Ditagih Debt Collector Indosat, Padahal Nomor Sudah Tidak Digunakan

Dear Indosat Ooredoo,

Pada tanggal 30 November 2021, saya mendapatkan whatsapp dari nomor tidak dikenal, dengan nama PT Perkasa Abadi Perdana, yang mengirimkan foto tunggakan tagihan pascabayar Indosat nomor 6281574127090 sebesar Rp283.645. Awalnya saya kira ini modus penipuan, lalu saya coba menghubungi Indosat melalui twitter dan dikatakan betul, tagihan ditujukan ke nomor ini.

tagihan debt coll

Saya ingat-ingat, pertengahan Oktober 2020 saya pernah ditawari untuk membeli paket Indosat untuk 3 bulan. Saya ingat betul mas SPG-nya bilang ini hanya bayar di awal saja untuk 3 bulan, nanti kalau ada tagihan masuk diabaikan saja, karena sudah memotong saldo awal. Lalu nomor ini akan diblokir jika tidak diperpanjang lagi paketnya. Saya ingat betul, karena saat itu memang terbilang murah paketnya.

Kemudian pada bulan Desember 2020 saya ingat ada tagihan masuk ke email sejumlah Rp50 ribu. Saat itu saya hubungi call center Indosat, kata mbaknya “Diabaikan saja, karena ibu sudah pakai paket 3 bulan”. Sebagai informasi, pada bulan Februari 2021, saya kehilangan SIM card ini dan saya abaikan, karena saya ingat nomor ini otomatis terblokir. Nomor ini saya coba hubungi juga sudah tidak aktif.

Saya kaget, mengapa saya masih mendapatkan tagihan ini? Call center dulu bilang diabaikan saja tagihan Rp50 ribu, karena masih dalam jangka waktu paket 3 bulan saya, tapi kok malah berkembang jadi Rp280 ribu? Padahal paket saya sudah berakhir bulan Januari 2021 (hanya 3 bulan). Ini malah tagihan bulanan masih terus berjalan. Padahal saya sudah tidak menggunakannya lagi, apakah ini hal yang wajar?

Saya sudah menghubungi Indosat via Twitter dan website, menjelaskan seluruh kronologinya, sampai perkataan mas-mas SPG saat saya beli. Namun jawabannya hanya mutar-mutar, yang intinya saya tetap harus bayar dan request penutupan. Kalau tidak, tagihan akan tetap berjalan seperti yang saya alami.

Kenapa informasi seperti ini tidak saya dapati saat pembelian awal? Hanya manis-manisnya saja yang disebutkan. Bukankah ini kewajiban penjual yang sudah menawarkan produk dan harus menjelaskan kepada pembeli secara rinci? Setelah saya cari-cari infonya banyak hal serupa yang terjadi pada pelanggan Indosat di Media Konsumen. Apakah saya harus menghubungi lewat portal ini dahulu baru ditanggapi?

Karena saya sudah mencoba menghubungi pihak Indosat melalui Twitter dan website, tapi ternyata tidak memuaskan dan kesannya seperti tidak mempedulikan kronologi saya, saya akhirnya membuat tulisan di sini. Saya berharap ada penyelesaian dari pihak Indosat, berharap tagihan ini dapat diputihkan dan saya tidak dihubungi lagi oleh debt collector di masa yang sedang sulit ini.

Terima kasih.

Ranum Muntazia
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Indosat Ooredoo:
[Total:125    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Ditagih Debt Collector Indosat, Padahal Nomor Sudah Tidak Digunakan

    • 8 Desember 2021 - (18:29 WIB)
      Permalink

      Jadi gini,,, kartu utama sy indosat, trus kartunya rusak, setelah itu sy ke grapari indosat buat minta kartu baru dgn no. Yg sama, selagi menunggu sy di tawari upgrde prabayar menjadi pascabayar dan sy gk mau, dan sy bilang ke cs nya paket prabayar lebih murah2 ngapain upgrade ke pascabayar kalo dpt harga paket lebih mahal, trus sy tnya lagi emg apa untungnya pake pascabayar, katanya cuma bisa bayar belakangan pake duluan. Lah untungnya dimana kalao bisa bayar belakangan?
      Padahal bayar duluan aja sanggup dan gk jadi hjtang yg membebani pikiran,
      Yg mau gw tanyain sebenernya yg nawarin upgrade prabayar ke pascabayar itu punya otak gk?

