Drama Internet Axis Jilid 2

Setelah kesulitan yang saya alami (Axis Menarik Pulsa untuk Paket yang Nonaktif) terselesaikan dengan baik pada tanggal 11 Januari (Axis Telah Mengembalikan Pulsa Saya), kejadian beberapa hari selanjutnya adalah seperti yang sudah saya tuliskan di surat saya yang paling awal: internet Axis tersebut hanya saya gunakan sebagai backup, karena rumah maupun tempat kerja saya full wifi.

Sehingga setelah saya mengecek bahwa paket internet unlimited sudah aktif dan sudah bisa dipakai dengan baik (saya tes di rumah dengan kondisi wifi di HP saya matikan), maka setelah itu saya belum lagi berkesempatan menggunakan koneksi Axis tersebut, hingga beberapa hari yang lalu.

Ketika itu saya heran, karena ketika tidak ada wifi ternyata muncul notifikasi sedemikian di HP saya:

Saya tidak bisa ber-internet menggunakan koneksi Axis. Namun ketika itu saya beranggapan bahwa mungkin memang jaringan sedang error, sehingga saya sebagai konsumen pun berusaha memakluminya.

Hari ini kebetulan saya perlu bepergian agak jauh. Ternyata sepanjang perjalanan sejauh 22 Km sekali jalan (44 Km pulang pergi), saya sama sekali tidak dapat ber-internet menggunakan jaringan Axis.

Sepanjang perjalanan muncul notifikasi yang sama seperti di atas. Ketika di-tap muncul layar sebagai berikut:

Kalau saya membuka aplikasi Axisnet, maka kondisi awalnya adalah seperti ini (perhatikan icon lock yang memang saya nyalakan sesuai anjuran dari Mas Ahmad dari Axis demi menghindari terpakainya pulsa untuk akses internet non paket):

Setelah beberapa lama, maka layar Axisnet menjadi seperti ini:

Sementara kondisi paket internet ketika saya cek via 123:

(saya tentunya tidak bisa mengecek melalui aplikasi Axisnet, yang tidak mau jalan tanpa ada koneksi internet).

Terlihat bahwa muncul kembali paket bonus 4G yang (ketika itu) sudah saya cek sudah menghilang, di mana paket tersebut “dikatakan” sebagai penyebab terjadinya keluhan di surat saya yang mula-mula.

Perlu saya tegaskan: saya TIDAK TAHU sejak kapan paket bonus tersebut muncul kembali, karena saya jarang sekali berada di luar jangkauan wifi dan oleh karenanya juga jarang mengecek-ngecek kondisi nomor Axis saya, baik pulsa maupun paketnya. Catatan: saya saat itu juga langsung mengecek kondisi pulsa saya, dan syukurlah bahwa dalam kasus ini pulsa saya masih utuh.

Saya harap Axis dapat memberikan solusi yang permanen untuk pelanggannya yang sudah sangat lama sekali menggunakan nomor & paket data dari Axis. Jangan membuat saya mesti secara rutin mengeluhkan kesulitan mengakses internet. Ataukah memang saya harus pindah ke lain hati?

Samuel Wijaya
Malang, Jawa Timur


Update (24 Januari 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tindak lanjut oleh pihak Axis sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan XL Axiata atas keluhan Bapak Samuel Wijaya

Jakarta, 24 Januari 2022 Ref.CM/CU/E/008/0122/OS Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Samuel Wijaya melalui...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Drama Internet Axis Jilid 2

  • 21 Januari 2022 - (12:41 WIB)
    Permalink

    ada gambar kunci di samping sinyal menandakan VPN anda telah aktif. matikan dulu VPN nya baru dicoba kembali

    • 21 Januari 2022 - (12:43 WIB)
      Permalink

      Terima kasih, tapi saya sudah pake VPN sejak bertahun-tahun juga, & tidak masalah. VPN secara umum tidak pernah saya matikan, kecuali untuk situs2 tertentu yang tidak mau diakses kalau VPN nyala.
      Kemarin waktu saya cek (setelah dapat respon dari Axis) juga kondisi VPN seperti itu.
      Dan bertahun-tahun saya pake HP + internet Axis ini, kondisi VPN juga sudah seperti itu (nyala).

