Lambatnya Proses Refund Shopee Food yang Sifatnya Pengajuan

Pada tanggal 20 Agustus 2021 pukul 12.44 WIB, saya pesan makanan lewat Shopee Food dengan nomor pemesanan 640180014192128271. Namun terjadi sedikit masalah, yaitu ada rambut di dalam makanan. Karena makanan itu disajikan untuk tamu dan tamu melihat hal itu, tamu saya tidak memakannya. Bukti video dan foto sudah saya serahkan kepada pihak Shopee dan saya masih menyimpan foto dan videonya.

 

Saya langsung komplain lewat CS Shopee, dengan niat mau ditukar sendiri ke resto. Namun CS Shopee bilang tidak bisa, lalu menawarkan opsi refund. Itu pun sifatnya pengajuan yang berarti bisa diterima, bisa juga ditolak. Saya pun akhirnya setuju refund.

Singkat cerita, setelah 2 minggu belum juga ada kabar. Setiap saya email dan chat CS, selalu diinfokan sedang dalam proses tim terkait dan kasus akan dinaikkan ke prioritas. Namun hasilnya?! Memang nilai refund tidak seberapa, tapi malu kepada tamu saya.

Alwin
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee Food:
[Total:4    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

27 komentar untuk “Lambatnya Proses Refund Shopee Food yang Sifatnya Pengajuan

  • 5 September 2021 - (19:14 WIB)
    Permalink

    aduh duh duit sikit aja gini kali complain mu. memang rasa malu mu bisa dibayar dg nilai refund yg tidak seberapa katamu. dan knp malu sedang itu bukan salahmu? rese. gk mau rugi. ya itulah km dari catatan aja udh terlihat seberapa rese km. memang berapa harga batagor 1 bungkus? ada 30rb? km pakai diskon makanan 25rb diskon pengiriman 9rb. itu klo km buang itu batagornya gk rugi km. tp menurutku km makan jg itu batagornya yg dibuang rambutnya aja. tamu km gk mau makan tp pasti km mau. kan km gk mau rugi. tapi tetap complain. ngakak

    5
    6
  • 5 September 2021 - (20:21 WIB)
    Permalink

    Maaf ga komen sama org yg TIDAK TAU PERMASALAHANNYA yg mana cm tau menghujat, menghina ataupun berkata2 tidak jelas. Jd bpk mau blg apapun gimana bapak saja bebas2 saja. Trm ksh

    1
    15
  • 5 September 2021 - (21:07 WIB)
    Permalink

    Makanan sdh di berikan ke org yg membutuhkan pak… Kami sentuh hanya membuang rambutnya jg di tambahkan dengan nasi dan air mineral.

    Sebagai tambahan saja di bandung harga batagor macam2 mulai dr 2rb sampai 18rb per pcs di daerah burangrang harga batagor 1 pcs 14rb di jalan bungsu 18rb. Trm ksh

    • 5 September 2021 - (21:49 WIB)
      Permalink

      Kalau mau yg streril dan higienis pesan McD atau Kfc aja bro

      Maklumin aja napa…

      Katanya malu sama tamu ,
      Apa gak malu nyuguhin tamu batagor..
      Hehehehe

      6
      2
      • 5 September 2021 - (22:16 WIB)
        Permalink

        Bukan itu masalahnya. Ini diusung oleh perusahaan sekelas Shopee seharusnya standardisasi harus sesuai.

        2
        5
        • 5 September 2021 - (23:51 WIB)
          Permalink

          Semua resto kecil2an /umkm
          Pasti berusaha agar makanannya bersih.

          Tidak seperti perusahaan besar yg waktu “proses pembuatan makanannya” memakai penutup kepala /rambut.

          5
          3
        • 6 September 2021 - (00:10 WIB)
          Permalink

          Betul sekali pak 82 (maaf nama yg muncul 82).
          Jika di grab jika bukti2 lengkap komplain tidak pakai lama. Pasti nanti ada yg tanya kenapa ga beli di grab saja? Kembali lg tamunya yg meminta sy pakai shopee, sy hanya merekomendasikan saja makanan yg enak.

          1
          4
      • 6 September 2021 - (00:01 WIB)
        Permalink

        Tamunya yg mau batagor gmn dong? Masa harus maksa yg bukan yg beliau mau? Makanya di awal sy blg yg tidak tau permasalahannya ya sprt ini…
        Kenapa harus malu dengan batagor? Ada yg salah dengan batagor? Coba sesekali main ke bandung beli batagor yg harga satunya 18rb.

