Diberi Nomor Resi Palsu oleh Toko Tekno Garage di Akulaku

Kronologi bermula pada tanggal 10 Agustus 2021 pukul 16:22, saya belanja di Akulaku, membeli sebuah laptop Asus A407 di toko/merchant “TEKNO GARAGE” dengan nomor pesanan: 1628587364973240849436.

Sebelum saya pesan, saya sudah menghubungi toko. Seller mengatakan barang ready dan saya dipersilahkan untuk memesan barang tersebut. Kemudian saya langsung melakukan pemesanan dan transfer uang muka untuk pembayaran pertama.

Pada tanggal 11 Agustus 2021 pesanan saya sudah dikemas oleh seller dan sedang menunggu pick up oleh kurir. Pada tanggal 12 Agustus 2021 pesanan saya sudah dalam pengiriman oleh jasa pengiriman JNE dengan nomor resi: 07424788533677.

Ketika saya cek nomor resi yang diberikan, ternyata tidak valid, sehingga saya tidak menemukan pesanan pada pengiriman oleh JNE. Kemudian saya langsung menghubungi penjual untuk menanyakan nomor resi yang diberikan salah melalui fitur chat yang ada di aplikasi Akulaku.

Sangat disayangkan pihak toko sangat tidak respon dan tidak ada solusi. Toko hanya membalas pesan saya dengan kata-kata “On Proses” dan setiap saya tanyakan pertanyaan yang lain hanya pesan robot yang membalas pesan saya.

Kemudian saya coba browsing di Google tentang reputasi Toko TEKNO GARAGE di AKULAKU ini. Alangkah kagetnya saya ternyata banyak customer yang melaporkan sudah ditipu oleh toko ini. Saya lihat beritanya di Google ada yang sudah kecewa dengan toko ini mulai dari tahun 2019, 2020 dan sampai 2021 ini.

Keluhannya ada berbagai macam, ada yang barangnya tidak dikirim, ada yang barangnya dikirim tetapi salah produk, ada yang pesan barang baru dan ternyata yang dikirim barang bekas dan dari semua laporan tersebut menyatakan resi yang diberikan juga palsu.

Yang saya heran kenapa pihak Akulaku masih membiarkan toko ini untuk berjualan dengan begitu banyak laporan yang tidak menyenangkan? Pihak Akulaku seakan membiarkan dan tidak bertindak apa-apa, seperti memblokir toko atau mengkaji ulang terkait sistem aplikasi yang seharusnya sebelum nomor resi diterbitkan oleh toko, dicek dulu oleh Akulaku apakah nomor resinya sudah benar. Nomor resi salah harusnya jangan diloloskan dan diterbitkan ke customer.

Pada tanggal 13 Agustus 2021 saya menghubungi Customer Service Akulaku, untuk menanyakan nomor resi salah yang diberikan oleh seller. Saya kecewa karena tidak ada solusi. Pihak Akulaku tidak mau menghubungi pihak seller dan hanya menyuruh saya menghubungi pihak seller. Padahal saya tidak punya nomor telepon seller. Saya hanya bisa menghubungi melalui fitur chat di aplikasi dan itupun pihak seller tidak merespon pesan saya. Kemudian saya disuruh menunggu 14 hari kerja baru pihak Akulaku bisa membantu permasalahan saya.

Kekecewaan saya belum berhenti sampai di situ. Setelah saya sabar menunggu selama 8 hari, saya dikagetkan lagi dengan status riwayat pesanan saya di aplikasi Akulaku. Pesanan yang tadinya sudah dikirim tanggal 12 Agustus dengan nomor resi PALSU, pada tanggal 17 Agustus ternyata nomor resi PALSU tadi hilang. Status berubah menjadi pesanan sedang dikemas, dan menunggu pick up kurir lagi.

Logikanya apakah bisa pihak seller berbuat seperti itu, atau ada yang salah dengan sistem Akulaku, mengingat banyak laporan buruk tentang toko TEKNO GARAGE yang dari 2019 sampai dengan 2021  sudah selama 3 tahun tetapi toko ini masih bisa bebas menipu para customer. Saya harap tidak ada kerjasama antara TOKO TEKNO GARAGE dengan pihak Akulaku.

 

Pada tanggal 18 Agustus 2021 saya menghubungi lagi Customer Service Akulaku, untuk menanyakan kenapa nomor resi PALSU tgl 12 Agustus bisa hilang dan status riwayat pesanan saya bisa berubah menjadi barang sedang dikemas pada tgl 17 Agustus. Berarti pada tanggal 12 Agustus barang saya memang belum dikirim oleh pihak toko.

Kemudian saya minta tolong untuk dibatalkan pesanan saya oleh CS. Namun saya kecewa karena CS tidak mau membantu saya, dan saya harus disuruh tunggu sampai dengan tanggal 2 September baru CS mau membantu saya. Untuk apa saya harus menunggu selama itu? Padahal di sini sudah jelas ada kesalahan pada sistem pesanan Akulaku, sedangkan tanggal jatuh tempo pembayaran cicilan pertama saya adalah tanggal 25 Agustus 2021. Kenapa saya baru bisa dibantu pada tanggal 2 September 2021? Saya diharuskan membayar cicilan pertama saya, sedangkan saya belum menerima barang apapun.

Saya mohon jika pihak Akulaku membaca keluhan saya ini mohon dibantu untuk membatalkan pesanan saya. Saya sebagai customer merasa dirugikan, karena fungsi Akulaku adalah sebagai jembatan antara customer dengan seller, jadi saya mohon keluhan saya diproses. Karena percuma saya telepon customer service tidak ada solusi sama sekali.

M Akbar Winardi
Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku:
[Total:10    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak M Akbar Winardi

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak M Akbar Winardi pada tanggal...
Baca Selengkapnya

2 komentar untuk “Diberi Nomor Resi Palsu oleh Toko Tekno Garage di Akulaku

  • 23 Agustus 2021 - (12:56 WIB)
    Permalink

    halo kak gimana pesanannya skrg? apakah sdh bisa direfund? saya jg pesan ditoko tsb tgl 17 dan disuruh menunggu sampai tgl 7 september

    • 24 Agustus 2021 - (07:59 WIB)
      Permalink

      Sampai saat ini sudah 14 hari tapi pesanan belum di kirim, status pesanan yg tadinya sudah di kirim dengan JNE dan nomor resinya saya cek palsu, tiba2 hilang nomor resi nya dan status pesanan berubah menjadi pesanan sedang di kemas lagi, saya sudah tlp CS akulaku tetapi tidak ada solusi dan hanya di sudah menunggu sampai 14 hari kerja baru keluhan saya bisa di proses,

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Diberi Nomor Resi Palsu oleh Toko Tekno Garage di Akulaku

oleh Akbar dibaca dalam: 3 menit
2