Penipuan oleh Penjual di Shopee

Pada tanggal 21 April 2021, saya melakukan transaksi pembelian di toko penipu yaitu: tokohasanah02. Pembelian 1 unit chest freezer GEA. Saat transaksi masih proses, pihak admin toko tsb menghubungi saya lewat WA, melakukan penipuan dengan menyebutkan semua data saya dan transaksi yang sedang berlangsung. Jika barang ingin dikirim, harap melakukan transfer dana lewat Shopee Pay ke Promo Shopee milik toko penipu tersebut.

Sampai akhirnya saya menyadari bahwa akun toko ini melakukan penipuan terhadap saya. Saya sudah mengadukan ke pihak Shopee dan tanggapan Shopee tidak bertanggung jawab. Alasannya tindakan d iluar arahan Shopee.

Yang sangat disayangkan, pihak Shopee hanya melakukan penon-aktifan terhadap toko penipu tersebut, tanpa tindakan hukum untuk mengembalikan hak-hak saya sebagai konsumen Shopee. Keamanan data dan data transaksi saya di Shopee sangat berbahaya dan dimanfaatkan oleh akun toko penipu. Di mana tanggung jawab Shopee terhadap konsumen?

Jawaban dari pihak Shopee support masih saya simpan di email, tanpa jawaban bertanggungjawab yang menenangkan konsumen. Boleh saran dari pembaca, sebaiknya saya harus lapor ke mana?

Harlena Sary
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Bagi orang yg menderita OD, otak dikit, pasti yg disalahkan shopee. Padahal jelas2 ketipu sendiri.

    • Yg otak dikit situ pak. Dongo dipelihara, ngomong pakai dengkulmu. Saya tidak menyuruh shopee ganti rugi. Setidaknya ada upaya/tindakan hukum yg dilakukan Shopee terhadap toko penipu, kenapa bisa ada toko penipu di Shopee. Data konsumen dan data transaksinya penipu tersebut gunakan menjalankan aksinya. Disini keamanan berbelanja di Shopee yg saya pertanyakan. Rugi emang cuman 1 jutaan.

      Terima kasih

      • Hehe.
        Sama aja kayak rumah lu kemalingan gara-gara lu yang lupa kunci pintu nya. tapi lu nyalahin negara, kenapa bisa ada maling di negara ini. Set dah...

        • Saran saya kebijakan shopee atau marketplace lain itu DIBACA DULU, semua marketplace tidak bertanggung jawab transaksi diluar sistem ??
          Jangan salahkan shopee salahkan anda sendiri yang begitu mudah ditipu

          • Kalau saya perhatikan ini kesalahan konsumen karena transaksi diluar peraturan Shopee. Kalau melakukan pemilihan cara pembayaran harus sesuai yang tertera di aplikasi. Sudah jelas peraturannya tertulis diaplikasi. Shopee juga melarang bertransaksi melalui chatting diluar aplikasi seperti whatsapp contohnya. Seller pasti tahu data transaksi kita karena kita order ke seller tersebut kalau tidak tahu gimana mrk mau mengirimkan pesanannya? Lalu kalau order lihat2 sellernya cari yg mall atau level sudah star/star+ dan lihat komen2 customernya. Teliti sebelum membeli itu lebih bijak dalam belanja di market place.

          • Bu cb tnya ke shopee, data2 sitoko hasanah02 itu bs diminta.
            Data Rekening yang ibu bayarkan lewat shopeepay itu apakah merchant yang bekerjasama dengan shopeepay ke bank nobu?
            atau ke rekanan mana dsb dsb.
            Sy pgalaman dgan BCA, cs mereka membantu membekukan no rekening penipu dan memberikan waktu kepada si penipu untuk mengembalikan dana. Sebelum dicairkan oleh bank bersangkutan/ ditarik dari ATM.
            Mungkin pihak shopee bs membantu info rekening si penipu? Ketika daftar jd merchant toko di shopee apakah tidak terbaca di sistemnya?

