Sistem Shopee Merugikan Pembeli

Pada tanggal 02 Mei 2021 pukul 04:40 saya pesan laptop di salah satu penjual di Shopee, dengan nomor order: 210502HJVMNQY8. Di aplikasi Shopee tertulis penjual harus sudah mengirimkan pesanan sebelum tanggal 05 Mei 2021. Setelah sekitar 2 hari status pesanan masih dikemas, saya chat penjual, tapi tidak direspon. Akhirnya saya ajukan pembatalan pada tanggal 04 Mei 2021 dan mendapat notifikasi bahwa pembatalan harus menunggu persetujuan penjual sampai tanggal 06 Mei 2021.

Pembatalan akhirnya saya cancel, karena harus menunggu persetujuan penjual tanggal 06 Mei 2021. Saya cancel karena selama ini, setahu dan berdasarkan pengalaman, order akan batal otomatis jika barang tidak dikirim oleh penjual sampai tanggal terakhir (05 Mei 2021).

Saya sudah chat dan kirim email ke CS Shopee melalui email/chat akun prioritas, kenapa pesanan saya tidak batal otomatis? Padahal tenggat pengiriman itu tanggal 05 Mei 2021 dan sekarang sudah tanggal 07 Mei 2021. Saya chat penjual untuk minta dibatalkan juga gak dibalas-balas oleh penjual. Jawaban dari CS Shopee, saya harus menunggu sampai tanggal 10 Mei 2021, karena menurut CS Shopee saya memperpanjang masa garansi pengiriman. Waktu yang sangat lama dan itu artinya saya sudah harus bayar tagihan pertama.

Saya sudah info bahwa saya tidak memperpanjang masa garansi. Ini bisa di lihat di aplikasi Shopee, tanggal batas pengiriman tetap tanggal 05 Mei 2021. Jika seperti ini, saya dirugikan karena tidak terima barang (juga sudah tidak lagi berminat), tapi harus bayar tagihan pertama tanggal 11 Mei 2021.

Member Platinum tidak menjadi jaminan prioritas di Shopee. Sistem Shopee yang error, kenapa saya sebagai pembeli yang harus dirugikan? Untungnya saya sekarang sudah mulai mengurangi pembelian barang-barang mahal di Shopee. Sekarang saya lebih sering belanja di Tokopedia serta Blibli, sebab pelayanan CS-nya jauh lebih baik dibanding Shopee. Saat saya ada kendala, status member Platinum saya ada manfaatnya di Tokopedia dan Blibli.

Perbaiki pelayanan CS dan bantu komplain pembeli jika tetap ingin jadi nomor satu dan tidak ingin ditinggalkan pembeli. Mohon order saya bisa dibatalkan otomatis sebelum tanggal 10 Mei 2021.

Regards.

Enjum Jumhemi
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:338    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

27 komentar untuk “Sistem Shopee Merugikan Pembeli

  • 9 Mei 2021 - (13:28 WIB)
    Permalink

    Toko yg hanya punya 3 produk berbeda yg dijual dgn performa chat yg hanya 2% dan anda tertarik membeli? D****!!

    11
    5
    • 9 Mei 2021 - (13:36 WIB)
      Permalink

      Terima kasih masukannya. Tapi di market place berbeda ( tokopedia & blibli ) saya pernah beli beberapa product elektronik ( hp, tv, kulkas, mesin cuci & laptop ) yg bahkan belum ada penjualan, belum ada ulasan & hanya punya satu dua product, selama ini tidak ada masalah & penjualnya tetap balas chat

      7
      3
      • 9 Mei 2021 - (13:44 WIB)
        Permalink

        Ada pernah di blibli chat ga di balas oleh penjual ( status order gantung ), saat komplain ke cs, blibli di bantu di telusuri, berdasarkan hasil penelusuran ( bth wkt rata2 2 hr ) memang terbukti penjual tidak berniat kirim product & ga balas2 chat pembeli, pihak blibli membantu membatalkan transaksi tanpa harus menunggu persetujuan penjual & ga harus nunggu batal otomatis by system.

