Shopee Membatasi Akun dan Menahan Dana Hasil Penjualan Tanpa Alasan yang Valid

Saya seller yang berjualan di Shopee (nama toko: paopao.collection). Saya sudah berjualan di Shopee kurang lebih 2 tahun. Selama saya berjualan di Shopee, tidak pernah saya mengalami permasalahan seperti ini. Pada tanggal 8 Juli 2021, saya mendapatkan notifikasi dari aplikasi Shopee bahwa akun saya dibatasi. Saya sudah menanyakan hal tersebut kepada Tim Shopee, tapi mereka sendiri tidak dapat menyebutkan dan membuktikan kesalahan saya.

Jujur saya kaget, karena hal tersebut mengakibatkan saldo penghasilan di akun saya jadi ditahan oleh pihak Shopee. Padahal pembeli sudah konfirmasi penerimaan barang dan sudah lewat dari estimasi pelepasan dana ke saldo penjual saya.

Saya sudah mencoba untuk menyelesaikan masalah ini kepada Tim Shopee baik melalui chat, email, telepon dan media sosial akun resmi milik Shopee. Namun sampai saat ini saya belum menemukan “titik terang” di balik permasalahan ini.

Respon Tim Shopee dalam menangani masalah ini juga sangat buruk terkesan seperti bermalas-malasan dan tidak profesional. Saya chat melalui aplikasi selalu dibalas dengan template. Saya merasa seperti bukan chat dengan agen Shopee, melainkan dengan bot. Sering juga ketika saya chat dengan Agen Shopee, sesi telah diakhiri sepihak oleh Agen ybs. Seperti sengaja melarikan diri dari tanggung jawab, padahal saya belum selesai menceritakan detail permasalahannya.

Ketika ditelepon juga CS Shopee seperti ogah-ogahan, tidak ramah dan tidak sopan. Belum selesai saya bercerita kronologinya, sudah dimatikan panggilannya. Via email juga sama, direspon dengan template dan hanya disuruh menunggu tanpa kepastian.

Kemudian saya disarankan agar mengisi formstack sebagai syarat untuk memulihkan akun saya yang dibatasi. Awalnya saya menolak karena saya merasa ini bukan kesalahan saya, kenapa harus saya yang dirugikan dengan memberikan berbagai informasi data pribadi yang menurut saya privasinya harus dijaga? Karena hal ini sangat riskan bila sampai ke orang yang tidak bertanggungjawab.

Namun akhirnya saya terpaksa mengisi formstack tersebut karena saya sangat butuh uang yang ditahan oleh pihak Shopee untuk bertahan hidup, memenuhi kebutuhan, dsb. Mengingat nominalnya sangat besar dan uang pegangan saya saat ini sudah mau habis. Dari total Rp50.940.346 yang tertahan, saat ini sudah ada total 44 jutaan rupiah yang sudah berhasil saya cairkan ke rekening bank saya, tinggal sisanya sebesar Rp5.925.000 yang masih ditahan Shopee.

 

Jujur uang tersebut juga bukan sepenuhnya milik saya, karena akan saya gunakan untuk melunasi hutang modal usaha saya. Sebagai informasi tambahan bahwa saat ini banyak anggota keluarga saya yang sedang positif Covid-19, dimana memerlukan banyak biaya untuk membeli kebutuhan, dsb.

Yang membuat saya lebih cemas adalah, setelah saya berhasil mengirimkan formstack tersebut, saya langsung menerima SMS notifikasi yang diduga penipuan dengan mengatasnamakan Shopee bahwa saya telah memenangkan undian berhadiah. Sejak saya mengisi formstack tersebut sampai sekarang ada 3 SMS yang masuk ke nomor hp saya yang terdaftar di akun Shopee saya.

Dari awal juga saya sudah merasa ada yang janggal, karena setiap kali saya mencoba menghubungi Tim Shopee selalu saja diminta data-data pribadi. Padahal jika memang benar dari Shopee, seharusnya tidak perlu lagi menanyakan hal yang sudah sesuai di aplikasi, kecuali datanya berbeda (mengajukan perubahan data) maka patut untuk dicurigai. Berbeda dengan e-commerce lain.

