Kecewa dengan Penanganan Transaksi Fraud Kartu Kredit BNI di Bukalapak

Pada hari Jum’at 6 Agustus 2021  pukul 16.37, saya ditelepon oleh BNI untuk konfirmasi apakah saya telah melakukan transaksi di Bukalapak sebesar Rp6.970.000. Saya bilang tidak, bahkan saya belum pernah bertransaksi di Bukalapak.

Pihak BNI menginformasikan agar saya dapat segera telepon Bukalapak dan minta pesanan dibatalkan, dikarenakan transaksi masih menggantung. Akhirnya saya langsung menelpon call center Bukalapak pada pukul 16.42 dengan nomor 150133.

Saya menelepon CS Bukalapak, dikarenakan setelah saya berbicara dengan CS BNI, saya diminta untuk segera menelepon agar dana bisa kembali. Pihak Bank BNI berkata jika ada konfirmasi dari Bukalapak bahwa dana kembali, maka akan dikembalikan segera. Namun setelah saya telepon, ternyata dari pihak Bukalapak perlu proses lama untuk mengecek. Padahal jika dilakukan dengan cepat saya rasa kasus ini pun dapat segera diselesaikan.

Setelah saya menelepon, saya diminta untuk menunggu 2×24 jam. Akhirnya saya pun menunggu. Namun keesokan harinya ketika saya telepon lagi, saya diminta menunggu kembali 3×24 jam.

Saya mulai bingung, kok lama sekali ya penanganannya? Akhirnya pada tanggal 9 Agustus 2021 saya sudah malas buat menelepon CS, karena selalu saya diminta menunggu. Saya coba kirim email untuk menanyakannya. Ternyata sesuai dugaan, pihak Bukalapak tidak dapat menyelesaikan permasalahan tersebut dan uang saya raib begitu saja.

Saya segera menelpon pihak bank dan pihak Bank BNI pun sangat menyayangkan atas keterlambatan dari pihak Bukalapak. Padahal jika dari pihak Bukalapak cepat uangnya akan terselamatkan, karena pada saat awal saya menelpon Bukalapak uangnya masih menggantung. Namun karena kerja Bukalapak lama, dananya sudah keburu dipakai oleh si penipu. Terakhir saya dapat emailnya seperti itu.

Sampai saat ini saya sangat amat kecewa terhadap penanganan dari pihak Bukalapak. Karena menurut saya tidak ada itikad yang sungguh-sungguh dari Bukalapak untuk membantu konsumen. Padahal jika saja Bukalapak di hari pengaduan langsung bergerak cepat, mungkin uang saya bisa terselamatkan.

Ina Sawitri
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tim Anti Fraud Bukalapak:
[Total:26    Rata-Rata: 1.4/5]
Tanggapan Bukalapak Perihal Kecewa dengan Penanganan Transaksi Fraud Kartu Kredit BNI di Bukalapak

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa terkait dengan kendala...
Baca Selengkapnya

7 komentar untuk “Kecewa dengan Penanganan Transaksi Fraud Kartu Kredit BNI di Bukalapak

  • 11 Agustus 2021 - (10:11 WIB)
    Permalink

    Minta formulir sanggahan transaksi kartu kredit ke pihak BNI aja kak. Udah jelas itu pihak merchant (Bukalapak) mengakui kalo itu transaksi fraud. Biar nanti pihak bank yg charge back ke pihak merchant (Bukalapak).

  • 11 Agustus 2021 - (18:23 WIB)
    Permalink

    Mbak, saya mengalami kasus yg sama. Sedikit beda kronologinya tp intinya transaksi fraud kartu kredit BNIS (kalau saya pegang kartu dr BNI Syariah). Saya langsung hubungi call center bukalapak sejam setelah transaksi penipuan itu, berharap bisa segera dibatalkan trannsaksinya dan dijanjikan akan mendapat follow up dalam 1x24jam. Tapi saya tunggu sehari belum ada tanggapan. Saya hubungi tiap hari jawabannya masih dalam penyelidikan. Hari ini saya telp lagi baru dijawab kalau transaksi sudah terlanjur diproses dan tidak bisa dibatalkan. Apa gunanya saya nunggu “penyelidikan” hingga 6×24 jam kalo jawabannya cuma begitu. Heran dengan Bukalapak yg sangat tidak koperatif dan ga konsisten dengan klaimnya yg mengaku anti fraud. Saya dirugikan 4,049,000 juta.

  • 11 Agustus 2021 - (19:58 WIB)
    Permalink

    Harusnya pihak bukalapak bisa melacak akun bukalapak yg melakukan transaksi tersebut dan membekukan/menonaktifkan akun tersebut, karena mereka mempunyai data semua akun. Dan sebenarnya pihak bukalapak itu msh menghold dana kita sampai barang diterima, kecuali memang produk digital seperti pembelian pulsa/kuota dll dimana pembayaran terverifikasi maka produk langsung terkirim dan tdk bisa dibatalkan. Tp disini TS tdk menjelaskan secara detail apakah memberikan kode OTP kpd si pelaku/tdk. Krn harusnya transaksi menggunakan kartu kredit itu akan menerima kode OTP.

  • 11 Agustus 2021 - (20:23 WIB)
    Permalink

    Bukalapak Belanja online tidak beres.sampai sekarang sy tidak akan lupa musibah sy alami .kejadian jam 3 sore 16/02 /2020. Bisa di cek di laporan Bukalapak 2 kartu kridit sy . yg nipu membaca .sampai sekarang sy masih belum bisa bayar di KK Bank .

  • 11 Agustus 2021 - (21:43 WIB)
    Permalink

    Transaksi KK seharusnya ada OTP kok masih bisa. Harusnya pihak bank saat konfirmasi kalau ada fraud pihak bank bisa langsung blokir KK.

  • 3 September 2021 - (10:25 WIB)
    Permalink

    saya jg mengalami tgl 11 juli 2021 dgn nominal 2,3jt
    sudah menghubungi bukalapak katanya statusnya msh ngambang kemungkinan bs dibatalkan tau2 besoknya dpt email bahwa tidak bs dibatalkan
    yasudah lah, anggap keteledoran sendiri

 Apa Komentar Anda mengenai Tim Anti Fraud Bukalapak?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Penanganan Transaksi Fraud Kartu Kredit BNI di Bukalapak…

oleh Ina Sawitri dibaca dalam: 1 menit
7