        • Nah lu sadar untuk contoh tapi kok gak nyambung saat diminta perhatian pemerintah lewat penegak hukum

      • Hahahaha kali ini aku akui bukan salah shopee.. Mungkin dikira nya para penjual shopee berkumpul tiap hari di satu ruangan. Shopee sudah dengan jelas memberikan peringatan untuk tak melakukan pembayaran diluar shopee. Kasian mau untung malah buntung

      • Saya pernah ngalami di buka lapak tapi saya udah baca duluan tentang peringatan jngn melakukan transaksi diluar buka lapak, toko yg abal² biasanya menjual barang terlalu murah,, waktu kita mau beli, pihak toko mengatakan barang yg mau kita beli udah duluan orang lain pesan,, naah disinilah mulai transaksi melalui tlp atau WA,, karena saya udah tau ini penipu, langsung saya ejek, anda jadi penipu blm profesional, masih amatiran,, pihak penipu langsung kikkuk atau merasa terpojok,, ujung²nya saya ajak transaksi melalui BL tdk diluar BL,, jadi kita tdk bisa tertipu kalau kita ikutin aturannya, trmksh

      • Sy sangat paham dengan kekecewaan anda terhadap tim shopee. Untuk belum pernah diposisi anda mungkin belum bisa merasakan.

        Sayang untuk hadapi cara kerja shopee ini perlu class action tidak bisa hanya 1-2 kasus.

      • kasus yang sama juga menimpa saya, dengan nominal 1,250.000
        saya sebagai konsumen yang polos hanya bisa berdoa supaya si penipu itu keluarganya BERANTAKAN dan masuk penjara dengan kasus yang sama atau berbeda nantinya, dan itu pasti cepat atau lambat. dan yang membela penipu juga merasakan apa yang kami rasakan sebagai pembeli.

      • Halo mba herlina, sebaiknya lapor polisi dan viralkan agar menjadi kewaspadaan kepada konsumen lainnya.
        Saat ini saya juga terkena penipuan dan peretasan saat belanja di Shopee pada tgl 18 Juli 2021, bukan karena saya tidak bisa belanja online namun karena jadi panic buyer untuk membeli tabung oksigen, penjual hubungi via wa dan mengirimkan link ****://Order.member-shopee.com mirip link shopee dan meminta masukan kode sms (yg ternyata otp) ke link tersebut yang bilangnya untuk verifikasi pengiriman video produk sebelum pengiriman agar pesanan segera dikirimkan. Saya juga heran karena selama belanja di shopee baru ada begini. Setelah saya sadar akun saya diretas saya lapor shopee dan akun saya sudah melakukan pembelian chip koin domino dan prosesnya sudah dalam pengiriman. Saya sudah lapor shopee namun pengembalian dana saya belum kembali juga sampai saat ini.

    • Shopee tidak salah.. shopee selalu mengingatkan kita untuk melakukan transaksi sesuai ketentuan shopee.. ketika kita transaksi di luar ketentuan shopee maka diluar tanggung jawab shopee.. sebelum berbelanja pembeli setidaknya belajar dulu gimana cara transaksi aman di shopee..

      Kasian juga pihak shopee dirugikan oleh pembeli yang gak mau belajar

    • Wah sya jg pwlanggan d shpy,klo tiap pwnipuan di biarin bisa meraja lela,,bisa2 pesan laptop yg datang keramik di biari aja ne,,.. mo konplin urusanx ribet

    • Setidak ..Pihak Soffe taulah klu Custumer makai Jasa Shofe. Jdi Custume dri shofee juga punya hak untk melaporkan penipuan di shofe. Karna Ini Platform Sofhe. Dan Data di penjual dan pembeli kn sdh di kantongi shofee. Biar jelas nih. Ibarat. *Rumah Sya Ada Tamu atau kerabat. Tiba2 ada orang lain yg kena Tamu Trsbt. Dan ormg itu bilang klu dia penipu.. Apa Kita SbgaI Tuan Rumah. Diam Saja.. ??? Pikir pakai OTAK BANYAKIN
      Jgan OTAK DIKITIN