Hal ini tentu membuat saya kesal, kecewa, stres. Karena setelah saya mengirimkan data pribadi tersebut Tim Shopee, bukannya langsung menindaklanjuti permasalahan saya, tapi malah disuruh menunggu terus, tanpa kepastian. Serta bonus SMS berisi link penipuan undian berhadiah yang mengatasnamakan Shopee.

Saya takut jika seperti ini terus, nanti dana yang ditahan tersebut suatu saat akan hilang dan/atau disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Kalau sampai terjadi demikian, apa Shopee mau bertanggungjawab atas kelalaian mereka?

Saya juga curiga yang mengirimkan dan/atau melakukan penipuan atas nama Shopee memang “orang dalam” Shopee. Karena selama saya menggunakan berbagai macam aplikasi e-commerce, saya sering menerima SMS penipuan mengatasnamakan Shopee. Tidak pernah atas nama e-commerce lain. Jika dilihat dari sisi hukum terkait kasus di atas, maka Shopee telah melakukan dugaan tindak pidana penipuan dan/atau penggelapan serta wanprestasi.

Apa memang ini cara Shopee untuk mendapatkan penghasilan (salah satunya dengan menahan dana penggunanya)? Bayangkan ada berapa banyak pengguna (baik seller maupun pembeli) dan nominal uang yang ditahan sepihak oleh Shopee tanpa alasan yang jelas dan valid. Dari kasus saya ini saja Shopee sudah berhasil menahan dana penghasilan saya sebesar 5 jutaan rupiah, belum termasuk dari pengguna Shopee yang lain.

Untuk itu kepada Tim Shopee (jika benar-benar sudah membaca dan memahami kasus ini dengan baik, bukan sekedar template untuk formalitas), saya mohon agar permasalahan saya segera di follow up. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan oleh pengguna setia kalian. Saya jualan di Shopee karena percaya keamanan sistem kalian, tapi jika tidak segera diperbaiki maka jangan harap saya akan menggunakan Shopee lagi.

Terkait hal di atas saya pegang semua bukti yang mendukung terkait kasus ini, hanya sengaja tidak saya upload semua (detail) kronologinya, demi keamanan.

Saya harap melalui tulisan saya ini masalah saya dapat dengan cepat diselesaikan dan menjadi pelajaran bagi kita semua untuk lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan aplikasi e-commerce serta Tim Shopee segera memperbaiki sistemnya agar kejadian serupa tidak terulang kembali sehingga merugikan banyak pihak.

Terima kasih.

Paulin Matias
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

48 komentar untuk “Shopee Membatasi Akun dan Menahan Dana Hasil Penjualan Tanpa Alasan yang Valid

    • 12 Juli 2021 - (10:30 WIB)
      Permalink

      Kl lihat tokonya di toped atau lazada, sepertinya jualan produk apa saja yg bisa dijual. Entah punya stock sendiri atau dropshipper. Hanya dia yg tau.

      • 13 Juli 2021 - (19:21 WIB)
        Permalink

        toko saya saat ini hanya ada di shopee (sedang diblokir) dan tokopedia saja kak. ya benar kak saya jual apa saja yang bisa dijual. barang ada yang stock sendiri ada yang dropship.

  • 12 Juli 2021 - (18:05 WIB)
    Permalink

    Sama persis seperti saya. Tiba2 akun saya dibatasi F02 setelah menerima pesanan dan memproses pesanan akun langsung tidak dpt dibuka. Mulai dr email dan tlp cs shoppe tanggapan mereka tidak jelas seolah2 dengan sengaja ingin mengambil uang transaksi penjual..

    • 13 Juli 2021 - (02:16 WIB)
      Permalink

      Saya coba search pencarian di shopee gak ketemu paopao.collection. saya coba serach di google ketemu, tapi begitu diklik katanya akun dihapus/diblokir/dibatasi. Sayang sekali, itu dana yang sangat banyak. Semoga permasalahan agan cepat selesai, dan keluarga agan yg sakit bisa cepat sembuh?

      • 13 Juli 2021 - (19:27 WIB)
        Permalink

        ya kak, sampai saat ini uangnya masih ditahan pihak shopee secara sepihak dan memaksa tanpa alasan yang valid. Amin” terima kasih atas doa nya kak. semoga kebaikan juga berbalik ke agan. ?

