Akun Penjual Saya Diblokir Sepihak oleh Lazada, Dana Hasil Penjualan Tidak Bisa Dicairkan

Salam hangat buat seluruh pembaca di manapun berada. Saya Thinaa, pengguna Lazada sebagai penjual (seller) dengan nomor id67XCUE04, dan nama toko “Agustina marpaung shopp”. Di sini saya sebagai penjual merasa dirugikan akan tindakan yang telah dilakukan sepihak oleh Lazada, dimana akun saya beserta dananya tidak saya terima dan akun langsung dinonaktifkan. Alasannya, saya melanggar peraturan kebijakan Lazada dan dituduh manipulasi voucher.

Saya berjualan dan sebagai pengguna baru, tidak pernah ikut promo apapun yang ada di Lazada. Saya hanya pakai promo free ongkir saja, dimana tepat pada tanggal 31 Maret 2021 saya mendapatkan orderan penjualan 100 pcs lebih. Karena pada saat itu tepat Lazada brithday sale mengadakan promo besar-besaran yang ditayangkan juga di televisi.

Pada saat itu saya menghubungi pihak Lazada melalui live chat karena saya mendapatkan salah satu orderan dengan nominal si pembeli bayar hanya Rp3.500 saja, sedangkan barang yang si pembeli beli di saya adalah senilai Rp30.500. Agar tidak salah dana yang akan kami terima berapa, kami menanyakan hal tersebut. Pihak Lazada mengiyakan bahwa mereka lagi ada program promo potongan Rp30 ribu/transaksi dan dana yang akan kami terima nanti sesuai dengan harga produk yang kami jual.

Setelah semua selesai live chat, kami mengirim semua PO yang ada di akun Lazada kami. Namun tepat malamnya akun kami langsung dinonaktifkan karena “manipulasi voucher” dan kena penalti 48 poin. Tidak tinggal diam, kami tanya lagi kepada pihak Lazada melalui live chat. Namun hasil yang kami terima tidak ada mereka tidak menerangkan 48 poin tersebut apa saja. Mereka hanya mengatakan bahwa kami sudah melanggar ketentuan dari Lazada dengan manipulasi voucher.

Berjalan waktu seminggu, tepat hari pencairan dana, kami menunggu sampai malam pun tidak kunjung ditransfer oleh pihak Lazada. Kami live chat lagi pakai akun yang satunya, menanyakan dana saya kapan akan ditransfer. Mereka hanya mengatakan kami harus menunggu 3×24 jam.

Setelah waktu itu tiba, tak kunjung juga ditranfer. Kami menanyakan ulang lagi dan mereka mengulur waktu lagi menjadi 2×24 jam. Kami sudah ikuti semua perintah mereka untuk menunggu, tapi hasil yang saya dapatkan nihil. Sampai hari ini dana saya tidak kunjung juga ditransfer.

Saya sangat menyesal sudah bergabung di Lazada untuk berdagang. Memang sih dana yang saya keluarkan atau yang tertahan nominalnya tidak banyak. Namun nominal sekitar Rp8 juta sudah sangat besar bagi saya dan penting buat saya putar ke modal usaha saya lagi.

Lazada sudah punya nama terdepan, tapi kenapa pelayanan dan caranya kepada pedagang seperti sepihak? Menonaktifkan akun tanpa ada kejelasan rincian atas kesalahan yang telah diperbuat? Padahal tujuan kita menanyakan poin kesalahan itu agar kita sebagai penjual tidak mengulangi kembali kesalahan tersebut. Namun mereka hanya diam dan tidak memberitahukan seolah-olah mereka punya tujuan lain. Maaf jika saya punya pemikiran seperti itu, karena memang sebagai manusia tidak luput dari rasa penasaran dan membutuhkan kejelasan.

Saya ingin pihak Lazada bisa lebih bijak lagi dalam hal ini, untuk masa depan kedua belah pihak. Sekian surat dari saya. Saya berharap ada jalan baik dan titik terang serta ada kejelasan untuk masalah saya ini.

Terima kasih.

Agustina Marpaung
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lazada Indonesia:
[Total:9    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

4 komentar untuk “Akun Penjual Saya Diblokir Sepihak oleh Lazada, Dana Hasil Penjualan Tidak Bisa Dicairkan

  • 18 April 2021 - (12:37 WIB)
    Permalink

    Wah horor sekali berjualan di Lazada, maen tutup toko sewenang2., arogan sekali. Gembar gembornya banyak yg ditelpon suru buka toko baru, ternyata untuk ditutup paksa dan diambil saldonya. Horor!!! Setan pun kalah horor ini.

  • 20 April 2021 - (13:18 WIB)
    Permalink

    Udah biasa kaya gitu mbak , apalagi kalo abis nanya sama PSC agent mereka langsung cek ke toko kita ada yg nemu agak janggal langsung tutup akun kita , dulu saya pernah dana ditahan akun di tutup dana ketahan sampe 2 bulan lebih , saya terus kejar sana sini akhirnya setelah viral di Twitter baru lazada nelponin saya terus ini itu ini itu akhirnya dibayar setelah ketahan 2 bulan lebih .

  • 1 Mei 2021 - (13:58 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga baru kemarin akun Saya dimatikan sepihak sama Lazada lgsg kena pinalty 48 point. Laporin aja kali ya ke LBH di somasi. Udah masuk 1 juta, trus brg mau dikirim lagi ada x 40 item nominal kira2 3 juta. Kok bisa ya dia suspend sepihak gitu dengan reason gak jelas lagi.

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Akun Penjual Saya Diblokir Sepihak oleh Lazada, Dana Hasil Penjualan T…

oleh Thinaa dibaca dalam: 2 min
4