seller. Kemungkinan ketika Birthday Sale. Padahal yang saya lakukan di Lazada hanya mendaftarkan diri mengikuti campaign, hanya sebatas itu. Saya pun kaget ketika harga baju per pcs saya di diskon besar hingga tidak untung, Maka saya tanyakan ke pihak CS dan dikatakan Diskon Lazada dan Seller berbeda. dan Diskon Lazada tidak dipotong pada seller, dan saya cukup lega.

    Saat ini menunggu kabar lebih lanjut dari CS Lazada. semoga ada titik terang dari pihak Lazada.

  • 13 April 2021 - (12:44 WIB)
    Permalink

    Update Terbaru

    Lazada sudah menelepon saya dan mengirimkan email mengenai permasalahaan yang saya hadapi, dan uang yang tertunda selama 2 periode sudah di prose. Pembayarannya sudah masuk di saya selama 3 periode (Termasuk periode sekarang) dan sudah menutup kasus laporan saya.

    Terima kasih kepada MediaKonsumen sebagai wadah penyalur keluhan atau aspisari, dan terima kasih kepada Lazada telah dengan cepat menyelesaikan permasalahaan saya. Semoga dikemudian hari permasalahaan seperti ini tidak terjadi kembali kepada saya dan seller2 lain, serta Lazada lebih terbuka dan komunikatif atas permasalahaan yang dihadapi terhadap seller.

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Lazada Tidak Dapat Memproses Pembayaran Saya dengan Tuduhan Kecurangan…

oleh RIGHT dibaca dalam: 3 menit
13