    • 13 Juli 2021 - (19:23 WIB)
      Permalink

      ceritain aja kak, detailnya kronologisnya. mungkin nanti saya bisa bantu mau ajukan gugatan class action kalau memang dari shopee tidak ada itikad baik

      • 24 Juli 2021 - (09:36 WIB)
        Permalink

        Saya mengalami hal serupa gan.. tapi belum ada respon juga dari pihak shopee, sampai detik ini saya juga tidak tau alasannya kenapa akun saya di batasi, yang jelas menurut saya uang penjualan hak saya, jika akun di batasi itu hak shopee namun uang yang merupakan hak saya harusnya di kembalikan . .

        Akun Shopee di batasi F02

        Pada hari Minggu sekitar pukul 17:00 akun shopee saya \”Wildan_Sept\”. Gagal log in dengan pemberitahuan \”Akun sedang di tinjau karena alasan keaamanan (F02).

        Saya sudah melakukan banding dengan mengirimkan laporan ke Costumer Service shopee baik melalui chat ataupun Email dan di informasikan menunggu waktu 3X 24 Jam.

        Saya sangat berharap akun saya kembali di aktifkan kembali, mengingat saya baru saja melakukan penjualan produk di shopee selama 2 hari dan telah mengirimkan pesanan sesuai degan pesanan yang diterima, saya tidak merasa melakukan pelanggaran. Terlebih saldo penjualan saya di shopee masih tertahan di akun dengan nominal mencapai +- 3,7 Juta. Saya sangat berharap modal saya kembali bisa saya putar untuk mencari nafkah..

        Semoga pihak shopee melihat pesan saya ini dan akun saya kembali di aktifkan agar saya dapat berjualan kembali dan tetap percaya ber mitra dengan shopee..

        Salam.

        • 10 Agustus 2021 - (00:49 WIB)
          Permalink

          apakah permasalahannya sudah teratasi kak? saya berencana membuka pos pengaduan untuk pemblokiran sepihak. Jika banyak diantara kita yang menjadi korban, kita bisa melakukan gugatan class action.

          • 21 Juli 2022 - (09:33 WIB)
            Permalink

            Halo kak, saya juga mengalami hal serupa. dana saya tertahan di shopee sekitar 56juta rupiah. bila memang banyak yg bernasib tidak adil seperti ini, bisa kah kita menggugat shopee?

      • 25 November 2022 - (19:36 WIB)
        Permalink

        Semoga sehat selalu. bapak, ibu, kakak, abang, adik sekalian.
        Saya hanya ingin menyampaikan keluhan saya pada pihak market place Shopee.

        Hal diatas terjadi juga sama saya. Tapi akun saya aman dan tidak dibekukan shopee. Yang dikeluhkan adalah ketidak professionalnya kerja SDM Shope dalam menanganin masalah.

