Voucher Hangus Akibat CS Tokopedia Lambat dan “Ngeyel” dalam Menangani Komplain

Pada tanggal 19 November 2021, saya komplain ke Pesan Bantuan Tokopedia terkait voucher kompensasi “Jaminan Ready Stock Official Store” tidak ada di email saya. Saya komplain, karena kode voucher tidak kunjung masuk ke email saya dalam waktu yang lama. Jadi saya meminta kode voucher itu dikirim via chat saja. Hal ini biasa dilakukan oleh saya. Sebelumnya mereka selalu memberikannya via pesan bantuan. Saya juga tidak tahu kenapa pesan dari Tokopedia tidak mau masuk ke email saya.

Pada tanggal 24 November 2021, akhirnya CS Tokopedia memberikan balasan bahwa voucher tidak bisa dikirim, karena alasan peraturan Poin C nomor 5 (https://www.tokopedia.com/help/article/syarat-dan-ketentuan-jaminan-layanan-official-store). Intinya, voucher tidak berlaku jika saya tidak melakukan klaim voucher dalam kurun waktu 10 hari.

Padahal saya tahu bahwa kode voucher itu masa aktifnya adalah sampai tanggal akhir bulan (November), bukan 10 hari seperti yang disebutkan.

Kadaluarsa vocher kompensasi lebih dari 10 Hari Karena kadaluarsanya adalah sampai tanggal akhir bulan

Di sini customer service Tokopedia sudah berasalan menggunakan aturan yang tidak sesuai dengan apa yang terjadi. Saya membalas dengan menjelaskan bahwa kode voucher-nya tidak ada di email saya. Saya juga mengirimkan bukti isi email saya kepada mereka.

Saya menjelaskan juga bahwa hal ini pernah terjadi sebelumnya, bahwa kode voucher yang diberikan tidak masuk. Namun waktu itu mereka memberikan kodenya via pesan bantuan.

Namun, Customer Service Tokopedia yang bernama Belia mengatakan bahwa kode voucher telah dikirimkan kepada saya pada tanggal 10 November 2021. Dan dia mengatakan bahwa kode vocher tidak bisa dikirimkan ulang.

Padahal sudah saya cek tidak ada email dari mereka terkait kode voucher. Saya meminta mereka mengirimkan lagi kodenya via pesan bantuan.

Saya menjelaskan juga bahwa hal ini pernah terjadi sebelumnya, bahwa kode voucher yang diberikan tidak masuk, tapi waktu itu mereka memberikan kodenya via pesan bantuan. Saya memberikan bukti screenshot percakapan saya dengan CS Tokopedia terkait pemberian kode voucher via pesan bantuan.

Namun CS Tokopedia bersikap ngeyel, bahwa kode vocher tidak bisa dikirim ulang. Dia tidak mendengarkan penjelasan saya tentang kasus sebelumnya, bahwa kode yang tidak masuk email bisa dikirim ulang via pesan bantuan.

Mereka meminta nomer pelaporan terkait CS Tokopedia yang memberikan kode voucher via pesan bantuan. Saya pun memberikan nomer pelaporan tersebut ( ID # 32347347 dan ID # 32485734 ). Namun setiap hari saya menanyakan kabar tentang kode voucher. Jawaban mereka selalu sama yaitu sedang menunggu investigasi atau koordinasi dengan tim terkait.

Keluhan saya tidak ditanggapi, akhirnya saya komplain ulang pada 28 November. Sembari memberi peringatan bahwa, kodevoucher itu akan hangus pada tanggal akhir bulan November (30 November) . Namun jawaban tetap sama saja seperti sebelumnya. Saya tidak menyerah, setiap hari saya selalu chat mereka untuk segera menyelesaikan masalah ini.

Akhirnya pada tanggal 10 Desember, mereka memberikan kode voucher yang gagal terkirim ke email saya.


Di sini terbukti bahwa kode voucher bisa dikirim ulang via chat pesan bantuan, dan juga terbukti bahwa tidak ada aturan yang bahwa kode voucher itu akan hangus dalam kurun waktu 10 hari.

2 alasan mereka terbongkar, hanya untuk menahan kode vocher yang harusnya menjadi hak saya. Ngeyel dan respon penanganan lambat masalah terlihat juga disini. Tidak percaya terhadap bukti otentik tentang nomer pelaporan yang diberikan oleh saya terkait kode voucher bisa dikirim via pesan bantuan.

Butuh waktu hampir 1 bulan untuk mereka sadar dan itu semua sudah tidak ada gunanya. Karena sesuai ucapan saya, bahwa kode voucher yang mereka berikan sudah kedaluwarsa, karena voucher itu berlaku hanya sampai tanggal 30 November 2021. Gara-gara mereka ngeyel dan lamban, sehingga voucher baru diberikan kepada saya via pesan bantuan bulan Desember.

Saya tidak terima dan meminta kejelasan selanjutnya, pergantian atau hal lain. Seperti biasa saya harus menunggu respon lambat mereka.

Pada tanggal 17, mereka memberikan informasi bahwa saya telah melanggar aturan. Sehingga kode voucher bulan November tidak bisa diberikan.

