Aplikasi BukuKas Meresahkan, Dana Para Pengguna Raib

Perkenalkan saya pengguna aplikasi BukuKas dengan nama pengguna Morene.Au. Saya mulai menggunakan aplikasi ini sekitar satu minggu lalu. Karena selain saya membutuhkan aplikasi untuk mencatat data penjualan, aplikasi ini juga sedang mengadakan event dengan menjanjikan sejumlah uang kepada para penggunanya.

Pengguna akan mendapatkan uang (THR) jika berhasil mengumpulkan semua stamp. Stamp didapatkan dari pengerjaan misi-misi yang ditentukan oleh BukuKas dan salah satu misi yang harus pengguna kerjakan adalah TAGIHAN dan KIRIM UANG.

Pada tanggal 19 April 2021 saya menjalankan misi tagihan uang dengan menggunakan sistem QRIS di aplikasi Gojek (see attachment), dan tidak sengaja mengirimkan dana 2x dengan menggunakan QRIS yang sama.

Seperti yang kita ketahui, untuk pembayaran sistem tagihan, setiap perusahaan DIHARUSKAN untuk menggunakan QRIS STATIS (QRIS satu kali pakai) untuk menghindari adanya double payment. Namun ternyata aplikasi BukuKas menggunakan QRIS DINAMIS (QRIS yang dapat berulang kali dipakai seperti di supermarket, toko, merchant, warung untuk menampung dana penjualan) untuk sistem tagihan tsb. Dari sini terlihat bahwa aplikasi BukuKas  tidak siap untuk menjadi aplikasi yang dapat diandalkan.

Saya sudah menghubungi Customer Service BukuKas dan dijanjikan pengembalian dana maksimal 1×24 jam (see attachment). Namun sampai keluhan ini diterbitkan, saya belum juga mendapatkan pengembalian dana saya.

BukuKas tidak memiliki layanan call center yang menyebabkan kami sebagai para pengguna kesulitan untuk menghubungi mereka. Layanan pelanggan yang mereka miliki hanyalah Whatsapp dan itupun dibutuhkan BIG LUCKY untuk dapat dijawab oleh tim BukuKas as human not as BOT.

Setelah saya telusuri ternyata banyak sekali user yang terjerat di aplikasi ini dengan permasalahan yang sama, dan sampai saat ini tidak ada itikad baik dari tim BukuKas untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut.

Silakan buka link di bawah ini (sesi komentar) untuk melihat banyaknya pengguna yang terjerat di aplikasi ini. Hadiah event tidak didapat, dana kami pun RAIB ENTAH KE MANA.

Saya menunggu itikad baik dari tim BukuKas untuk dapat menyelesaikan permasalahan ini. Saya juga mengharapkan tim BukuKas untuk dapat menyelesaikan permasalahan dengan para pengguna lainnya.

Akhir kata, saya harap aplikasi ini dapat diandalkan dan bukanlah aplikasi scammer yang ingin menjerat para masyarakat Indonesia dengan berkedokan event.

Terima kasih. Regards.

Febrianti Hesti Wulandari
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai BukuKas:
[Total:114    Rata-Rata: 1.3/5]
Tanggapan BukuKas atas Surat Ibu Febrianti

Dengan Hormat Menanggapi surat Ibu Febrianti Hesti Wulandari di www.mediakonsumen.com pada tanggal 21 April 2021 berjudul “Aplikasi BukuKas Meresahkan, Dana...
Baca Selengkapnya

37 komentar untuk “Aplikasi BukuKas Meresahkan, Dana Para Pengguna Raib

      • 21 April 2021 - (20:04 WIB)
        Permalink

        Ini perusahaannya yang mempersulit pengembalian dana para users-nya sis. Sudah banyak korbannya yang Masalahnya belum diselesaikan juga sampai sekarang. Bahkan ada yang sudah hampir 1 bulan dananya tidak dikembalikan dan nominalnya di atas IDR 5 juta.