        Kronologi,

        Status saya sekarang sebagai penjual. Tgl 12.11.2022 pembeli memesan satu unit tablet samsung S8+. Dengan harga 12.599.999. Dengan berat 1.3 kg saya tulis dan ongkir yang dibayar pembeli menurut sistem 21.500. Semua sudah dibayar pembeli melalui online payment dan pada hari yang sama saya lakukan pengiriman barangnya dengan saya barengin asuransi pribadi seharga 30.200 dengan jasa kirim JNE. Dimana dana untuk asuransi akan dipotong dari dana penjualan saya seperti biasanya. Kemudian barang sampai ke tangan pembeli dengan aman tgl 15.11.2022. Keesokan harinya tgl 16.11.2022. Pembeli menyelesaikan pesanan dan memberikan penilaian pada barangnya serta bintang 5 diberikan. Nah yang biasanya setelah pembeli accept penerimaan maka dana penjualan akan dilepaskan shopee ke saldo penjualan saya kemudian baru bisa saya transfer ke rek. Bank saya. Tapi setelah ditunggu ternyata dana tidak dilepaskan shopee ke saldo saya. Malahan ditahan dananya.. tgl 16.11.2022 saya laporkan ke cs shopee. Katanya sesuai aturan yg berlaku dana akan dilepaskan paling lama 1×24 jam dihitung dari waktu pembeli menyelesaikan pesanan. Setelah 24 jam berlalu, shopee masih aja menahan dana saya. Kemudian saya buat laporan lagi tgl 17.11.2022. Dimana cs shopee menyatakan perlu waktu 3×24 jam untuk pelepasan dana ke saldo tidak termasuk sabtu. Minggu dan hari besar. Dengan berat hati saya menunggu yang dimana dana sangat diperlukan saya… tgl 21.11.2022. Adalah hari dimana 3×24 jam berlalu. Dana masih aja belum masuk ke saldo penjualan saya. Kemudian saya laporkan ke CS shopee dan mengatakan waktu yg diperlukan adalah 3 hari kerja bukan 3×24 jam. Dan saya disuruh tunggu tgl 21.11.2022 berlalu dulu. Kemudian cek saldo penjualan saya. Tgl 22.11.2022 dana belum juga masuk saldo. Saya tanyakan lagi ke CS shopee katanya perlu 5 hari kerja.. mampus lah kalau begitu cara kerjanya cs shopee. Kapan dana saya bisa dicairkan. All hasil saya tanyakan sebenarnya apa masalah nya sehingga dana saya ditahan shopee. Yang dimana penjualan sebelumnya ngak pernah terjadi demikian dan langsung masuk saldo penjualan begitu pembeli menyelesaikan pengiriman. Dikatakan CS shopee.. ada masalah pembaharuan ongkir pada pesanan dan tim terkait shopee lagi konfirmasi ke jasa kirim jne. Saya pun binggung. Soalnya waktu pengiriman, cs jne ada lakukan timbangan dan sesuai maka dicetak resi pengiriman. Maka saya tanyakan ke jne perihal tersebut. Kata pihak jne bahwa pengiriman barang telah selesai dilakukan dan ongkir tidak ada kendala sama sekali. Maka saya sampaikan ke CS shopee mengenai tanggapan jne. Dimana saya lampirkan screen shoot percakapan dengan jne. Tapi cs shopee ngak terima. Yang dikatakan bahwa yg berhak hanya pihak jne membalas surat laporan ke tim terkait shopee mengenai ongkirnya. Hari demi hari berlalu dan tiap hari saya tanyakan ke jne. Akhirnya tgl 23.11.2022. Jam 4 pagi. Tim JNE membalas laporan shopee perihal masalah ongkir. Yang kemudian shopee melalui email pada tgl 23.11.2022. Menyatakan kendala masalah pesanan saya telah selesai. Dan shopee akan segera melepas dana penjualan saya ke saldo..saya disuruh cek berkala saldo penjualan saya… ditunggu tunggu dana juga belum dicairkan shopee ke saldo. Tgl 24.11.2022. Saya tanyakan ke CS shopee kapan dana akan dilepaskan shopee ke saldo saya. Kata CS masalah telah selesai dan saya disuruh sabar menunggu pelepasan dana karena lagi dalam proses pelepasan dana oleh shopee. Saya nunggu dan masih aja di tahan. Per hari ini tgl 25.11.2022. Saya tanyakan kembali kapan shopee baru rela lepaskan dana saya ke saldo. Kata pihak cs shopee. Saya diharapkan tunggu. Karena masalah pesanan lagi dalam proses tim terkait shopee dan saya disuruh tunggu dan tunggu lagi bahwa saya akan diberitahu melalui email bila kendala sudah selesai diatasi.. loooo gimana nih market place shopee. Dimana email sebelumnya saya diberitahu kalau masalah nya telah selesai dan hanya tunggu pelepasan dana dari shopee dan cek berkala saldo penjualan saya… nah sekarang dibilang CS shopee. Kalau kendala masalah ini masih dalam proses tim terkait shopee. Hmmmmm shopeee oooo shopeee. Begitu buruk kinerja sdm shopee.

        Melalui keluhan ini. Saya harap tim shopee terkait lebih bijaksana dalam penanggulangan masalah yang terjadi. Jangan hanya menjawab. Tunggu. Dalam proses. Tunggu. Dalam proses… ampunnnn lah shopee. Dana saya yg tertahan dan dananya sangat saya perlukan. Tim shopee dengan santainya hanya bilang tunggu dan dalam proses.

