Hotel Dalton dan tiket.com Membatalkan Pesanan Saya Secara Sepihak dan Saling Lempar Tanggung Jawab

Saya adalah member Elite Platinum di tiket.com. Saya sudah jadi member Elite Platinum 2-3 tahun di platform ini. Saya melihat berita tiket.com sebagai grup Djarum akan melakukan IPO dan saya sebagai pelanggan setianya cukup senang. Sampai saya mendapatkan pengalaman buruk, yang saya pikir hanya bisa dialami saat mimpi buruk saja, dari tiket.com dan mitra hotelnya yaitu Hotel Dalton yang beralamat di Jl. Perintis Kemerdekaan No.Km 16, RW.no.2, Pai, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90243 pada tanggal 26 Mei 2021

Cerita awalnya bermula dari saya ingin melakukan perjalanan ke kota Makassar bersama keluarga. Lalu saya mencari mengunakan tiket.com seperti biasanya, dan melihat harga Hotel Dalton yang cukup murah, bahkan yang paling murah di antara hotel berbintang yang lainya. Karena hal tersebut saya mencoba memesan 3 kamar dengan 2 order id berbeda dan berhasil, voucher hotel terbit.

Lalu saya melihat masih ada 2 kamar yang tersisa, saya pikir saya bisa ajak keluarga atau teman saya untuk ikut dan saya memesan lagi 2 kamar, kamar sold. Beberapa menit kemudian kamar tersedia lagi, lalu saya menambah 2 kamar lagi, sebab teman saya minta tolong untuk dibooking-kan kamar juga setelah melihat harga hotel yang saya bagikan ke mereka.

Harganya berapa? Harganya Rp42.000, bisa dilihat pada gambar di bawah. Setelah memesan hotel ini pun saya menelepon CS kembali untuk memastikan bahwa pesanan/order saya sudah benar dan mereka mengkofirmasi pesanan-pesanan saya.

Gambar di atas hanyalah preview bahwa saya telah berhasil memesan Hotel Dalton di harga tersebut pada tiket.com, total kamar yang di pesan adalah 7 kamar. Harapan saya sudah bisa istirahat karena jarak tempuh yang lama.

Namun ternyata mimpi buruk saya bermula pada saat itu, di hotel Dalton sekitar pukul 15.00 dan ingin cek in. Karena resepsionis mengatakan bahwa pesanan saya dibatalkan oleh Tiket.com. Saya heran dong kok bisa batal? Saya gak batalkan sama sekali. Lalu cepat menelepon ke tiket.com lewat jalur CS khusus elite Platinum.

Pihak tiket.com awalnya mengatakan (menuduh) bahwa sayalah yang meminta pembatalan itu. Saya lalu bersikeras bahwa bukan saya dan mereka akan melakukan investigasi secepatnya. Saya pun menggelandang di lobby hotel dengan keadaan capek.

Saya mengumpulkan semangat yang sudah hilang karena melihat keponakan saya yang sudah merengek karena kecapean. Saya menuju resepsionis mencari informasi. Di sana saya mendapat sedikit informasi, bahwa ada kesalahan harga yang diposting tiket.com, sehingga pesanan saya dibatalkan. Saya protes, kok tidak diinfokan ke saya?

Pesanan kamar saya 7 kamar, bukan 1 kamar, dan tidak ada informasi pembatalan ke saya melalui telepon atau apalah. Resepsionis lalu menyarankan saya untuk pesan lagi kamar dengan harga sekarang, seakan gak ada empati setelah saya mendapatkan perlakuan tidak adil. Kalaupun saya harus pesan kamar lagi, yakin saya gak akan ke Hotel Dalton setelah perlakuan mereka. Saya bisa gak nyaman tidur di hotel tersebut.

Saya sudah muak, saya lalu membawa keluarga saya untuk makan di Mall saja sambil menunggu investigasi dari tiket.com. Pukul 6-7 sore saya mendapat telepon dari tiket.com, bahwa yang membatalkan pesanan tersebut adalah pihak Hotel Dalton, karena adanya perubahan harga.

Saya mengatakan bukankah hal wajar ada perubahan harga dari hotel dan itu bisa hitungan detik, tapi tidak sampai membatalkan pesanan kan? CS tiket.com hanya bisa minta maaf tanpa ada solusi yang berarti.

Saya jadi bingung, antara tiket.com dan mitranya Hotel Dalton bisa-bisanya saling lempar tanggung jawab? Saya kemudian menelepon ke Hotel Dalton untuk bicara dengan manajer atau yang berwenang atas pernyataan dari tiket.com. Namun katanya sudah pulang dan meminta saya untuk meninggalkan nomor telepon.