        1
        7
        • 10 September 2021 - (12:20 WIB)
          Permalink

          Makin lucu lagi ah pak. Bilang tidak mencari keberpihakan, tapi nulis di media. Bapak kan sudah komplain ke shopee, tunggu saja. Karena kurang puas, bapak tulis di media. Untuk apa, ya agar yang baca bisa memberi “tekanan” ke pihak shopee toh. Coba kalau surat bapak ini tidak ada yang baca dan komen selain pihak shopee nya ? Kan sama aja bapak nulis email ke shopee jadinya.

          • 12 September 2021 - (13:00 WIB)
            Permalink

            Silahkan bpk mau blg apa bebas, mau lucu, mau apapun silahkan pak. Memang nulis di sini cari keberpihakan pak? Lalu apa shopee bisa di tekan melalui media ini? Coba tolong jelaskan sy kurang paham.
            Memang surat sy harus di komen? Mau komen silahkan, mau di baca silahkan, mau di apain jg silahkan tidak ada yg maksa kok, termasuk bpk mau komen apapun silahkan bebas2 saja, sy tidak ambil pusing. Hehehe….

  • 6 September 2021 - (00:35 WIB)
    Permalink

    Ya sudah jangan beli lagi di outlet tersebut kalau memang kecewa, beres..
    Kalau gak samperin aja lansung, simple

    3
    2
  • 6 September 2021 - (00:47 WIB)
    Permalink

    Jujur agak risih sama yang egois begini. Dilihat di catatan pembelian saja sudah terlihat ada ancaman. Huruf besar semua, yang artinya ingin di dilihat dan di perhatikan. Padahal mungkin permintaannya tersebut belum tentu termasuk dalam kesatuan produk. Maksudnya, jika produknya tertulis ayam goreng kecap, kita tidak perlu cape cape tulis dengan huruf besar : JANGAN LUPA PAKE KECAP. Karena jika tidak pake kecap, ya langsung komplain pasti ditanggapi tanpa harus mengancam tukar baru. Jika produknya tertulis ayam goreng, dan kita minta dikasih kecap, berarti itu pelayanan tambahan. Jika tidak dikenakan biaya, baiknya tidak perlu ancam ancam lah. Namanya juga pelayanan tambahan. Masalah masnya komplain ke shopee, itu hak mas. Silahkan digunakan. Tapi lebay juga sih kalo sampai masuk media begini. Pingin banget di denger kayaknya ya ?

    7
    1
    • 6 September 2021 - (02:12 WIB)
      Permalink

      Bebas sih mau bilang apa jg, mau egois,lebay atau apapun jg. Jika tidak mengerti permasalahannya ya wajar komen sprt itu. Kenapa sy tulis dengan huruf besar semua pasti ada sebabnya bukan semata2 ingin di dengar/diperhatikan/ apapun itu. Coba bpk pesan makanan di shopeefood lalu yg datang salah menu contohnya (krn sy pernah sprt itu) komplainnya super ribet banget… Tinggapi iya memang di tanggapi tapi ribet, pdhl bukan salah kita.

      Kenapa masuk media sprt ini? Ya silahkan saja bpk mau bicara apapun juga bebas2 saja krn sekali lagi bpk tdk tau masalah yg sebenarnya… Mau blg sy lebay, ingin di dengar atau apapun jg terserah bpk saja. Trm ksh

      1
      8
      • 6 September 2021 - (11:31 WIB)
        Permalink

        Ya bapak baiknya jangan bilang kita pembaca tidak tau permasalahannya. Ya di jelaskan detail dong di surat pembaca supaya kita tau apalagi yang jadi masalahnya. Dari informasi yang bapak berikan diatas itu, ya kita tau permasalahannya itu saja. Kita juga biasa pesan makanan online pak. Grabfood/gojek/shopeefood. Bahkan sekelas mcd aja kadang ada yang kurang. Padahal itu harusnya wajib ada di dalam. Bukan permintaan tambahan. Jika perlu komplain, ya komplain. Kadang sulit, kadang mudah. Jika tidak perlu komplain, ya tidak komplain. Itu kalau saya. Betul saran temen temen yang lain, jika kecewa, tidak perlu beli lagi. Kerugian uang dan malu nya pun menurut saya tidak seberapa. Tamu juga pasti ngerti itu bukan salah bapak. Tidak perlu satu indonesia tau mengenai kekecewaan bapak. Komplain bapak ke shopee ditunggu saja, karena itu hak bapak untuk komplain. Sekian, mohon maaf jika ada salah kata. Saya juga bukan manusia sempurna, hanya ingin menebarkan semangat saling pengertian dan toleransi