        Saya harapkan masalah saya ini cepat diselesaikan shopee… saya lampirkan no laporan saya 1592783212187840576.

        Terima Kasih.

    • 17 Agustus 2021 - (02:39 WIB)
      Permalink

      jadi sekarang gimana kak? akunnya masih dibatasi dan uangnya masih ditahan?

      • 13 Juli 2021 - (20:17 WIB)
        Permalink

        update terkini selasa, 13 juli 2021 ada orang yang menelpon dan mengirimkan email mengaku dari pihak shopee. meminta saya untuk “take down” surat pembaca saya ini dan/atau memberikan klarifikasi terkait hal ini. saya telah jelaskan bahwa sesuai syarat dan ketentuan di media konsumen, bahwa apa yang sudah di posting tidak dapat di take down. dan juga sudah saya jelaskan kepada pihak Shopee, bahwa saya hanya akan klarifikasi sesuai kenyataan yang saya alami. sebagai informasi tambahan terkait kasus ini
        pihak yang mengaku dari shopee ybs menyatakan bahwa alasan akun saya dibatasi dan dana saya ditahan ialah karena banyak pembeli yang belanja di toko saya menggunakan kupon cashback dan gratis ongkir shopee di toko saya. sungguh alasan yang sangat tidak bisa saya terima. karena saya sudah menjalankan kewajiban saya selaku seller yaitu memproses pesanan yang masuk. dan juga jika orang membeli ditempat saya, saya juga sudah dibebankan potongan biaya administrasi, dll oleh shopee. yang lebih tidak manusiawi adalah sudah saya jelaskan bahwa keluarga saya banyak yang lagi sakit covid-19 dan juga saya mau gunakan uang tersebut untuk membayar hutang tidak diperhitungan oleh shopee. padahal uang tersebut sudah menjadi hak saya tapi masih di tahan shopee tanpa alasan yang jelas. sebenarnya masih panjang ceritanya, nanti mungkin akan saya jelaskan lagi dilain waktu jika saya sempat. ini saya sengaja meluangkan waktu untuk mengupdate terkait kasus ini. sekarang saya ingin fokus untuk mensupport keluarga saya yang sedang sakit dan memulihkan diri saya dulu. namun sampai saat ini, yang dapat saya simpulkan ialah HATI” KEPADA SELURUH PENGGUNA SHOPEE (BAIK SELLER MAUPUN PEMBELI) DIMANAPUN KALIAN BERADA, JANGAN TERGIUR PROMO YANG DIADAKAN SHOPEE KARENA AKAN BERUJUNG PADA KETERBATASAN AKUN DAN/ATAU PENAHANAN DANA SEPIHAK TANPA ALASAN YANG VALID. daripada jadi korban penipuan shopee seperti saya, jadi stress, bawaannya mau marah terus, susah tidur, tidak nafsu makan, down, imun juga jadi turun, jadi sakit”an. saran saya sebaiknya kalian bertransaksi di e-commerce lain saja dulu, agar tidak terjadi kendala seperti yang saya alami. karena saya cek ternyata diantara e-commerce lain memang shopee paling banyak menerima komplain dari penggunanya.

        4
        1
        • 10 Agustus 2021 - (00:52 WIB)
          Permalink

          saya turut bersimpati pada kasus kakak dan juga kondisi keluarga kakak. Apakah permasalahan ini sudah diselesaikan kak? saya berencana mengumpulkan orang orang yang mengalami kasus yang serupa, jika ada banyak korban yang mengalami hal serupa, kita bisa melakukan gugatan class action.

          • 17 Agustus 2021 - (02:41 WIB)
            Permalink

            terima kasih kak. sampai saat ini kasusnya masih berlanjut karena akun saya masih di nonaktifkan dan juga dana penghasilan saya belum dikembalikan. boleh kak kita diskusi sama”. saya niat mau ke polda juga nanti kalau shopee masih belum ada itikad baik.

