Ganti SIM Card Indosat Dikenakan Biaya 127 Ribu Rupiah untuk Tambahan Kartu Pascabayar Baru

Pada tanggal 8 Mei 2021, tiba-tiba saja SIM card pada handphone saya tertera “Invalid SIM“. Saya coba matikan dan hidupkan kembali handphone saya, tapi tetap sama.

Tanggal 18 Mei 2021 saya memutuskan untuk ke Gerai Indosat Roxy Mas, di bagian ruko. Ketika saya masuk, langsung diarahkan ke customer service. Dimulai dengan sapaan baik dan ditanya permasalahannya. Saya jelaskan bahwa tiba-tiba saja invalid simcard.

CS menanyakan berapa lama sudah pakai simcard-nya, saya bilang sudah lama. CS bilang memang kadang bisa begitu kalau pemakaian lama. CS meminta untuk saya keluarkan simcard dari handphone, lalu dia bilang “Oh iya ini mah udah lama ya”. Lalu CS bilang akan dibantu ganti simcard dan nomor bisa kembali digunakan dalam 1×24 jam, maksimal 3×24 jam.

Kemudian customer service bilang kalau peraturan baru, untuk pergantian simcard akan diberikan simcard tambahan dan sudah berisi kuota sekian GB dan bonus telepon. Saya tanya berapa biayanya, katanya Rp127.000. Lalu pacar saya bilang, “Kok belum lama ini saya ganti simcard gratis ya?”. CS-nya bilang iya sudah peraturan baru dengan gesture tidak enak hati, seolah-olah memang sudah peraturannya.

Saya tanya lagi “Memang gak bisa mas saya gak mau beli kartu baru?”. Karena saya juga gak perlu internetnya, dan saya bilang juga buat apa juga simcard sampai harus 2? CS-nya bilang “Iya nih gak bisa bu, karena sudah peraturan baru,”. Akhirnya saya pikir ya sudahlah kalau memang WAJIB, mau tidak mau, tidak ada pilihan, saya dengan terpaksa mengiyakan.

Setelah itu, saya dimintai KTP, CS mengisi form, dan saya langsung diminta tanda tangan di form tersebut. Lalu saya diberikan simcard yang wajib saya beli + form yang kata CS disimpan saja. Lalu saya bayar dengan cash, karena tidak bisa debit kata CS-nya.

Saya pulang dan tidak terpikir untuk cek simcard baru yang diberikan karena saya tidak berniat untuk pakai.

Sampai akhirnya, hari ini tanggal 21 mei 2021, kakak saya menanyakan kabar simcard saya yang rusak, saya ceritakan semuanya. Dia kaget kenapa saya harus bayar Rp127.000 dan WAJIB beli kartu lagi. Akhirnya saya tunjukkan kartu simcard yang diberikan, dan ternyata saya diberikan simcard pascabayar, sudah aktif, dan akan dikenakan tagihan setiap bulannya.

Saya terkaget-kaget, karena ini semacam jebakan. Dari awal tidak dijelaskan sama sekali bahwa kartu yang wajib dibeli adalah kartu pascabayar. Kakakku menceritakan bahwa sudah banyak orang yang mengalami hal serupa yang aku alami.

Selanjutnya, kakakku membantu menghuhungi CS Indosat melalui whatsapp untuk meminta segera dinon-aktifkan nomor simcard pascabayar tersebut. Namun anehnya lagi customer service bilang belum bisa karena alamat tagihan beda dengan yang disebutkan oleh kakak saya (padahal sesuai dengan alamat KTP saya).

Customer service pun bilang seharusnya berhak menolak. Padahal sudah cukup jelas saya menanyakan di awal dan petugas Indosat Roxy mengatakan wajib sesuai kebijakan baru. Akhirnya saya telepon ke 185 dan dikatakan tidak bisa di-nonaktifkan, harus menunggu 30 hari setelah pemakaian.

Saya sangat merasa terjebak dan dirugikan. Sangat disayangkan gerai sekelas Indosat seharusnya dapat membantu memberikan solusi dan menjelaskan rinci kepada pengguna, bukan memanfaatkan keadaan untuk mencari keuntungan semata.

Saya menunggu agar kendala ini segera ditangani oleh pihak Indosat. Terima kasih.

Salam.

Hanny Fenesia
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Indosat Ooredoo:
[Total:24    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan Indosat Ooredoo untuk Ibu Hanny Fenesia

Dengan Hormat, Terkait dengan keluhan yang disampaikan oleh Ibu Hanny Fenesia, seperti yang dimuat di mediakonsumen.com tanggal 21 Mei 2021...
Baca Selengkapnya

16 komentar untuk “Ganti SIM Card Indosat Dikenakan Biaya 127 Ribu Rupiah untuk Tambahan Kartu Pascabayar Baru

  • 21 Mei 2021 - (12:59 WIB)
    Permalink

    Wah ibu salah jangan ke gerai harusnya ke galeri bu saya ber ulang ganti karna patah gratis terus kalo gerai memang cari untung sendiri,saya pernah bertengkar SIM SIMPATI saya ke gerai jga bgtu tapi lalu saya maki2 dan saya ancam akan saya laporkan di galeri gtu lalu mereka meninggalkan say ganti yg lain pun saya ancam juga lalu mereka hanya diam tidak mau mintak maaf dan sya ahirnya pergi 2bulan kemudian gerai tutup ,,,,ini terjadi di kab magetan jawa timur