        6
        1
    • 6 September 2021 - (17:07 WIB)
      Permalink

      Saya ada resto di semua platform online, konsumen ShopeeFood yg paling rewel dibanding yg lain. Kebanyakan promo sepertinya, terlalu sering dimanja. Jadinya rewel amit2. Pernah tuh komplain krupuk kurang 2 biji, ya namanya lagi rame ya bisa keliru. Ya saya setuju refund aja itu duit krupuk 2 ribu perak.
      Ini komplain lama karena penjual banding, kalau penjual setuju refund cuma butuh 4-5 hri kerja.
      Harap sesuaikan harga dengan ekspetasi, sebagai konsumen kita harus bijak. Kondisi juga lagi sulit, jangan lagi bikin ruwet orang usaha cari mkn. Rambut mah normal kl mknan UMKM, tau lgi kl kelas resto d mall

      1
      4
  • 6 September 2021 - (06:15 WIB)
    Permalink

    Berbesar hati dan lapang dada saja, biar pun sopipud atau grebpud kl ada kesalahan dari resto, pasti butuh waktu investigasi. Berapa lama? Tergantung antrian. Sabar, yg laporan bukan hanya anda.
    Kenapa harus malu, kan yg salah bukan anda?
    Tamunya yg meminta pake sopipud, berarti tamu anda yg harusnya malu, bertamu koq pengennya promo dan diskon, ga tau malu.

    4
    1
  • 7 September 2021 - (14:42 WIB)
    Permalink

    Udah pakai diskon makanan 25 ribu, pakai diskon ongkir 9 ribu, ditambah catatan ribet. Kalau penjual bisa batalkan pesanan, pasti udah dibatalin. Order juga gak seberapa, yang order lebih mahal masih ada, emang kaum kere hore kek gini banyakan di Shopee, maunya perfect tapi kepengen murah atau bahkan gratisan. Lol

    5
    3
    • 7 September 2021 - (18:49 WIB)
      Permalink

      Dan biasa jg kaum asal jeplak, ngmg seenak udel sprt ini ga tau permasalahannya yg penting komen wkwkkwkw… Atur aja pak, bebas mau ngmg apaan jg

      1
      5
      • 7 September 2021 - (19:03 WIB)
        Permalink

        ih memang gk tau malu. berapa banyak disini yg mengkritikmu? hampir semua. yg membelamu? hampir tidak ada. lihat berapa yg unlike komenmu bandingkan dg yg like komenmu. gitupun masih merasa benar. dan lagi menghujat kecerdasan setiap orang disini dibilangnya gk tau permasalahannya. memang seberapa sulit persoalanmu. bahkan anak sd yg udh bisa baca dpt memahami persoalan ini. sombong. itulah dia. yg menolak kebenaran dan merendahkan orang lain

        4
        2
        • 8 September 2021 - (00:22 WIB)
          Permalink

          Mau di bully gimana pun jg sy ga peduli sprt yg di blg di atas mau di blg apapun terserah. Yg penting sy sdh sampaikan ke pihak shopee maksud dan tujuan sy, knp sampai muncul di media konsumen. Lgan ambil pusing amat dengan komen nitizen yg maha benar!! Mau di bully, di kata2in terserah… Bebas2 aja mau like mau unlike mau apapun terserah.
          Sy ga perlu menjelaskan di sini permasalahan yg sebenarnya karena sy di sini bukan mencari keberpihakan! Mau bully silahkan, mau di kata2in monggo, mau unlike boleh, mau di blg ga berpendidikan bebas, mau apapun terserah… Jd silahkan saja, ada yg mau tambahin? Hehehehe

          1
          5
        • 10 September 2021 - (13:10 WIB)
          Permalink

          duit balik, makanan dapat juga…
          harusnya hukuman buat penjualnya adalah review yang negatif aja

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee Food?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Lambatnya Proses Refund Shopee Food yang Sifatnya Pengajuan

oleh Hantu Malu dibaca dalam: 1 menit
27