      • 30 November 2021 - (07:26 WIB)
        Permalink

        Kasus sama dana saya sebesar 5,5 juta, ditahan shopee sudah 1 tahun sampai konentar ini dibuat belum ada kepastian, tolong bagaimana caranya supaya dana saya kembali, janji terakhir tim shopee katanya nunggu 1 tahun sekarang sudah genap 1 tahun belum juga dikembalikan, pusing

  • 13 Juli 2021 - (19:57 WIB)
    Permalink

    Jual apa Kak 3x transaksi berbeda masing-masing Rp 2.000.000 ongkir Rp 9.000? Alamat yg sama kah? Pakai voucher kah? Rp 50.940.346 itu kan statusnya ‘pesanan sedang diproses’ masih dalam pengiriman atau pembeli belum konfirmasi barang diterima.

    • 13 Juli 2021 - (20:16 WIB)
      Permalink

      jual barang elektronik kak. ya kak alamatnya sama, kalau soal pakai voucher saya kurang tau soalnya tidak ada notifikasinya kalau di tokopedia kan bisa cek. di shopee ga ada fitur yang dimaksud. yg 50jtan itu 3 hari yg lalu kak, sebelum tulisan saya di posting. namun saat tim media konsumen konfirmasi ke saya, sudah saya update jadi sampai saat ini dana yang masih di tahan shopee ada 5jtaan. statusnya sudah selesai kak sudah di konfirmasi pembeli dan sudah lewat estimasi garansi shopee.

  • 13 Juli 2021 - (20:58 WIB)
    Permalink

    Kepada : Seluruh rakyat di Indonesia. saya mau minta tolong, kalau ada yang mengalami hal yang serupa dengan saya bisa juga kita berdiskusi bersama. saya rencana akan ajukan gugatan class action apabila memang terbukti ada banyak orang yang menjadi korban penipuan shopee seperti kasus saya diatas. silahkan diceritakan kronologisnya. agar dapat segera di tindaklanjuti. nanti saya akan ceritakan juga kronologis” detailnya, bukti” semua akan saya ungkapkan melalui media sosial baik itu instagram, youtube, tiktok, dsbg. supaya tidak ada korban lagi seperti saya dan yang lainnya. mohon dibantu viralkan juga ya. terima kasih.

    5
    2
    • 13 Juli 2021 - (21:12 WIB)
      Permalink

      Ya saya aja yang sebagai pengguna sudah tertipu akun istri saya ditelpon mengaku pihak Shopee dan bilang dapet danna bonus 1 juta, dan akan diberikan dari saldo paylater dan dan Shopee pinjaman. Dan setelah di ikuti cara yang mereka arahkan alhasil saldo Shopee pay dan pay later hilang jadi 0 dari 2 jt. Dan ternyata tagihan pun masuk ke akun istri saya. Setelah itu saya lakukan pelaporan malah tanggapan tidak jelas dari pihak Shopee malah saya disuruh ya bayarkan saja pak karna itu kan akun atas nama istri bapak. Intinya sih klo emang saya pakai saya pasti bayar, tapi klo saldo keduanya ternyata diambil oleh orang dalam yang bekerja di Shopee masa saya harus bayar??? Mau nyari untung apa gimana nih, sekarang klau memang bukan pihak dalam Shopee mana tau bisa sampai tau pasword default admin.

    • 7 Mei 2022 - (05:52 WIB)
      Permalink

      Hallo sis…
      Mau tanya sekarang dana di shopee nya gimana ya?
      Soalnya saya baru2 ini mengalami hal serupa tapi akun saya tidak dibatasi hanya saja saldo penjualan saya di tahan sama pihak shopee…
      Walau uda menelpon puluhan kali tetap saja masalahnya ga selesai2…

  • 14 Juli 2021 - (15:33 WIB)
    Permalink

    update tanggal 14 juli 2021 pkl 15.21 WIB sampai saat ini pihak shopee masih belum menunjukkan itikad baiknya. masih saja banyak alasan dan hanya bisa menyuruh menunggu tanpa kepastian. tolong bagi semua pihak yang telah membaca tulisan saya ini. kondisi lagi covid-19 umur manusia tidak ada yang tau sampai kapan. saya yakin kita semua sedang berjuang untuk tetap bertahan hidup ditengah pandemi ini. selagi masih ada kesempatan izinkan saya untuk melakukan suatu hal yang baik, yang mungkin bermanfaat bagi kita semua. untuk yang mau diskusi terkait kasus ini dan kasus yang lain boleh silahkan mampir ke akun instagram non-komersial yang baru saya buat search : diskusisolusi atau klik : https://instagram.com/diskusisolusi?utm_medium=copy_link
    rencana melalui akun ini saya mau berbagi ilmu yang saya punya. semoga bisa membantu. mohon bantuannya, semuanya. terima kasih

