DANA, Tolong Kembalikan Uang 6 Juta Saya!

Tulisan ini saya tujukan untuk Pihak DANA yang terhormat. Saya pengguna DANA atas nama Ananda Ulima Islamey. Saya merasakan manfaat yang luar biasa selama menggunakan platform e-wallet DANA. Saya bukan pelanggan baru dan sudah menggunakan layanan DANA selama lebih dari satu tahun. Namun kali ini saya benar-benar kecewa dengan pelayanan DANA yang berbelit-belit dan tidak kunjung ada solusi atas keluhan yang saya ajukan.

Kronologi kejadiannya adalah: Pada tanggal 3 Mei 2021 pukul 20:55 WIB, saya melakukan transaksi transfer uang sebesar Rp6 juta ke rekening BRI. Namun statusnya pending dan saldo saya terpotong sebesar Rp6 juta sesuai jumlah yang akan saya kirimkan. Saya menunggu hingga esok harinya, tapi statusnya tak kunjung berubah. Saya segera menghubungi CS DANA melalui e-mail, tapi responnya sangat lambat.

Saya kemudian menghubungi CS DANA melalui WA, tapi CS hanya memberikan jawaban standar dan tidak menyelesaikan problem saya sama sekali. Saya diminta menunggu 3×24 jam sejak tanggal 4 Mei 2021, yang berarti seharusnya pihak DANA sudah menyelesaikan proses transaksi saya paling lambat pada tanggal 7 Mei 2021. Namun kenyataannya sampai hari ini uang saya tidak kunjung ada kejelasan.

Saya sangat-sangat kecewa dengan pelayanan DANA. Itu jumlah yang cukup besar bagi saya dan saya benar-benar membutuhkannya. Namun seolah-olah pihak DANA hanya meminta saya menunggu tanpa kepastian. Dengan ini saya mohon kepada pihak DANA untuk segera mengembalikan uang saya sebesar 6 juta itu. Sudah satu minggu sejak saya melakukan transaksi tapi uang saya tidak jelas statusnya; tidak terkirim ke rekening penerima, tidak juga dikembalikan ke akun saya.

DANA, tolong kembalikan uang saya segera!

Ananda Ulima Islamey
Denpasar Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan DANA terhadap Keluhan Ibu Ananda

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Ibu Ananda di Media Konsumen, “DANA, Tolong Kembalikan Uang...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Dari semua ewallet, paling banyak keluhan di MK ya DANA.
    Auto hapus dr beberapa bulan yg lalu.

  • sama case nya, uang satu juta baliknya 2 minggu. niat hemat Rp. 6,500 malah jd pusing.

  • Karena postingan ini tidak dapat dihapus, saya mau update di kolom komentar.
    Jam 12 siang tadi (11/05/21) pihak DANA sudah mengembalikan uang saya dan saya sangat berterimakasih. Saya juga mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila saya terkesan kurang sabar dengan proses transaksi yang menurut saya cukup lama (+- 1 minggu).
    Saya ucapkan terimakasih juga kepada Head of External Communication DANA atas bantuannya 🙏🏻
    Note: Kemungkinan DANA punya problem akses dengan BANK BRI (rekening tujuan saya) sehingga menurut saya ini tidak sepenuhnya kesalahan dari pihak DANA. Terimakasih.

    • @Islamey

      Untuk yang mengaku muslim.

      Pakai Logika Kalian untuk memahami ini.

      Berhemat dengan Dompet Digital adalah Haram karena Riba’, perbuatan terkutuk yang dilaknat Tuhan.

      Percuma berlapar lapar puasa, jika terdaftar sebagai pemakai Dompet Digital. Amal baik apapun didunia akan sia sia karena pahala dari amal itu tidak sebanding dengan Dosa Riba’ yang kalian lakukan.

      Kalian memakai aplikasi Dompet Digital dan bisa membayar lebih murah, itu bukan karena yang jual sedang banting harga. Nyatanya harga sama saja, namun kekurangan bayar anda itu di cukupi oleh aplikasi Dompet Digital itu.

      Contoh: Toko Donat

      Penjual Donat memasang harga 10 ribu untuk 1 donat. Pembeli datang silih berganti membeli dengan uang di saku celananya, dan membayar pas 10 ribu.

      Tiba tiba ada orang dari pihak aplikasi Dompet Digital yang datang ke toko Donat itu. Berkata ke penjual Donat.

      Pihak Aplikasi : Pak, nanti kalau ada orang yang bayar pakai Aplikasi, harga donatnya di ubah jadi 8 ribu saja ya pak.!!!

