Masalah Retur Paket COD Lazada, JNE Purworejo Parah

Saya mendapat pesanan COD tujuan Yogya via Lazada dengan kurir JNE. Resi otomatis sudah dikeluarkan oleh Lazada, dengan nomor: JNAC-0020764289 dan keterangan drop off ke agen JNE. Toko saya terdaftar di wilayah Purworejo, jadi otomatis ongkos kirim yang tercantum adalah Purworejo/Yogya dan itu sudah dibayar konsumen Lazada.

Karena saya ada rencana perjalanan ke Yogya, maka saya berpikir akan lebih cepat jika saya kirim via agen JNE Yogya. Singkat cerita saya bawa paket tsb ke Yogya dan segera melakukan pengiriman drop off ke agen JNE Yogya dan paket diterima dengan baik di sana.

Setelah melalui proses pengiriman, karena satu atau lain hal paket tsb gagal kirim ke tujuan (mungkin ditolak oleh pembeli/ pembeli memutuskan tidak jadi beli). Sampai di sini OK, no problem. Buat saya itu hal biasa dan saya yakin paket tsb pasti balik ke alamat pengirim di Purworejo, karena dalam sistem Lazada saya terdaftar sebagai penjual di wilayah Purworejo.

Kejanggalan mulai saya rasakan, karena retur paket tsb tidak kunjung sampai ke tangan saya. Setelah hampir dua minggu, saya coba tanyakan ke agen JNE langganan saya yang jaraknya kira-kira 700 meter dari rumah. Jawaban yang saya terima adalah “Paket sudah sampai, tapi masih disimpan di gudang Purworejo”.

Saya diberikan bukti foto tracking-nya dan memang benar tanggal 16 September sudah sampai di Purworejo (foto terlampir). Saya sempat bingung kenapa kok lama amat disimpannya, gak dikirim-kirim. Ya sudahlah, pikir saya beberapa hari lagi saya pasti dapat info untuk ambil di agen tsb (agen ini tidak pernah mau antar paket retur ke alamat pengirim). Namun apa yang kemudian terjadi?

Tanggal 30 September (tepat setengah bulan sejak paket retur), saya mendapat jawaban via whatsapp bahwa paket dikirim kembali ke Yogya, dengan alasan karena paket tsb di-drop off di agen Yogya. Dijelaskan lebih lanjut di pesan whatsapp tsb, bahwa saya harus ambil di agen JNE dimana saya drop off.

OMG, kok gitu amat ya? Tinggal selangkah lagi sudah sampai, kenapa harus membuat konsumen repot-repot melakukan perjalanan jauh? Seingat saya JNE gak gitu-gitu amat. JNE pusat yang di Tomang pelayanannya sangat bagus, tapi ini yang di daerah kok sangat mengecewakan? Tolong JNE pusat melakukan teguran keras buat agen Purworejo yang menurut saya pelayanannya parah. Ditunggu jawabannya.

Terima kasih.

Gunawan Budianto / Sie Sie TV On
Purworejo, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JNE Express:
[Total:20    Rata-Rata: 2.8/5]
Tanggapan JNE untuk Keluhan Bapak Gunawan Budianto

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen pada tanggal 4 Oktober 2021 berjudul “Masalah Retur Paket COD...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Masalah Retur Paket COD Lazada, JNE Purworejo Parah

    • 5 Oktober 2021 - (11:45 WIB)
      Permalink

      Capek kali denger ny resselr yg ga faham tata cara berjualan lewat market place dan sistem ekspedisi, nyalahin aja bisa nya,
      Maen ny kurang jauh ini orng,

  • 4 Oktober 2021 - (18:13 WIB)
    Permalink

    rasanya memang prosedurnya dikembalikan ke tempat drop off, jadi mesti ambil di tempat drop off

  • 4 Oktober 2021 - (21:45 WIB)
    Permalink

    Kasus ini sdh terselesaikan..saya appreciate dgn mas Andre pimpinan JNE Purworejo yg langsung sigap menangani permasalahnya.
    Semoga tidak ada permasalahan spt ini lagi di kemudian hari.
    Regards

  • 5 Oktober 2021 - (13:01 WIB)
    Permalink

    Untung selesai. Lain kali harus paham kalau ada retur biasanya dikembalikan ke tempat asal drop off. Kan ongkir dihitung dari tempat drop off dan karna cod artinya kurir rugi karna konsumen gak bayar

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Masalah Retur Paket COD Lazada, JNE Purworejo Parah

oleh Sie Sie TV dibaca dalam: 1 menit
6