  • Itu bukan salah shope bu ..
    Jelas2 gak boleh komunikasi di luar aplikasi ..
    Itu 100% salah ibu .. kok shope suruh ganti

    • Saya tahu. Yg saya sangat disayangkan adalah kepercayaan saya tentang keamanan berbelanja di Shopee. Saya tak menyangka akan ketemu toko penipu di Shopee.

      • Toko abal2 itu banyak, tdk hanya di shopee, marketplace lain jg banyak. Cirinya mudah diketahui, salah satunya barang yg dijual sangat murah dibanding harga normal. Tp tetep saja aman dibeli, toh barang tidak dikirim uang kembali.

        "Jika barang ingin dikirim, harap melakukan transfer dana lewat Shopee Pay ke Promo Shopee milik toko penipu tersebut."

        Dan anda menuruti kata2 diatas, ya ketipu. Soal data paling yg disebutkan cuma nama, alamat, nomer telp. Dan ketika order dan sudah dibayar, penjual ya jelas tahu data2 tsb, gmn to?

      • anda mau meminta pertanggung jawaban apalagi sama pihak shopee? wong udah jelas2 kesalahan anda sendiri kok. pihak shopee kan sudah jelas selalu mengingatkan pembeli untuk waspada jika ada seller yg menyuruh transaksi diluar shopee. intinya sih ga perlu lah anda bikin postingan kaya gini. lebih baik anda introspeksi dan jangan menyalahkan pihak shopee tapi salahkan lah diri anda sendiri yg teledor.

      • Bnyak koc penipu dimna2 bu,,,bukan di shopee aja,,,,yg pnting ibu ikuti aturan shopee ,,,karena sudah jelas2 stiap kita mau transaksi di shoppe ,shoppe melarang kita transaksi di luar pelayanan shoppe ,ini untk mnghindari hal buruk yg shoppe tidak inginkan,,,,,, dari larangan ini kan kita sudah myinpulkan bhwa shoppee perhtian dan tetap mngawasi kita dan diarahkan tetap berada di jalur shoppe,,,,,, ketika leemceng,yah tanggung jwab sendiri,,,,krena mbk transakrinya di luar shoppe,yah bukan lagi tnggung jwab shoppe,,,,,,,msalah knpa pnjualnya penipu yah kembali lagi ke individu masing2,,,,,,krena memang ada kesempatan dan krena ada yg mau ditipu,,,,,

      • Wis ikhlasin saja.. Anggap kecerobohan dn kekurangan hatian, mungkin itu lebih baik.

      • gimana anda bisa mempertanyakan keamanan berbelanja di shopee sementara aturan keamanan anda yang langgar sendiri?
        bukankah ada aturan-aturan tersebut memang ditujukan untuk menghindari adanya penipuan? apabila tidak ada penipu di shopee maupun dunia ini ya jelas tidak perlu ada aturan.
        jelas penipu itu pasti ada dimana-mana, makanya ada aturan, paham?

      • maaf anda belum kompeten untuk belanja online, mematuhi aturan pelayanan marketplace saja tidak bisa, apalagi malah menyalahkan pihak lain atas kelalaian anda, silakan belanja offline saja dulu sambil belajar aturan belanja online dan semua yang terkait, seperti faktor keamanan, dll 🙏

    • Di chat di kebijakan pun shopee selalu cantumkan hati2 jangan bertransaksi di luar shopee..di luar shopee tidak ditanggung..tergiur harga murah tp tidak melihat performa toko,transaksi d luar shopee lgi..mending aman pakai spaylater 😀😁

  • Saya menyadari kejadian yg saya alami ini murni kekurang waspadaan saya dalam berbelanja online.