    • 8 November 2021 - (08:55 WIB)
      Permalink

      Sama gw aj UD ddri tanggal 6nov 21 uang belum masuk 1jt.keterangan sudah terkirim. Tp d mutasi rekening gw ..belom masuk sepeserpun. Tiap d wa selalu blg gw dsuru email Bank hana..pihak Hana hanya menerima .yg kirim bermasalah . Gede banget LG 1jutaa. Mau di datengin juga ga jelas kantornya. Siapa Dani yg bertanggung jawab

  • 22 April 2021 - (08:23 WIB)
    Permalink

    kebalik deh rasanya, namanya statis itu tetap, tidak berganti-ganti, bisa dipakai berulang kali karena akan tetap sama, justru dinamis itu yang ganti-ganti makanya namanya dinamis

  • 22 April 2021 - (08:28 WIB)
    Permalink

    sori nih, tapi jujur yang ini menurut saya kesalahan user, karena anda yang tidak sengaja untuk melakukan pembayaran ke QRIS yang sama

    apakah sistemnya bisa lebih baik dari bukukas? iya, jelas

    tapi di kasus ini berbeda dengan kasus2 yang anda contohkan orang lain alami, mereka transfer tapi tidak masuk/nyangkut, beda dengan anda yang membayar 2 kali

    lain kali mungkin bisa lebih hati-hati, dan sori, anda yang memilih memakai aplikasi tersebut meskipun tahu bahwa aplikasi nya tidak dapat diandalkan menurut anda

    • 22 April 2021 - (10:19 WIB)
      Permalink

      Yang dananya nyangkut bukan karena scan 2x saja. Untuk case saya kebetulan scan 2x. Silakan baca komentar para pengguna di link yang saya cantumkan di atas, disana banyak PENGGUNA yang dananya nyangkut juga namun BUKAN karena scan 2x. Bisa juga cek di platform socmed mereka. Dan saya tau aplikasi ini sepertinya tidak dapat diandalkan SETELAH mengalami masalah ini, bukan tetap memaksakan memakai app ini. Sekarang saya sudah STOP menggunakan app tsb. Trims.

      • 24 April 2021 - (11:11 WIB)
        Permalink

        Uang ku juga belum kembali ka, sedih banget . Transaksi nya gagal di gopay tapi uang ga kembali ke rekening ku:(

        • 30 April 2021 - (12:47 WIB)
          Permalink

          Coba langsung buat pengaduan di Media Konsumen seperti yang saya lakukan ini. Tidak lama dari surat ini ditayangkan, pihak Assistant Manager dari pihak Bukukas langsung menelpon saya dan dana langsung dikembalikan beberapa jam kemudian. Semua bukti transaksi dan percakapan jangan lupa dilampirkan. Semoga casenya cepat beres.

    • 22 April 2021 - (10:24 WIB)
      Permalink

      Untuk scan 2x memang betul itu kesalahan saya sebagai user. Namun untuk sistem tagihan, perusahaan diharuskan menggunakan QRIS dinamis untuk mengantisipasi adanya double payment. Itulah mengapa di perusahaan-perusahaan/app lain QRISnya akan langsung kadaluarsa/tidak dapat dipakai lagi setelah pengguna melakukan pembayaran.

  • 22 April 2021 - (11:27 WIB)
    Permalink

    Untunglah aku orang yang masih nggak tahu penggunaan QRIS, masih menghitung pemasukan dengan manual jadi tidak pernah tertarik ke app buku kas.

    • 22 April 2021 - (12:09 WIB)
      Permalink

      Sebetulnya app ini cukup bagus. Hanya saja ada kekurangan di settingan QRIS untuk sistem tagihannya. Pihak BukuKas sudah menelepon saya dan akan menyelesaikan case ini secepat mungkin dan akan mengganti sistem QRIS tagihan mereka ke sistem QRIS dinamis agar tidak ada lagi permasalahan double payment di masa yang akan datang. Terimakasih sudah mampir Mas 🙂

      • 28 April 2021 - (19:48 WIB)
        Permalink

        Saya di janjikan 1×24 saya tunggu sampe skarang belom ada kebijakan dari pihak bukukas tidak ada penanganan ntah kmana uang sya 3,6 jta ,saya kuli ,cari uang susah tilong bantu up dan tolong sgera proses kode pelaporan 123212 tolong pihak bukukas atas nama adi yoni saputra ,saya bner” mengharapkan uang tersebut kembali ,saya tunggu itikad baiknya

  • 22 April 2021 - (12:05 WIB)
    Permalink

    Update:

    Bapak Juni dari bagian Product Development BukuKas sudah menghubungi saya melalui telepon pada hari ini 22 April 2021 pukul 11:49 untuk meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan akan memprioritaskan pengembalian dana atas case ini max 1×24 jam. Saya akan terus mengupdate lagi perkembangannya melalui sesi komentar ini.

