Telkomsel Memanfaatkan Perbedaan Data untuk Memaksa Konsumen Migrasi ke Pascabayar

Pada tanggal 31 Mei 2021, suami saya (a.n. Agus Kristanto) bermaksud untuk melakukan upgrade kartu ke 4G di GraPARI Telkomsel Bekasi Cyber Park. Suami membawa SIM card-nya yang masih lengkap, ada ICCID dan SIM card di dalam ponsel dalam kondisi aktif bisa digunakan.

Suami saya membawa e-KTP asli, tapi tidak membawa KK. CS atas nama Sinta menginfokan jika data KK tidak sesuai, sehingga tidak bisa dibantu upgrade. Suami saya mencari nomor KK, tapi belum ketemu.

Kemudian CS menginformasikan bahwa bisa dibantu upgrade ke 4G, tapi harus menjadi pelanggan PASCABAYAR. Suami saya yang saat itu memerlukan SIM card 4G tidak punya pilihan lain, karena CS tidak memberikan solusi lain selain pindah ke pascabayar. Akhirnya suami mau migrasi ke pascabayar, karena sangat perlu nomornya dan jarang bisa ada waktu datang ke GraPARI.

Yang sangat disayangkan adalah:

  1. Jika memang data KK tidak sesuai, seharusnya CS bisa sarankan untuk update data melalui SMS ke 4444.
  2. Di awal diinfokan bahwa NIK/KK tidak sesuai, sehingga tidak bisa dibantu upgrade kartu ke 4G, tapi kok CS berani memberikan solusi migrasi ke pascabayar? Kan data tidak sesuai? Ini ada ketidaksesuaian dengan prinsip privacy data customer.

Pada hari yang sama, saya lapor ke CS dan dibuatkan laporan dengan nomor: 1-8COUF2P. Sore harinya CS GraPARI Telkomsel Bekasi Cyber Park menelepon dan WA menggunakan nomor pribadi, memberikan penjelasan proses migrasinya. Namun CS mengelak, seolah masih menyalahkan customer. Padahal CS yang sudah salah lakukan prosedur, dimana data tidak sesuai, tapi tetap dilakukan proses Migrasi. Suami saya tetap ingin nomornya dikembalikan ke prabayar, dan CS info akan koordinasi dengan Team Leader-nya.

Tanggal 2 Juni 2021 CS menghubungi kembali, dan menginfokan jika sudah koordinasi dengan team leader, tapi nihil tidak ada solusi. Informasi yang disampaikan masih sama seperti telepon pertama. Bahkan CS berbicara semakin ngeyel, tidak mau salah.

Akhirnya saya mengakhiri panggilan, karena percuma mendengarkan penjelasan CS yang berulang-ulang sama. Sampai dengan detik ini, yang saya dan suami saya mau adalah kembalikan nomor kami ke prabayar.

Karmila Kisanti
Bekasi, Jawa Barat


Update (8 Juni 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas penyelesaian oleh Telkomsel sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkomsel:
[Total:48    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan Telkomsel atas Surat Ibu Karmila Kisanti

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 4 Juni 2021 oleh Ibu Karmila Kisanti mengenai Telkomsel memanfaatkan perbedaan data...
Baca Selengkapnya

Loading...

19 komentar untuk “Telkomsel Memanfaatkan Perbedaan Data untuk Memaksa Konsumen Migrasi ke Pascabayar

  • 4 Juni 2021 - (10:17 WIB)
    Permalink

    Daripada berurusan sama CS yg ribet, antri, n ujung2nya gak jelas kek gini, mending urusan sama mesin.

    Pengalaman waktu dulu mau ganti kartu ke 4G di GraPARI, dari pintu masuk udah dicegat satpam, bilang antriannya udah panjang trus disuruh ke GraPARI lain terdekat. Udah datang ke sana, ternyata tutup karena cuman setengah hari. Akhirnya googling, ternyata bisa lewat mesin di GraPARI yg di mall. Datang ke sana, pencet2 mesin, cuman 5 menit urusan dah beres.

    Kesimpulannya, lebih baik urusan sama mesin dibanding CS Telkomsel. 😅

    • 6 Juni 2021 - (15:52 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya memang bisa upgrade 4G tanpa harus ke GRAPARI, namun jika nomor Tersebut dikaitkan dengan mobile banking maka proses harus ke GRAPARI, Dan ini yg bikin Saya masih menggunakan 3G sampai detik ini 🤭😆

  • 4 Juni 2021 - (11:34 WIB)
    Permalink

    ‘Akhirnya suami mau migrasi ke pascabayar”
    “Suami saya tetap ingin nomornya dikembalikan ke prabayar”

    disatu sisi mungkin ada kelalaian di CS, tapi disisi lain ada ketidaktegasan dari customer. jika tidak mau langsung ditolak saja prosesnya.

    semoga cepat selesai permasalahannya

  • 4 Juni 2021 - (12:42 WIB)
    Permalink

    Ruwet. Bagaimana bisa nik/kk bisa beda. Apa dulu pas registrasi ke 4444 sambil ngantuk/meleng/mendem? Atau mungkin cuma asal isi? Kl tidak mau ya tidak usah ganti ke pascabayar. Kl repot ya ini anda bikin sendiri repotnya. Dan seperti komentar pertama diatas, ganti ke 4g telkomsel bisa pakai mesin seperti atm. Normalnya di setiap grapari ada. Tinggal masukkan nomor, tunggu otp masuk, masukkan otp. Selesai.