  • 15 Juli 2021 - (15:44 WIB)
    Permalink

    saya hari ini mengalami kaya gini kak , kelanjutan masalah kk gmna skrg ?
    sudah bisa masuk ke akun shopee kah ?

    • 17 Agustus 2021 - (02:43 WIB)
      Permalink

      masih belum selesai masalahnya kak. masih lanjut kasusnya. masih belum bisa log in akun tsb kak. masalah kk gimana sekarang?

  • 15 Juli 2021 - (16:38 WIB)
    Permalink

    update tanggal 15 juli 2021 sekitar pkl 15.11 wib pihak shopee menghubungi saya melalui telepon, setelah kami berdiskusi akhirnya pihak shopee berjanji akan segera memulihkan akun saya jika saya sudah menulis klarifikasi info terkini terkait permasalahan ini. demikian update yang dapat sampaikan. ditunggu itikad baik sari shopee. terima kasih

    2
    1
    • 24 Juli 2021 - (21:30 WIB)
      Permalink

      update 24 juli 2021 maaf saya baru sempat update terkait kasus ini. karena kondisi saya sedang sakit (naik turun). ini saya sempatkan untuk update. saya bersyukur masih diberikan kesempatan untuk tetap hidup. klarifikasi yang bisa saya berikan adalah tetap sesuai fakta dan kenyataan yang saya alami. pada tanggal 21 juli 2021 akun shopee saya di tutup permanen (secara sepihak dan memaksa oleh shopee). kami masih belum menemukan kesepakatan. kasus ini masih akan berlanjut selama saya masih hidup, sampai shopee mengembalikan hak saya. saya tetap akan mempertahankan dan memperjuangkan hak saya. untuk detail kronologisnya nanti akan saya berikan ketika kondisi saya sudah benar” pulih. terima kasih.

  • 16 Juli 2021 - (17:21 WIB)
    Permalink

    update tanggal 16 juli 2021 sekitar pkl 16.00 wib sampai saat ini saya selaku penulis dan pihak shopee masih belum menemukan kesepakatan. pihak shopee hanya mengutarakan janji palsu, namun tidak memberikan bukti nyata. setelah saya klarifikasi kemaren, tidak membuahkan hasil apapun. akun saya masih dibatasi dan sebagai informasi tambahan dana hasil penjualan saya tersebut diatas malah transaksinya di batalkan sepihak oleh shopee. pada akhirnya shopee bukannya memperbaiki sistemnya dan mengakui kesalahan. malah memperburuk keadaan. saya selaku seller sangat dirugikan barang sudah dikirim dan di konfirmasi pembeli. tapi uang penghasilannya malah jadi hilang ntah kemana. saat ini kondisi jiwa dan raga saya makin memburuk akibat perbuatan shopee. dada saya mulai sesak, nafas saya mulai sulit, rasanya mual, ingin muntah, tidak nafsu makan, asam lambung jg naik, saya stress, mulai batuk dan flu jg. saya hanya bisa pasrah, dengan keadaan sekarang. mungkin ini tulisan terakhir dari saya karena kondisi saya sangat drop, saya tidak tau besok masih hidup atau tidak. mohon doanya untuk semuanya, semoga saya masih bisa bertahan hidup dan memperjuangkan hak saya. terima kasih shopee sudah membuat orang yang sehat menjadi sakit bahkan hampir meninggal. pesan saya masih sama untuk semua yang membaca ini hati” dengan shopee. untuk shopee tolong kalau salah ngaku, perbaiki sistem kalian. cukup saya jadi korban penipuan kalian yang terakhir. jangan sampai ada korban lagi. terima kasih.

