Sulitnya Aktivasi Sebuah Akun yang Dibekukan di DANA

Saya pengguna Aplikasi DANA sejak beberapa tahun yang lalu. Saya ikut membuat akun DANA karena memberikan kemudahan bagi saya untuk membayar atau melakukan beberapa transaksi, hingga saya memutuskan untuk meng-upgrade akun saya menjadi akun Premium. Terlebih, aplikasi DANA kini terpadu dengan merchant dengan adanya QRIS. Sehingga saya bisa membayar dengan saldo yang saya simpan di DANA.

Namun hal ini tidak berlangsung lama, sampai saya tidak dapat melakukan transaksi apapun sejak Desember 2020. Saya tidak bisa lagi melakukan pembayaran, belanja, ataupun mentransfer saldo saya sendiri yang tersimpan dalam akun saya; alih-alih dipermudah, pembayaran dan semua transaksi tidak dapat dijalankan.

Pasalnya, akun saya dibekukan secara sepihak oleh DANA ketika saya ingin menggunakan saldo saya untuk transaksi apapun (dari belanja, pembayaran, sampai transfer/mencairkan saldo saya sendiri).

Saya tidak tahu alasan apa yang membuat akun saya dibekukan. Tidak ada pemberitahuan sebelumnya atau informasi apapun dari DANA, apalagi cara mengaktifkan kembali akun saya. Mereka hanya memberikan saran untuk menghubungi call center.

Dengan keadaan akun yang telah dibekukan, saya gagal mentransfer atau menarik cashout. Juga, saya dilarang mengirimkan saldo dompet DANA. Alhasil saldo saya sampai saat ini masih tersimpan di saldo DANA sudah lebh dari 4 bulan. Padahal saldo tersebut sangat berarti bagi saya dan keluarga. Berbagai cara (WA, email dan bahkan sampai telepon call center yang selalu dijawab oleh mesin) entah sudah berapa banyak pulsa terbuang percuma untuk hasil nihil ini. Uang tersebut hasil kerja keras, bukan dana lebih yang tak diperlukan!!

Nomor laporan saya adalah 5820702. Di sinilah kekesalan saya bermula karena hanya menerima jawaban yang sama untuk selalu bersabar dan menunggu tanpa ada tenggat waktu dan kejelasan apapun dari pihak DANA.

Saya telah berkirim pesan melalui WA sejak 7 Februari 2021. Pada awalnya customer service DANA meminta saya mengirimkan dokumen pendukung (screenshot). Tanpa pikir panjang, telah saya kirimkan dokumen sesuai permintaan. Tercatat saya melakukan komunikasi dengan CS DANA pada tanggal 9 dan 10 Februari 2021. Belum juga ada tanggapan. Saya hubungi kembali via WA di tanggal 3, 4, 6, 17 Maret, 30 April, 1, 19, dan 25 Mei 2021.

Setelah mengirimkan bukti dokumen, menjawab beberapa pertanyaan CS, dan berkabar melalui berbagai saluran media, saya sampai pada kesimpulan bahwa saya sangat kecewa terhadap pelayanan DANA. Sejauh ini, pengalaman saya berpendapat bahwa tidak ada tanggapan lain dari CS DANA selain saya diminta untuk menunggu dan bersabar oleh tim terkait. Bahkan saya diminta untuk tidak melakukan pelaporan baru karena laporan yang ada sedang diproses, sampai kapan dan bagaimana kelanjutannya? Sampai selama itu kah hanya untuk mengaktifkan kembali sebuah akun???

Sebagai pengguna DANA, saya tidak diberitahu proses apakah yang dimaksud. Tidak ada kabar termutakhir, baik mengirimkan email kepada saya apalagi telepon maupun WA. Saya didiamkan begitu saja. Hal ini tentunya meragukan kepercayaan saya terhadap kinerja DANA. Sungguh ini membuat saya kecewa.

Kekesalan saya memuncak karena sudah beberapa kali menanyakan bagaimana kemajuan aduan saya. Saya berharap permasalahan akun yang dibekukan ini segera terselesaikan. Namun, tidak!! TIDAK ADA info kenapa, harus bagaimana, dan sampai kapan?!

Saya mengherankan kalimat ini disampaikan oleh CS DANA. Ia memberi tanggapan atas surel saya dengan berkata kepada saya bahwa saya dimohon menunggu proses dengan bersabar. Kesediaan saya untuk bersabar akan dihargai oleh DANA. Apa? Sungguh, saya kira ini adalah sebuah kekeliruan. Tetapi benar adanya, CS DANA berkata meminta pelanggan menunggu dengan bersabar. Saya harus bersabar. Tidak ada pesan lain. Tidak ada keseriusan dalam menanggapi keluhan pengguna yang juga sebagai pelanggan.

