Keluhan Fitur Langganan Tokopedia

Pagi hari Kamis 10 Juni 2021 pukul 04.30, saya pesan sebuah produk di Tokopedia. Saya kaget karena pas mau bayar pakai OVO, kok saldonya berkurang? Kemudian saya cek riwayat pembelian di Tokopedia, ada transaksi yang tidak saya kenal berupa pembelian token PLN senilai Rp102.500 pada tanggal 28 Mei 2021 pukul 04.01 WIB. Kemudian saya cek di riwayat OVO dan benar telah dibayarkan berupa OVO Point dan OVO Cash senilai tsb pada tanggal dan jam yang sama.

Merasa tidak pernah membeli Token PLN untuk rumah yang tidak pernah saya gunakan lagi, lalu saya komplain ke Tokopedia dan OVO. Menurut CS, saya mengaktifkan fitur langganan berupa autodebit OVO untuk token PLN Rp100 ribu di rumah tsb, sejak 28 Januari 2021 pukul 16.04 WIB.

Saya kaget, karena merasa tidak pernah mengaktifkan fitur tsb dan saya tahu ada fitur langganan setelah CS-nya memberi tahu ada fitur tsb. Kemudian saya cek di transaksi, statusnya “Tidak Berhasil”. Memang sejak Januari 2021 sampai April 2021 terjadi beberapa kali pendebitan di OVO. Namun karena saldo OVO pada bulan tsb tidak mencukupi, akhirnya transaksi gagal.

Yang menjadi keluhan saya adalah, saya tidak pernah mengaktifkan fitur tsb tapi CS tetap bilang bahwa itu diaktifkan oleh customer (saya) dan silahkan dinonaktifkan melalui langkah-langkahnya. Lha saya aja baru tahu ada fitur langganan, kok disebut mengaktifkan sendiri? Apa ada mahluk goib yang mengaktifkan fitur tsb? Atau entahlah.

Saya hanya ingin memberikan masukan kepada Tokopedia agar fitur langganan tsb diberikan notifikasi sebelum terjadi pendebitan, sehingga bisa diputuskan apakah lanjut atau batal. Satu hal lagi, anehnya di email saya tidak ada informasi terjadi pembelian token PLN tsb. Padahal biasanya kalau pembelian manual selalu ada informasi ke email.

Demikian keluhan saya. Terima kasih.

Daeng Mokhamad Dhany R
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:8    Rata-Rata: 2.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

5 komentar untuk “Keluhan Fitur Langganan Tokopedia

  • 11 Juni 2021 - (12:11 WIB)
    Permalink

    sepertinya secara tidak sengaja dan tidak sadar sudah terklik langganannya
    saat ini apakah sudah dinonaktifkan? yang penting kedepan tidak terjadi lagi pendebetan

    • 11 Juni 2021 - (14:03 WIB)
      Permalink

      Betul sekali.Tadi CS menyampaikan demikian. Saya berikan masukan agar ada follow up setelah tombol check list atau konfirmasi dan notifikasi agar customer dapat mengetahuinya

  • 11 Juni 2021 - (14:01 WIB)
    Permalink

    Tadi sktr jam 10.30 WIB saya dihubungi via telp oleh CS Tokopedia dan disampaikan bhw pada waktu check out belanja Token terdahulu ada tanda check list yg mgkn tidak sengaja tertekan sehingga menjadikan langganan.
    Sdh ditanggapi oleh pihak Tokopedia dan masukan yg saya sampaikan akan di follow up agar tidak terjadi lagi pada customer Tokopedia lainnya.
    Jadi pada waktu check out pembelanjaan mohon hati2 dan dibaca dg teliti.
    Pihak Tokopedia telah memberikan tanggapan dan solusi atas token listrik yg sdh dibeli dan dengan demikian saya anggap persoalan ini sudah terselesaikan dengan baik

    • 11 Juni 2021 - (15:20 WIB)
      Permalink

      Sudah di follow up sekitar jam 10.30 WIB oleh CS Taffy dan dapat diselesaikan dg baik keluhan nya dan juga solusi nya atas pembelian token PLN yg sudah terlanjur di debit OVO. TERIMA KASIH TOKOPEDIA yg sudah cepat tanggap dan memberikan solusi terbaik kepada para customer nya

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Keluhan Fitur Langganan Tokopedia

oleh Dhany dibaca dalam: 1 min
5