Sampai sekarang, sudah 24 jam, pihak Hotel Dalton tidak ada menghubungi saya. Sedangkan tiket.com hanya memnghubingi saya via email. Sepertinya hanya untuk memperkuat telepon mereka sebelumnya. Namun ada poin yang sengat merugikan konsumen pada email tersebut yang mengatakan:

“Harga yang ditampilkan dapat berubah berdasarkan keadaan tertentu. Walaupun sangat kecil kemungkinannya namun Kami dapat membatalkan, menolak atau merubah pemesanan Anda dalam hal terdapat penyesuaian ataupun kesalahan Mitra Penyedia Kami yang dapat menyebabkan perbedaan informasi atas produk milik Mitra Penyedia Kami pada Website dan Layanan Kami (contoh harga ataupun fasilitas yang diberikan).”

Mereka dapat membatalkan pesanan saya walau akan sengat jarang terjadi, tapi keaadaan yang luar biasa yang jarang terjadi ini tidak diinfokan kepada saya, ataupun hanya diberitahukan via email yang mena belum tentu dibuka oleh saya di Hari Libur. Pelayanan Grup Djarum begitu ? Padahal saya tahunya Grup Djarum lah terbaik, bisa dilihat dari Bank BCA, tapi kok saudaranya melayani dengan ogah-ogahan?

Pelayanan macam apa itu? Saya sudah banyak dirugikan oleh pihak tiket.com dan hotel dalton, malu saya ke keluarga dan teman, serta kekecewaan dan cepeknya ngurus beginian. Saya akhirnya harus pesan hotel lain untuk tempat tinggal mereka, yang sebenarnya tadi tidak saya tapi karena dapat harga murah saya ajak mereka. Ternyata malah di-prank oleh Hotel Dalton dan tiket.com.

Dedy Aswan
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai tiket.com:
[Total:4    Rata-Rata: 1.3/5]
Tanggapan tiket.com atas Surat Sobat tiket Dedy Aswan

Halo Sobat Tiket, Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Sehubungan dengan surat pembaca di mediakonsumen.com tanggal 26 Mei 2021 yang ditulis...
Baca Selengkapnya

17 komentar untuk “Hotel Dalton dan tiket.com Membatalkan Pesanan Saya Secara Sepihak dan Saling Lempar Tanggung Jawab

  • 28 Mei 2021 - (13:41 WIB)
    Permalink

    biasanya kalau saya 1-2 hari sebelum hari H telp dulu ke hotel untuk memastikan apakah reservasi aman.
    dan disini sepertinya ada kesalahan ketik harga “42749”
    TS ngga salah sih, siapapun jika lihat harga murah akan tertarik..

    • 28 Mei 2021 - (16:26 WIB)
      Permalink

      saya memesan di tanggal 25 untuk tanggal 26 jadi H-1 dan saya melakukan konfirmasi juga walau Lewat CS tiket.com tidak ke hotel karena saya pikir ini promo di adadakan oleh tiket.com bukan pihak hotel sering begitukan ?

      • 28 Mei 2021 - (19:09 WIB)
        Permalink

        konfirmasinya ke hotel karena yang menyediakan kamarnya kan hotel.. dan ini yang cancel kemungkinan juga hotelnya karena rate yang akan mereka akan terima tidak sesuai

        • 28 Mei 2021 - (19:19 WIB)
          Permalink

          sepertinya lain kali saya akan melakukan itu, saya pikir selama ini sudah dapat voucher jadi aman dan pasti dapat kamar dan baru kali ini saya dapat masalah ini. Malah pengalaman saya tidak tersedia di hotel dan di travel agent tersedia dan menyarankan saya untuk pesan melalui travel agent karena kalau melalui mereka sudah fulll

          • 28 Mei 2021 - (19:21 WIB)
            Permalink

            oh iya, saya pikir tiket.com lagi memberi promo jadi harga itu bisa jadi masuk akal

    • 28 Mei 2021 - (16:31 WIB)
      Permalink

      di atas sudah dijelaskan bahwa saya melakukan konfirmasi ke CS Tiket.com dan mereka konfirmasi pesanan ini… saya gak konfirmasi ke Hotel lagi karena saya sudah percaya tiket.com sudah lama langganan, dan saya sering dapat harga ajaib memang dari tiket.com namun baru pertama kali dapat pengalaman begini. saya berfikir ini adalah program dari tiket.com

  • 28 Mei 2021 - (16:34 WIB)
    Permalink

    harus ditiru ini, palayanan memang harus begini… mereka yang salah masak saya yang harus repot tanggung semua kesalahan itu…. malu saya sama teman-teman saya…. yang sudah saya pesankan dan datang jauh jauh demi liburan dan reuni bareng

    • 28 Mei 2021 - (20:55 WIB)
      Permalink

      Mungkin pesannya 7 kamar. Kalau cuma 1 mungkin di lolosin karna dr harganya aja ga masuk akal. Hehehe

      • 28 Mei 2021 - (23:12 WIB)
        Permalink

        Aku yakin, setelah kejadian ini, apa pun Promo yang dibuat oleh tiket.com akan dianggap prank selamanya. Lihat saja, sekarang netizen yang berkuasa. Whokeeeh…
        Pertama, seperti biasa saya secret artikel ini ke Sosmed ku….
        @dedy aswan. Yang sabar ya…

        1
        1
        • 29 Mei 2021 - (17:22 WIB)
          Permalink

          terima kasih atas dukungannya pak 07, kalau boleh tau sosmed nya apa pak ?

