Kiriman Barang di Shopee melalui JNE Tidak Diketahui Keberadaannya

Saya selaku penjual di Shopee. Pada tanggal 21 Agustus 2021, saya mengirimkan paket melalui JNE JTR untuk pesanan dengan nomor 2108215H8DX30S dari Jakarta tujuan Merauke, Papua. Menurut data di JNE, Jakarta – Merauke estimasi pengantaran adalah 24 – 33 hari untuk service JTR. Berarti paket yang saya kirimkan, perkiraan maksimum sampai tanggal 23 September 2021.

Namun pada tracking status di JNE, paket tersebut terupdate terakhir tanggal 3 September 2021 dengan keterangan Departed From Transit [Sub Gateway, SGD]. Status terhenti di tanggal itu dan tidak ada pergerakan/ update hingga waktu estimasi maksimum pengantaran yaitu tanggal 23 September 2021.

Tanggal 24 September 2021 pagi, saya telepon call center JNE mempertanyakan status pengiriman. Customer service JNE membuatkan laporan dengan nomor CAS – 15535540. Siang harinya di tanggal yang sama, pihak JNE menghubungi saya, bilang mereka belum mengetahui kepastian status paket tersebut ada di mana. Mereka berjanji untuk menghubungi pihak penerima dan menghubungi perwakilan JNE di Papua untuk kejelasan paket itu. Saya diminta untuk menunggu hingga tanggal 3 Oktober 2021 untuk maksimum pengantaran.

Tanggal 27 September 2021 saya info masalah ini ke pihak pembeli/penerima sekaligus menanyakan apakah ada pihak JNE yang menghubungi untuk menjelaskan perihal keterlambatan pengantaran. Ternyata pembeli menjawab tidak ada sama sekali. Dari sini saya sudah berpikir JNE tidak menepati janji, sehingga saya yang harus menjelaskan masalah pengantaran yang bukan menjadi kapasitas saya sebagai pengirim.

Saya tunggu hingga tanggal 2 Oktober 2021, status tracking JNE masih tetap belum ada update sama sekali sejak 3 September. Saya hubungi JNE lagi, jawaban mereka masih diproses dan akan di-follow up kembali ke tim terkait. Siangnya di tanggal yang sama, JNE menghubungi saya dan ajaibnya penjelasannya sama persis seperti di tanggal 24 September yang lalu yaitu masih ditanyakan ke perwakilan JNE di Papua mengenai paketnya.

Luar biasa ya, selama 8 hari JNE Pusat Jakarta bertanya ke JNE Papua belum dapat jawaban. Ajaibnya, agen customer service ini mengatakan tanggal 3 Oktober adalah maksimum paket sampai di Jayapura bukan di Merauke. Lalu saya tanya jadi kapan sampai ke penerima di Merauke? Agen ini tidak bisa menjawab dan hanya mengulang jawaban saja tanggal 3 Oktober itu sampai di Jayapura bukan Merauke, jadi butuh waktu untuk diteruskan ke Merauke.

Di sini saya merasa diputar-putar dan saya merasa JNE mengulur waktu. Sementara mereka tidak tahu paket itu ada di mana dan parahnya sudah jauh melewati batas estimasi pengiriman. JNE ini membuat waktu estimasi pengiriman asal-asalan?

Bertahun-tahun kirim barang ke ekspedisi, saya baru tahu kalau estimasi maksimum itu adalah estimasi sampai di kota transit, untuk sampai ke penerima ya suka-suka ekpedisinya ya? Hebat sekali cara kerjanya. Jawaban agen customer service juga sangat pintar ya, dipikirnya customer itu bodoh? Saya curiga barang itu hilang. Sebagai info barang yang saya kirim cukup besar, yaitu berupa jam dinding berdiameter 40an CM dan dipaking kayu. Barang sebesar itu bisa tidak diketahui keberadaannya hingga saat ini oleh JNE?

Melalui surat ini saya menuntut pertanggungjawaban JNE atas paket itu dan saya juga mohon bantuan Shopee untuk membantu follow up ke JNE, karena sepertinya saya menghadapi JNE seorang diri dibawa berputar-putar tanpa arah.

Yuliana Husin
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JNE Express:
[Total:17    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan JNE untuk Keluhan Ibu Yuliana Husin

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 5 Oktober 2021 berjudul “Kiriman Barang di Shopee melalui...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Kiriman Barang di Shopee melalui JNE Tidak Diketahui Keberadaannya

    • 5 Oktober 2021 - (08:48 WIB)
      Permalink

      DM apa? JNE menangani masalah seperti ini bagaimana?? Amatiran sekali! Kalau menanggapi caranya bukan seperti ini! DM kemana? Saya tidak mendapat jawaban apa2!

  • 5 Oktober 2021 - (14:20 WIB)
    Permalink

    Sekitar pukul 14.00 siang ini, pihak Shopee sudah menghubungi saya dan menyatakan tim terkait Shopee telah menghubungi pihak JNE mengenai masalah ini. Saya diminta untuk menunggu status pengirimannya sementara mereka yang akan melakukan follow up ke JNE. Terima kasih, Shopee.

  • 5 Oktober 2021 - (22:40 WIB)
    Permalink

    JTR ke papua ya lama banget pastinya dah. Mungkin masih di laut atau mungkin jg masih di jalan antah belantah. JTR gak pake pesawat jd bakal lama apalagi tunggu kapalnya dan naik truk ke meraukenya. Bisa2 nunggu truknya penuh baru jalan kali. Kalau masih di kapal ya gak terdetek

  • 6 Oktober 2021 - (00:01 WIB)
    Permalink

    Saya dulu pernah kirim 2 pesanan untuk 1 pembeli yg sama di shopee menggunakan Jne Jtr dari jkt ke Ternate. Dari sistem di app shopee, tertera estimasi barang sampai kira” 2 minggu dari tggal barang di drop. Sampai akhirnya pada minggu k3 saya cek lagi, gak ada perubahan status kiriman di shopee. Saya telp ke cs jne pusat dan ternyata dikatakan bahwa kiriman dr jkt ke ternate adalah 25-30 hari. Ternyata jauh dari estimasi yg ada di shopee. Saya chat ke cs shopee, dan mendapat jawaban melalui email yang menerangkan bahwa paket saya sedang dalam perjalanan di kapal **** menuju ke ternate. Dari info cs jne dan admin shopee, saya menyampaikan kabar tsb ke pembeli dan untungnya pembeli mau mengerti, walaupun paketnya gak nyampe barengan, karena yg 1 nyasar ke gudang jne yg berbeda.

  • 12 Oktober 2021 - (19:51 WIB)
    Permalink

    Saya juga pake JNE khususnya JNE Trucking. sering banget paket hilang. pdhl ukuran paket gede. dan cuma di ganti 10x ongkos kirim.

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Kiriman Barang di Shopee melalui JNE Tidak Diketahui Keberadaannya

oleh Yuliana dibaca dalam: 2 menit
8