      • 21 Januari 2022 - (12:46 WIB)
        Permalink

        Kalau (lagi2) saya analisa (demi membantu Axis troubleshooting…), saya pasti bisa mengakses internet kalau lock di Axisnet saya buka (alias internetan pake pulsa). & kembali lagi balik ke SP saya yang awal.

      • 21 Januari 2022 - (12:47 WIB)
        Permalink

        tentu paket anda unlimited tp utk aplikasi tertentu saja, tidak full service. maka dari itu, dgn memakai VPN, anda ga bisa akses situs apapun kecuali anda punya kuota utama yg full service.

  • 21 Januari 2022 - (12:49 WIB)
    Permalink

    prinsip kerja VPN itu adalah numpang hosting/jaringan org lain, negara lain, jd provider pun sebenarnya ga tau anda buka2 situs apa saja, makanya dengan VPN anda bisa buka situs2 terlarang, dan provider tak bisa mencegahnya. Jd penggunaan VPN haruslah full service internet

    • 21 Januari 2022 - (12:59 WIB)
      Permalink

      Terima kasih komennya, tapi komen Anda tidak sesuai dengan pengalaman saya bertahun-tahun menggunakan HP + internet + segala software yang ada di dalam HP tersebut.
      Jadi kalau memang kemudian ada perubahan s & k dari pihak Axis, saya tunggu penjelasan dari pihak ybs.

      Sekedar catatan, komentar Anda “unlimited tp utk aplikasi tertentu saja, tidak full service” ini juga tidak benar (tidak sesuai dengan pengalaman nyata saya selama bertahun-tahun memegang HP + kartu Axis + “VPN” tersebut). Kecuali, seperti saya katakan di atas, ada perubahan s & k PER 2022 ini.

      Catatan kedua, sebetulnya “VPN” ini adalah sekedar ad-blocker, jadi bukan saya pergunakan untuk hal2 yang “aneh2.” & saya install “VPN” alias software ad-blocker ini bukan baru bulan lalu, tapi sudah bertahun-tahun yang lalu.

      Catatan terakhir: saya biasanya screenshot layar saya crop bagian atasnya, kebetulan saja saya lupa meng-crop khusus untuk screenshot yang 1 itu. (Bisa Anda perhatikan screenshot2 saya yang lain, tidak ada bagian atasnya kan). Demikian juga dengan screenshot2 yang ada di surat saya yang sebelum2nya. Sehingga karena “kealpaan saya” maka membuat munculnya “diskusi” ini.

      Tanggapan ini tanggapan saya yang terakhir untuk komen Anda. Saya akan tunggu tanggapan resmi dari Axis.

      • 21 Januari 2022 - (13:10 WIB)
        Permalink

        ya itu sih terserah anda mau percaya atau tidak.
        kalo sepengalaman saya memakai VPN seperti itu pak.
        selama bapak pakai unlimited provider seluler, ga ada yg true unlimited kecuali by.u telkomsel. semua dengan embel2 unlimited tp ternyata limited. Kuota utama habis, bapak ga bisa akses situs lain kecuali aplikasi2 yang telah ditentukan.
        Kalo selama ini VPN tidak menjadi masalah dikarenakan internet di rumah bapak itu full service, tidak ada pembatasan atau hanya di aplikasi tertentu saja. Selama full service internetnya, memakai VPN tidak akan menjadi masalah. Namun sebaliknya, ketika bapak memakai internet yg dibatasi / hanya aplikasi tertentu saja, VPN mungkin akan terkonek namun tidak menghasilkan apa2.
        Balik lg ke kalimat sy yg pertama, kalo tidak percaya ya tidak apa2, tidak ada untungnya juga bagi sy kalopun bapak percaya.
        sekian

 Apa Komentar Anda mengenai AXIS?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Drama Internet Axis Jilid 2

oleh Samuel Wijaya dibaca dalam: 2 menit
9