    1
    2
  • 16 Juli 2021 - (18:23 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama kak.
    Akun saya terkena F02, sampai sekarang belum ada uang hasil penjualan saya sedikit pun dikembalikan.
    Total uang penjualan saya ada berkisar 2 jutaan.
    Barusan saja saya dapat balasan email kalau akun saya tak bisa dipulihkan dan uang tak bisa ditarik.
    ****** ini market place 1 satu ini.

  • 22 Juli 2021 - (22:37 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami masalah yg sama
    Pada tanggal 25 Mei 2021, ada pembelian di akun Shopee saya, barang sudah diterima Pembeli namun akun Shopee saya diblokir Shopee sementara masih ada Saldo sekitar Rp15Jt. Saya sudah berusaha mengirim email, chat dan telepon CS. Semua CS menjawab sama dengan template, jika akun saya dilakukan peninjauan ulang dan tetap dinyatakan bahwa akun tidak dapat diaktifkan kembali. Perihal dana pada akun dikarenakan akun tidak bisa dipulihkan maka dana akan tetap tertahan pada akun.
    Yang paling penting, saldo penjual saya sebesar Rp15jt juga ditahan oleh Shopee. Pembeli sudah klik pesanan diterima namun pembeli meminta retur barang dan uangnya dikembalikan. Saya sudah meminta agar saya dapat menarik dana di akun Shopee saya atau mengembalikan dana ke akun Shopee Pembeli. Sangat kecewa dengan sistem.
    Nama Toko: Toko Usmani
    User name: p4u7icxnho
    Mohon dipulihkan akun saya karena masih ada transaksi dengan pembeli dan pembeli ingin barang nya dikembalikan dan uang dikembalikan ke Pembeli, pembeli juga sudah melapor ke Shopee. Terima kasih

    • 17 Agustus 2021 - (02:44 WIB)
      Permalink

      sekarang gimana kak kasusnya? akunnya masih ga bisa di akses? dananya belum dibalikin shopee?

    • 5 Oktober 2021 - (14:41 WIB)
      Permalink

      Kak apa masalahnya sudah selesai? Saya juga sama, log out sendiri, fo2, terus sudah email puluhan kali jawabannya cuma akun tidak bs diaktifkan dan dana ditahan. Ditanya bagaimana solusinya tidak pernah membalas. Sebagai seseorang yg mencari nafkah untuk keluarganya jelas saya keberatan sekali kalau dana ditahan begitu. Masi mending kalau cm dibatasi akunnya, lah ini tidak bs akses sama sekali, jadi tidak tahu apakah penjualan saya sudah diterima atau tidak oleh pembeli, apakah ada pesanan baru masuk, apakah ada komplain dsb. Sedih banget saya kak. CS sosmed di instagram juga ga bs bantu banyak, hanya disuruh menunggu dr email. Tapi jawabannya selalu sama, tidak bisa diaktifkan, dana ditunda. Sampai kapan begini ya ???

    • 22 Oktober 2021 - (16:21 WIB)
      Permalink

      Kak kelanjutannya bagaiaman sudah bisa cair kak dananya dan butuh berapa lama kak. Soalnya saya juga mengalami hal serupa akun F02 dari tgl 10 Oktober sampai sekarang kak.

  • 7 Mei 2022 - (06:09 WIB)
    Permalink

    Kejadian ini menimpa saya pas tanggal 15april 2022 dan sampai skg tgl 7mei 2022 dana penjualan saya masih ditahan sama pihak shopee tanpa ada nya alasan…
    Sudah telp ke CS shopee nya tapi mereka hamya menjawab akan dibantu di proses tapi kenyataan nya sampai skg saldo penjualan saya tidak balik

    • 18 Mei 2022 - (01:58 WIB)
      Permalink

      Saya juga sama akun dibatasi dan dana ditahan. Hanya diberikan info salam proses investigasi dan dana tidak akan dilepas sampai investigasi selesai tapi tidak ada kepastian dibutuhkan waktu berapa lama. Apakah ada kasus serupa lagi? Dan boleh di share bagaimana kelanjutannya, Apakah dananya akhirnya bisa cair?

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 48 komentar sampai saat ini..

Shopee Membatasi Akun dan Menahan Dana Hasil Penjualan Tanpa Alasan ya…

oleh Paulin dibaca dalam: 3 menit
48