        Untuk yang di shopee, jwban cs blibli silahkan kakak chat penjual untuk minta di batalkan oleh penjual, wlau saya sudah kirim bukti2 chat saya ga pernah di balas oleh penjual or oleh cs shopee di suruh nunggu batal otomasi tgl 10-05-2021 walau di system shopee itu tertera batal otomatis tgl 05-05-2021

        11
        2
  • 9 Mei 2021 - (15:48 WIB)
    Permalink

    member platinum kan hanya punya kelebihan dapet vocer lebih banyak, dan penawaran diskon barang2 tertentu yg sedikit lebih murah.

    Tidak ada previllage khusus member platinum dalam penaanganan kendala. Sama saja.
    Lagiann buanyakkk banget yg member platinum tuh. Asal belanja beberapa kali sudah member platinum koq. Hihi.

    Lain kali kalu butuh cepat, di tanyakan dulu via chat apa bisa kirim hari ini. Benar komentar yg diatas , kalau performa chat 2% mau berharap apa? Toko serius itu minimal 80% balas chat.

    10
    1
    • 9 Mei 2021 - (17:28 WIB)
      Permalink

      Allhamdulillah setelah di muat di media konsumen, tadi siang sekitar jam 13.10
      shopee menghubungi saya & hari ini jam 17.00 pesanan saya sudah di batalkan pihak shopee & dana saya langsung di kembalikan.

      Pihak shopee memberi penjelasan bahwa pembatalan pesanan yang di cancel itu membuat pesanan di hitung dari awal lagi ( 3 hari kerja ), sehingga pembatalan otomatis baru bisa terjadi tgl 10-05-2021, namun mereka juga meminta maaf karena di system shopee tanggal kirim terakhir tetap 05-05-2021 ( by sytem tidak terupdate ). Mereka juga sudah menyatakan permohonan maaf karena jwbn by email pertama menyatakan bahwa saya memperpanjang masa garansi padahal tidak melakukan perpanjangan masa garansi.

      Sekali lagi terima kasih kepada media konsumen yg sudah memuat surat saya. Terima kasih kepada shopee yang begitu cepat merespon & memberi solusi terbaik kepada customer nya setelah surat di muat.

      Harapan saya shopee tetap memperhatikan customer2 nya & bisa menciptakan customer experience, sehingga customer seperti saya tetap loyal berbelanja di shopee & mudah2an nilai belanja saya tahun ini bisa lebih tinggi lagi di banding tahun lalu ( belanja tahun lalu di atas 150 jt ), sebab seperti saya info saat shopee menghubungi saya, belanja yg lakukan di all market place ( salah satu nya shopee ) itu mayoritas barang jualan ( pesanan customer saya ).

      12
      4
      • 10 Mei 2021 - (07:28 WIB)
        Permalink

        Akun penjualnya juga keliatan ga profesional gitu; piyama, arloji, laptop keliatan dicomot2 dari toko orang laen. Apalagi sampul toko malah pake foto selfie. Saya aja ga minat buat belanja ke situ

    • 13 Mei 2021 - (09:01 WIB)
      Permalink

      Maklum,,pohon makin tinggi bnyk kena angin,,,,be smart aja belanja online,,saya pake shopee dr awal sampe skrg,,,no problem,,,tp be smart pilih seller yg bonafit,,jgn tergiur murah,,baca komentar,,rating dll,,,jgn tergiur hadiah dll,,,,semua itu saya abaikan tujuan saya cuma belanja dgn onkir se murah2nya,,,

  • 9 Mei 2021 - (23:31 WIB)
    Permalink

    Kalau batal otomatis tanggal 5 kenapa ga ditunggu saja? Ngapain repot-repot chat penjual, kalau ga dikirim batal dengan sendirinya dan dana akan di-refund.

    Sebaiknya kalau beli laptop atau produk mahal, beli di toko official saja, jangan tergiur dengan harga murah yang akhirnya jadi masalah. Seandainya pun penjual mengirimkan pesanan, bisa jadi barang yang dikirim adalah barang bekas. Tambah masalah bukan?

    Member platinum bukan berarti bisa seenaknya meng-cancel barang pesanan, semua harus mengikuti S&K yang berlaku.

