Jebakan Kartu Halo Telkomsel

Beberapa bulan yang lalu, istri saya (a.n. Istriyanti) ditelepon oleh pihak Telkomsel, yang menawarkan untuk berlangganan Kartu Halo, dengan mengubah nomor Simpati yang digunakan sekarang menjadi Kartu Halo. Istri saya menyetujui, karena prosesnya cukup mudah hanya via online.

Pada bulan Desember 2021, istri saya memutuskan untuk berhenti berlangganan melalui email, dengan nomor laporan ID 1-DND302U. Akan tetapi proses berhenti berlangganan tidak semudah saat awal berlangganan.

Informasi dari email CS Telkomsel, istri saya harus mengunjungi Gerai Telkomsel terdekat, dengan alasan untuk pembayaran tagihan dan menyerahkan SIM card ke pihak Telkomsel. Padahal SIM card yang digunakan bukan pemberian dari Telkomsel, tetapi membeli di counter pulsa saat menggunakan Simpati.

Sangat mengecewakan, karena saat berlangganan bisa secara online, tetapi saat berhenti malah dipersulit dengan harus mengunjungi Grapari. Istri saya akhirnya ke Grapari terdekat (Grapari Yos Sudarso, Tanjung Priok) sesuai dengan instruksi CS Telkomsel di email. Namun di sana ternyata tidak bisa melayani, dengan alasan macam-macam dan disuruh ke gerai Grapari lain.

Kemudian setelah saya komplain berkali-kali, akhirnya pihak Telkomsel beralasan bahwa Grapari di Yos Sudarso merupakan Mini Grapari yang tidak melayani berhenti langganan Kartu Halo dan harus ke Pluit atau ke Jakarta Pusat yang cukup jauh dari rumah.

Saya sangat kecewa dengan pelayanan Telkomsel, karena di awal tidak memberitahukan ke calon pelanggan cara berhenti berlangganan, sehingga saat ingin berhenti malah dipersulit. Apakah ini permainan dari Telkomsel untuk menjebak calon pelanggan agar terus menggunakan Kartu Halo dengan menawarkan berlanggan dengan cara yang sangat mudah, tetapi mempersulit saat berhenti berlangganan?

Muhammad Alfin Nur
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Telkomsel atas Surat Bapak Muhammad Alfin Nur

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 8 Januari 2022 oleh Bapak Muhammad Alfin Nur mengenai jebakan kartu Halo...
Baca Selengkapnya

102 komentar untuk “Jebakan Kartu Halo Telkomsel

  • 11 Januari 2022 - (20:29 WIB)
    Permalink

    Saya membaca kesimpulan bahwa kalau sudah bermigrasi ke Halo tidak bisa lagi ganti status dari pasca bayar menjadi prabayar.
    Di provider tetangga, prabayar saya pernah saya upgrade ke pasca bayar atas kemauan sendiri, kebetulan karena ada Promo dalam setahun, setelah bulan terakhir saya mengajukan kembali ke prabayar lewat CS, katanya tidak bisa, alasannya karena nomor cantik (???), padahal upgrade dari nomor saya yang sudah 16 tahun saya pakai. Lalu ke gerainya. Awalnya juga tidak diterima, lalu saya keluarkan brosur Promo itu, di situ tidak tertulis kalau berlangganan itu mengikat untuk tahun berikutnya, di situ saya debat, dan saya menang.
    Sekarang masih menggunakan nomor itu tetapi hanya isi pulsa dengan nominal terendah untuk 30 perpanjangan.

    • 13 Januari 2022 - (05:11 WIB)
      Permalink

      Sy dapat penawaran manis itu 3 tahun lalu. 100k dengan 15gb internet dan 10gb multimedia.

      KURANG.

      Ugrade lagi. Sekarang 150k limit 300k dengan 30gb internet dan unlimited multimedia. Serta 400 menit ngoceh semua operator dan 400 sms semua operator.

      Nikmat manalagi yang mau kau dustakan?