  • 4 Juni 2021 - (13:09 WIB)
    Permalink

    kalau di dunia yang optimal, seharusnya semua kartu lebih baik pascabayar. adanya kartu prabayar terbukti menimbulkan banyak penipuan, dan kartu pascabayar secara sifat pun adalah kartu terbaik untuk jaman serba online ini. registrasi semua memerlukan nomor HP, prabayar dapat hangus, sedangkan pascabayar tidak(ya harus dibayar ya), ini sangat mengurangi potensi kerugian waktu dan materi. ganti saja ke kartu pascabayar, semua akan lebih mudah dalam keseharian.

    iya saya orang telkomsel, saya juga orang shopee, kredivo, tokopedia, akulaku, kredit pintar, indihome, dan banyak lainnya, dan saya juga seorang DC

    6
    2
      • 4 Juni 2021 - (21:01 WIB)
        Permalink

        Telkomsel emang sudah tidak bersahabat….
        Saya yang tinggal di desa sangat menyangkan dengan kinerja CS Tsel saya sudah puluha kali menghubungi pihak Tsel untuk memperbaiki jaringan dari puluhan kali saya itu jawaban yang di berikan itu2 aja dan nihil tidak ada kejelasan dan jaringan pun tetap lemot saya harus nunggu tengah malam untuk bisa menikmati lancar nya jaringan Tsel…..

        4
        1
  • 4 Juni 2021 - (15:45 WIB)
    Permalink

    Hhha gw juga sampe 2x balik ke rumah gara2 cs Telkomsel Di GraPARI Bekasi cyber Park, ribet emang di situ gak ada solusi cuma template doang jawabannya

    2
    1
  • 4 Juni 2021 - (21:50 WIB)
    Permalink

    Makanya makin pintar dan makin kuliah makin bodoh.. aku aja bisa nyelesain masalah ini walaupun gak cs nya

    1
    1
  • 5 Juni 2021 - (07:35 WIB)
    Permalink

    telkomsel ruet banyakan tetek bengek,, enakan axis ,bisa upgrsde sndiri tinggal beli kartu

  • 5 Juni 2021 - (09:51 WIB)
    Permalink

    beli aja kartunya sendiri di marketplace, beres, cuma 10-20rb-an, emang sekarang operator2 emang brengsek, lakukan penipuan2 kebijakan agar bs ke pascabayar

    1
    2
  • 5 Juni 2021 - (15:58 WIB)
    Permalink

    Jangan mau kalau ditawarin begitu, karena Telkomsel, jika sudah menjadi pelanggan pascabayar, tidak bisa kembali ke prabayar

  • 5 Juni 2021 - (21:19 WIB)
    Permalink

    Memang org blm paham susah paham jd gagal paham , sdh jelas prabayar hrs data ktp yg sdh elektronik dan kk wajib klu prabayar bosan pke bisa buang,bs REG 4444 klu tdk ada kk ya tdk bisa prabayar wajib nik ktp dan nkk nya. atw bs lewat CS di gerai. klu ga ada KK betul ubah pelanggan baru nomor lama nya Upgrade.

    Cs itu bentul tawarkn ke pascabayar atw nm nya mnjd kartu halo itu upgrad jd pelanggan tetap, hnya butuhkan ktp sj karena isi kontrak baru dg nomor lama dan tdk perlu kk lg. memulai pelanggan dan jaringan baru pasca byr itu ditawarkan sdh mau ya sdh sblm di proses, katanya tdk ada pilihan lain sayang dg nomor nya,

    Gmn sihh gregeten dechhhh…… kdg sm org bodoh yg tdk mau tahu dan tdk mau belajar dan klausula klu sdh naik ke pascabyr sdh tdk bisa lagi Turun ke nomor Prabayar itu ketentuan Telkomsel ataw Telkom telpn rumah sm sj, sdh kls 1 sdh disetujui naik kelas 2 masa turun ke kls 1 lg, ga bisa cin…. gregeten sj sm org yg bodoh tdk mau belajar.

    Tdk bisa jd prabayar lagi diisi pulsa, kan sdh upgrad jd pascabyr model pke dulu byr nti tanggal tagihan muncul tiap bulan. klu tdk mau ya ngajukan di tutup dg byr prjanjian bermaterai 10.000 lg dan nomor mati.

    Mau prabayar lagi ya beli nomor baru lg registrasikan nik ktp dan kk wajib utk prabayar REG 4444 atw dibntu CS. klu pascabyr hny ktp sj dan tanda tgn kontrak tdk butuh KK.

    sy paham krn jg pnya pasca byr kartu halo kbtulan smp 5 nomor dan 1 nomor sjk th 2000. kartu halo telkomsel sy di berikan limit pakai Domestik 10 jt dan pernah limit 20 jt saat mo jln kluar negeri dan limit internasional 2, 5 jt jadi pnya limit bulanan 12,5 jt ( wlw byr sesuai pakainya sj)

    Semoga ilmu ini buat dirimu cantik dan pembaca lainya. spy tdk asal asalan Tks

    3
    1
  • 6 Juni 2021 - (16:13 WIB)
    Permalink

    Saya dulu 2016 atau 2017 upgrade kartu 3g ke 4g cuma diminta ktp, ga perlu kk, trus tunggu bentar, udah jadi 4g prabayar…

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Telkomsel Memanfaatkan Perbedaan Data untuk Memaksa Konsumen Migrasi k…

oleh karmila kisanti dibaca dalam: 1 min
19