Transfer DANA Saya Pending 7 hari, Uang Tidak Terkirim atau Dikembalikan

Pada tanggal 29 Desember 2021, tepatnya pukul 15.17 WIB, saya melakukan transaksi kirim saldo ke rekening Bank Mandiri melalui aplikasi DANA dengan nominal Rp9.000.000, Namun transaksi yang dilakukan tersebut mengalami kendala, dengan status “Menunggu” sampai hari ini. Artinya uang saya tidak terkirim ke rekening Bank Mandiri dan juga tidak dikembalikan ke aplikasi DANA saya.

Pada hari kejadian, saya langsung membuat laporan keluhan. Namun hingga detik ini tidak ada perubahan sama sekali, tidak ada hasil atau jalan keluar untuk keluhan saya. Yang membuat saya kecewa, selain proses kerjanya yang lama, juga terdapat ketidakadilan dalam menyelesaikan keluhan konsumen.

Karena nominal transaksi saya yang besar, saya sangat tidak tenang dengan masalah ini. Contohnya saya membuat keluhan tanggal 29 Desember 2021 belum diselesaikan, sedangkan teman saya membuat laporan tanggal 1 Januari 2022 sudah selesai. Padahal kasus yang dialami sama, yaitu uang yang tertahan.

Kepada customer care DANA, saya setiap hari selalu melakukan follow up untuk menanyakan perkembangan kasus saya, tetapi tidak pernah ada balasan dari email yang saya kirimkan. Via WhatsApp juga hanya membalas dengan pesan template yang mengatakan untuk menunggu lebih lama. Sedangkan melalui telepon, tidak pernah diangkat. tapi pulsa saya habis tersedot.

Saya benar-benar minta pertanggungjawabannya untuk keluhan saya. Saya kecewa keluhan saya tidak didengar dan diselesaikan. Padahal untuk saat ini saya sangat membutuhkan uang tersebut untuk keperluan yang sangat mendesak. Namun pihak DANA selalu mengulur waktu, tidak tanggap terhadap keluhan konsumen.

Tolonglah pihak DANA bersikap profesional. Tolong segera ditindaklanjuti nomor pelaporan: 11942393. Jangan menahan uang pengguna terlalu lama, karena kalian tidak tahu betapa berharganya uang tersebut di masa pandemi seperti ini. Awalnya saya dijanjikan akan diselesaikan dalam 5×24 jam, tapi apa? Ini sudah 7 hari dan tidak ada perubahan.

Tolong sekali lagi tolong pihak DANA untuk menyelesaikan keluhan saya. Saya kecewa keluhan saya tidak didengar sama sekali. Saya sudah menghubungi pihak Bank Mandiri juga, mereka bilang itu harus diselesaikan sendiri oleh DANA dan waktu estimasinya pun 5 hari kerja, tidak selama ini. Saya menunggu itikad baik dari DANA.

Risa Sri Mulyati
Sukabumi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai DANA:
[Total:18    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan DANA terhadap Keluhan Ibu Risa

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen. Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Ibu Risa di Media Konsumen, “Transfer DANA Saya Pending...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Transfer DANA Saya Pending 7 hari, Uang Tidak Terkirim atau Dikembalikan

  • 7 Januari 2022 - (16:46 WIB)
    Permalink

    dana udah sering banget nyangkut, sangking banyaknya laporan, jd butuh waktu berhari2 utk selese kasusnya. mending gopay, jarang nyangkut

  • 7 Januari 2022 - (16:58 WIB)
    Permalink

    Mau hemat malah ribet,pakai ovo yg sudah punya nama besar,tapi baik gopay atau ovo kalau transfer ke bank kena admin 2500 rupiah.lebih baik simpan di rek aja.aman

  • 8 Januari 2022 - (14:05 WIB)
    Permalink

    tranfer lewat dana??? dengan nominal segitu?
    anda sehat !!!!
    mending antar rekening bank….
    kena biaya rp 2500 atau 6500 tapi beres kaga repot ama ewallet, yg buntut nya di sangkai “transaksi ga wajar ….
    wewwwww

  • 8 Januari 2022 - (15:07 WIB)
    Permalink

    Saya juga sempat mengalami kejadian serupa di aplikasi Mitra Bukalapak dengan nominal sekitar 800 ribu dengan fitur Qris. Setelah menulis surat konsumen, baru ditanggapi secara serius. Menurut saya, penulis sudah tepat dengan mengambil langkah ini, terutama mengingat nominal transaksinya besar sekali. Untuk komentar lain yang terkesan menyalahkan penulis, mungkin karena kalian belum merasakan kejadian yang sama. Bukannya memberi jalan keluar malah menyalahkan orang lain. Sudah jelas kesalahan pihak DANA. Logikanya, aplikasi DANA menyediakan fitur transfer ke rekening bank tanpa biaya admin, artinya konsumen berhak memanfaatkan fasilitas tersebut kan. Berarti kewajiban pihak DANA adalah menyalurkan uang tersebut hingga tujuannya. Namun justru pihak DANA tidak menjalankan kewajibannya dan malah terkesan acuh menyelesaikan masalah ini. Saya harap pihak DANA melihat kasus ini dan menyelesaikannya sehingga penulis kembali mendapatkan haknya.

  • 9 Januari 2022 - (00:54 WIB)
    Permalink

    Kl mau transfer antarbank tp gk mau kena fee coba pake aplikasi FLIP. DIJAMIN BEBAS BIAYA

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Transfer DANA Saya Pending 7 hari, Uang Tidak Terkirim atau Dikembalik…

oleh Risa dibaca dalam: 1 menit
8