    15
    2
    • 10 Mei 2021 - (09:10 WIB)
      Permalink

      Saya sudah ikuti aturan. 2 hari status ga berubah ( proses di kemas ) saya chat penjualan beberapa x tapi ga di balas2 pdahal status penjual aktif. Saya cancel pembatalan karena saat saya ajukan pembatalan info dari shopee pembatalan bisa di lakukan kalau penjual menyetujui pembatalan tgl 06. Akhir nya saya cancel karena pembatalan otomatis tgl 05, pengajuan pembatalan harus menunggu persetujuan penjual tgl 06 ( jadi lebih lama lagi ).

      Saya sudah ikuti aturan bukan mentang2 user platinum. Setelah cancel pembatalan saya tunggu proses pembatalan yg tgl 05. Sampai tgl 06 malam, pembatalan otomatis tidak terjadi. Saya chat cs melalui chat prioritas. Jwban CS saya akan di hubungi lagi melalui email terhadap masalah ini.

      Saya email cs melalui email prioritas. Jwban cs by email saya melakukan perpanjangan masa garansi, sehingga proses pesanan saya di perpanjang menjadi sampai tgl 10. Saya sudah jwb kembali email cs, bahwa saya tidak melakukan perpanjangan masa garansi, kenapa waktu pengiriman bisa di perpanjang. Di aplikasi shopee saya pun batas akhir pengiriman tetap tanggal 05.

      Sampai tgl 07 pesanan saya tetap tidak batal otomatis & karena hal ini, saya ajukan surat ke media konsumen. Saya ajukan surat komplain melalu media kunsumen karena tidak puas dengan pelayanan cs shopee & beberapa hal

      1. Chat cs tidak ada jwb malah jwbannya nnati di kirim melalui email ( lalu apa fungsi chat )
      2. Jwban melalui email menginformasikan saya memperpanjang masa garansi, padahal saya tidak memperpanjang masa garansi. Setelah saya jwb balik emailnya, ada lagi email jawaban dari shopee bahwa saya ternyata tidak memperpanjang masa garansi.
      3. Saya sudah minta pihak shopee bantu saya untuk investigasi hal ini bukan hanya sekedar jwabn tunggu pembatalan otomatis tgl 10, misal pihak shopee bisa hubungi penjual kenapa tidak kirim pesanan & tidak jwb chat pembeli
      4. Info dari shopee pembatalan otomatis di perpanjang memjadi tgl 10, tapi di system aplikasi tetap tgl 05 ( kenapa bisa beda untuk perusahaan sebesar shopee )
      5. Jika saya menunggu pembatalan otomatis tgl 10, apakah ada jaminan batal otomatis tgl 10 sebab di aplikasi itu tetap tertera tgl 05. Jika tgl 10 tidak batal otomatis saya harus sudah byr tagihan saya sedangkan barang tidak saya terima

      Dari penjelasan di atas, saya tidak merasa seolah2 karena user platinum ingin di prioritaskan. Saya hanya ingin menekankan kalau user platinum saja ( tahun lalu by jumlah transaksi sekitar 250 transaksi & nilai transaksi sekitar 150 jt ), tidak di bantu saat ada masalah, bagaimana dengan user non platinum.

      Saya sudah melalui tahapan sebelum komplain melalui media konsumen. Tunggu status pesanan, chat penjual, chat cs shopee, email cs shopee, kirim bukti2 & minta bantuan untuk di investigasi tapi hasilnya sampai tgl 09 tidak ada respon apapun dari pihak shopee. Saat di muat di media konsumen baru ada respon yg super cepat dari pihak shopee, bahkan langsung klarifikasi, menjelaskan, meminta maaf & membantu proses saya saat itu juga.

      Kalau menurut saya saya sudah lalui semua tahapan, wlau saya tetap menghargai & mengucapkan terima kasih atas masukannya

      3
      2
    • 10 Mei 2021 - (09:25 WIB)
      Permalink

      Untuk product2 mahal pesanan customer saya, tahun ini saya memang lebih banyak beli di luar shopee. Untuk yg ini saya sudah cari di tokopedia, blibli & jd.id, product yg di maksud tidak ada. Saya beli product itu harus sesuai dengan permintaan customer saya baik dari misal merk, spesifikasi & range harga. Karena itu untuk yg ini saya beli nya di shopee karena cuma ada di shopee walau ternyata penjualnya tidak berminat jual laptopnya ( tidak berminat kirim pesanan saya )