  • 12 Januari 2022 - (22:50 WIB)
    Permalink

    saya juga pengguna kartu halo cukup lama. bahkan saya punya dua, satu dari nomor simpati yang saya convert jadi kartu halo, dan yang kedua memang kartu halo yang saya register di grapari.

    yang saya tau kenapa menonaktifkan kartuhalo harus di grapari yaitu untuk pembayaran tagihan saat berhenti. misal sebulannya bpk pake yang 150 ribu tapi belum genap sebulan, akan ada perhitungan tuh, bapak gak akan bayar 150 ribu jadinya dan bayarnya pun langsung di kasir grapari.

    lalu simcardnya diserahkan ke pihak grapari ketika berhenti jadi pelanggan kartuhalo. walaupun itu bapak beli di counter, lagian kalo nomor tersebut sudah tidak aktif, serius tanya ini sih. simcardnya mau diapain pak? buat suvenir kah? kan gak bisa dipake juga setelah nomor tersebut dinonaktifkan.

    setau saya, ada beberapa jasa yang kita pakai ada barang yang bukan punya kita. contoh kartu atm bank yang kalo bapak berhenti jadi nasabah di bank yang bersangkutan, kartu atm dan buku tabungannya diminta, karena itu tetap punya bank. begitupun dengan kartu simcard yang bapak beli, itu tetap milik telkomsel.

    untuk grapari yang di yos sudarso, saya pun sebenernya sempet terjebak ke sana. saya tinggal di koja pak btw, jadi saya juga sempet ke sana untuk melakukan pembayaran tagihan. gak taunya di grapari yos sudarso tesebut hanya melayani untuk indihome.

    tapi kalo bpk download aplikasi mytelkomsel, disitu ada menu grapari appointment. jadi bikin janji kita mau ke grapari mana. bahkan si aplikasi mytelkomsel menyarankan grapari terdekat dari lokasi kita. jadi kita tau dan gak ragu harus ke grapari mana.

  • 14 Januari 2022 - (20:14 WIB)
    Permalink

    Ketika saya aktifasi mobile banking, selatu gagal dan setelah saya tanyakan ke halo jawabannya paket saya harus di upgrade agar bisa menikmati sms aktifaai mobile banking, akhirnya saya memutuskan berhenti berlanggalan kary halo dan kembali ke telkomsel simpati ternya benar tidak segampang peralihak ke halo, saya haru membayar tagihan satu bulan walaupun belum pemakaian saya blm genap satu bulan, dan selama proses pengembalian ke kartu simpati nomor saya tidak aktif kurang lebih satu minggu, benar2 menyusahkan. Akhirnya saya ganti provider deh. jadibenar2 jebakan. Jebakan tingkat dewa, ???

  • 17 Januari 2022 - (08:46 WIB)
    Permalink

    Paket multimedia .. gak manfaat….tergiur paket gede … ter nyata terbagi bagi…gk guna lg tiap kali paket internet habis paket multimedia 15 … kayak pajangan utuh

  • 19 Januari 2022 - (06:51 WIB)
    Permalink

    Nomer as saya pernah d tawarin ke kartu halo via tlfn, sya oke’in aja besoknya udah ganti ke kartu halo, masuk bulan k 3 karena ga sanggup tagihannya saya dteng k grapari malang buat minta ganti lg k as, bilangnya ga bisa, stelah saya tunjuk² muka cs’nya baru bisa ganti lgi ke as, alhamdulillah

  • 10 Juni 2022 - (20:04 WIB)
    Permalink

    Saya juga pengguna kartu halo 10 digit. Sejauh ini si ya nyaman nyaman aja..soalnya saya pake halo cuma buat nelpon doang ama buat nmr whatsapp aja. Untuk internet saya pake indosat pascabayar.. tiap bulan saya bayar tagihan kartu halo Rp 27.750 ko murah? Karna saya pake kartu halo bebas abodemen 25k (tanpa paket apapun) pakai atau tidak pakai saya tetep bayar tagihan di minal Rp 25.000 murah kan

  • 15 Juli 2023 - (09:52 WIB)
    Permalink

    Super super menyesal pakai Karto halo, sebaik apapun orng akan menjadi org lebih buruk dr sebelum, bagaimana tidak Karto HALO INI BIKIN EMOSI TERUS,,
    MAHAL itu pasti
    Sinyal lelet itu pasti
    Tidak jelas itu pasti
    Tagihan membengkak semaunya,,
    Pokok kartu halo ini bikin hancur semua,

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 102 komentar sampai saat ini..

Jebakan Kartu Halo Telkomsel

oleh Alvin dibaca dalam: 1 menit
102