Pelayanan dan Masalah yang Tidak Kunjung Ditindaklanjuti Pihak Bank BRI

Sebelumnya pada tanggal 17 Februari 2021, saya pernah mengirimkan keluhan ke Media Konsumen masalah penggantian kartu kredit BRI yang tidak kunjung sampai, menyebabkan saya tidak bisa buka e-statement. Karena dulu untuk membuka e-statement harus menggunakan nomor yang ada di kartu. Hal itu membuat saya tidak bisa membayar tagihan saya dan menyebabkan nama saya masuk ke dalam daftar kolektibilitas NPL.

Setelah keluhan saya ditayangkan di Media Konsumen, barulah pihak Bank BRI menanggapi keluhan saya dan akhirnya semua selesai. Kartu kredit sampai di tangan saya langsung dan saya pun langsung melunasi semua tunggakan saya.

Namun 1 bulan setelah itu, tiba-tiba datanglah tagihan yang dicetak, dan tagihan tsb dikirimkan ke alamat kantor saya yang lama. Padahal jauh sebelum masalah kartu yang tidak kunjung sampai, saya sudah melakukan perubahan data. Bahkan pada tahun 2020 billing selalu dikirimkan ke email, tidak pernah dicetak.

Anehnya lagi, semua data-data saya kembali ke data paling awal waktu pertama kali saya mendapatkan kartu kredit BRI. Tidak lama kemudian saya membayar tagihan cetak billing dan saya langsung melaporkan ke call center BRI perihal data saya kenapa bisa berubah kembali ke data yang paling awal. Saya minta untuk billing tidak perlu dicetak lagi, dengan 2 nomor pelaporan yaitu: 34560123 dan 35489281. Saya juga 2 kali mengirimkan email untuk perubahan/pengkinian data ulang.

Namun bulan berikutnya saya ditagih terus menerus dan billing selalu dikirimkan ke alamat kantor lama saya, sampai berbulan-bulan. Akhirnya saya menghubungi pihak Bank BRI yang dulu menyelesaikan masalah kartu saya. Saya laporkan dan beliau membantu dan meminta saya untuk membayar tagihan yang memang benar-benar saya gunakan saja. Untuk tagihan cetak billing, late charge, dll, tidak usah. Pihak Bank BRI juga mengatakan akan membantu pengkinian data saya.

Namun pada bulan Oktober 2021, muncul lagi tagihan yang tidak jelas. Padahal saya sama sekali tidak menggunakan kartu saya. Saya laporkan ke pihak BRI lagi dan katanya akan ditindaklanjuti. Namun tanggal 13 November 2021, ketika saya mau menggunakan kartu kredit BRI, ternyata tidak bisa.

Saya telpon ke call center, diinfokan bahwa kartu saya telah diblokir karena menunggak. Saya tanya, tunggakan apa? Ternyata tagihan bulan Oktober tsb adalah tagihan biaya cetak billing, late charge, dll. Saya tidak habis pikir dengan pelayanan Bank BRI.

  1. Data bisa berubah lagi, padahal sebelumnya sudah melakukan pengikinian data bahkan sebelumnya sudah ter-update.
  2. Call center dihubungi sampai ada 2 nomor pelaporan, tapi tidak pernah ditanggapi, email pun tidak ditanggapi.

Kalau dari Bank BRI tidak mau memberikan saya kartu kredit lagi, ya tidak apa-apa, tapi tolong jangan masukkan data saya ke dalam NPL lagi, karena pelaporan saya tidak pernah ditindaklanjuti. Call center benar-benar kacau.

Maria Fransisca
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BRI:
[Total:13    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Pelayanan dan Masalah yang Tidak Kunjung Ditindaklanjuti Pihak Bank BRI

  • 18 November 2021 - (04:51 WIB)
    Permalink

    semoga masalahnya cepat terselesaikan mba, sy pernah mengalami hal yg sama dgn mba, repot juga loh udah pindah alamat tp billing terus2 dikirim di alamat lama, pdhl itu privasi, sy jg telp berkali2 follow up surat pengajuan perubahan alamat, mmg utk tagihan masih terbantu dgn SMS BRI utk cek saldo cc, apakah mba mengaktifkan sms brinya? kemudian masih dapat notif dari BRI INFO saat kartu dlm pengiriman sehingga sy lgsg telp call center wanti2 agar kurir yg membawa menghubungi sy, krn alamat sudah beda, syukurnya kurir cc nya komunikatif (wktu itu dianterin kurir JNE), kemudian sy instal BRI credit card mobile, sy tes ganti alamat (setelah sblmnya sudah diganti melalui call center dan email berulang2 smpe bengek dulu baru dapat personil yg follow up lgsg), mungkin selanjutnya mba bisa coba aplikasi tsb kalau msh mau menggunakan cc bri, pengalaman sy sptnya cukup mudah mengupdate alamat melalui bri credit card mobile, utk kasus ini BRI harusnya lbh cepat lagi merespon dan mengupdate data nasabah agar tdk merugikan hal2 privasi dan utamanya imbas ke kolektibilitas nasabahnya.

    • 18 November 2021 - (06:53 WIB)
      Permalink

      Terima kasih saran nya. Saya akan coba instal aplikasi nya. Saya tidak ada pemberitahuan sms apapun. Karna saya pernah melakukan perubahan data utk nomor hp. Dan saat itu lah masalah pertama terjadi,kartu tdk kunjung dtng pdhl sdh info berkali2 ke call center bahkan minta kurir telp ke saya saat mengirimkan kartu karna posisi saya di apartemen dan wkt itu sedang pandemi sehingga kurir atau pun penerimaan barang di batasi. Tp masalah itu sdh slesai setelah saya posting keluhan di media konsumen ini. Dan setelah itu muncul masalah ke 2 yg saya keluhkan data tdk terupdate. Sampai skrng ini,tdk ada tindak lanjut dari bank BRI. Lelah jg pakai kartu nya ga slesai2.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Pelayanan dan Masalah yang Tidak Kunjung Ditindaklanjuti Pihak Bank BRā€¦

oleh Maria dibaca dalam: 2 menit
3