  • 22 April 2021 - (19:43 WIB)
    Permalink

    Judul aduannya bombastis: dana pengguna raib.
    Dalam pikiran saya, ini masif dan massal ke semua pengguna alias app yang scam.
    Kalo kesalahan satu persatu user, bukan masal, macam ovo, gopay, dana, atau macam bank besar atau bumn juga pernah mengalaminya.

    Cuma apesnya kita aja yang ngepasi kena, yang lainnya baik2 saja.

    Yang jadi perhatian, apakah pihak lepas tangan atau responsif, dr chat yang diatas saya lihat bukukas cukup responsif dengan aduan anda, mungkin prosedurnya juga gak semudah dugaan kita, ada antrian aduan lagi yang juga harus butuh diperhatikan.

    Semoga segera kelar

    • 22 April 2021 - (19:55 WIB)
      Permalink

      Masalah ini sebenernya banyak terjadi kepada pengguna namun mereka menyalurkan keluhannya di platform socmed mereka seperti Facebook, IG dan YouTube Dan tidak mengenal platform Media Konsumen. Coba klik link yang saya share di atas (link youtube sesi komen) supaya melihat permasalahannya seperti apa dan berapa banyak user yang mengeluhkan hal yang sama. Kebetulan saya mengenal platform Media Konsumen jadi saya menyalurkan keluhan saya disini setelah saya mencoba menghubungi pihak BukuKas berkali-kali di Whatsapp namun sangat sulit sekali untuk mendapatkan respon. Pihak BukuKas telah menghubungi saya melalui telepon siang tadi setelah membaca surat keluhan saya di Media Konsumen, dan tadi pukul 19:30 mereka baru saja mentransfer pengembalian dana saya. Semoga pengembalian dana pengguna yang lain juga cepat terselesaikan. Terimakasih telah mampir.

      • 23 April 2021 - (10:33 WIB)
        Permalink

        Punya saya masih nyangkut 500rb
        Scan qris shopeepay dari hari sabtu
        Sistem bermasalah tapi layanan ga di cutoff
        Ya numpuk korbannya … Cs pun menghilang
        Kalau ada pun yang jawab bot …. Atau jawaban standar kirimkan bukti pembayaran padahal udah dilampirkan pas pertama komplain … Ganti cs minta lampirkan bukti lagi 😭

        • 23 April 2021 - (11:44 WIB)
          Permalink

          Coba up juga aja di Media Konsumen ini Mas. Saya juga langsung ditangani dengan cepat oleh orangnya produknya langsung begitu mereka baca keluhan saya disini.

      • 28 April 2021 - (19:53 WIB)
        Permalink

        Tolong lah kak ,mas yg bisa bntu tolong bantu saya ,saya panik saya lelah saya telah kehabisan tenaga sya sudah gk bisa bilang apa ” lagi , uang sebesar3,6 juta it sangat besar bagi saya saya dpatkan it dengan kerja 3 bulan lebih kak tolong pigak mamagement aplikasi bukukas kiranya proses dengan cepat kode lampiran pelaporan 123212 agar saya tenang dan bisa memakai baju lebaran saya sudah hubungi smua cs tpi saya tidak tau harus bagaimana lagi

  • 22 April 2021 - (19:58 WIB)
    Permalink

    CASE CLOSED.

    Pengembalian dana telah dilakukan BukuKas pukul 19:30 WIB setelah Bapak Juni dari tim Product Dev membaca keluhan saya di Media Konsumen dan menghubungi saya melalui telepon hari ini pukul 11:45 WIB.

    Semoga pengembalian dana pengguna lainnya juga cepat terselesaikan. Terimakasih.

      • 30 April 2021 - (12:44 WIB)
        Permalink

        Coba langsung buat pengaduan di Media Konsumen seperti yang saya lakukan ini. Tidak lama dari surat ini ditayangkan, pihak Assistant Manager dari pihak Bukukas langsung menelpon saya dan dana langsung dikembalikan beberapa jam kemudian. Semua bukti transaksi dan percakapan jangan lupa dilampirkan. Semoga casenya cepat beres.

      • 30 April 2021 - (12:43 WIB)
        Permalink

        Coba langsung buat pengaduan di Media Konsumen seperti yang saya lakukan ini. Tidak lama dari surat ini ditayangkan, pihak Assistant Manager dari pihak Bukukas langsung menelpon saya dan dana langsung dikembalikan beberapa jam kemudian. Semua bukti transaksi dan percakapan jangan lupa dilampirkan. Semoga casenya cepat beres.