    • 22 Mei 2021 - (18:03 WIB)
      Permalink

      Sama seperti kasusnya mbak hanny..sama tadi siang melakukan aktivasi ulang karna nomor saya jg tiba2 hilang signal..dan saat mau melakukan aktivasi ulang saya disuruh membayar 165ribu untuk tambahan kartu pascabayar dan berkuota 30gb untuk 2 bulan..saat saya menolak dia bilang katanya prosedurnya gitu dan saat saya menawarkan debit csnya minta tunai..dan saya mendapat 2 kartu simcard(1 kartu untuk penggantu kartu lama dan 1 untuk kartu pascabayarnya)..katanya setelah 2 jam kartu saya aktif tp saat setelah 2 jam sy cek nomornya blm aktif belum biasa buat cek pulsa,kirim sms, dll..saat sy wa csnya yg melayani sy td eh sy malah diminta untuk mengirim foto ktp kk dan swafoto(foto sy memegang ktp) ..saat ini sy udh menghubungi cs dan katanya sdg dlm proses tindak lanjut..semoga segera terselesaikan

    • 24 Mei 2021 - (17:51 WIB)
      Permalink

      Wah ini bener bener penipuan berkedok sih kalau kata aku. Mereka emang dituntut untuk mempromosikan kartu pascabayar Dan Punya target per periode, jadi ini salah satu cara Mereka agar cepet “laku” Dan mendapatkan insentif.

  • 21 Mei 2021 - (13:31 WIB)
    Permalink

    di gerai itu sudah banyak yang kena, banyak yang menulis ke media konsumen

    kelihatan juga bahwa sebetulnya itu oknum pegawai nya, dengan form dikembalikan ke anda, dan tidak boleh debit, uang jelas dikantongi mereka

  • 21 Mei 2021 - (14:15 WIB)
    Permalink

    Pantesan Indosat kalah saing.

    Saya juga pemakai Indosat tapi utk ganti nomor bisa dikatakan tidak mungkin karena itu nomor dari jaman HP mulai ada dan keluarga, teman dan kolega hanya tahu nomor itu.

    Untungnya skrg ada dual SIM Card. Indosat nya hanya saya kunci limitnya sebesar 50rb. Digunakan hanya buat telpon.

  • 21 Mei 2021 - (14:20 WIB)
    Permalink

    Saya pernah ke gerak xl krna kartu sy ke blokir klo ingin menghidupkan ganti 200rb prabayar dengan ktp jd malas ya udh ga ush aja.

  • 21 Mei 2021 - (17:24 WIB)
    Permalink

    ini Indosat sering banget kasusnya muncul di media konsumen…
    kalo gak dipublish di media konsumen, customernya gak dipeduliin.
    jadi ngerti lah kenapa customer complain di media konsumen.
    moga2 cepat dihubungin sama indosat dan dikembalikan uangnya bu…
    Yang saya gak ngerti sama indosat. bad publication itu bukan hal yang baik.
    Sudah sering muncul kasus kaya gini tapi bukan diperbaikin SOP perusahaan.
    untungnya apa yah buat indosat?

  • 21 Mei 2021 - (19:08 WIB)
    Permalink

    Ini saya kutip kan, Masalah yang sama.
    Sepertinya Ibu Dara berulah lagi.

    ~~~~~
    31 Maret 2021 (Rabu)
    Sore pukul 17.15 WIB, 1 jam setelah tayang di Media Konsumen, Indosat menelpon saya. Customer Care-nya Ibu Ayu. Solusi dari Ibu Ayu adalah:
    1. Nomor pasca bayar akan dimatikan.
    2. Uang yang Rp150.000 dijadikan Paket Data Unlimited Jumbo ke nomor 0858***5, dan
    3. Uang yang Rp15.000 dijadikan Pulsa ke nomor 0858***5.

    31 Maret 2021 (Rabu)
    Sore pukul 17.53 WIB Ibu Dara dari Gerai Roxy Mas menelpon saya. Saya langsung bilang ke Ibu Dara: “Masalah saya sudah selesai, terima kasih ya”. Saya langsung tutup telpon, tidak mau bicara lagi.
    ~~~~

  • 22 Mei 2021 - (22:34 WIB)
    Permalink

    CASE CLOSED 🙂

    setelah di pubilkasikan oleh media konsumen, pihak indosat langsung menghubungi saya di hari yang sama, lalu saya jelaskan kronologi secara lengkap dan setelah itu pihak dari gerai roxy juga menghubungi saya. Petugas indosat roxy sudah meminta maaf atas masalah ini. Uang 127.000 ku dibalikkan dan nomor pascabayar sudah di non aktifkan.

    semoga kedepan nya tidak ada lagi masalah seperti ini.

    terima kasih indosat sudah merespon & terima kasih media konsumen sudah memfasilitasi saya untuk menulis 🙂

    salam,

    Hanny

    • 24 Mei 2021 - (10:00 WIB)
      Permalink

      case closed untuk anda, tp tidak untuk customer lain kedepannya.
      Kalau ibu cek laporan mediakonsumen, modus ini sudah puluhan kali terjadi, dan korbannya banyak.
      Kalau yang mau repot masih terpikir lapor ke mediakonsumen, dan akhirnya pihak indosat menghubungi dan menyelesaikan masalah. Selalu seperti itu pola nya.

      Bayangkan ratusan bahkan ribuan orang yang sudah tertipu dan tidak melapor di mediakonsumen, sudah untung berapa indosat? Apa sanksi yang diberikan ke CS tersebut? NOL!!!!
      Jadi sudah kelihatan modus ini dilegalkan oleh indosat sendiri. PARAH!

 Apa Komentar Anda mengenai Indosat Ooredoo?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Ganti SIM Card Indosat Dikenakan Biaya 127 Ribu Rupiah untuk Tambahan …

oleh Hanny dibaca dalam: 2 menit
16