      3
      1
  • 10 Mei 2021 - (06:41 WIB)
    Permalink

    Klu di shopee memang cancel nunggu konfirmasi seller, kenapa? Bisa jd paket sdh dikirim tp blm diupdate pihak ekspedisi atau lg proses kirim, klu cancel otomatis batal trs saldo langsung balik gmn nasib seller, dicerna dikitlah namanya jg system

    7
    2
    • 10 Mei 2021 - (09:19 WIB)
      Permalink

      Sebelum saya ajukan pembatalan pesanan, saya sudah benerapa kali chat penjual yg intinya kapan pesanan saya di kirim sebab tgl batas pengiriman tgl 05, status pesanan sudah 2 hari masih di kemas, tapi penjual tidak pernah balas chat saya satu kali pun, padahal status penjual aktiv.

      Saya paham yang anda maksud, bisa saja pesanan dalam proses pengiriman tapi di system shopee statusnya tidak update. Hal ini bisa di sampaikan oleh penjual saat saya chat penjual tanya status pesanan saya tapi ini penjualnya tidak pernah balas chat.

      Hal di atas pernah saya alami sebelumnya baik di shopee, tokopedia, blibli, jd.id & lazada, tapi saya tidak ajukan pembatalan sebab saat saya chat penjualnya mereka balas chat saya & info kan bahwa pesanan sudah mereka kirim & mereka kirimkan buktinya, sehingga saya tetap menunggu pesanan saya datang walau di aplikasi satu hari lagi pesanan akan batal otomatis.

      2
      1
    • 10 Mei 2021 - (09:21 WIB)
      Permalink

      Ya. Tahun ini saya memang lebih banyak beli di tokopedia, blibli & jd.id untuk product2 mahal pesanan customer saya, kecuali di shopee aja productnya & lagi ada promo & bintang penjualnya miniaml 4,9 yg beli banyak & chat rata2 di balas.

      Terima Kasih atas masukannya

      2
      1
  • 10 Mei 2021 - (13:12 WIB)
    Permalink

    Betul sekali system pengiriman dishopee kebanyakan tdk beres dan sangat2 merugikan konsumennya

  • 10 Mei 2021 - (15:44 WIB)
    Permalink

    Shopee gak bagUs pelayanan csnya dan hati2 belanja di shopee teman saya kena tipu uang THR di atm nya terkuras oleh salah satu toko yg ada di shopee alih2 bermasalah dengan pengiriman di alihkan ke cs ternyata cs gadungan ,komplain langsung kekantor shopee respond nya lambat

  • 10 Mei 2021 - (16:23 WIB)
    Permalink

    Coba ditelpon saja gan cs shopee, saya juga waktu itu mengajukan pengembalian karena barang cacat sudah jalan 3 minggu masih proses terus padahal barang sudah saya kirim ulang dan diterima. Setelah saya telepon barulah dapat tindak lanjut dan uang pembayaran dikembalikan ke shopepay meskipun saya harus berkorban pulsa 50k buat biaya telepon

  • 10 Mei 2021 - (21:06 WIB)
    Permalink

    Kalau dilihat dari nama tokonya, sepertinya sellernya kurang niat menjual. (Nama toko seharus nya gampang dibaca).
    Lanjut ke chat seller yg tidak ada respon menandakan sudah tidak aktif.
    Saran saya sebagai buyer, semestinya melihat dari kedua hal tersebut (nama toko dan respon) anda seharusnya lebih waspada untuk melakukan transaksi.
    Terlepas dari ada atau tidaknya penilaian dari toko tersebut.

    Kalau pengalaman saya, yaa..seperti itu yang saya lakukan bila ingin melakukan orderan. Minimal tanya ke seller mengenai ketersediaan stok, garansi atau apalah. Kecuali official store, karena yang toko resmi biasanya lebih profesional bila ada masalah dengan orderan.

    Itu menurut saya

    Mudah-mudahan masalahnya cepat terselesaikan.

  • 11 Mei 2021 - (20:25 WIB)
    Permalink

    Shopee emang gitu selalu bermasalah, mending belanja di toko ijo atau biru, lebih gercep kalo mau komplain ke cs nya, malah terkadang kita dikasih voucher cashback lohh …

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Sistem Shopee Merugikan Pembeli

oleh Enjum Jumhemi dibaca dalam: 1 min
27