Di sini semakin terlihat betapa anehnya pelayanan Tokopedia. Padahal mereka sudah memberikan kode voucher-nya pada tanggal 10 Desember 2021. Namun mereka malah bilang saya melanggar peraturan. Mereka sudah bingung mencari alasan lain untuk melawan saya. Sehingga jalan satu-satunya adalah menuduh saya melakukan pelanggaran-pelanggaran sehingga mereka tidak perlu mengirimkan voucher pengganti. Semua ini murni kesalahan mereka:

  1. Respon yang ngeyel.
  2. Respon yang lambat, membutuhkan waktu hampir 1 bulan.
  3. Kode voucher hangus, karena mereka lambat menangani masalah dan ngeyel.

Padahal jika kode voucher itu dikirim bulan November via pesan bantuan, masalah ini tidak akan terjadi. Saya akan menebak respon Tokopedia: Mereka akan menuduh saya melanggar peraturan, sehingga mereka tidak mau mengirimkan kode voucher.

Jawaban saya: Kalian sudah mengirimkan kode voucher, tapi kode itu kedaluwarsa karena kalian lambat dan ngeyel. Sudah saya kirim bukti bahwa kalian bisa kirim kodenya via pesan bantuan, tapi kalian malah nyari-nyari alasan sehingga kode voucher dikirim tanggal 10 Desember 2021. Sementara kedaluwarsa sampai 30 November 2021. Hangusnya kode voucher adalah kesalahan kalian, tapi kalian tidak mau mengganti kesalahan itu dan malah menuduh saya melakukan pelanggaran.

Saya tidak butuh kalian teltpon. Yang saya butuhkan adalah penggantian kode voucher yang kedaluwarsa akibat ulah kalian semua.

Solikin
Subang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia Care:
[Total:29    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Voucher Hangus Akibat CS Tokopedia Lambat dan “Ngeyel” dalam Menangani Komplain

  • 28 Desember 2021 - (16:15 WIB)
    Permalink

    untuk kupon 50rb yang berkode awalan OSDES itu anda screenshot pada tanggal 25 desember(terlihat dari file name imagenya), yang berarti masih berlaku lama sebetulnya, karena itu GIFT CARD bukan voucher dijamin pasti ready, itu tidak membuktikan yang anda bilang klaim voucher hanya berlaku 10 hari tidak berlaku, itu GIFT CARD bukan voucher

    GIFT CARD itu diberikan karena anda komplain emailnya tidak masuk, itu bukan voucher yang seharusnya anda terima memang

    • 29 Desember 2021 - (00:43 WIB)
      Permalink

      Setiap Tokopedia memberikan kode vocher jaminan pasti ready stock official store. Awalannya selalu OS yang berarti Official Store lalu dilanjut dengan Des (Desember) yang menunjuk bulan kode vocher itu bisa digunakan, sekaligus tanda bahwa kode itu hanya akan aktif selama bulan tersebut. Bukan 10 Hari menurut Tokopedia

      Kode tersebut adalah Kode Vocher karena di redem di halaman masukkan vocher saat belanja. Untuk Gift Card dimasukan di halaman Gift Card, yang jika di redem akan menghasilkan Ovo Point.

      Oh iya, untuk Screenshot tersebut hanya penjelasan bahwa kode vocher jaminan pasti ready official store tidak berbatas waktu 10 hari seperti yang disebutkan Tokopedia.

      • 29 Desember 2021 - (00:58 WIB)
        Permalink

        OSDES itu kode vocher kompensasi yang diberikan kepada saya, bukan GIFT CARD .

        Diatara kode OSNOV pada kasus ini, Tokopedia memberikan saya 1 kode OSDES, tapi tidak masuk ke screen shoot diatas. Ada di bagian paling bawah gambar (terpotong)

        Gift Card yang diberikan Tokopedia senilai 150K. Saya memasukan Kode OSDES untuk belanja. Kalau yang namanya Gift Card hanya bisa di Redem di halaman Gift Card tanpa perlu belanja

        Jadi kode vocher kompensasi tidak ada aturannya klaim 10 hari atau kadaluarsa 10 hari. Melainkan sampai tanggal akhir bulan

  • 29 Desember 2021 - (12:29 WIB)
    Permalink

    Beda sama blibli, klo barang tdk bisa di kirimH+2, biasanya lgs cancel voucher lgs di balikin plus voucher permohonan mf dr blibli.ga ada drama.
    Sy juga baru nyoba pakai si ijo, baru 3x transaksi sdh kecewa bgt. .
    Pesan dr tgl 22, estmasi datang tgl 23-24,tp sampe barang di cancel otomatis produk tdk di kirim, chat penjual tdk respon padahal aktif,alesan di cancel sangat konyol, krn melebihi batas waktu pemesanan, parah chat toko pedia csnya tdk memuaskan jawabanya…sy cb belanja lg, klo sampai gagal lg, sy mau ke MK ajah

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia Care?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Voucher Hangus Akibat CS Tokopedia Lambat dan “Ngeyel” dal…

oleh Abbdul dibaca dalam: 3 menit
5