      4
      1
    • 9 Desember 2021 - (13:43 WIB)
      Permalink

      Terima Kasih Bu Vita (perwakilan Indosat), ibu peri di media konsumen yang cepat, tanggap langsung ke solusinya atas masalah yang saya hadapi.
      Saya ingin memberitahu bahwa permasalahan ini sudah selesai, tagihan sudah diputihkan dan pihak ke tiga tidak akan ada yang menghubungi lagi.
      Terima kasih juga buat media konsumen

    • 13 Desember 2021 - (05:23 WIB)
      Permalink

      Utk warga NKRI, klo spt itu mendingan ganti aja jgn pakai Indosta… Ehh ..indosat
      Masih ada XL, Axis, TSel, Smartfren, Net1
      Saya sejak 7 thn lalu gak pakai indosat.
      Pakai TSel.

    • 7 Desember 2021 - (17:40 WIB)
      Permalink

      Emang ribet klo berurusan sma indosat.. saya sampai ke galery utk di buat form penutupan kartu pasca bayar.. lalu disuruh nunggu nti ada CS indosat hub. Saya esok nya benar ada CS telp utk konfirmasi penutupan kartu setelah pnjang lebar sayab disuruh bayar tagihan terakhir karena kata CS bayar tagihan terakhir ga bs melalui ATM dll harus ke galeri oke saya ikutin saya ke galeri saya bayar setelah terima tanda terima kartu saya copot krn saya pikir udh selesai smua prosedur penutupan kartunya dan setelah 3 bulan.. tadaaaa… Tagihan masih berjalan sodara.. maaf jd curhat

      • 8 Desember 2021 - (14:47 WIB)
        Permalink

        Hahaha gue juga di suruh bayar 3 nomor padahalan cuman pake 1 terus gue ke galeri Indosat akhinya gue bayar 1 doang yang 2 nya yang bayar yang ttd surat berhenti berlangganan kena potong dah tuh karyawan 5jt

      • 12 Desember 2021 - (06:52 WIB)
        Permalink

        Say jg dapat tagihan dari indosat,,pdhl saya tidak prnah pakai krtu pasca bayar,,,trus itu solusinya gmn ya?? Apa tanpa sepengetahuan saya waktu ganti simcard itu no saya beralih ke no pascabayar??

    • 8 Desember 2021 - (09:27 WIB)
      Permalink

      Sebagai informasi, pada bulan Februari 2021, saya kehilangan SIM card ini dan saya abaikan, karena saya ingat nomor ini otomatis terblokir. Nomor ini saya coba hubungi juga sudah tidak aktif. <- tolong lah pak, tolong jangan baca judulnya saja. plis lah plis

  • 7 Desember 2021 - (14:44 WIB)
    Permalink

    Billing system Indosat memang sangat bermasalah terutama di penagihan customer yang telah berhenti berlangganan bahkan yang telah lama berhenti dan tiba-tiba muncul di tagihan kartu kredit – tidak pernah diperbaiki sejak belasan tahun lalu terjadi, mereka benar-benar gak punya otak dan kepedulian samasekali.

    3
    2
  • 7 Desember 2021 - (15:55 WIB)
    Permalink

    Ini misrep dari SPG agar dapat komisi penjualan bundling paket hp dan Internet. Saya selalu tolak hal beginian.

    Seharusnya pas udah hampir ga digunakan ditutup dulu di Galeri Indosat. Saya pernah ikuti skema bundling ini dulu, saya tanya detail makannya spg ga bisa berkelit. Jadi saya tau harus nutup nomornya di galeri indosat karena ini pascabayar.

    • 7 Desember 2021 - (22:37 WIB)
      Permalink

      Indosat emang Payah, mulai dari pelayanan maupun managemnt …. Kapok ikutan paskabayar

  • 7 Desember 2021 - (17:45 WIB)
    Permalink

    spg itu telah menipu anda, sungguh tidak berkah gaji yg diterima spg karena berujung merugikan konsumen. ini juga kesalahan indosat kenapa tidak memberi tau spg nya agar memberi kejelasan dari awal secara rinci.

  • 8 Desember 2021 - (13:41 WIB)
    Permalink

    Sdh gak usah aneh2 pake kartu paskabayar segala, wong skrang loo isi pulsa dr rmh jg gampang.

  • 9 Desember 2021 - (13:21 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah..Terima Kasih kepada Indosat yang Telah Menangani Keluhan Saya dengan Cepat.
    Terima kasih Bu Vita.. gercep banget ditanggepinnya, tagihan saya sudah diputihkan.
    Terima kasih media konsumen sudah menjadi perantara

 Apa Komentar Anda mengenai Indosat Ooredoo?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Ditagih Debt Collector Indosat, Padahal Nomor Sudah Tidak Digunakan

oleh Baygon dibaca dalam: 2 menit
18