Mengapa tidak ada jaminan yang ditawarkan kepada saya terhadap proses ini? DANA tidak memberikan kepastian jaminan apakah uang saya aman, atau jaminan dalam bentuk lainnya selama proses tersebut berlangsung, masih berapa lama lagi prosesnya, dll. Minimal informasi yang membuat saya tidak berspekulasi. Sangat disayangkan, yang dilakukan DANA hanya promosi tingkat tinggi pada sosial media, tapi nihil dalam perhatian ke konsumen.

Sekali lagi saya berharap. Walaupun saya hanya seorang diri. Juga saya tahu satu orang itu tidak memberikan perubahan yang signifikan terhadap keuntungan DANA. Saya tetap bersuara, bagaimana dengan akun saya 081***851? Saya hanya mohon untuk diaktifkan kembali.

Bukan hanya saya yang mengalami masalah ini, tetapi dari beberapa informasi dan media sosial yang beredar, tidak sedikit orang lain yang bernasib sama seperti saya. Ini tentu saja melanggar UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Semoga pihak DANA bisa melihat post ini untuk segera menyelesaikannya.

Orchieyadi
Kab. Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai DANA:
[Total:2    Rata-Rata: 1/5]
Tanggapan DANA terhadap Keluhan Bapak Orchieyadi

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Bapak Orchieyadi “Sulitnya Aktivasi Sebuah Akun yang Dibekukan di...
Baca Selengkapnya

Loading...

3 komentar untuk “Sulitnya Aktivasi Sebuah Akun yang Dibekukan di DANA

  • 29 Mei 2021 - (11:19 WIB)
    Permalink

    Bila di perhitungkan, Uang Perusahaan DANA semakin banyak karena sering membekukan akun pengguna.

    1. Membuat akun DANA sangat mudah, merelakannya pun lebih mudah.

    Tiap hari pasti ada saja akun pengguna yang di bekukan, bahkan di blokir. Dan pengguna pun awalnya merasa dirugikan namun lama lama rela saja akun itu lenyap karena capek menuntut haknya.

    2. Misalkan pengguna akun yang di bekukan itu memiliki saldo 100 ribu saja. Dan jumlah pengguna yang di bekukan 1 juta pengguna. Berarti 100 Milyar uang didapatkan oleh Perusahaan DANA.

    3. Kenapa saya anggap jumlah pengguna yang akunnya dibekukan bisa sampai Jutaan orang?

    – Banyak penipu yang mengalirkan pembayaran via DANA. Banyak penipu yang akunnya di bekukan.

    – Banyak pengguna yang hp nya hilang, lupa akses login ke akun DANA dan merelakan saja Akunnya lenyap walau didalamnya masih ada saldo lebih dari 100 ribuan.

    – Banyak pengguna yang wafat dan sudah jelas pasti tidak lagi bisa mengakses akunnya.

    4. Kemana larinya uang 100 Milyar itu? Ya di campur jadi 1 dengan pengguna aktif.

    Pengguna Aktif lainnya sebanyak 6 Juta pengguna, setiap pengguna memiliki saldo 300 ribu saja maka jumlah uang di Perusahaan DANA sebesar 1.8 Triliun + 100 Milyar uang cuma cuma.

    Uang itu tersimpan di Bank, dan mendapat Bunga Bank, selanjutnya Bunga Bank itu dikembalikan lagi kepada pengguna Aktif dalam bentuk Diskon Belanja dan juga Cashback.

  • 29 Mei 2021 - (12:30 WIB)
    Permalink

    Gini bang, abang gak sendiri.
    Coba search di MK ini keluhan ewallet Dana ini sangat mendominasi di banding keluhan dari e wallet lain.
    Tiap hari ada aja keluhan dari DANA.

    Kemungkinan saya bang:
    1. Kurangnya sumber daya manusia di bagian cs dan bagian terkait.
    2. Begitu banyaknya komplain bang, jadi antrian keluhan sangat panjang, jadi kalo abang sejak februari sudah komplain, harap sabar bang, yang lebih lama dari abang mungkin masih banyak.
    3. Kombinasi 2 itu yang membuat seolah2, DANA slowrespon.

    2
    2
    • 31 Mei 2021 - (23:37 WIB)
      Permalink

      Haha saya mau ketawa saja …. yang tahu jawaban nya pihak dana sendiri … dan ogah pake aplikasi dana apa yang bagus dari layanan ini .. satu manfaat saja transfer uang tanpa di kenakan biaya transfer .. selain itu tidak ada spesial nya .. udah ada go pay dan ovo lalu aplikasi dana buat apa ? Mitra bukalapak top up saldo pun sinkron dengan aplikasi dana .. ngak bangga malah khawatir kalau tiba tiba ngak visa di tarik ..

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Aktivasi Sebuah Akun yang Dibekukan di DANA

oleh orchie yadi dibaca dalam: 3 min
3