Sulitnya Menutup Nomor Indosat Pascabayar

Assalamualaikum,

Saya sempat menggunakan IM3 postpaid dengan paket bundling 1 tahun sejak membeli hp baru pada bulan Desember 2019 silam. Sekitar bulan Oktober 2020, kartu yang saya gunakan hilang setelah kartu tersebut dipinjam oleh teman dan lupa dimana menaruh kartu tersebut. Otomatis kartu tersebut sudah tidak ada yang menggunakannya. Saya akui itu salah satu kecerobohan saya dan tidak langsung melaporkan kehilangan kartu tersebut.

Tepat tanggal 28 Desember 2021, dimana bulan terakhir paket bundling, saya berinisiatif untuk chat CS Indosat Ooredoo via twitter bahwa kartu tersebut hilang dan saya minta akun kartu tersebut ditutup. Jawaban dari CS-nya cenderung berbelit-belit dan mengulang-ulang intruksi. Padahal instruksi untuk melengkapi data-data sudah saya lakukan dan data sudah saya berikan lengkap.

Oke, saya maklumi karena CS yang jawab beda-beda orang. Kata CS-nya apabila ingin melakukan penutupan akun silahkan melunasi kartu tersebut kemudian melengkapi data dan membuat surat pernyataan penutupan bermaterai (lihat di screenshot). Seluruh instruksi itu sudah saya lakukan dan kirimkan ke CS.

Lanjut pada tanggal 11 Februari 2021, CS Indosat tiba-tiba memberi tahu bahwa penutupan akun yang kartunya hilang harus ke Gerai Indosat Ooredoo. Di sinilah letak permasalahannya, Gerai Indosat terdekat di daerah saya hanya ada di pusat kota, tepatnya di Banjarmasin, yang berjarak lebih dari 200 KM, sekitar 5-6 jam perjalanan karena memang rumah saya jauh dari kota.

Terlebih lagi sekarang sedang masa pandemi corona dan kebetulan keadaan di Banjarmasin sedang dalam zona merah. Pemerintah serta orang tua saya sendiri mewanti-wanti agar tidak bepergian jauh, belum lagi ongkos perjalanan yang tidak sedikit (kalau dihitung hampir setengah juta untuk pulang-pergi, ongkos naik selama pandemi).

Kendala-kendala yang saya alami tersebut sudah saya sampaikan ke CS Indosat, tetapi CS-nya kesannya cenderung bodo amat dan tetap menyarankan saya untuk segera ke gerai tanpa memberikan saya solusi lain yang lebih baik.

Jadi dari bulan Januari 2021 sampai sekarang, saya terpaksa membayar tagihan sebesar 110.000 rupiah per bulannya karena akun saya belum diperkenankan untuk ditutup. Perlu dicatat bahwa saya tidak pernah lagi menggunakan kartu tersebut sejak bulan Oktober 2020 karena hilang.

Saya berharap dengan dibuatnya laporan terbuka di Media Konsumen ini, setidaknya ada itikad baik dari pihak Indosat Ooredoo untuk segera menutup akun saya. Terlebih karena adanya kendala yang tidak memungkinkan saya untuk pergi ke Gerai Indosat, dan jikalau berkenan, Indosat bersedia mengganti kerugian dari pembayaran per bulan dari Januari (karena saya tidak memakainya) yang kalau dihitung sudah 3 bulan sebesar 3 × Rp110.000 = Rp 330.000

Sekian, terima kasih. Mohon maaf apabila ada salah kata.

Wasalamualaikum Wr.Wb.

Muhammad Gimnastiar
Tabalong, Kalimantan Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Indosat Ooredoo:
[Total:4    Rata-Rata: 1.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Sulitnya Menutup Nomor Indosat Pascabayar

    • 14 Mei 2021 - (19:06 WIB)
      Permalink

      Saya sangat mengapresiasi pihak @indosatooredoo yang langsung menghubungi saya dan memberi solusi terhadap penutupan simcard saya ini.

      Alhamdulillah, hari ini, tanggal 14 Mei simcard saya sudah di suspend dan tagihan bulan April ini sudah dikoreksi sehingga saya tidak perlu membayar tagihan, serta dalam waktu dekat kartu saya sudah bisa ditutup oleh indosat (tinggal menunggu pembuatan surat laporan kehilangan dari kantor polisi).

      Dengan itu, laporan ini saya anggap sudah selesai dan sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada MediaKonsumen yang telah menerbitkan dan menyalurkan laporan ini dan tentunya pihak indosat ooredoo yang telah membantu menyelesaikan permasalan ini.

      Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

      Muhammad Gimnastiar
      Tabalong, Kalimantan Selatan.

  • 14 Mei 2021 - (00:22 WIB)
    Permalink

    @Indosat Oo Red Oo, aneh ya. Di SP penulis sudah screenshot DM DM an… Berarti sudah terhubung, kok sekarang minta konfirmasi ke DM lagi? Situ waras????

 Apa Komentar Anda mengenai Indosat Ooredoo?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Menutup Nomor Indosat Pascabayar

oleh Muhammad Gimnastiar dibaca dalam: 2 menit
3