  • 25 April 2021 - (11:06 WIB)
    Permalink

    Uangku juga belum masuk sudah 1 hari sebesar 650ribu padahal saya sangat butuh uang itu☹️

    • 30 April 2021 - (12:43 WIB)
      Permalink

      Coba langsung buat pengaduan di Media Konsumen seperti yang saya lakukan ini. Tidak lama dari surat ini ditayangkan, pihak Assistant Manager dari pihak Bukukas langsung menelpon saya dan dana langsung dikembalikan beberapa jam kemudian. Semua bukti transaksi dan percakapan jangan lupa dilampirkan. Semoga casenya cepat beres.

  • 27 April 2021 - (00:06 WIB)
    Permalink

    Bantu up donk kak🙏 saya juga korban saldo buku kas yg nyangkut 😭😭 sebesar 1,200,000 dan suda menghubungi via WhatsApp via Instagram tapi responya lama dan adapun kalau di respon jawabnya itu melulu saya harap dengan,ikut komentar di sini pihak buku kas cepat tanggap dan merespon nya terimakasih😭🙏

    • 30 April 2021 - (12:43 WIB)
      Permalink

      Coba langsung buat pengaduan di Media Konsumen seperti yang saya lakukan ini. Tidak lama dari surat ini ditayangkan, pihak Assistant Manager dari pihak Bukukas langsung menelpon saya dan dana langsung dikembalikan beberapa jam kemudian. Semua bukti transaksi dan percakapan jangan lupa dilampirkan. Semoga casenya cepat beres.

  • 27 April 2021 - (01:52 WIB)
    Permalink

    Saya juga demikian kak, bedanya saya tf lewat mbanking tapi penerima belum menerima dana yang saya kirim, mana saya kirimnya dana besar banget 6.200.000
    tolong dibantu ya kak…. buat modal nikah 🙁

    • 30 April 2021 - (12:42 WIB)
      Permalink

      Coba langsung buat pengaduan di Media Konsumen seperti yang saya lakukan ini. Tidak lama dari surat ini ditayangkan, pihak Assistant Manager dari pihak Bukukas langsung menelpon saya dan dana langsung dikembalikan beberapa jam kemudian. Semua bukti transaksi dan percakapan jangan lupa dilampirkan. Semoga casenya cepat beres.

  • 29 April 2021 - (11:52 WIB)
    Permalink

    Uang saya juga transfer tidak ada masuk 1,5jt, waktu lapor pertma tunggu 1×24 jam, hingga 3,_5, , 7,8 dan gak tau dh brp lama uang blm dkembalikan jg.

    Kalau tidak ada pengembalian dana bisa jadi bukukas penipuan nih jatohnya dan wajib dilaporkan karena saya lihat uang2 pengguna yang raib tidak kecil.

    • 30 April 2021 - (12:42 WIB)
      Permalink

      Coba langsung buat pengaduan di Media Konsumen seperti yang saya lakukan ini. Tidak lama dari surat ini ditayangkan, pihak Assistant Manager dari pihak Bukukas langsung menelpon saya dan dana langsung dikembalikan beberapa jam kemudian. Semua bukti transaksi dan percakapan jangan lupa dilampirkan. Semoga casenya cepat beres.

  • 8 Mei 2021 - (04:56 WIB)
    Permalink

    Saya mengalami double payment.
    Pembayaran pertama mengalami kegagalan, dan pembayaran kedua berhasil.
    Namun keduanya telah menguras saldo pertama. (Yang tekirim adalah penmbayaran kedua, tidak untuk pembayaran pertama).
    Ketika saya menanyakan CS bukukas dan meminta pelacakan transaksi, mereka tidak menemukan transaksi saya.

    Kepada penulis artikel/Kak Febby mohon bantu up postingan saya agar kasusnya segera terselesaikan.
    Terimakasih

  • 19 Mei 2021 - (13:32 WIB)
    Permalink

    Uang saya juga nyangkut sebesar 400rb. Dan sudah lebih dr 10 hr. Buat laporan via wa. Cuma disuruh menungggu terus. Setiap kli saya tanya kan jawaban nya hanya sedang di proses.

 Apa Komentar Anda mengenai BukuKas?

Ada 37 komentar sampai saat ini..

Aplikasi BukuKas Meresahkan, Dana Para Pengguna Raib

oleh Febby dibaca dalam: 1 menit
37