    Untuk tindak lanjut, barusan disarankan oleh tim terkait Shopee agar melaporkan secara mandiri toko penipu tersebut ke Polda metro jaya, agar proses hukumnya dilanjutkan. Pihak Shopee akan memberikan keterangan sebagai saksi.
    Saya bukan mau menghakimi siapa2 disini. Hanya sharing semoga oranglain bisa lebih berhati2 belanja online.

    Pihak Shopee sebagai tanggung jawab moral akan memberikan keterangan toko penipu tersebut dan transaksi yg digunakan. Terima kasih juga atas santunan voucher Shopee sebagai penghibur atas kejadian yg saya alami.

    Terima kasih

    Harlena Sary

    • Niat hati cari pembelaan /pembenaran tpi apalah daya yg di dapat bullyan krn kebodohan diri sendiri.. Hahahah niat hati cari barang harga murah tpi yg di dapat musibah...MAKANYA BACA PERATURAN TRANSAKSI DI SHOPEE!!!!!

    • kebaikan shopee memberi voucher hiburan meskipun sudah jelas korban/pengguna yg salah ini bagaikan pengumuman terbukanya celah untuk dimanfaatkan komplotan penipu. (sudah dari kemarin2 sih) 😊

  • Yang daftar di sopi buanyak seller gan, gak semua murni jualan.
    Ada yang niatnya nipu,
    Selalu cek seller, harga murah dibanding yang lain hanya jebakan.
    Di marketplace lainnyapun banyak, asal kita tetap dijalur sesuai yang di arahkan pihak marketplace keamanan pasti terjaga.

    Nah soal bagaimana sopi bisa kebobolan, sebenarnya untuk pencegahan agak susah, karena semua bisa daftar.
    Yang bisa di lakukan marketplace hanya memberi rambu2 kehati2an, selayaknya kita turuti agar aman.

    Soal laporan yang diarahkan sopi, karena yang dirugikan pertama kali adalah agan, jadi ya agan yang diminta melapor, tapi taruhlah sopi akan memberikan data , saya kira gak semudah itu, karena pencuri paati lebih pintar, data yang digunakan pasti juga aspal.

    Kalo mau keusut tuntas, dan tidak hanya jadi berkas yang hanya ditumpuk di kantpr polisi, kasus seperti ini harus viral, melibatkan korban yanh banyak yang melapor bersamaan atau melibatkan uang yang banyak.
    Jadi saya kira, susah diungkap menurut saya.

  • Jika Anda datang ke salah satu pusat perbelanjaan dan berbelanja secara offline dengan salah satu toko yang ada di pusat perbelanjaan tersebut, Anda melakukan transaksi dan deal-deal dengan penjual atas kehendak dan keputusan Anda sendiri, akhirnya Anda tertipu, tentu Anda tidak bisa menyalahkan pengelola pusat perbelanjaan. Anda buat kesepakatan tanpa diketuai oleh pengelola.

    Anda bisa saja melaporkan penjual tersebut kepada pengelola pusat perbelanjaan, tetapi apakah kasus tersebut memenuhi unsur penipuan atau tidak, itu harus bisa dibuktikan. Oke, menurut Anda penjual tersebut telah menipu Anda, tapi Anda dengan sadar telah berbuat diluar dari kewenangan pengelola. Anda tidak bisa menyalahkan pengelola, tentang keamanan dan sebagainya. Sekuat apapun keamanan jika kita tidak berhati-hati bisa tertipu. Penipu ada dimana-mana, baik offline maupun online. Kita dituntut untuk berhati-hati dan waspada terhadap segala bentuk modus penipuan.

    Kasus penipuan online seringkali terjadi karena keteledoran pengguna, karena ketidaktahuan atau kurangnya referensi. Semoga menjadi pelajaran kedepannya sehingga belanja online menjadi aman.