      Penjual Donat : Lah Pak, kenapa gitu, kan harganya 10 ribu?

      Pihak Aplikasi : Iya pak nanti yang 2 Ribunya akan kami bayarin juga. Ini agar seolah olah pemakai Aplikasi menganggap lebih murah pak sehingga makin banyak yang bergabung memakai Aplikasi Dompet Digital, gitu loh pak. Dan toko bapak juga akan lebih ramai karena banyak pembeli yang merasa toko bapak lebih murah. Walaupun kenyataannya kami yang bayarin. Kami jamin, bapak gak akan rugi karena harga Donat Bapak tetap kami bayar utuh seharga 10 ribu.

      Penjual Donat : Oh gitu, trus kok anda mau maunya nambahin 2 ribu, apakah anda tidak rugi?

      Pihak Aplikasi : Tidak Pak, sebenarnya 2 ribu itu diambil dari Bunga Bank yang kami dapat. Bunga Bank yang kami peroleh dari tabungan perusahaan 1 Triliun, bunganya ratusan juta, kami balikin lagi pada pengguna Aplikasi. Seolah olah mereka dapat Diskon dan Cashback agar mereka selalu semangat Top Up.

      Jadi gini pak penjelasannya:

      1. Saat ini, pengguna aplikasi Dompet Digital sebanyak 6 Juta Orang.

      2. Jika setiap orang punya saldo di Aplikasi sebesar 10 ribu saja maka tabungan perusahaan Aplikasi sebanyak 60 Miliar.
      Tapi rata rata pengguna Aplikasi bisa memiliki saldo hingga 300 ribu. Sehingga total uang Perusahaan Aplikasi sebesar 1.8 Triliun.

      3. Uang 1.8 Triliun itu tersimpan di Bank atas 1 nama perusahaan pak sehingga perusahaan mendapat bunga ratusan milyar pertahun, dan milyaran rupiah perbulan.

      4. Bunga bank itu ya kami balikin lagi pada 6 juta pengguna aplikasi itu pak. Setiap transaksi mereka bisa lebih murah karena kami cukupin dengan Bunga itu.

      Penjual Donat : Wah Bunga Bank kok bisa sebanyak itu ya pak, apakah Bank tidak Rugi pak?

      Pihak Aplikasi : Bank tidak rugi dong pak, kan uang perusahaan kami yang Triliunan itu, dipakai Bank untuk memberikan pinjaman berBunga yang lebih besar lagi. Banyak Cukong yang pinjam di Bank untuk bisnis Pinjaman Online, itu bunganya lebih besar pak. Jadi semua bisa untung, Bank Untung, Cukong juga Untung.

      Penjual Donat : Oh pantes Bunga Pinjaman Online itu mencekik leher ya pak. Kasihan Nasabahnya dong pak.!!!

      Pihak Aplikasi : Ya Nasabahnya di Untungkan pula dong Pak.!!! Kan mereka lebih gampang dapat Pinjaman cuma modal dengkul doang pak. Duduk manis di Toilet sambil pencat pencet HP dana pinjaman langsung masuk rekening.

      Penjual Donat : Jadi bisa disimpulkan, Bunga Pinjaman Berbunga yang mencekik leher itu nantinya akan balik lagi ke Pengguna Dompet Digital itu ya pak?

      Pihak Aplikasi : Yups, bener banget Pak.

      Penjual Donat : Trus gimana pak ini, bagaimana bapak bisa bayar kekurangan 2 ribu pada setiap transaksi pembeli donatku pak?

      Pihak Aplikasi : Ya, Toko bapak akan kami masukkan dalam aplikasi Dompet Digital itu pak, nanti bapak bisa ambil uangnya di aplikasi itu. Istilahnya, toko Donat bapak termasuk dalam Merchant kami. Nanti toko bapak harus di pasang Logo Aplikasi Dompet Digital itu ya pak, dan tulis di harganya Diskon 20%, biar mata pengguna pada melotot dan lidahnya ngiler pengen beli karena murah.

  • Saya dari 1 Mei 2021 sebesar Rp 10 juta dari Mandiri ke BNI via DANA belum sampai juga. DANA hanya terus-menerus meminta saya menunggu entah sampai kapan. DANA tidak bisa memberi kepastian dan selalu menghindar untuk memberi kepastian kapan uang saya akan dikembalikan.

  • Jadi salah satunya ini to yang menyebabkan transfer dana ke BRI di stop sementara