      • 29 Mei 2021 - (17:21 WIB)
        Permalink

        ya kadang kan ada promo demikian ? apakah tiket.com tidak boleh memberikan harga tersebut ?

  • 29 Mei 2021 - (15:37 WIB)
    Permalink

    Disyukurin dan jadi pelajaran aja ya gan. Setau saya kalau ada selisih harga voucher lebih murah dan tamu boleh check in, yg nombokin selisihnya pegawai front office hotel yang approve voucher. Itu pngalaman saya dulu kerja d htel bintang 5,tp tergantung jg kebijakan management tiap hotel. Ya bersyukur saja , tidak bikin susah orang lain walaupun bukan kesalahan Anda.

    • 29 Mei 2021 - (17:31 WIB)
      Permalink

      Saya belum bisa berbesar hati demikian , mungkin kalau saya pesan satu kamar untuk diri saja sendiri saya masih bisa terima, tapi saya pesan untuk keluarga saya dan untuk teman-teman saya…. saya mau taruh dimana muka ini atas ketidak becusan saya… kerugian yang saya alami lebih kepada inmaterial…. semoga mba/mas tidak pernah mengalami hal demikian

      oh iya kalau pernah kerja di Hotel bintang lima saya mau bertanya, kesalahan posting atau apapun soal harga itu terjadi diamana ? dan apakah SOP nya harus sampe si Pelanggang sampe di hotel dulu dan tidak diberitahu jauh jauh hari ? saya gak kerja di hotel tapi setau saya pengambil keputusan minimal menager atau apakah front desk ? waktu kejadian saya mau ngomong ma menager on duty aja gak dikasih…..

      • 29 Mei 2021 - (17:58 WIB)
        Permalink

        Kecil kemungkinan salah input harga dari pihak hotel, tiket.com yg sistem error atau salah input harga ya. Dan sebenarnya pihak hotel bisa tetap menerima voucher Anda dan klaim ke pihak travel agency online ( dlm hal ini Tiket.com ). Tpi pasti prosesnya panjang untuk pihak hotel dan tidak ada garansi dpt refund juga. Kalau untuk check in tamu dulu d hotel saya bekerja pihak front office yg punya kuasa menolak atau menerima voucher bermasalah, kalau saya bilang yg batalin voucher ya manager FO hotel tersebut dan saya yakin Anda bukan yg pertama kena prank voucher tiket.com d hotel itu. Tapi sekali lagi tiap hotel berbeda ya aturannya, apalagi beda bintang.
        Yg berkewajiban menginfokan kalau ada masalah pada voucher bukan pihak hotel, tp pihak travel agency (tiket.com). Mereka perantara antara hotel dan customer sampai proses check in.
        Bisa dipastikan yg salah pihak tiket.com.

  • 30 Mei 2021 - (18:10 WIB)
    Permalink

    Wah sepertinya masukan bagi netizen yg jg traveller seperti saya, ga akan pake tiket.com kl begitu. Saya pernah dua kali kejadian begini pak. Pertama sm booking.com di Hongkong, saya sampai terlunta2 di negara org. Dan mereka hanya bersedia mengganti kerugian sebesar 100 USD a.k.a cm 1.400.000 dmn saya trpaksa harus mnginap d hotel lain seharga 4.500.000/mlm. Kedua kali dengan traveloka di solo. Bayar full kamar bintang 3, lalu ditlp katanya kamar penuh. Mw dpindah ke hotel lain yg sekelas. Nyatanya saya dkasi hotel kelas 1 dengan kamar kotor, berdebu, kamar mandi rusak dan bonus kuntilanak wkwkwkwk. Sejak saat itu saya ga pernah pake dua platform di atas lg. Bahkan kecewanya uda bukan lg. Skr mending langsung ke hotelnya bayar rate biasa aj. Ga usa promo2an. Cape kl dbatalin sepihak malah double repot dan waktu liburan habis sekaligus bete sepanjang liburan.

 Apa Komentar Anda mengenai tiket.com?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Hotel Dalton dan tiket.com Membatalkan Pesanan Saya Secara Sepihak dan…

oleh Dedy Aswan dibaca dalam: 3 menit
17