  • Kemarin teman saya juga hampir teryipu di shopee. Di telfon oleh pihak yg mengatas namakan satu toko. Dia bilang transaksi mau dibatalkan krn toko nya di blokir sama shopee nanti ada pihak dr shopee yg akan telfon memberikan kode. Untungnya dia tanya saya, saya bilang pihak shopee aja gk noleh tau kode otp kita jadi jgn percaya kl ada yg telfon ngaku dr shopee krn pihak shopee hanya akan menghubungi kita melalui notifikasi di aplikasi.

    Toko yg dia sebutkan saya cek dr akun saya ternyata aman saja masih beroperasi wajar dan paket yg dia order statusnya sdh dikirim jadi kesalahan belum tentu 100% dr toko tersebut. Ada jg yg hanya mengatas namakan toko itu.

    Di inbox saja shopee sdh menjelaskan jgn melakukan transaksi di luar aplikasi bahkan kasih nomor wa di inbox saja gk boleh hrsnya ketika ibu dihubungi via wa oleh pihak toko ibu chat cs shopee biar langsung ditindak lanjuti sebelum ibu transfer ke shopeepay lagi karena tidak pernah ada transaksi di shopee pembayaran dilakukan ke shopeepay toko.

  • Sebenarnya ini penipuan model lama semacam physing atau lainnya.....dalam hal ini memang pihak pembeli salah Krn transaksi diluar shoope dan memberikan data pribadinya. Tapi menurut saya ini juga menjadi tanggung jawab shoope juga Krn ga semua user yang belanja di shoope sangat paham aturannya bisa aja newbie. Kejadian kayak gini banyak terjadi di marketplace lain juga, seharusnya ada tim polisi shoope yang bisa melacak sedini mungkin adanya dugaan penipuan jadi user newbie ga jadi sasaran empuk lagi, rata2 yang kena tipu itu kan user pemula. Yah kasian jugalah mau belanja online malah ketipu, itu berdampak juga pada kepercayaan konsumen akibatnya user baru yang ingin belanja kapok. Salah satu contoh marketplace yang udh sepi gara2 mslh ini itu si merah sebaiknya shoope bisa berbenah diri lagi agar lebih aman

    • sori, semua pendaftar akun diminta untuk membaca, dan menyetujui syarat dan ketentuan, apabila pendaftar tersebut tidak ingin membaca, tidak memahami, dan/atau tidak bisa menyetujui, SUDAH SEHARUSNYA mereka tidak jadi mendaftarkan akun.
      tidak ada pembelaan untuk korban yang seperti ini

    • Yg jadi korban pembeli, pembeli lah yg melapor ke polisi masa shopee yg disuruh...gitu aja anda dak mau repot maunya cari kambing hitam saja

  • Awas jangan disentuh itu setrum. Eh malah dipeluk. Ya auto gosong. Sama dah kasusnya.

  • 👌setuju tuh lbh baik dilaporkan, utk mencegah penipu berantai oleh para penipu yg mls bekrj. Apalagi shopee mau jd saksi itu bgs. Tp hukum hrs ada dipihak kita jgn pd penipu, krn uang kdng hkm pun suka memutar blkkan fakta walau ada bukti. Bnr jd slh, slh jd bnr jd ibu lbh baik pikirkan dulu agar tdk rugi utk kesekian x nya. Sy alami 2x oleh rekan bisnis sy total kerugian 100jt lbh, tp krn saran dr tmn, sy ikhlaskan & serahkan pd Tuhan. Biar Tuhan yg bertindak, org spt itu tdk selamanya bs hdp bhg dr hsl penipuan. Udah ikhlasin aja anggaplah ibu beramal, kejhtn tuh dibumi banyak bu berbagai macam bentuk nya, ya kitanya hrs hti2 & waspada agar tdk tertipu lgi. Itu aja saran dr sy